GOAR-GOAR NI GONDANG GONSI BATAK TOBA.

P. SITORUS [Pargonsi sian Parsambilan Kec. Silaen]

Angka onma goar-goar ni gonsi naung huparguruhon sian angka dongan pargonsi dohot sian angka natua-tua naumboto ruhut ni gonsi

GONDANG NAPITU :

1. Gondang mula-mula
2. Gondang somba-somba
3. Gondang sampur marmeme
4. Gondang didang-didang
5. Sampur marorot
6. Gondang simonang-monang
7. Gondang sitio-tio

Gondang napitu on dipangido hasuhuton ditingki mambuat tua ni gondang.
Mangihuthon hatorangan ni angka natua-tua ndang apala sipangidoon ni suhut gondang hasahatan, Raja panggohi do mangido i.

Gondang tu Mulajadi taringot tu panompa na dihasiangan dohot hajolmaon.

8. Gondang Debata Mulajadi
9. Gondang Debata Guru
10. Gondang Debata Asi-Asi
11. Gondang Mula Jadi
12. Gondang mula horas
13. Gondang mula iang
14. Gondang mula paningaon
15. Gondang mula songti

Gondang pangidoan ni harajaon hagabeon dohot parhorasan

16. Gondang siatur maranak
17. Gondang siatur marboru
18. Gondang siatur marpahompu
19. Gondang siatur marnini marnono
20. Gondang siatur mar ondok-ondok indik-indik
21. Gondang namarhaha maranggi
22. Gondang sibane-bane
23. Gondang saurmatua
24. Gondang saudara
25. Gondang harajaon
26. Gondang satahi saoloan
27. Gondang amana/boruna
28. Gondang parjugia sopipot
29. Gondang paramak sobalon on
30. Gondang parrambuan so ra mahiang
31. Gondang siantan sidabuan siboto buhu ni taon
32. Gondang siapul na tangis sielek na mardandi
33. Gondang sahala pangajari/panuturi
34. Gondang sidas-das boru muli
35. Gondang siapoi anak mangoli
36. Gondang olop-olop
37. Gondang rompulima hotang marulak
38. Gondang mangaliat
39. Gondang sunini ampang naopat
40. Gondang tarsingot tusahala dohot napinarsahalaan ni mula jadi
41. Gondang batara guru (tuhan debata)
42. Gondang bala bulan
43. Gondang debata sori
44. Gondang sori mangaraja
45. Gondang sorba di banua
46. Gondang sibagot ni pohan
47. Godnang sariburaja
48. Gondang siraja biak-biak
49. Gondang puraja bonang-bonang
50. Gondang sijonggi raja pareme
51. Gondang Simarimbulubosi
52. Gondang Singamangaraja
53. Gondang patuan nagari patuan anggi
54. Gondang Sagala raja
55. Gondang Silahisabungan
56. Gondang pagar ni aji
57. Gondang Nairasaon
58. Gondang dung dang soaloon mataniari sosuharon
59. Gondang Raja Buntal
60. Gondang Raja Uti
61. Gondang Raja Mangalambung
62. Gondang sipongki nangolngolan
63. Gondang tuan ni api
64. Gondang sijonggi paok-paok
65. Gondang sijonggi bujur
66. Gondang tuan jori ni tangan
67. Gondang tampar dasar
68. Gondang pangurason
69. Gondang pane nabolon
70. Gondang pusuk buhit
71. Gondang sianjur mula-mula
72. Gondang simanuk-manuk
73. Gondang dolok surungan
74. Gondang dolok tolong
75. Gondang banua holing
76. Gondang naga baling
77. Gondang padoha
78. Gondang taringot boru (naung dianggap dewi)
79. Gondang siboru deak parujar
80. Gondang si boru donda hatahutan
81. Gondang siboru saniang naga dilaut
82. Gondang si boru Naipospos
83. Gondang siboru daeng namora
84. Gondang siboru parmual sitio-tio
85. Gondang siboru pinta maomasan
86. Gondang siboru saroding
87. Gondang siboru parhorasan
88. Gondang siboru pareme
89. Gondang boru nasindar dolok
90. Gondang siboru tumbaga
91. Gondang siboru lopian nauli
92. Gondang sipiso somalim
93. Gondang situan jori ni tangan
94. Gondang siboru tapiomas palangki

Goar-goar ni gondang naposo bulung

95. Gondang siburuk
96. Gondang sibane doli
97. Gondang sitapitola
98. Gondang siboru illa-illa
99. Gondang siboru enggan
100. Gondang siboru sanggul miling-iling
101. Gondang sibunga jambu
102. Gondang pinasa sidung-dungon
103. Gondang sibintang purasa
104. Gondang silote dolok
105. Gondang alit-alit aman jabatan
106. Gondang marhusip
107. Gondang parhabang ni siruba
108. Gondang sahali tuginjang sahali tutoru
109. Gondang tohur-tohur ni bajar-bajar langit somatombuk tano somagang-gang
110. Gondang pidong patia raja
111. Gondang pidong imbulu buntal
112. Gondang anduhur titi, anduhur tabu
113. Gondang sipitu dai
114. Gondang ni pargonsi sisia sauduran pulik pulik pandohan.

Goar-goar ni gondang monsak

115. Gondang haro-haro mandailing
116. Gondang silima-lima ni hurlang
117. Gondang siratutuslimapulu
118. Gondang tongging
119. Gondang ni napuran silima sabobohan sisada haroburan

Tautan :

Warisan Yang Kurang Dihargai
Tonggo Gondang Turun
Maminta Gondang
Sajak untuk Gondang Batak
Pargonsi dari Parsambilan Silaen
Pargonsi dari Ronggurnihuta Samosir
Gondang Naposo
Tortor dan Ulos

42 thoughts on “GOAR-GOAR NI GONDANG GONSI BATAK TOBA.

  1. Mauliate lae, tu artikel muna on, songondia ma laho mangalului lapatanni angka gondang on ate? Molo boi lae pangidoan, bahen hamu jo akka lapatanni gondang on. Mauliate. horas 3x

    *** Denggan ma i. Adong do usul ni angka donganta sian Jakata laho mandokumentasihon gondang Batak, ima amanta Suhunan Situmorang pengarang Novel SORDAM. Nunga dihatai i di studio Viky Sianipar. Anggiat ma boi tulus sangkap nasida asa saut lestari kesenianta.

  2. Mauliate bah Amang.
    On dope huboto jenis ni gondang na lengkap.
    Adong do nian hujaha jenis ni gondang sian buku ni “si Raja Patik”
    Molo boi nian tolong jo alamat manang telepon ni amang si P. Sitorus.
    Asa boi iba mangkatai las mangatusi filosophi ni Gondang Batak, sejarahnya.

    Mauliate
    Horas.

    Juhari Sianturi
    HP. 0811818760

    *** Dang adong hujalo nomor ni amanta P. Sitorus, alai donganna/pasangan margonsi adong do ima Op Pinondang Sitorus HP 081375001732 sian nasida ma jalo hamu ate. Horas, mauliate

  3. Jaman Saonari on fungsi ni Gondang nungga digantihon dohot alat musik moderen, boha do taringot tu susunan di pagidoan ni gondang sarupa do dohot gondang najolo ?
    horas

  4. @ Sahat
    Maminta gondang manang manghatagonpinggan, nunga dipapungu hami sian amanta RB Marpaung, tasurathon pe muse, sabar lae paimahon ate?

  5. Mauliate informasi na pinasahat mu Amang.
    Nunga mangkatai hami dohot Op Pinondang Sitorus HP 081375001732, jala nunga mangkatai hami dohot dosen USU na di informasihon nia amang Op Pinondang Sitorus.
    Horas.

    *** Mauliate, dipaboa nasida do

  6. Kapan yach saya bisa dengar gondang lagi?? siapa yang bisa jadi relawan ke Merauke Papua?? selama ini kita kalo pangoli anak hanya pake rekaman kaset CD. itu pun langka banget… harus di pesen dulu ke Jakarta atau Toba…. btw… di Merauke ada IKBM.. Ikatan Keluarga Batak Merauke… Kira-kira 300 KK yang terdaftar…. n udah banyak berassimilasi dengan suku na asing…. viva batak… Love u so much

    *** Nggak mungkin ito pargonsi dari Toba itu relawan ke Papua. Mereka miskin.

  7. mauliate ma bah…
    alana gabe adong sumber na denggan tu hami kaum muda tentang gondang-gondanta halak batak. alai molo boi.. dibaen penjelasanna asa lebih mangantusi hami angka kaum muda. alana nunga godang kaum muda naso mangantusi. mambege pe jarang..
    mauliate amang….
    horas…

  8. Si Batak, from Anjing to Kerbau
    oleh Angin Petang

    Gerakan Aktivis Muda Minang
    http://groups.yahoo.com/group/aktivis_minang/message/6005

    Seperti banyak orang minang yang tumbuh dan besar di
    kampung, saya naturally tidak punya kesan dan persepsi
    yang bagus tentang orang batak.

    Batak adalah kafir pemakan anjing. Tentu juga makan babi,
    tidak beradat, maling, perampok, mabuk, dan ujung titit
    tidak dipotong, adalah hal-hal lainnya yang worth to
    mention.

    Tentu berbeda sekali dengan orang Minangkabau yang islami,
    beradat dan santun, serta berbudaya.. Berbeda sekali
    dengan orang Minang yang katanya berpendidikan dan
    berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Orang batak adalah
    kaum yang malang berbudaya rendah dan sayangnya juga
    mantiko, menyebalkan dan berpeluang besar jadi sampah
    masyarakat.

    Mungkin tidak hanya saya, banyak batak sendiri yang
    mencoba membangun jarak dengan kebatakan mereka. Lihatlah,
    betapa mandailing, angkola, dan juga sebagian karo atau
    dairi-pakpak mencoba memutuskan asosiasi dengan kebatakan
    mereka. Bahkan, banyak yang terang-terangan di pantai
    timur menjelma menjadi melayu.

    Namun, belakangan, banyak hal-hal baru tentang orang batak
    yang saya ketahui. Nggak semua batak jadi kernet bus,
    banyak yang jadi sopir juga, dan sekaligus pemiliknya.
    Banyak juga batak yang motong ujung tititnya, nggak makan
    anjing, nggak makan celeng. Banyak batak yang rajin ke
    mesjid, bernama arab, dan berjilbab ria. Banyak batak yang
    mentereng, wangi, mengkilat, dan gak berjigong. Banyak
    batak jadi camat, lurah, menteri, bupati, gubernur,
    rektor, dan pengusaha. Banyak batak yang cantik jelita,
    tampan rupawan, ganteng rumanteng.

    Di Bandung, saat nyasar sekolah di jurusan dan fakultas
    top di kampus yang katanya paling tob se Indonesia, saya
    baru menyadari betapa banyak batak cerdas berseliweran.
    Kalau minang perantauan diexcluded, surely lebih banyak si
    batak pintar di kampus ini daripada si minang. Batak-batak
    ini tak hanya senang bergitar, mereka juga pintar
    bernyanyi bersama dalam paduan suara harmonis. Dan saya
    nggak sempat lihat mereka makan anjing, malah pada rajin
    ke restoran padang.

    Selain berambut hitam, berjakun, dan berpantat dua, banyak
    kenalan dekat batak saya yang berhati lembut, santun, dan
    pemurah hati. Ingin rasanya saya menuliskan nama-nama
    teman lama batak itu di sini.

    The reality is… tertinggal beratus-ratus kilometer di
    belakang, batak melaju kencang, dan dengan mantap menyalip
    Minang yang senang berlenggak-lenggok seperti banci dengan
    pantun-pantun dan ayat-ayat al quran berhahasa arab kuno
    itu.

    Di Jakarta, batak menyelip di antar ratusan pedagang
    minang, dan menggeser pelan-pelan, bahkan mendominasi di
    beberapa titik. Lebih banyak pengusaha baru sukses batak
    dari pada minang. Lebih banyak insinyur berkualitas batak
    dari minang. Lebih banyak eksekutif baru batak daripada
    minang. Jangan ditanya pengacara, hakim dan jaksa Lebih
    banyak batak jadi politikus dan birokrat daripada Minang.
    O iya, ada Hatta, Sjahrir, Agus Salim, dll…iya, di abad
    lalu…

    Penulis dan sastrawan? Chairil Anwar, Sutan Takdir
    Alisjahbana, Idris, Adinegoro, etc? Masih untung masih ada
    Pak Habe dan Pak Edizal. Dan yang jelas semakin banyak
    perempuan cantik lebih tergila-gila pada batak sukses,
    regardless ujung titit mereka dipotong atau tidak,
    daripada Padang bau rendang.

    Ada beberapa nama Minang yang mencoba terseok-seok
    menyaingi Batak, tapi mereka lebih minang perantauan yang
    tidak terikat pada nilai-nilai primitif minang.

    Yang tersisa? yang tersisa bagi orang minang adalah
    keirian, setidaknya bagi minang seperti saya. Tidak
    gampang mengubah perspective yang sudah built-in tentang
    kaum inferior bernama batak, pemakan anjing, titit
    berujung, perampok, pemabok, dan yes kafir…Yang ada adalah
    keirian. Ini sangat berat bagi orang Minang, menghadapi
    kenyataan menyakitkan ini.

    Tapi hari demi hari, saya makin simpati pada barisan batak
    ini. Saya melihat kejayaan orang Minangkabau masa lalu
    pada kaum pemakan celeng ini. Cerita kesuksesan kaum
    minoritas Minangkabau di masa lalu, terulang pada kaum
    Batak.

    Menolak adat dan kebiasaan yang tidak sesuai jaman dan
    tidak produktif; belajar dan mengadopsi peradaban,
    kebudayaan, dan pengetahuan baru dari Eropa atau Timur
    Tengah; kritis, berani berbicara dan bertindak; membuka
    mata, telinga, dan hati lebar-lebar… semuanya adalah
    pondasi kesuksesan orang Minangkabau di masa lalu. Hal
    yang dilupakan telak-telak oleh orang Minangkabau
    sekarang, diambil alih dengan mantap oleh orang batak.
    Orang minang senang meringkuk dalam tempurung adat
    bersyandi syarak, dan syarak bersandi kitabullah itu.
    Rajin menghapal pantun-pantun dan ayat alquran berbahasa
    arab, dan berpegang padanya erat-erat, very tightly.Tidak
    punya nyali dan titit untuk melangkah keluar dari
    tempurung kecil berselimut sabut kelapa jamuran itu.

    Setiap kali saya membaca koran, majalah, internet, dan
    menonton tivi..saya seperti melihat Muhammad Hatta dengan
    marga Situmorang sedang berbicara atau dibicarakan, saya
    seperti melihat Sutan Sjahrir dengan marga Panggabean; M
    Natsir Simbolon, M Yamin Pangaribuan, Agus Salim
    Butar-Butar, Adinegoro Hutabarat, Chairil Anwar Harahap,
    Sutan Takdir Alisjahbana Simanjuntak, Marah Rusli Siagian,
    Rohana Kudus Napitupulu, Rasuna Said Siregar, Abdul Muis
    Tobing, Tan Malaka Marpaung, Buya Hamka Pardede….

    Menurut majalah Tempo, 6 dari 10 tokoh Indonesia paling
    berpengaruh di abad 20 adalah kaum minoritas Minangkabau.
    Quite possibly, untuk abad 21, enam dari sepuluh tokoh itu
    adalah dari kaum minoritas Batak.
    Nampaknya, mimpi saya untuk melihat orang Minangkabau
    membangkit batang terendam, mengulangi kejayaan masa lalu
    tercapai sudah, melalui kaum Batak kafir pemakan anjing
    ini.

    Tapi, sebaiknya saya berhenti mengasosikan Batak dengan
    anjing, baiknya lah dengan kabau alias kebo. Kerbau adalah
    simbol kemenangan orang Minang di masa lalu=
    ‘Minangkabau’. Namun, kini orang Batak jelas lebih berhak
    memanggulnya…Batakkabau!

    Saya berharap ada kaum Batakkabau yang menerima saya
    menjadi bagiannya, dengan senang hati saya rubah suku
    Sikumbang ini menjadi marga Simatupang.

    —————————————
    htpp://anginpetang.wordpress.com

    Re: Si Batak, from Anjing to Kerbau

    Oleh Sangkakala

    Aktivis Muda Minang

    Orang Batak… saya lumayan banyak bergaul dgn orang-orang dgn ras
    ini…

    Pada dasarnya sifat mereka ini kareh angok, terus terang dan dgn aksen
    suara bergaung meninggi agak meletup-letup… tampang dan postur lebih
    proporsional sep orang-orang eropa (jangan-jangan mereka-mereka orang
    batak ini yg keturunan dari alexander yg terdampar dipulau sumatera
    dan mengasingkan diri disekitar danau toba)… Toh moyang mereka
    dulunya kanibalisme pemakan daging manusia dan juga penikmat anjing yg
    mengingatkan saya ttg sifat eropa nazi pemakan manusia… juga doyan
    tuak dgn lapo-lapo tuak dan suka ribut dgn terakhir mati konyollah
    abdul azis angkat si ketua DPRD Sumatera Utara oleh orang-orang asal
    dari ras ini..

    Dari karakter mereka agak lebih terbuka dan sedikit punya naluri
    kebinatangan seperti layaknya ras eropa yg punya energi mau menang
    sendiri dgn otak encer dan suka buka suara apa adanya… coba lihat
    gaya dari pengacara-pengacara papan atas kita yg terlihat garang,
    juga banyak artis-artis cantik indonesia yg kawin dgn binatang-
    binatang dari ras ini yg suka cumbui wanita dan terlihat jantan juga
    doyan cumbui wanita.. ini memang belum sebuah kesimpulan sahih, perlu
    pendalaman penelitian lebih lanjut….

    Sementara orang Minang yg kabarnya bertali darah Alexander the Great,
    nyatanya banyak yg berpostur rendah semampai dgn bahu bulat dan pipi
    tembem, meramah-ramahkan diri, perasa, juga berbicara lemah lembut,
    sedikit pelit, penuh pertimbangan, yg kalo berantem kedepankan dulu
    perang mulut dan lalu lari kalo diajak berantem beneran (maaf tidak
    termasuk saya yg kalo diajak bacakak ayo saja, apalagi kalo cakak
    suara alias debat.. saya dah biasa)

    Tapi khusus soal bacakak atau berkelahi dulunya orang Minang termasuk
    salah satu suku jagoan di Nusantara, lihat perang Paderi yg sudahlah
    kita dikeroyok Orang Eropa dan budak-budak afrika dgn koordinatori
    oleh urang Ulando, juga dikeroyok pula oleh orang-orang senusantara
    mulai dari orang jawa, bugis, ambon, dan termasuk si batak pemakan
    mayat, nyatanya perang Paderi berlangung selama 24th mulai dari thn
    1821 hingga 1845 walau Bonjol telah jatuh thn 1837)…. Ini bukti
    mampunya orang minang dulu soal lego pagai alias perang habis-
    habisan…

    Sementara soal doyan perempuan, orang minang dulu memang jago, kontras
    dgn minang sekarang yg berbini satu saja… dan daya Imajinasi orang-
    orang dulu agak lebih unggul dabanding sekarang.. terlihat dari begitu
    banyaknya pujangga-pujangga asal Minang yg berurai cerita ttg cinta
    dan inisiator-inisiator asal minang yg ambil Inisiatif dalam
    pergerakan kemerdekaan..

    Dan ttg uang, dari dulu-dulunya orang-orang kita amat penuh kerinduan
    ttg yg satu ini, sehingga banyak yg suka dagang, senang bissniss dan
    berniaga.. sampai sekarang masih banyak yg berprofesi pedangang dan
    bisnismen yg walau kaki limanya disapu oleh si keparat sutiyoso yg
    ninik mamak orang minang se jakarta, tapi berbagai belahan pulau Jawa
    lain masih ditemui banyak pedagang-pedagang asal tanah minang, dan
    anehnya ada juga yg berprofesi mengandalkan lututnya bukan otaknya
    yaitu tukang becak.. ini saya temui di daerah indramayu…

    Tapi sayang pola bissniss sebagian besar orang Minang masih berpola
    tradisional belum memakai manajemen bissniss modern… Kita lihat
    pewaralaba dan franchisee asal Jawa dan Sunda lebih unggul dibanding
    orang Minang.. Juga konglomerat dan pebissnis internasional asal
    Indonesia malahan dipegang jawa juga dgn Sunda mulai naik, plus
    pedangang-pedagang bugis juga termasuk beberapa pebisniss asal tanah
    batak…

    Walau demikian banyak juga orang jawa yg ngomong satu-satunya pribumi
    yg bisa bersaing dgn orang cina adalah orang minang.. dan pernah
    kemarin saya berdiskusi dgn pebissnis ras cina, dia akui juga orang
    Minang pintar bisnis layaknya orang cina dan dia ngomong orang padang
    dan orang batak kalo dagang pakai otak layaknya orang cina…
    sementara orang jawa berbisnis pakai hari tangal baik, pakai susuk,
    penglaris dan klenik, orang minang pakai bismillah dan perhitungan-
    perhitungan otak..( saya kurang yakin juga ttg yg satu ini, orang
    Minang masih pakai penglaris juga, dan malah masih juga ada yg gagal
    dan pulang kembali kekampung)

    Karakter orang Minang sepertinya susah bekerja sama dgn banyak orang
    dan lebih suka main sendiri, kelola sendiri dan makan sendiri..ini yg
    bikin bisniss orang minang susah berkambang dahsyat.. padahal untuk
    maju, kita mesti juga bikin maju orang lain.. bisnis maju tersebab
    daya beli orang-orang yg naik. kalau orang lain tidak maju maka tidak
    ada daya beli dan bisnis orang minang tidak akan berkembang pesat..
    Dan segi manajemen modern tidak dipelajari sepenuhnya dan masih
    berpola bisnis gaya lama yg kekeluargaan dgn satu tangan pengelola..
    padahal bisnis kalo mau besar mesti berani mendelegasikan atau
    mempercayakan pada orang-orang…

    Orang-orang batak yg dilihat akan mendahului orang Minang, saya kira
    ini hanya sebuah kecemasan internal saja bukan realita yg
    sesungguhnya… orang batak dgn marga dibelakang nama memang
    memudahkan pengidentifikasian atas asal usul mereka… tapi orang ini
    bukan bersifat tepo seliro atau tenggang rasa atau lamak diawak katuju
    dek urang.. mereka lebih ego yg saya kira sulit untuk diterima dimana-
    mana…

    tetapi ngomong-ngomong sekarang amat banyak artis kita yg berasal
    dari Minang saat ini…. mereka mulai dari Bunga Citra Lestari hingga
    Marshanda, Olga pembanyol dan Nirina Zubir dan masih banyak lagi…
    sayang sebagian mulai hidup beralih sifat lebih sekuler dibanding
    lebih melayu…

    Dan ttg prospek orang minang kedepannya.. nah ini yg sulit
    diperkirakan.. Dari segi karakter bisa maju, tapi orang kita kurang
    sekreatif pendahulu-pendahulu mereka.. dan sepertinya mulai kurang
    berdaya inisiatif memulai sebuah gebrakan baru… walau ada satu dua
    seperti Rizal Ramli yg calonkan diri jadi Capres Independen,
    kebanyakan surut daya inisiatif mereka dan mulai berpola top down, apa
    kata diatas harus dituruti…

    Mental penurut mulai bersemi dalam struktur saraf orang Minang,
    padahal dulunya berfalsafah diiyokan kato urang dilaluan kecek awak…
    tidak ada pilihan lain selain berusaha sekreatif inovatif mungkin,
    lalu mengambil inisiatif dan bikin kerjasama dgn semua orang yg
    mungkin dan terapkan pola manajemen paling modern dan update.. saya
    jamin kita tidak akan pernah ketinggalan kereta..

    Sang

    Bunderan Mangga, Indramayu

    Aktivis Gerakan AKtivis Gerakan Muda Minang:

    http://groups.yahoo.com/group/aktivis_minang/message/6017

  9. @Sang

    Sebagaimana anda mengakhiri tulisan anda dengan himbauan agar Suku Minang berusaha sekereatif dan seinovatif mungkin, bekerjasama sengan semua orang (tanpa kecuali?) dan menerapkan management yang baik, orang Minang tidak akan pernah ketinggalan kereta; saya juga berpendapat seperti itu. Bila perlu, Orang Minang tidak hanya sekedar “Menang Kabau” (kerbau), tetapi akan “Menang Siberian Tiger” (Menang Si-Ti).

    Satu lagi kawan. Agar kalian lebih maju lagi, berhentilah merendahkan derajat suku orang lain, karena itu hanyalah akan mengurangi pahala anda di akherat nanti. Siapkah anda mempertaruhkan pahala anda hanya demi keisengan yang tak faedah?

    Salam

  10. @Sang, angin petang, Ir. Sukardiman, Vara Jambak

    anda itu adalah aktivis Provokator, Minang Imitasi….issue adu domba anda antara Minang dan Batak, dan punya blog dimana mana dengan nama samaran, Sofyan Chaniago, Ir. Sukardiman, Vara Jambak dll beda pelaku dng isi tujuan yg beda,

    saya rasa anda keturunan penghianat PRRI yg disembelih oleh Hantu Bulau dari Gunung Merapi…..

    http://groups.yahoo.com/group/aktivis_minang/message/6116

    http://tobadreams.wordpress.com/2009/03/03/orang-minang-iri-melihat-kemajuan-etnis-batak/

    http://moendg07.wordpress.com/2009/03/13/orang-minang-zaman-sekarang-vs-orang-batak-zaman-sekarang/

    Broer dari Tapanauli dan Minang harap berhati hati blog2 provokator tsb. seperti Musang berbulu Kambing, disatepun dagingnya tak enak…..

  11. saya Vara Jambakpeneliti budaya Minangkabau dan budaya2 masyarakat Matriarkat dunia lainnya

    saya tidak pernah berniat untuk menulis tentang orang Batak. tapi ada seorang Batak bertanya mengenai pendapat saya tentang orang Batak.

    http://moendg07.wordpress.com/2009/02/26/orang-batak-orang-minang-orang-jawa/

    karenanya saya jawab. Kemudian ada tanggapan dari saudara Sukardiman mengenai orang Batak itu, yang merupakan adaptasi dari postingan saudara angin patang di blog angin patang…

    ketiganya orang yang berbeda…saya sendiri berpendapat tidak ada perbedaan mendasar antara orang Minang dan Batak…hanya beda budaya yang disebabkan lebih banyak oleh pengaruh asing..

    blog saya sendiri lebih banyak membahas soal Minang, matriarkat, Islam dan politik, budaya (terutama Indonesia, Eropa dan Indian Amerika)…

    saudara Kubang ini sudah bentak2 dan mengata2i saya langsung lewar komentar yagn tidak semuanya saya tampilkan…

    saya sudah lama belajar tentang orang Batak dan budaya Batak…bukan untuk menjegal, karena menjegal adalah budaya masyarakat patriarkat, tapi untuk bisa memahami…blog ini sudah masuk dalam daftar blog2 orang Batak, yang menjadi bacaan saya…
    salam Indonesia,
    🙂

  12. Hai Angin Petang, kalau saya boleh berkomentar, tentunya anda bukan orang Minang karena seperti halnya orang Batak, orang Minang itu Lemah lembut dan tak pernah mengucapkan maksud secara langsung melainkan berpuisi2 ala Siti Nurbaya.
    Di Batak cara bersantun seperti itu diucapkan dengan cara berumpama dan umpasa.

    Kalau dibilang anda orang Alas ataupun Orang Kubu tentunya bukan karena mereka lebih beradab. Dan sopan santun, sedikit malu-malu, tetapi anda sangat memalukan.

    Mengenai anda yang konon kabarnya keturunan Alexandre The Great, tentunya anda bermimpi, atau anda buta warna. Alexandre bule, dan makannya barangkali pizza, dan anda coklat jelek, makannya engak jelas, mungkin kalau makan di warung hanya beli nasi dan minta kuah2nya saja karena enggak mampu beli rendang. Tetapi saya percaya kalau anda keturunan Aleksander goblok yang warna kulitnya coklat kudisan.

    Tentunya anda juga bukan keturunan India atau Keling, karena anda provokator.

    Nah konon kabarnya Bangsa Batak dan Bangsa Minang masih satu keturunan, ini dapat dilihat dari cara mereka berpantun dan berbalas-balasan. Marilah kita saling berpantun berbalas2an untuk mengetahui siapa yang lebih beradap.

    Dalam bahasa Batak tindak tanduk anda itu dapat dikatakan dalam umpama ini:

    Marsiar, marsiupsiupan, marhajingjingan.
    Holan ibano do mamboto hata siarsiarnai

    Sebagai orang batak yang dikatakan Tedak songon indahan dibalanga, maka ada contoh umpama dan umpasa Batak dibawah ini, kalau anda benar2 orang minang, berikan pantun tandingannya dalam bahasa Minang, kalau anda tak sanggup, maka anda adalah Minang Gadungan.

    Botima:

    Martantan ma baringin, marurat jabijabi
    Horas tondi madingin, tumpahon ni mulajadi

    Marpadung ma palia, marjenggajengga ma pinasa
    Surat sampulu sia, siRaja Batak napunasa

    Mata do guru roha sisean

    Ndang tuktuhon batu dakdahan simbora
    ndang tuturan datu ajaran na marroha

    Ndang simanukmanuk sibontar andora,
    ndada sitodo turpuk siahut lomo ni roha

    ndang marsimu songon unte, martangga songon balatuk

    marsinanggaran ma tataring, marsirosoan hudon, marsisoluan dohot talaga, marsisalihon , marsijambutan, marsiombapan

    aek na marhalisung tu aek na marhutobung,
    tinogu ni palilung umbahen adong roha tarjollung

    Dipasingtak dipatebur songon parabit na so malo jala na tujolo tupudi songn pangambe ni paronan

    Manuan bulu di lapanglapang ni babi
    Mambahen na so uhum, mangulahon na so jadi

    Mangkuling siloning jala mangandung sip songon pambarobo

    Ijuk di parapara, hotang diparlabian
    Nabisuk napuna hata na oto tu panggadisan

  13. boasa dang sakalian di baen mp3 ni gondang batak..asa boi di bege, asa sude generasi pemuda- pemudi halak batak humbotosa..

  14. Membaca tulisan yang mengaku aktivis minang diatas saya anggab anda itu tak lebih dari provokator dan kurang beradab. Sepertinya lagi prustasi. Jaman globalisasi sekarang ini sangat tidak etis menulis seperti itu. Saya rasa anda bukan orang minang, kalau iya anda mencabut tulisan anda tersebut dan minta maaf sama orang Batak. Jangan jadi pengecut.

  15. Saya sebagai orang Batak yang sudah lahir diperantauan memiliki keinginan besar untuk mengetahui lebih banyak mengenai Asal-usul Batak, Adat-istiadat , dsbnya yang berkaitan dengan Batak. Web ini sangat membantu saya untuk memenuhi keinginan saya tersebut.
    Mauliate, sai Tuhanta ma na mangaramoti hamu asa boi manoruson tulisan2 mengenai Batak.

  16. saya wong kito galo ,,
    banyak orang yang menstereotype bahwa “wong kito galo” itu jahat” ,,, tapi saya sih ga ambil pusing karna setiap individu ada yang baik dan buruk , tinggal kitanya aja mau ngambil yang mana ???

    sesama sumatera mari bersatu membangun indonesia ,,, kita memang berbeda tapi kita bisa serasan sekate …..

  17. Bagaimana komentar halak batak tentang kasus gayus, dimana dari mulai pelaku, pengacara, jaksa dan hakim nya batak kabeh, belum lagi bandit macam si ruhut sitompul mereka pilih jadi wakilnya di DPR, so dimana letak kecerdasan mereka, sudah seperti mafia sisilia yang menyusupkan keluarganya ke institusi hukum, eksekutif dan legislatif demi kepentingan kaum sendiri dengan menggangsir uang rakyat, dari kelemahan pengawasan negara, dan menggunakan hukum untuk memperkaya diri dan golongannya….. coba komentari oleh kalian semua biar ada pencerahan bagi orang orang batak yang belum tercemar …. ok

  18. molo songoni bohado kabar marga hamu sude , molo au BAIK hape molo hamu au dang huboto …ha…unang sian sumatra saling mengatai

  19. muliate hian ma tu hamu amang………
    jala di pasu2 tuhan i ma hamu suda…..
    amen…………

  20. Amang,,,,, namangido ma jo ahu…..
    molo boi nian bahen hamu ma jolo umpasa namangido gondang, gondang hata sopisik dohot gondang si bunga jambu. Mauliate….

  21. @ Hendry
    Ambil sajo ma……..
    Gari halak poang nunga dipambuati, copy paste tu blogna, cetak di koranna, so marboaboa… hehehe… Ima halak hita…..

  22. mauliate ma ala ga hu bto sude gondang musik batak i, sae lam maju ma tano batak taon tu jolo niarion……….!!!!!!Sylom.

  23. horas di hita sasudena bah…., saya sangat bersyukur banget karna da situs ni aku jadi tahu tanah kelahiranku. yang mana sebelumnya saya tidak tahu sama sekali tentang kampung halaman saya ini karena semenjak umur 3 thn saya sudah dibawa merantau oleh orang tua saya ke riau. sekali lagi salam kenal untuk semua marga sitorus dimana pun berada.

  24. saya sangat setuju sekali ada situs seperti ini ! agar keturunan marga-marga batak diseantero dunia ini boleh tahu dan tidak hilang dari hati mereka horas !

  25. Horas….Horas….Horas
    Sebagai generasi muda Bangso Batak yang lahir di kota besar Jakarta, saya sangat senang dengan hadirnya situs budaya Bangso Batak seperti ini, sehingga saya dapat mempelajarinya dengan baik akan budaya orang tua saya.

  26. Horas. Au, Rizal Maulana Marbun Banjarnahor
    Manjaha postingan ni @Angin Patang, massai lungun situtu rohangku. Pistar do nian panurat i, malo padomuhon hata (pintar sastra). Alai gabe tu na so suman do dipeakhon hamaloon na i. Alai molo hurimangi surat ni panurat i, ndang na marroha patoruhon halak batak ibana. Mamiding tu sastra satir do anggo unok ni surat i. Ima jolo taringot tu @Angin Patang.
    Taringot tu bilangan ni gondang, hurang pas do panariasan ni Amanta Marga Sitorus i. Molo naung hupargurui hami, tarsongon on:
    Parjolo, saguru tu ulaon do bilangan ni gondang. Molo dipangginjangi na, 2 do goar ni gondang; A). gondang horja ni paradaton dohot; B). gondang parugamoon.
    Gondang horja ni paradaton 3; a). gondang namasa las ni roha, b). gondang namasa hobot ni roha; c). gondang parsaoran/parpadanon.
    Gondang parugamoon 2: a). Gondang hasipelebeguon, b). Gondang parmalimon.
    Godang ni jenis gondang marhite pinta2 na, saguru tu ulaon ni pergondangon ido, alai hohot na adong do bilangan na hot ganup ulaon gondang i.
    Boi ma muse patorangon i tu angka dongan na olo marsipahusoran roha di laon-laon ni ari… Mauliate

  27. dari dewi nababan
    mauliate ma di hamu di pinarsangapan ala boi di pajojor hamu gondang ni batak on asa adong si parsiajaron nami jala asa unang lupa hami akka naupposo tu gondang batak on ,sai anggiat ma bpe hami muse manorusson pambahenanmuna na denggani .mauliate godang tuhatta ma namangaramotu hita sude boru/bere/ibebere.

  28. Bagi seluruh suku -suku yang ada di nusantara tanpa ter kecuali siapapun dan dimanapun dan apapu pekerjaannya marilah kita ber pikir positf,logika dan berpikitan normal layaknya mahluk yang paling mulia dari semua jenis mahluk ciptaan TUHAN.Jangan seperti sifat orang si ANGIN PETANG tadi yang bersifat congkak,munafik,penghianat.marilah kita doakan bersama si ANGIN PETANG pada TUHAN menurut kepercayaan kita masing-masing supaya beliau bisa berubah jadi manusia seperti kita.kalau beliau suku minang kerbau, supaya bisa jadi suku minangkabau yang lemah lembut dan mempunyai sopan santun.(Bagi semua suku-suku yang disebut si ANGIN PETANG di atas jangan lah kita terpancing emosi,terutama suku BATAK,beliau hanyalah seorang manusia yang sudah lama terpisah dari ras nya) ANGIN PETANG? Siapapun nama anda dan siapapun anda saya akan mendoakan anda supaya jadi orang baik!!! Terimakasih TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA

  29. Buat saudaraku Angin petang, dan saudara-saudaraku semuanya:
    Tak ada gading tak retak.
    Tiada orang terlahir sempurna.
    Ninna nabisuk marroha.
    Saya rasa setiap ras, suku, baik dalam hal terkecil, seroang individu, selalu memiliki kabaikan dan keburukan. Biarlah kebaikan dan kebajikan selalu kita syiarkan, namun keburukan, mari kita kubur sedalam-dalamnya. Persatuan, mari kita galang, provokasi kita hindarkan.
    Biarlah kedamaian hidup berdampingan selalu membahana dalam kehidupan kita, saling menyindir kita hapus dari kamus kita.
    Bukankah tiap suku, golongan, ataupun agama dan kepercayaan selalu mengajarkan kebaikan???
    Jika saudara kita silap lidah, mari kita tegur, dan maafkan, serta ajarkan kebenaran yang hakiki, bukan menghakimi atau menyudutkan.
    Jika kawan kita lupa diri, mari kita ingat, dan selalu kita “sunggul-sungguli di habonaron”
    Bhinneka tunggal ika, bukanlah azas sembarang azas. Tapi leluhur kita justru sangat berhati-hati dalam memilihnya.
    Orang Batak bilang: Tungkot ni opputa sijolo-jolo tubu, martungkothon sialagundi. Nauli nipungka ni opputa naparjolo, siihuthonon ni hita angka na di pudi.

    Taringot tu gondang ondeng, nipangidohon ma tu amanta paggurat ni blog on, asa tontong ma dipadohot MP3 ni gondang i, asa niboto pahusor-husorhon, hira songon dia do tompa ni luhutna angka gondang ondeng. Mauliate ma. Sai Tuhanta ma nasai manambahi pasu-pasu di hita luhutna. Horas jala gabe.

  30. Horas.,..ma dihita saluhutna jala mauliate ma dhamu, natottong paingothn hami akka naposo,,, gabe boi dboto hami ruhut-ruhut ni gondang mauliate,….
    horas ma jala gabe.,!

  31. tolong juga di patenkan resmi, supaya tidak ada mengakui secara pribadi di kemudian hari. hal hal ini orang batak yang sukses tidak ada yang mau, tapi mengomentari dan menikmati harum nama tsb mau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s