MANATAP SIAN SIMARBALATUK

Monang Naipospos

Bila kita memandang dari dataran Toba kearah Timur, maka terlihat jajaran gunung bergelombang seperti benteng. Bagi yang sering melintasi punggung gunung itu pada salah satu tempat, sudah pasti akan melihat dataran Toba yang luas dihiasi cermin raksasa air Danau Toba.

Bukit Simarbalatuk Toba Nauli Liat tuuuuuhhh Lebih dekat ya Pak.. Yooo nampang.. Mual Sipangolu Pak Camat dan Air Terjun Generasi Bangsa dari Hitetano

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Toba Samosir Drs L Sibarani menjalankan misi mencari peluang pengembangan pariwisata alam Toba pada hari Rabu 11 Juli lalu. Tim ini cukum komplit, turut serta Asisten I Tata Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir, mewakili dinas-dinas dari Dinas Kehutanan, Dinas PU, Dinas Tarukim, Camat Habinsaran, Camat Silaen dan dari beberapa biro kantor Bupati Toba Samosir.

Perjalanan dimulai dari daerah Habinsaran, tepatnya melalui Desa Hitetano. Kenderaan memasuki jalan yang rusak parah akibat lintasan truk operasional pabrik pulp yang ada di Tobasa. Sebagian jalan awal masuk sudah diaspal dan sekitar 1000 meter arah Hitetano. Pak Simanjuntak Camat Silaen yang menjadi juru mudi sudah cukup kenal kondisi jalan mengantarkan rombongan 4 kenderaan sampai daerah pemukiman penduduk Desa Hitatano.

Semua penduduk yang ada dipinggir jalan melambaikan tangan dan sebagian menyapa dan mendekati rombongan di titik kumpul. Ada yang bertanya “Saut do?” (jadi kah?) Apa yang jadi saya kurang tau. Apakah mereka sudah ada mendapat informasi ada yang hendak dijadikan?.

Dari rumah Kepala Desa Hitetanoyang belum ada listrik itu kami mulai perjalanan dengan kaki kearah celah bebukitan yang belum jelas kami tau finishnya di arah mana. Perjalanan sepanjang empat kilometer cukup melelahkan karena harus melintasi jalan yang sebagian berbatu, melompati parit, mendaki dan menurun, melintasi pematang kebun dan sawah.

Kepenatan akhirnya tidak lagi menjadi beban setelah sampai di sebuah hamparan luas bertepi lembah Toba. Sambil kaki melangkah tak hentinya diantara rombongan berucap; indah, good, ohhh beautiful…. Saya memandangi keindahan itu dibantu dengan sebuah teropong yang sudah saya sediakan. Desa desa di Kecamatan Silaen Nampak jelas, tata perkampungan dan sawah membentang, jalan utama dan jalan desa sungai, semua terpadu indah. Saya merasakan seperti diatas pesawat udara yang hendak landing.

Juru pandu berteriak “makaaaaaannnn” nasi bungkus dengan lauk ikan mujair menjadi santapan lejat. Kadis, Asisten, staf biro berpencar mencari tempat teduh untuk makan. Duduk diatas semak……terasa benar nikmatnya. Uang banyak tidak berarti di kawasan hamparan itu. Kehabisan rokok? Jangan gengsi untuk meminta dari teman seperjalanan.

Lambaik Manalu wartawan Batak Pos melakukan kontak; “Horas Ompung”. Rupanya dia menghubungi Pak Sopar Panjaitan “bos” Batak Pos. Rupanya, Pak Sopar Panjaitan berniat mengambangkan lokasi itu untuk tujuan wisata. Malalui Yayasan HOP yang dipimpinnya akan membangun berbagai fasilitas pariwisata rohani. Ada bangunan menara salib direncanakan.

Dari penduduk desa yang ikut memandu perjalanan mengatakan bahwa ditempat itu pada jaman Belanda sudah ada dibangun sebuah tempat peristrahatan. Masih ada disana ditemukan bekas bak penampung air. Lokasi ini sebanarnya tandus, jarang ditemukan pohon kayu besar. Konon pada tahun 2005 proyek gerakan pelestarian lingkungan yang disebut gerhan sudah masuk disana. Pohon pinus yang baru ditanam melalui proyek itu terlihat setinggi rata-rata 30 sentimeter.

Dibawah puncak, persis dilereng gunung itu ditemukan sebuah mata air yang muncrat dari batu. Camat Silaen mengatakan, penduduk setempat menyebut Mual Sipangolu dibuat oleh Raja Sisingamangaraja untuk minum rombongannya saat menyusuri bukit Simarbalatuk. Air itu dimanfaatkan penduduk Hitetano bila hendak menempuh perjalanan menuju Silaen. Sekitar 200 meter dari mata air itu ditemukan air terjun mini menambah kelengkapan keindahan Simarbalatuk.

Iklan

2 thoughts on “MANATAP SIAN SIMARBALATUK

  1. pontaseddy berkata:

    Ada usul Amangboru dari kami yg diparserahan, maaf molo tung pe hami mengatas namakan angka dongan na di parserahan, mengingat minimnya Information Tourism di Bonapasogit khususnya dan SuMUT pd umumnya.
    Sampai saat ini kami tidak pernah mengetahui setelah lewat Parapat arah ke Tarutung demikian juga dari Siborong-borong arah ke Dolok Sanggul dan dari Dolok Sanggul arah ke Sidikalang mengelilingi Danau Toba, dimana dan apa nama tempat2 Wisata yg patut dikunjungi.
    Padahal hampir setiap tahun kami berkunjung ke Bonapasogit, khususnya ke daerah Silaen – Sitorang.
    Sebagai contoh Simarbalatuk tsb diatas, dari mana jalan masuk ke tempat tersebut dan berapa lama perjalanan untuk sampai ditempat tsb, demikian juga Mual Sirambe, Hutaginjang dll.
    Demikian juga informasi tentang penginapan atau hotel, misalnya kalau ke Mual Sirambe, disarankan kota apa yang terdekat untuk menginap dan selanjutnya perjalanan wisata diteruskan kemana yang terdekat dll.
    Information Tourism tsb cukup di buat di Web ini, setiap orang yg memerlukan dapat mengunjungi Web ini lalu di print out masing2 oleh yg menginginkan informasi tsb.
    Sekedar saran Amangboru, kalau memang sdh ada mohon kami di brief, kira2 di topik apa informasi tsb telah dimuat.
    Mauliate.

  2. edison berkata:

    Hitetano adalah kampung asal kami, membaca dan melihat foto di atas, kami sangat berharap agar di daerah Hitetano dijadikan daeah tourism, sehingga kalau nantinya para petinggi pemrintahan dari daerah Tkt I SUMUT dan dari Jakarta mengadakan perjalanan dinas ke Tobasa bisa menikmati keindahan alam yang diberikan Tuhan tu halak Batak, karena saya rasa keindahan huta Hitetano tidak kalah dengan keindahan yang ada di Indonesia ini, bahkan keindahan alam yang ada diluar negeri, misalnya Jepang, Cina bahkan Eropa.
    Mauliate
    Edison Nababan par hitetano.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s