Partungkoan

Kota Tarutung adalah ibukota Kabupaten Tapanuli Utara di Sumatera Utara. Kota ini cukup sejuk dan merupakan bagian dari sejarah perkembangan bangso batak. Daerah sekitar Tarutung juga dikenal dengan Rura Silundung karena dikelilingi pegunungan yang memperindah alamnya.

tarutung_01.jpg tarutung_11.jpg tarutung_12.jpg makam.jpg

Kota Tarutung terdiri dari satu wilayah Kecamatan yang dibelah oleh aliran Sungai Sigeaon. Di kota ini ditemukan kantor Pusat HKBP lembaga gereja terbesar di Asia Tenggara. Dari lokasi kantor bupati yang berada dilereng bukit, kita dapat memandang kea rah Timur dimana salib kasih bertengger megah diatas bukit Siatas Barita. Didepan Kantor Bupati kita masid dapat melihat monument makam Raja Sisingamangaraja XII saat pertama sekali dikebumikan. Dari kota ini akhirnya tulang belulang Raja Sisingamangaraja XII dipindahkan ke makam Baru di Soposurung Balige.

Sampai tahun 1999 kota ini kelihatan ramai, namun seiring dengan bergulirnya otonomi daerah, ada peluang untuk pemekaran kabupaten. Kabupaten ini saat ini sudah dimekarkan dengan lahirnya Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan.
Urusan pemerintahan semakin kecil dan berdampak kepada keramaian kota Tarutung.

Di kota ini kita akan menemukan penganan spesifik putu dan kacang garing Sihobuk yang terkenal.


AddThis Social Bookmark Button

Tautan :
GITAR SIPOHOLON

About these ads