Bangunan ini dibuat pada jaman Belanda. Dipenuhi ornamen gorga batak yang indah dari berbagai wilayah Toba. Setiap bangunan mewakili ciri daerah Tanah Batak Toba.

Balairung Gereja HKBP Ke Soposurung Terminal Bundaran Kantor Bupati Sibagotnipohan Marpaung Hariara Simangunsong Simangunsong Tampubolon Panjaitan Sonakmalela Napitupulu MuliaRaja Juara Monang Raja Tambun Mual Siguti Pulang Sekolah

Balige, ibukota Kabupaten Toba Samosir ini juga banyak menyimpan sejarah perkembangan Tanah Batak. Awal industri besar di kawasan Tapanuli, dan sampai saat ini masih eksis sebagian. Basis perlawanan perang Batak yang dipimpin Raja Sisingamangaraja juga termasuk Balige.
Balige Raja dikisahkan sebagai tempat berkumpulnya Raja-Raja Batak.
Monumen Pahlawan Revolusi Jenderal DI Panjaitan juaga ditemukan disini.
Hari pekan terbsar kota ini adalah hari Jumat. Seputar dermaga Balige dan Lapangan Sisingamangaraja menjadi bursa dagang tradisional mulai dari cabe hingga kerbau. Bila hari pekan, sejak dermaga Balige hingga Balairung Balige menjadi pasar yang diisi dagang kakilima hingga terlihat seperti semrawut. Bahkan terminal Balige yang sudah diperluas dengan membongkar kios lama disepanjang jalan keluar terminal juga diisi pedagang kakilima. Tidak lagi jelas antar fungsi terminal dengan pasar
Namun itulah ciri khas onan batak, masiososan, masitombisan namun ttap damai.

05 Aug 2007

Balige juga dikenal sebagai daerah penyebaran marga Sibagot Ni Pohan. Monumen Sibagort Ni Pohan dan keturunannya seperti Sapala Tua di Tampubolon, Monumen Sonak Malela di Pusat kota Balige yang terkenal dengan bintatar nagabaling. Di onanraja ditemukan Monumen Raja Panjaitan bersebelahan dengan Monumen Sibagot ni pohan. Disana juga ditemukan Monumen Somba Debata Siahaan. Monumen Raja Marpaung dapat dilihat di tengah persawawan menuju jalan kantor Bupati Tobasa, terlihat mini dan bersahaja diantara perkampungan marga Napitupulu.

Disamping termilal kota balige kita akan menemukan Monumen Mulia Raja Napitupulu. Monumen Simangunsong lain lagi. berada di Lumbanbulbul Balige ditandai dengan berdirinya serumpun pohon kayu ara (hariara).

Monumen yang sudah sangat lama ditemukan adalah Juara Monang Siahaan persis di samping Jembatan Balige.

Di daerah Tambunan, samping belakang Hotel Mareda ditemukan Monumen Raja Tambun. Monumen itu kelihatan kurang terurus dan mercunya sudah rusak. Menurut informasi, monumen ini belum diresmikan, entah kenapa kurang mendapat penjelasan.

About these ads