MUNGKINKAH BAHASA BATAK PUNAH ?

Keresahan akan kepunahan bahasa batak rupanya bergolak di hati saudara Charlie M Sianipar. Pengusaha muda di Jakarta ini menabur SMS untuk lebih membangun kepedulian mencintai bahasa Batak. Isinya adalah :

Akankah bahasa Batak punah ? Kepunahan bahasa daerah, tinggal menunggu waktu. Kepunahannya dimulai dari rumah pemilik bahasa itu, digantikan dengan bahasa yang dominan. Bahasa punah mengakibatkan kepunahan budaya. Di jabu (Jakarta) marhata batak do hami, huajari do dakdanak i asa dialusi dohot bahasa batak asa unang punah……

Sudah dua kali Charlie tersentak akibat berita Kompas tentang realitas banyaknya bahasa daerah yang telah punah. Berita terakhir oleh Kompas Rabu 23 Maret 2007 lalu. Didasari orasi Arief Rachman pada saat pengukuhannya sebagai guru besar bidang ilmu pendidikan bahasa Inggeris pada Fakultas Sastra dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Disebutkan bahwa di Sulawesi dari 110 bahasa daerah, 36 bahasa terancam punah dan satu sudah punah. Di Maluku, 22 bahasa terancap punah dan 11 sudah punah dari 80 bahasa daerah yang ada. Di Papua, 271 bahasa, 56 terancam punah.

Dalam konteks Indonesia, kata Arief, memang tidak ada bukti yang dapat dikemukakan bahwa kehadiran bahasa Indonesia ataupun bahasa lainnya, seperti bahasa Inggeris, menyisihkan kedudukan bahasa daerah. Akan tetapi, ada indikasi atau kecenderungan pemakaian bahasa Indonesia dan bahasa Inggeris untuk kepentingan tertentu-termasuk dalam pendidikan formal-membuat kedudukan bahasa-bahasa daerah menjadi lemah.

Anak-anak sekolah digiring untuk beranggapan bahwa bahasa Indonesia dan bahasa Inggeris menjadi superior dibandingkan dengan bahasa ibunya. Kondisi ini diperparah sikap orangtua di rumah yang juga tidak memakai bahasa daerah dalam berkomunikasi.

Menurut Arief, perlu dibuat program-program penyelamatan bahasa daerah yang terancam punah melalui kegiatan-kegiatan stategis. Bahasa daerah juga perlu diberi peran yang berarti dalam kehidupan modern, termasuk pemakaian bahasa lokal pada kehidupan sehari-hari, perdagangan dan pendidikan.

Iklan

16 thoughts on “MUNGKINKAH BAHASA BATAK PUNAH ?

  1. Jekson Siahaan berkata:

    Horas!!
    Molo au mandok, hata batak dang boi mago. Alai molo boi hita songon halak China na sai tongtong peduli tu hata nasida. Boasa huduk songoni ??? Alana hita sandiri pe molo dung dipangarantoan (tarlumobi angka parsikkola namangaranto ) pintor pantang sobilak do, so boi be marhata batak molo nungga di dege kota .
    Dasar paling utama ima keluarga, sahali kagum do ahu marnida kelurga ni donganhu na di Amerika, Surat batak, Hata batak do dipangke nasida di Jabu. Mungkin ra Godang do anak ranto na so boi marsurat batak. Sada hailaan bolon do on di hita bangso batak. Horas
    Arga do Bona ni Pinasa Di angka nabisuk Marroha
    Jekson RP Siahaan
    Instrument Eng
    Batam

  2. tanobatak berkata:

    Lae Jekson,

    Adong muse na pailahon. Ro ma pahompu ni na par Toba sian Jakarta setingkat SMP. Amongna dohot inongna tubu di Toba do, alai ianangkonna i dang boi marhata Batak. Ujungna kursus ma ompungna tu tetangga asa diantusi aha na pinandok ni pahompuna i.

  3. Hata batak,boi do gabe punah molo dang olo hita rampak manjaga, apalagi jaman saonarion nungga lam godang anak ni halak hita naso boi be marbahasa batak, didok nasida hurang moderen. Boi dodohonon hurang do dilehon angka natoras nadi pangarantoan laho mangajari gellengna marbahasa batak. Na paling cepat punah menurut ahu ima paradaton, ala mungkin dipangkilalahon menyusahkan (tarboima dohonon namardomu tu angka biaya sipangkeon diulaon adat BataK) mungkin nungga boi ra hita tarlumobi ma on tu anggka siboto paradaton asa boi lebih sederhana paradaton i diulahon , mauliate horas.

  4. tanobatak berkata:

    @ Sahat
    Toho donidokmuna i lae, alana najolo pe ninna dang apala songon sisaonari on ulaon paradaton. Taida ma mangulosi dipesta adat,molo so sa batalion pangulosi, gengsi ni pesta i turun.

  5. Charlie M. Sianipar berkata:

    Boi Do Punah?
    Boi, Dang leleng nai punah molo dang ta jaga.
    Ise mambaen Punah? Angka natua tua, natoras ni naposo nuaeng. (Dohot do hamu?)

    Taparrohahon.

    Boi do beremu, paramanmu, borutta, anakkta, angka sisolhot, doli doli manang namarbaju nuaeng marhata batak?

    Dang Boi?
    Ise nasala?

  6. advendes berkata:

    Selaku halak Batak ingkon ta tolopi do na mandok nunga lam mintop be haulion ni hata Batak di tingki nuaeng on. Boi do i taida di angka sundut naumposo na tubu di parserahan, dang pigapiga be na boi marhata Batak siganupari. Hata Batak na somal tabege saonari pe nunga tung mansai godang mambuat sian hata Ïndonesia manang hata na asing. Songon parmago ni Surat Batak i ma haduan lam mago Hata Batak nauli i.
    Boha hita angka halak Batak?????
    horas

  7. silver wings berkata:

    Horas Batak!

    Walaupun aku orang Padang, tapi aku sangat mendukung pelestarian bahasa daerah. Jangan sampai punah!

  8. monang berkata:

    horas jala gabe

    parhorasan ma dihita angka na manghalungunton hata batak, sada halian nabolon do molo pola job hata batak, sai tadok do hita anak niraja boru niraja, nabolon nang nagogo alai lupa dohita dipangalaho ni batak nasasintongna. nalambok nasabar namalo pasidingkon nahumurang jala mangalumba hatingkosan.
    godang do anak ni halak batak tubu di medan alai ndang diantusi hata batak apalagi surat batak, ai godang do anakni batak maila molo marhata batak, jadi tamulai ma sian dirinta be mangajari anakhonta asa unang maila marhata batak.
    mauliate horas jala gabe

  9. Horas tu sudena hita,

    ahu sependapat do tu bere niba si Jekson RP siahaaninon alana nagodangan halak batak na naung mangaranto gabe lupa asal usul na…jadi molo boi ahu mangido tu moderator asa mengembangkon jala mengulas lebih dalam tentang habatakhon.

    Mauliate.
    Jackson Purba

    NB: Boha do kabarmu bere? lancar do karejoi ate? sipata boan jo ahu tuparkarejoanmiinon da.

  10. Pahala Panjaitan berkata:

    Bagi masyarakat batak perantau kemungkinan bahasa batak itu bisa dan tidak bisa dipergunakan dalam percakapan sehari-hari. tarlumobi diangka ianakkonna na lahir di pangarantoan jelas dang boi be haraphononi. Mungkin adong sada manang dua keluarga nasering marhata batak didalam keluarga, tetapi semuanya ini akibat atau faktor lingkungan dimana kita berada. Kalau di Medan mungkin masih bisa berbahasa batak secara bebas dan tidak diolok-olokin tetapi kalau didaerah lain seperti diluar Jawa dan Sumatera kalau kita berbahasa batak sesama kita mereka (orang daerah setempat) beranggapan / assosiasi mereka sudah negatif. Tetapi saya yakin bahwa bahasa batak tidak akan punah dalam beberapa puluh generasi mendatang karena faktor perkembangan / pertambahan masyarakat batak yang cukup besar baik didaerah batak sendiri maupun diperantauan bila dibandingkan dengan masyarakan/daerah yang lain yang bahasa daerahnya sudah punah, mereka ini jumlah penduduknya minim sekali dan integritas / idealismenya tidak seperti orang batak yang selalu kritis melihat permasalahan. Kalaupun kita berandai-andai / pesimis, marilah kita orang batak mulai mengarsipkan / mendokumentasikan bahasa batak tersebut agar kelak cucu-cucu kita pada sepuluh generasi yang akan datang dapat mempelajari dan bisa berbahasa batak kembali seperti kita sekarang ini.

  11. Charlie M. Sianipar berkata:

    @ Abang ni Iba, Pahala Panjaitan,
    Sai unang ma job hata Batak i. Parsoalanna dang taringot tu bilang bilang ni halak hita i (kwantitas) alai tu bilang bilang ni halak Batak na boi marhata Batak do (Jumlah Penuturnya). Molo lam moru do, ido namambahen mago hata Batak i. Boi do hamu manang ianakhontai marhata Batak? Molo boi, na uli mai. Alai molo dang boi, sadia godang keluarga ni halak hita na songoni. On ma na humaksud taringot tu bilang bilang i.

  12. marungkil berkata:

    ima tutu..asa unang mago bahasa bataki nga boibe dibaen buka les bahasa batak tarlobi di kota jakarta

  13. sangat mungkin…………pengalaman saya terakhir pulang ke TARUTUNG di bulan september dan nopember 2010 tidak menjadi minder lagi bagi orang yang tidak mengerti bahasa batak melakukan perjalanan ke kampung halaman. didalam kendaraan umum orang sudah terbiasa berkomunikasi dengan bahasa indonesia……khususnya bagi generasi muda yang menempuh pedididikan diluar Hutanya. ……mungkin mereka merasa bahasa batak sudah JADUL…………. apakah disekolah sekolah di toba ada mata pelajaran bahasa & sastra batak !!????????????

  14. b.Parningotan berkata:

    @botharpudhi, Tentu saja Hata Batak akan punah jika kaum muda tidak dapat kesempatan belajar bahasa Batak, oleh karena itu selain Kamus BATAK – INDONESIA yang sudah beredar, sekarang telah dapat di download kamus IINDONESIA – BATAK bagi pemuda yang tertarik untuk berbicara bahasa batak , hingga mereka dapat menterjemahkan sendiri apa yang akan mereka ucapkan dalam bahasa BAtak. Terimakasih pada website Tanobatak…
    Horas

  15. Horas madihita sude…! boi jadi do muse punah, ai molo binereng do tu jaman saonari on , tung mansai godang do halak kita nungga maila mamangke bahasa batak i. tarlumobi di hita angka pangaranto, dua generasi dope sian hita, ( langsung sian hitaan ) manang anak ta be rata -rata ra dang di boto be bahasa batak. jadi salah di ise do on ? boi do dohonon on godangan salah ni huita natuia -tua na, tarlumobi di angka ina ,alana inado gumodangan rampak dohot angka ianangkana di jabu,jala tangkas ta boto ido na adong di dongkon ‘BAHASA IBU’. jadi hita angka ama tak dongkon antong tu angka inantai asa di ajari angka ianangkon na marbahasa ibu,jala muse tuangka dongan doli doli ,asa taoli antong angka boru halak kitai,tung mansai godang do nuaeng anak boru ni halak hita na tung mansai uli na pistar, boru ni RAJA doi sude. horas ma di hita.

  16. mh. simbolon berkata:

    BAGI SEBAGIAN ORANG BATAK YANG LAHIR DIPERANTAUAN SUDAH TIDAK TERTARIK DENGAN ADAT BATAK, DENGAN ALASAN MEREKA : TERLALU MULUK2 MEMBOSANKAN, DENGAN WAKTU YANG SANGAT LAMA, DAN MASIH BANYAK YANG TIDAK SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN, CONTOH MASIH SUKA MAKAN DARAH, PADAHAL DALAM FIRMAN ALLAH SETIAP ORANG YANG MAKAN DARAH APAPUN JUGA AKAN DILENYAPKAN DARI ANTARA BANGSANYA ( IMAMAT 17 : 10-16)
    ***** KALAU MENURUT SAYA LEBIH BAIKLAH KITA JADI ORANG KRISTEN YANG SUNGGUH2, SEBAB BANYAK ORANG BATAK LEBIH TAKUT / HORMAT KEPADA ADAT DARIPADA TAKUT/HORMAT KEPADA TUHAN, FAKTA ***** APABILA BORUNYA KAWIN TIDAK DALAM ADAT/MANGALUA/KAWIN LARI DIBERKATI DI GEREJA MAKA PIHAK PEREMPUAN/HULA-HULA SANGAT ENGGAN UNTUK DATANG/MALU SAMA ORANG/GENGSI.
    ***** SARAN SAYA ADAT BATAK HARUS BERANI MEREPORMASI DIRI, AGAR SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN , DAN ANAK ANAK YANG LAHIR DIPERANTAUAN, TERTARIK DAN MUDAH MEMAHAMINYA. MAULIATE TUHAN MEMBERKATI BANGSO BATAK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s