KARAL HUTAGALUNG dan GITAR SIPOHOLON

Seorang wanita cantik bagi pemuda batak diistilahkan dengan bahasa yang puitis Songon garaga songon garugu, songon na sada songon na duapulu, pangeol ni gontingna songon dengke na mangolu. Lama kelamaan ada istilah singkat di kalangan para pemuda itu dengan menggambarkan wanita cantik dengan body yang bagus itu songon gitar sipoholon

Ompu Mega Hutagalung Generasi Kedua Generasi Ketiga

Karal Hutagalung semasih muda sudah piawai memainkan beberapa alat instrumental buatan Eropa seperti gitar, biola, mandolin dan organ engkol.

Berawal dari upayanya memperbaiki gitarnya sendiri yang rusak memotovasi dirinya membuat gitar yang baru. Ternyata buatannya lebih baik dari gitar yang pada waktu itu kebanyakan buatan luar, sehingga banyak yang memesan. Tidak puas sampai disitu, dia mencoba membuat organ engkol yang digunakan pada gereja. Organ itu dengan sebutan batak poti marende. Banyak gereja menggunakan organ buatan Hutagalung.
Usahanya semakin berkembang, semula dilakukan dirumahnya Hutabagasan Desa Lumban Baringin Sipoholon sejak tahun 1954. Modal usaha terkumpul sehingga dapat membeli tanah di pinggir jalan raya Jalan Balige Lumban Baringin Sipoholon.

Hutagalung mampu membuat alat musik lain seperti biola, mandolin, stringbass, jazband dan bamboo. Beberapa kepingan kayu model senapan juga ditemukan dibenglenya. Dia juga mampu membuat senapan angin.
Pesanan organ engkol poti marende tidak lagi ditekuninya sejak keyboard semakin banyak dan murah. Poti Marende telah digeser peranannya dari gereja dengan keyboard sehingga tidak lagi diproduksi.

Beberapa alat pertukangan yang ada dibengkelnya adalah atas upaya sendiri. Menurut pengakuannya pemerintah daerah Tapanuli Utara pada saat Bupati RE Nainggolan pernah membantunya Rp 10 juta. Sebelum dan sesudah itu tidak pernah ada. Konon pemda sering mengikutkan bengkel kerjanya mengikuti pameran ke Medan dan Jakarta. Dia mengakui bahwa gitar buatannya sudah pernah sampai ke Amerika.

Kelebihan gitar Sipoholon adalah kualitas dan seni pembuatannya dan penjiwaan pembuatnya ditambah dengan pemilihan kayu berkualitas terbaik yang ditemukan di daerah Sarulla.

Pemasaran Gitar Sipoholon tidak jelas, pada umumnya hanya melayani pesanan. Semua gitar yang terpajang di gallerinya semua sudah ada pemiliknya. Harga yang dipatok berkisar antara Rp 350.000 s/d Rp 400.000. Akustik Bass dipatok Rp 800.000. dan Gitar listrik sekitar Rp 1 juta. Pembuatan 1 gitar dapat diselesaikan dalam 1 minggu. Setelah menggunakan alat mekanik telah dapat menyelesaikan 2 gitar dalam 1 minggu.

Karal Hutagalung telah memiliki cucu-cucu yang membahagiakan hatinya dari 5 orang putra dan 4 orang putri. Dia dipanggil Ompu Mega. Isteri tercintanya Boru Parapat telah lebih dulu meninggalkannya. Pada usianya yang seja (82 tahun) Ompu Mega telah pensiun dari pekerjaannya. Usahanya dilanjutkan oleh 3 putranya.

33 thoughts on “KARAL HUTAGALUNG dan GITAR SIPOHOLON

  1. Mauliate ma dipenulis,
    kebetulan sada sian anak ni Ompung on, dongan sapangarantoan di Batam. Sukses selalu buat Ompu Mega dan penerusnya.


    Partungkoan : Sahat ma tabe horas sian hami tu nasida. Dua minggu nasalpu hami sian Sipoholon hipas dope Ompung i jala boi mangatur gaya marphoto. Ah… molo boi iba songon umurna i tong sai sehat nungga mauliate. Sada seniman na porlu dicatat sejarah do Op Mega, alai sai boi ma taargai semangat, kreasi, keuletan ni beliau.

  2. AKU TURUT SUKA CITA ATAS PERJUANGAN OMPUNG ITU.KEBETULAN OMPUNG KU DARI MAMA JUGA MARGA PARAPAT.SAYA SANGAT SENANG KARENA KAMPUNG SAYA SIPOHOLON CUKUP TERKENAL.SAYA MARGA SITUMEANG,DARI AEK RANGAT.SAMPAI SEKARANG GITAR IU DI PERGUNAKAN PARA MUSISI BALIGE.TERUTAMA SAYA,SAYA INGIN SEKALI MENGGUNAKAN GITAR MASTER ITU…TERIMA KASIH OMPUNG……MMMMMMMUAAAACCCCHHHHH

  3. SALAM HANGAT SEJAHTERA BUAT SEMUA WARGA TARUTUNG TERUTAMA SIPOHOLON. SAYA ORANG BALIGE DI ONAN RAJA,JLN SOMBA DEBATA.TUNG MANSAI LAS DO ROHA KU MIDA HITA HALAK BATAK.TARLUMOBIMADI SIPOHOLON HUTAKU.APALA SAI ANENG TANGIS DO AU MOLO HUINGOT2 PEJUANGAN OMPUI.MANSAI PISTAR DO IBANA MAMBAHEN GITAR.BOI DO DIPADENGGAN GITAR NA SEGA GABE BERMELODI NA JINGAR…HA..HA..HA..HA…. MAULIATE MA ATE OMPU!AU SAI MENGHARAPHON BOI MARGITAR SEPERTI KHAS SIPOHOLON…….H O R A S

  4. Horass…
    Ini informasi yang sangat menarik…kalau nanti saya pulang ke Indonesia mungkin akn saya usahakan ke sana…Hutagalung masih satu kelompok nggak dengan Panggabean ya?…tolong diterangkan lae..
    Terima kasih
    Nirwan Panggabean- Bahamas.

  5. Horas Sipoholon semoga Guitar sipoholon dapat berjaya terus sahat tuluat portibion alana taboni suara-na mauliatema tu oppung Hutagalung namansai malo mambaen guitar sipoholon i sai didongani Tuhanta ma hita sudena….HORAS MAJU SIPOHOLON.

  6. sep n sukses selalu ya buat gitar SIPOHOLAN.
    temen punya gitar sipoholan itu
    n suaranya ngalahin gitar aq
    salut deh pokoknya

    MAJU TERUS YA…..

    GB….

  7. saya bangGa jaDi anak Tarutung,kareNa disAna terDapat pemBUAT GITAR yang sangat BAGUS ……..
    PokoK nya yaNg laen Kalah deCh,,,,,,,,,
    maju Terus giTar siPoholon.,.,,.,.,.,

  8. Hari ini 14 02 2009, saya berada di bengkel Gitar Sipoholon, saya berbincang-bincang dengan salah satu anak Pak Hutagalung. Lokasi ini sudah saya lihat 40 Tahun yang lalu (1969), saya sangat prihatin karena kondisi saat ini dengan 40 tahun yang lalu Tidak lebih baik, atau dengan kata bahasa batak ” tong do songoni ” . lalu saya sedikit diskusi :
    T > Kenapa begini dari dulu
    J > Karena kami kekurangan Modal untuk membuat lebih baik dan maju.
    T> Bagaimanan dengan permintaan pasar.
    J> Kami hanya mampu memenuhi 25 Gitar / bulan sedaangkan permintaan lebih dari 50 Unit / bulan jadi hanya 50% yang bisa kami penuhi
    T> Kenapa tidak minta modal kerja ke Bank, kan kalian punya Tanah + rumah yang cukup luas untuk dapat dijadikan jaminan
    J> Tidakk bisa dijaminkan karena tidak punya sertifikat.

    Saya jadi habis pertanyaan.

    Saya menghimbau untu kita orang Sipoholon Khususnya Saudara kita Hutagalung yang bisa membantu modal kerjanya, karena Kerjaninan Gitar mempunyai Pasar yang cukup baik.

    Horas

    Patar Hutauruk

  9. suara gitar sipoholon sangat merdu, semerdu suara gadis dari sipoholon, selain gitar sipoholon ada juga aek rangat sipoholon.

  10. Nah…songon on ma atong na porlu di patujolo,
    Hape poang hubereng akka dongan musisi halak hita on ( dang dohot au) dipahabis hepeng sampe 50 juta holan manuhor sada gitar, hape molo gitar sipoholon nunga dapot sajabu ate🙂
    Jadi songon dia ma ??? akka ise ma na tubu rohana laho patujolohon gitar sipoholon on ???
    Dang pola porlu godang godang dohot sia sia, asa ta baen songon bentuk transaksi ma, alai dohot harga na mangurupi, artina molo adong 20 halak nuaeng hita, ba tapesan 1 gitar sahalak, alai argana atong tabaen ma 1 juta manang 1.5 juta alai sekaligus..asa tor adong modal ni Oppung on.. ( sip joho opung.. alai ikon minum tuak hita da oppung)
    Ise ma organizer na ??

  11. Horas…..

    Mauliate ma di hamu sude akka dongan dongan na mangalehon sude masukan tu hami.. memang molo binereng leleng na gitar sipoholon on, nga aturan na be gabe sada perusahaan nabalga be on…alai sude nai ala kekurangan modal sian awal jala dang adong nanggo otik perhatian sian pemerintah daerah manang negara ta on gabe mardalan patma perkembangan sampe saonari..alai molo sian au generasi ke 3 gitar on,, kebetulan tinggal di medan do nuaeng..naeng bahenon do annon gitar sipoholon on gabe sada oleh oleh sian sipoholon jala berupa sada toko ma toko musik gitar sipoholon..jadi dang pola be ikkon dipesan be langsung tinggal pilih. jala molo binereng tikki pameran hami di jakarta JCC senayan na mewakili alat musik sian SUMUT,,, dang talu be kualitas ni gitar sipoholon,,garuada heran do para pengunjung stand gitar sipoholon ,,na adong do hape pambahen Gitar sipoholon dengan harga murah dan kualitas suara sangat bagus..terbukti doi tikki pameran i 3 halak sian pengunjung luar negeri : korea .jerman, china manuhor gitar sipoholon dung dipiltik suara gitar i,, alai dison ma sada molo binereng nga berangkat gitar sipoholon mewakili pameran alat musik mewakili SUMUT,,hape nanggo saonari tong dope dang adong nanggo otik perhatian tu gitar sipoholon on. hape torusdo setiap adong pameran tarlumobi dimedan gitar sipoholon ikkon do adong di boan mewaliki sian taput.. jadi songoni ma jolo haroa na masa..mudah mudahan ma sai di lean Tuhan ta ma akka hahipason di hita sude,,jala boi annon gitar sipoholon gabe balga tanpa adong perhatian sian negara ta on. mauliate. ‘ARIFIN HUTAGALUNG / 0812-600-1200 & 061-7700-1200. HORAS MA DIHITA SUDENA.

  12. Olo tutu, ala hutanda Amanta Bupati RE Nainggolan, jalo dilehon Bantuan Modal 10 Jtu Rp.

    Tontu molo dipinjam nasida hepeng sian BRI Bunga na ndang targartar nasida huroha ate ? Molo targarar nasida do tontu Bunga Uang Bank boi dope hurangan sesuai Peraturan Perusahaan Daerah na sedang dimajukan. Jadi boi do gararon nasida i. Dinas Industri dh Bappeda Taput di Tarutung boi jala tugas nasida do on. Didia salana ndang boi ummaju ?

    Informsi Pinjam Uang sian BRI dilehon Amamnta Panjaitan (Orangtua Pambers) do on tu ahu di taon 60-an (Pengembangan / Pendidikan BRI)
    tingki Diskusi hami soal Pengembangan Industri Indomnesia via BRI dln.

  13. saya pernah sampai sipoholon,hanya karna tertarik gitar akustik buatan anak negri sendiri yang katanya dah nembus amrik.tapi tidak puas,mungkin bukan di kluarga pak hutagalung.yang made in hutagalung persisnya dimananya ya?saya ini penghoby kayu2an,saya mnyarankn tanah2 adat hutagalung ditanami kayu yang disebut sbgai bahan gitar kalo perlu dibuat proyek pengembangan kultur jaringan(konsultasikn dngan ahlinya:Puslit kopi kakao Jember) agar jadi warisan abadi anak cucu kita.

  14. saya pernah ketempat gitar sipaholon tersebut,waktu itu saya masih berumur16 thn, kebetulan rumah opung saya ada di belakang kampung tersebut namanya HUTA PARAPAT ,bahkan saya pernah menginap dirumah tersebut bersama teman saya yg bernama BENGET HUTAGALUNG dia adah cucu dari KARAL HUTAGALUNG tersebut,tapi entah lah dia masih ingat pada saya atau tidak karna itu sudah lama, sudah sekitar 12 thn lalu,sekarang saya dikalimantan .
    disi ada yg bertanya,dia dari suku TORAJA
    TORAJA : kamu asalnya dari mana
    SAYA : saya dari sumatera utara
    TORAJA : kamu orang batak ya ?
    SAYA : ia, emang napa ?
    TORAJA : kamu tau g gitar sipaholon ?
    saya terkejut dengan pertanyaannya,saya bertanya dalam hati darimana dia tau gitar sipaholon.singkat cerita, dia seorang pemusik dan dia punya gitar kesayangan yg bernama gitar sipaholon.saya bangga melihat orang lain senang dan mencintai gitar sipaholon.
    sekin dan trimakasih,salam buat BENGET apabila ada yg mengenalnya

  15. god bless you gitarsipoholon.

    we proud for handycraft from opung gitarsipoholon hutagalung.
    so, kita harus juga realistis. pemerintah era sekarang (otonomi) sebagai “penampung” aspirasi saja, atau mungkin bpk bupati taput (pak tobing/sekdanya hutagalung) enggan melihat atau memberi sokongan, khawatir disebut KKN (nepotis).
    Bagi musisian, tetaplah konsist dengan pilihan gitar yg berkwalitas. May be, gitarsipoholon. Terimakasih juga kpd generasi muda, yg mau akses berita gitarsipoholon. Semoga terwujud jejaring – marketing menjaga eksisnya gitarsipoholon.
    Horas Nasional. Horas kepada generasi opung gitarsipoholon.

  16. mauleate ma tutu didoganta natar barita.uhut mambuan gitar sipoholon ima sada talenta
    di rura silindung.
    =//=
    trima kasih bagi saudara yg membawa sebuah alat musik yg kas gitar sipoholon dari tarutung suatu kebanggaan serta sebuah talenta.

  17. buat omparan Opung Mega(yang meneruskan usaha gitar sipoholon)! sering-sering saja dimasukkan kemedia tulis dan cetak apalagi ketwiter,supaya sampai pemasaran guitar ini keseruh dunia he he he !

  18. terimakasih atas dukungan dan masukan yang di tujukan buat gitar sipoholon, saya dari generasi ke-3 ,gitar sipoholon yang selama ini,terjun langsung dalam pembuatan gitar tersebut merasa sangat bangga ats perhatiannya.dan dari sekian banyak gitar yng kita pasarkan pasti ada sedikit banyak kekurangan dan mungkin mengecewakan,,atas nama gitar sipoholon [kami minta maaf]..karene itu kita butuh kritik dan saran,agar supaya kita bisa berkarya lebih baik lagi, buat bapak fernando hutauruk,saya ucapkan banyak dan banyak terima kasih atas perhatian nya. buat teman saya okto fredy,sory laeku ngasongon nalupa au,torang jobaen laeku gabe penasaran au. yang pastinya lae ngga lupa bahasa batak kan. masih antus kan lae. margait do lae.

  19. manTap- manTap..
    porLu do on di TingkaTkan,,,
    moLo boi margenerasi ma Torus,,,
    saHaT tu saLeleng Na…

  20. NDH :
    3 9 2011
    Horas

    GITAR KARAL HUTAGALUNG DARI SIPOHOLON
    JABARKAN PADATKARYA RAKYAT DAERAH

    1. Pengrajin Gitar Kelompok Seni Penukang 1 atau 2 Orang
    1.1.Pekerja Lain Penukang bagian “Kasar” sampai 20 Orang Dst
    1.2.Pemasaran 1-3 Orang Dst

    2. Kecuali Gitar, juga Seruling / Kecapi / Gondang Dsb dari Batak
    2.1.Bisa memprodusir Seruling misal sampai 1000, yl juga
    2.2.Dsb Pekerja lain di Devision Of Labouring = Padatkarya

    3.Mempopulerkan Penggunaan Misal Seruling / Gitar Dsb:
    3.1.Ada Koor Seruling (Massal) dari Seluruh Sekolah-Sekolah di Batak
    3.2.Pada saat tertentu adakan Pesta Kompetisi
    3.3.Atau Tiap Minggu ada Bengkel Latihan Seruling Dsb
    3.4.Semua ini menjadi Tontonan Wisatawan/Pengunjung/Peninjau
    3.5.Dsb.

    4.Perlu Lembaga Pariswisata di Batak di Dinas / LSM / Wirausaha
    4.1.Urusan Pertunjukan
    4.2.Urusan Penelitian dan Penumbuhan
    4.3.Urusan Lain-Lain.
    4.4.Bekerjasama dengan Semua Lapo Restoran Hotel Batak
    4.5.Dsb

    5. Agar Triaspolitika NKRI di Batak
    5.1.Menjadi Penginsentip Ragam Ide Padatkarya Rakyat
    5.2.Mereka Latihkan dalam Kurrikulum Semua Rakyat
    5.3.Akan Menjaminkan ada Pekerjaan Harian Rakyat
    5.4.Akan dapat memberi Tunjangan Pendapatan Per Kapita Wajar Rakyat
    5.5.Tugas Ber NKRI Ber Triaspolitika ialah Bekerjabersama Mandiri Hidup

    Mohon Reorientasi Konsiderasi Konfirmasi Konvergensi Galakkan Ide Inisiatip-Plus Kehidupan Warga mulai dari Desa Rakyat Biasa sampai Akademika Universitaria Honoriskaus Ide ini diciptakan.

    Dari NDH
    Turut Pencerah GP Generasi Penerus, Missi Voluntir (HH).

  21. Ai boi do nuaeng jaloon daftar harga ni gitar sipoholonon, naeng dipakke di Greja HKBP Hutaraja Sidikalang Kab Dairi. Molo satolop nian hita manang na menerima sumbangan pe tajalo mai. Mauliate parjolo sai Tuhatta ma namangaramoti hita manang na didia pe maringanan.

  22. MOLO USULHU BAEN HAMU MA MERK NI GITAR I KARAL, ASA BOI SUDE PORTIBION UMBOTO ADONG DO HALAK BATAK NABOI MAMBAEN GITAR NA BERKUALITAS DUNIA.

  23. nga sadia saonari harga gitar i admin? tong dope songon harga na diginjang i?

    ****
    dang binoto be, dang hea be sinungkun..
    Admin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s