PUSUK BUHIT

Anda orang Batak dan mendengar pusat penyebaran Bangso Batak dari Pusuk Buhit? Anda belum pernah melihatnya dan belum memiliki photo kenangan dari bukit yang disakralkan itu? Anda merindukannya?

Disini kami tampilkan photo Pusuk Buhit dengan ukuran 1024 x 768 untuk anda download. Tampilan ini hanya kami sajikan dengan waktu terbatas mengingat kapasitas blog ini sudah semakin sempit

pusuk-buhit_05.jpg pusuk-buhit_11.jpg pusuk-buhit_16.jpg pusuk-buhit_17.jpg

82 thoughts on “PUSUK BUHIT

  1. Salam Amang Monang..
    Untuk membantu keterbatasan bandwith PTB (Partungkoan Tano Batak), toto2 tersebut kami buffer di http://www.silaban.net/share/tanobatak/

    Silahkan thumbnail (foto-foto kecil) diatas di hotlink ke file gambar tersebut jika berkenan sehingga pembaca PTB dapat mengakses foto2 tersebut kapan pun.

    Mudah2an membantu.
    [SB]

  2. sahali sataon, pamatanghu ikkon laho do mandapothon ibana,
    siapari, tondingku tading do di na humaliangna
    pusuk buhit, o, pusuk buhit,
    aha do dibahen ho mangarahut rohakkon asa gabe tarborot tuho?

  3. tanobatak berkata:

    @ SB
    Terimakasih atas partisipasinya.

    @ Suhunan
    Puisi lae sangat enak dan ternikmati,

  4. lister eva mangunsong berkata:

    Sangat indah…perlu dijaga dan dilestarikan dalam doa dan wujud prilaku.Horas..horas..horas

  5. Charlie M. Sianipar berkata:

    Ulinai Ate.
    Sai masihol do ahu laho tusi, jala mamboan angka ale aleku, Photographer sian Jakarta tu Tano Batak. Nungga 3 hali huboan Rombongan Photographer tu huta ta i. Dang mulak dope hami, nga disungkun nasina, andigan ma muse “Next Trip”?

    HORAS

  6. Rim Marluat Napitupulu berkata:

    Amang…..! uli nai ate. Na martua ma tahe halak Batak di lean Debata sogoni uli ni huta. Aut boi ma nian songon lali habang au laho mandapothon ho o Huta Pusuk Buhit na uli. Mulai tubu sampe lulus SMA au di Bona Pasogit alai holan cerita do hubege mengenai Pusuk Buhit. Marjanji au molo mulak au muse ikkon ro do au mandapothon ho.

    Horas & Mauliate.

  7. tanobatak berkata:

    @ lister
    Gunung ini terkesan gundul, apa memang harus begitu tidak tau juga. Pemandangan menjadi terganggu setelah ada teknologi canggih dengan dibangunnya BTS untuk kebutuhan kita ber hallo…hallooo.

    @ Charlie
    Pasti photo lae lebih bagus, karena kameranya bagus. Kalo photo ini kurang bagus, maklum aja, kameranya pokket mini Olympus C180 resolusi rendah. Kalau bersedia dibagi kepada teman kita yang mengagumi danau toba dan pusuk buhit

    @ Rim Marluat
    Lae tinggal dimana dan asal di Toba? Kalau bisa ada tour khusus Generasi Batak ke Toba ya untuk pelestarian budaya dan lingkungan kita yang sudah terganggu. Kalau lae lihat danau toba kita itu, sudah sangat tercemar. Pelabuhan Balige itu sangat jorok lae, apalagi dermaganya entah model apa itu sehingga menahan limbah yang dicampakkan ombak danau.
    Horas Bangso Batak na di Huta dohot Pangarantoan.

  8. Yang saya dengar dari berbagai unsur, katanya Batak, Bugis, Komering (Lampung) adalah 3 bersaudara dari Pusuk Buhit. Kalau ada yang bisa buat silsilahnya alangkah baiknya, supaya kita lebih tau dan mengerti tarombo asli kita.

    mauliate


    Partungkoan : Setuju lae Sirait….

  9. Ai sian di dolan laho tu huta pucuk buhit natarbaritai ate? ,bah uli ni hutai atei namartuai mai ompuntai dilehon Tuhani huta namarsala tu bangsona bangso bataki.

  10. ventus berkata:

    Huida gombar ni pusuk buhit i..
    gabe taringot au na ujui tikki dakdanak
    tung uli do tahe tanobatak i..
    patut do hita mandok mauliate tu na marhuasoi

  11. ventus simatupang berkata:

    Alai andigan ma au tusi..
    lungun do rohakku, holan di gombar boi huida
    haulionmi..
    molo boi nian tambai hamu ma akka gombaran
    taringot tu tano batak..
    asa sombu sihol ate…..

  12. Semangat Simarmata berkata:

    Saya lahir tepat disuatu dusun dikaki pusuk buhit,namanya Peabang.saya dibesarkan disana,SD ,SMP,SMA , saya di bona pasogit tercinta tersebut.setiap aku melihat PUsuk Buhit, entah kenapa hatiku merasa damai, tenteram,aneh…… kan.Sonari au dao sian tano hatubuanki,rasa masihol kental hian ro sian dirikku. Mauliate ma tu na mancantumhon foto Pusuk BUhit on, saya jadi bisa kangen-kangenan ma kampung halaman saya. Horassss buat semuanya n salam knal,

    *** Horas, Semangat terus cinta tano hatubuan. Didia hamu saonari ?😉

  13. semangat simarmata berkata:

    Horaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssss………………..n salam sejahtera bwat smuanya khususnya para cwe2 batak githoooooooooo…………..Au sonari tinggal di Bandung,tepatnya d jalan Setia Budhi no 229,deket kampus UPI, Au pngen knalan dhot hlk batax ison alai sgon dia carana ateeeeeee……………???????????????????………………..

    Peace……………………………………………………………………………………………

  14. Toho dotutu nanidokni akka dongani, tung uli situtu do pusuk buhit i..
    Ompunta sijolojolo tubu tung taruli dohot tarpasu pasu do boi nasida tu inganan(tempat) i dipatuat..
    Sada pasu pasu do huhilala au nga hea naik manang mendaki tu puncak na hian dang tarhataon haulionna,,sampe didokkon dongan naso mamboto bahasa batak “(ko bodoh kali ya orang yg pergi kesingapura, liat pemandangan disini alangkah indahnya nampak semua bukit barisan n danau toba)”
    tarida marbaris gunungi sude dohot danau keliling tarida dang na mengada ada au molo dang buktihon ma keagungan ni ciptaan ni ompu mula jadi nabolon..

  15. jamoslin berkata:

    imadah, ulini pusuk buhit i, godang do dongan na mandok saihera namamereng gombaran do, hapena nungga langsung dijolo ni mata, alani ulina……manatap tutoru, tao toba na uli….

  16. Lindrayana Manik berkata:

    Percaya ga percaya, aq da 4 kali loh naek turun gunung ini. Gmn ya? yg pasti pengalaman yang sangat indah. Mklum z, PUCUT BUHIT ntu gunung yang pertama kali aq daki. Pemandangan dr atas bagus bgt. Apalagi pas sunshine. Wah….ga terlupakan dehh….. jd pgen pulang kampung nich. Kampung aq dket” situ tepatnya Harian Boho. He…. bkn promosi yo/////. Lam kenal bwt mua orang batak yang ada di muka bumi.
    GBU all………………….

  17. baginda syairul sahat napitupulu berkata:

    Assalamualaikum…….Horas to hita saluhut na…
    Pusuk buhit mmg indah,asri,nyaman dan masih perawan….
    Yah….untuk kita yg ngerasa org batak marilah sama2 kita jaga,jgn hutanya di tebangi supaya nnt gk kena kutuk. yuk….kita jaga pusuk buhit…..sbg tempat bersejarah….tempat lahirnya raja BAtak. Salam kenal aja…ya buat org batak diseluruh dunia….mauliate…
    dari Baginda di Aceh…

    *** Horas lae. Kenal Bang Napit Par Wartel yang di Balige? Ai abang ni sude nama ibana😀

  18. baginda syairul sahat napitupulu berkata:

    Maaf Lae sebelumnya saya mau jujur kalau saya jarang maen2 ketoba. dan Dengan bang Napit parwartel pasti gk kenal saya lae. Saya sering mengunjungi blog ini untuk mengobati rindu pada kampung halaman. Karena saya sekarang merantau di aceh dan besar2 di Asahan, jadi saya harap lae maklum lah,dan saya sangat berharap dapat secara langsung mengikuti perkembangan Toba dengan Web ini. Senang saya lae klo bisa menyumbangkan isi fikiran saya untuk tano batak. Horas lae ya….klo bisa tlg lae e mail saya biar lebih dekat kita…
    Mauliate……………

  19. Rohani Limbong berkata:

    Saya bangga sekali menjadi orang batak yang berasal dari samosir (asal Bapak dari desa Limbong dan Ibu dari desa Tanjung Bunga).
    Dengan rasa bangga ini, saya akan mengabdikan diri saya pada kemajuan dan kesejahteraan bangsa batak di daerah samosir dengan membawa pengaruh yang positif bagi warga.
    Perlu dilestarikan dan dibudidayakan peninggalan-peninggalan Nenek Moyang agar sinambung keberadaannnya.
    Doakan saya atas harapan ini.
    Mauliate.
    HORAS.

    ** Sangkap nadenggan, anggiat ma tulus

  20. Timbo Simanjuntak berkata:

    Ise songon au, Tambunan hatubuanku, di Balige sikkolaku, Sihatandohan bonapasogithu, Jakarta ingananhu, luat Nigeria parkarejoanhu. Nataon nasalpu pe au maridi di aek rangat. Naeng tu Bali ma hami sekeluarga bln naro. Aut naso tinuhor dope tiket marpiknik tu Pusuk Buhit nama hami. Boha bahenon, tarlanbat nibuka blog on, taon naro nama i.

    *** Jago ni tulang on. Minum kopi didia, molo di Laguboti asa nidapothon tu simpang opat😀

  21. Hodbin Marbun berkata:

    Di tikkin SMA heado hami keliling pusuk buhit (Kelpus), rute na borhat jam 8 manogot sian pasar Pangururan,Tano Ponggol,Aek rangat, Jungak,Sagal Limbong,Boho, Tanjung Bunga,sahat ma hami di pasar pangururan jam 5 botari. gabe masihol iba laho Kelpus dung huida Pusuk Buhit i. Ulima tahe Pusuk Buhit, mari kita sama sama menjaga ha ulian ni Pusuk Buhit i.

    Hohon Ijin Bang, Huaben gabe tampilan di Komputer Hu, mauluate……

  22. r sagala berkata:

    sampai berapa lama keindahan ini akan ada dan dapat dinikmati.
    semoga kita semua sudah sadar kalau tidka dijaga pasti akan rusak dan musnah.

  23. wowwwwwwwww,,,,,,,,ternyata pusk buhit sangat bagus yah,,,,fantastic,,,,,,,,bener-bener alami,,,seger..adem…..baru kal iini saya liat pusuk buhit itu seperti apa, saya sangat puas, meskipun hanya ada dalam gambar,,,,indah..

  24. yogi satara berkata:

    asslmkm, horas…! biar pn cuma mamak aq yang orang batak tp aq meras masih berdarah batak, aq da dua kali ma temen – temen ke sana , ntar fotonya kukirimlah klo sempat, jd aq berharap kpd masyrakat samosir untuk tetap menjaga kearifan budaya lokal agar pusuk buhit kita tetap sakral dan alami.

  25. pusuk buhit tempat yg unik, daya magis yg tenang. mempunyai kharismatik yg unik, pusuk buhit tdk dapat di pandang hny dgn mata, tetapi perlu di pandang dengan mata bathin. pusuk buhit seperti menyimpan rahasia alam dgn manusia. menyimpan rahasia alam yg selama ini org batak tdk mau menggalinya. pusuk buhit sperti merahasiakan akan kejadian yg sangat besar, rahasianya seperti ada yg dipesan kepada generasi bangsa batak. itulah pusuk buhit secara spiritualnya, bahwa batak kurang meng hargai alamnya, akhirnya sipirit batak udah memulai pudar. pusuk buhit sepertinya merahasiakan kejadian yg akan dialami oleh bangsa batak(suku batak). andai suku batak menghargai pusuk buhit bangsa batak tetap terlindungi duniawi

  26. kebetulan di kaki gunung pusuk buhit itu rumah oppung saya, tempat saya mendirikan studio radio, namanya radio soara pusuk buhit.

    saya mengajak kita semua, siapapun, kiranya berkenan menghijaukan kawasan pusuk buhit untuk seterusnya menghijaukan kawasan danau toba.

    radio kami, soara pusuk buhit, bersedia di depan untuk melakukan gerakan penghijauannya. hp saya, no 0819 600 0819. terimakasih.

  27. chandra berkata:

    2x udah ak daki pusuk buhit..

    tapi banyak orang termasuk opungku
    bahwasanya klo mau mendaki harusnya ganjil kali…

    klo menurut klian gmana??

    biar ada bahasan…

  28. Deny Sisca Naibaho berkata:

    Kebetulan Keluarga besar bapa saya berasal dari sana namanya desa sitao-tao tanjung bunga, yang bila mana melihat pusuk buhit itu dari sana indahnya bukan main.
    sory yah saya curhat nich.
    didekat Pusuk Buhit kan ada tempat Pemandian air Panas, Tolong dong Pemdanya diperjelas aturan mandi disana, karna saya udah beberapa kali kesana dan selalu saja kecewa.
    Pertama-tama tahun 1999 wktu itu kaka saya hampir saja pingsan mengirup bau belerangnya sehingga kami cepat2 bw kemobil, yg ada kami malah diteriaki akan kabur tanpa makan sampe semua orang melihat kami.
    yang kedua kemarin bulan desember 2008 kami daperbolehkan mencarter satu kolam denang perjanjian membayar lebih mahal, setelah kami setuju dan membayar tiba2 dalam waktu 30menit banyak orang masuk yg memaki-maki kami dengan bahasa2 batak yang kasar kurang lebih artinya mentang2 kami orang jakarta semuanya bisa dibeli (pokoknya panjang deh), dan kata mereka sich sama2 udah bayar juga, pokoknya BT banget deh

  29. Pusuk Buhit indah banget kan???
    Oh iya kampung Opung saya disana Loch!!!
    Namanya desa Sitao-tao Tanjung bunga, pokoknya gak rugi dech kalau kesana. oh iya salamyah buat Edaku Rohani Limbong, Salamyah buat amangboru juga namboru sekalian ha ha ha.
    nanti kapan kapan kami kesana lagi dech.

  30. Effrim ( Rida Nainggolan ) parlumban dolok berkata:

    Malungun do rohakku di si hubereng gombar ni Pusuk Buhit-i..pas di kaki bukit yg indah ini aku dilahirkan, goarna huta Lumban dolok desa uruk huta..Limbong..inganan hagodanganku, parmeamanku dohot akka dongan magodangki..
    semoga engkau tetap indah menjulang di sana..o tahe pintor naeng do habang nian roha laho mamereng hutakku naulii nungnga tung masihol si tutu rohakku naeng mulak tu hutai..

  31. si_BoLang berkata:

    ada Teman saya yg mw IkuT camp k pusuk Buhit??

    Kasi kabar ya KLo da Ikut
    atau TeLp saya
    081264247824

  32. partoba pangaribuan berkata:

    PUSUK BUHIT…………………Konon legendanya gunung ini merupakan anak gunung toba atau gunung vulkanic yang dulu meletus sehingga terbentuk danau toba.

  33. B. Santony berkata:

    Pusuk Buhit ma goarna. malungun doau tu ho, sai naeng do au ro tu si, di partakkok ni mataniari……….i.
    Terakhir saya kesana ke-9 Tahun 1991.
    Kita jaga dan lestarikan kawasanya.

    Salam

  34. Bangsa Batak adalah keturunan dewa dan dewi dari Banua Ginjang dan lahirnya di Pusuk Buhit itu yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bangsa Batak tentu bukan terbuat dari tanah liat? Percaya nggak…!

  35. rara berkata:

    ampunnnnnn..capeknya naik naik ke pusuk buhit.
    tapi gitu mendarat di pundaknya..hemmmm..
    rugi rasanya kalo ga pernah kesana.

  36. PURBA berkata:

    BENARKAH PISAU OP. PUSUK BUHIT, RAJA UTI, RAJA GIRING-GIRING ITU SEPERTI SABIT ?

    PENGEN NEH CERITA TENTANG OP PUSUK BUHIT.

  37. jitro sihole berkata:

    gabe masihol do iba tu huta dung hubereng gambar pusuk buhit. ala tubu di kaki ni dolok pusuk buhit on do au tubu, peabang ma goarni hutai.

  38. risma limbong berkata:

    pusuk buhit memang luar biasa bagusnya,,saya merasa bangga memiliki kampung yg indah dan ladang ompung juga brada di bawah kaki pusuk buhit.horas

  39. Andika berkata:

    tu hamu akka dongan saonari pusuk buhit naeng dibahen nami gabe daerah sakralnisasi di samosir.
    unang lupa hamu da asa marsiurupan ma hita mambahen i asa lam bagak huta ta on.

  40. harianja berkata:

    Pusuk Buhit, merupakan daratan tertinggi ke dua di Tanah Batak (2083 mdpl) setelah Puncak Ulu Darat (2157 mdpl). Tetapi sangat disayangkan jika selama ini, Pusuk Buhit yang disakralkan ternyata dari orang Batak-nya sendiri belum begitu menyadari jika kondisi sekarang tentunya JAUH LEBIH INDAH jika ditumbuhi atau ditutupi dengan Tanaman atau Pohon-pohon. Upaya telah berulangkali dilakukan oleh Pemerintah untuk Menghijaukan Pusuk Buhit, baik itu melalui kegiatan Reboisasi (Pusuk Buhit merupakan Kawasan Hutan Negara) ataupun dengan kegiatan Penanaman Pohon oleh KOmponen Masyarakat Pencinta Lingkungan. Yang menjadi Pertanyaan adalah Bagaimana Peranan Masyarakat/Penduduk sekitar Pusuk Buhit menjaga Kelestariannya? Kalau kegiatan Pertanian MAsyarakat menjadi ALASAN untuk Terjadinya KEBAKARAN HUTAN di PUSUK BUHIT? Amangoi… Amang……!!!!!!

  41. BRIGEL JAKSON LUMBANRAJA berkata:

    Pusuk Buhit…………… tapi apakah benar asal mula orang batak di atas pusuk buhit itu. dengan cerita legenda di atas. bukti apa ya……………. yang dapat memperkuat keyakinan kita bahwa oppung org batak pertama lahir di pusuk buhit ?????

  42. B.Parningotan berkata:

    @Brigel Jakson Lumbanraja

    tentu saja tidak benar, karena orang Batak wajahnya berbeda2, ada yang seperti Melayu, Cina, India, Kamboja, Thailand, Burma Iran dll.
    Di jaman dahulu belum ada kapal terbang jadi kalau orang merantau atau tersesat kenegri asing umumnya tidak pernah kembali kenegri asalnya dan berangsur2 angsur berbaur dengan bangsa setempat.
    Tentunya juga dengan Marga2 halak Batak, tidak sesederhana yang ditulis di buku tarombo, sebagai contoh ada nama marga yang berdasarkan nama kampung spt Hutagalung, hutabarat, nama gunung seperti Doloksaribu, Lumbantoruan, jumlah angka2 seperti Napitupulu, Pasaribu, Pangaribuan, dan nama2 lain seperti Simanjuntak, Panjaitan dst.juga ada marga2 yang ada di negeri lain seperti Rajasinga di Karo di India marga itu ada (Rajasinghe), Munte juga ada di india.
    Asal mula Rumpun Bangsa tidak sesederhana itu.Seperti halnya semut mengembara mencari makan, demikian pula halnya dengan manusia mencari kehidupan dijaman dahulu, banyak yang kembali tetapi selalu ada yang menetap ditempat lain dari waktu kewaktu dan dari segala penjuru.

  43. Br. sitanggang berkata:

    Pusuk buhit nauli, gabe naeng mulak iba ate, nunga masihol hian… naeng tu batu loting, aek gaol….naeng mangalap aek. Ai adong dope jolma mangalap aek tahe tu si? Jadi teringat masa kecil, masa marmahan. Indah……. sangat indah.

  44. Salam buat semuanya……HORAS
    Saya Hndr Prayag 32 Years, ( Etnik Sunda & Melayu )

    Tanggal 17 Juli 2009 saya berkunjung ke Puncak Gunung Pusuk Bukit Nauli di Pulau Samosir . Tepat Matahari bersinar terang Jam 9.00 Wib bersama Sdr. Limbong – 23 thn ( Juru Kunci Gunung Pusuk Buhit ) meluncur ke atas gunung, Tepat Jam 10.30 Siang saya sudah berada di Atas duduk memanjatkan doa kepada sang KUASA – Pencipta Langit dan Bumi ) sebelumnya saya sholat sunat 2 rekaat ( bagi Moslem ) kemudian saya besemedi sebentar – Luar Biasa Ciptaan Tuhan Langit begitu cerahnya, awan terbelah menjadi dua ( Takjub saya melihatnya ) dalam semedi saya, saya langsung di sambut sinar berwarna Merah yang Cantik dan Indahnya luar biasa ( Allah hu Akbar ) Allah maha besar – Sambutan yang Luar biasa. Kemudian saya BERDOA di atas Batu besar tempat Opung pertama berdoa kepada sang Pencipta langsung kepada Tuhan Pencipta Langit dan Bumi, yang memang benar BUKAN batu biasa yang konon jatuh langsung dari Langit ( Saya mengalami Kekaguman yang luar Biasa )- tidak bisa di bayangkan . Moga- Moga doa doa saya di kabulkan oleh sang Pencipta – dan Opung penunggu gunung membatu usaha dan cita – cita saya. Tidak sembarang orang bisa naik ke atas Gunung Tersebut, kita haruslah memiliki hati yang bersih, tulus, Iklas dan niat yang baik. Konon Sudah Banyak orang – orang yang SUKSES dan BERHASIL baik di Indonesia ataupun di Luar Negeri yang tidak bisa saya sebutkan nama nya masing masing. Pesan Saya Bagi Orang Batak ingatlah kampung halaman, benahilah Pulau Samosir karena apabila kampung halaman di perhatikan dan benahi… Opung penunggu Gunung Pusuk Buhit akan membatu semua keturunannya….. Terima Kasih
    ( Saya Mohon Maaf apabila ada kata2 saya yang salah baik di sengaja atau pun yang tidak di sengaja ).
    Trims.

  45. Esther Risma Purba berkata:

    @ Sdr. Hndr Prayag (Hendra Prayaga?)

    ya…keindahan alam (di mana saja) bisa menggetarkan hati insan siapa saja (beda agama, suku, kepercayaan) yg selalu bersyukur pada keagungan Maha Kuasa😉

    Tidak perlu minta maaf Sdr Hndr, apa yang Anda tulis menurut saya dapat menjadi cermin dan pengingat bagi penghuni tempat itu dan orang lain yang mengklaim pemerhati tempat itu untuk selalu bersikap dan bertindak seperti yang Anda lakukan😉

    oiya, saya pernah 2 x jalan kaki dari tepi jalan raya di kaki Pusuk Buhit sampai pertigaan gunung itu (sedikit di atas sumber air panas Aek Rangat), dan kali ke-2 jalan turun dari Desa Si Tao Tao sampai Kota Pangururan. Jalan menuju ke sana berbatu tidak rata dan curam.

    Biarlah tetap seperti itu, tidak perlu diaspalbiar lintasan itu untuk pejalan kakiyg punya waktu untuk mengagumi dan bersyukur untuk keindahan yg ia dapat.
    Horas,

    Salam,
    Esther -Malang

  46. pusuk buhit,…. gabe taringot iba waktu perpisahan smp dan sma naek gn.ps.buhit trs turun k aek rangat…btw, alumni2 smp dan sma sianjur mula2 dah pd dimana ya…??? salam kenal…special tu ito effrida nainggolan…yg coment.27/1/2009.
    marsipature hutana be…HORAS….!!!

  47. Data hasiholan tambunan berkata:

    batak do mula na,batak do ujung na jadi unang bakar ulos muna unang parsuada marga muna ingot bona pasogit muna,ala maccai uli do basa ni opung ta debata mulajadi nabolon dihita bangso batak.100% batak asli

  48. Paruntungan Sijabat berkata:

    Begitu banyak orang batak yang berasal dari Pusuk Buhit kaya raya, terkenal dan banyak uang. Cobalah bersatu untuk menjadikan Pusuk Buhit lebih Indah lagi.
    Kawan-kawan mantan BUDI MULIA PGR, boleh lah kita reuni di Puncak Pusuk Buhit bersama keluarga.

    Horas
    Candra Sijabat
    Tomok

  49. Henry lps berkata:

    Pucuk buhit itu memiliki tanah yg sangat unik. Kenapa? Saya lihat di peabang dan sitao-tao, bahwa apa pun jenis tanaman yg ditanam pasti tumbuh dan berkembang dgn baik. Saya sendiri jd bingung, tanaman apa sih yg tdk ada disana?

  50. Horas. Awal tahun 2009 sy berkesempatan berkunjung dan ziarah ke tanah Natak serta ke Pusuk Buhit. Dalam perjalanan sejak di tanah Batak hingga ke puncak gunung, mata sy sabgat jelas melihat betapa tandus dan gersangnya pegunungan yg mengelilingi Danau Toba, khususnya yg menuju ke Pusuk Buhit, tidak seperti yg sy bayangkan sebelumnya, indah, teduh dan pepohonanya rindang. Sy sangat bangga memiliki leluhur OPPUNG RAJA UTI walau dengan banyak versi cerita yg ada. Satu hal yg terus tertanam dibenakdan hati sy yakni kata “MARSI URUP-URUPAN MA HAMU ASA MULAK HARAJAON BATAK I”. Kata itu terucap dari bibir sy yg membuat sy semakin rindu utk mengenal semua orang Batak (Marga) beserta budaya dan adat istiadatnya. Mari kita sama2 jabarkan dan implementasikan makana dari kata tersebut diatas. Mauliate. Horas 3X. M.Julian Manurung. Gd.Dewan Pers.Lt.5. Jl.Kebon Sirih Np:32-34 Jkt Pst. Tlp:0213403349, 3864167, 0818798586. Website:www.fkisatu.com.

  51. Poslen Simbolon,S.Pd berkata:

    SYALOM
    HORAS!!!!sy dilahirkan dipeabang nauli tercinta pusuk buhit,tp sejak lulus SMA dah ga tinggal dipeabang dan skr berdomisili di Bandung.Walaupun jauh dimata tapi huta hatubuan selalu di hati is NUMBER ONE.Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa membangun Bonapasogit tercinta. sungguh suatu kebanggaan jadi orang batak yang memiliki kebudayaan/adat istiadat yg kental tarlumobi ma pemandangan yang tiada duanya.Tuk itu mari bangun SAMOSIR menjadi KIBLAT PARIWISATA. Manfaatkan potensi samosir apalagi yang kurang,,Kita memiliki DANAU TOBA yang terbesar di Asia Tenggara.
    Mari buang ego masing-masing dan slalu RAP TU DOLOK RAP TU TARUAN,,,
    WE CAN BE,,
    DAME MA DI HITA SUDE,,
    TUHAN YESUS MEMBERKATI
    AMIN

  52. harmoko m sitanggang berkata:

    pucuk buhit nan indah smua mata tertuju padamu aku sudah kangen melihatmu . oppung yang menjaga pucuk buhit horas2si au oppng di pangarattoan hon anggiat hatop au mulak tu b0na pasogit

  53. jonson berkata:

    Yang namanya pusuk buhit itu dimana ? Saya hanya tau ceritanya saja dan belum pernah kesana

  54. B.Parningotan berkata:

    @jonson

    tangkas jala uli do berengon Pusuk Buhit molo mardalan hita sian Pangururan (P. Samosir) manaripar laho dompak Tele

  55. fey shetoengkir berkata:

    pusut buhit………
    aneh ya kalau aku sendiri yg asli orang batak tulen,berdomisili di siantar dan stiap tahun pulang kampung ke kampung ”situngkir” parbaba,baru tau kalau pusut buhit itu tempat asal mulanya orang batak.
    Itu pun karena ada tugas dari dosen.
    Setelah tanya bapak,mamak,bou,maktua,paktua,semua yang tua2,dan banyak orang,dapatlah berbagai2 cerita tentang ke sucian dan kesakralan pusuk buhit.katanya banyak orang yg berobat ke sana bisa sembuh,ada air 7 rasa,bisa minta kaya,pokoknya macam2,dan enak2 didengar,jadi aku mulai berfikir ”apakah TUHAN ada disana?”
    Karena setauku,sampai setua ini,cuma TUHAN yang bisa dan punya itu.
    Bahkan,pernah bou ku (yang masih sempat ikut berperang sebelum Indonesia merdeka) bilang ‘gunung pusuk buhit gak boleh ditunjuk2’
    wah…bukannya aku merasa seram,tapi penasaran,
    pengen sih kesana,tapi kata bou ku lagi,”dang boi,anak boru dope ho………”
    wkwkwkw……………………………………………………………………………….

  56. Luizdhen Simareye (eye=mata) berkata:

    Wah.. baru join nih,
    Praise the Lord, ala dilean gunung nauli tu hita batak.
    Hi dongans, slm kenal 2 all, au lahir di Samosir tinggal di huta sampe SMP, adong alumni ’94 SMPN Simarmata?
    Oh y pusuk buhit emang indah,sy baru 1x kepuncaknya,tapi kl ke aek rangat (air hangat, red) sdh sering… mari ttp kt jaga kelestariannya ate lumobi ma akka natading dihuta unang digundul ate, sotung mangamuk annon songon sinabung…

  57. aku orang batak tapi belum pernah ke pusuk buhit ( tano katubuan ni si raja batak)
    gabe maila do ahu.
    ale sian na hube ndang sembarangan halak boi sahat tu pusuk buhit.
    toho do i?????
    ingkon na songom dia do na boi sahat tu iganan nabadia i?

  58. Horas amangboru..
    Sampai sekarang masih belum kesampaian impianku untuk naik sampai ke Puncak Pusuk Buhit… Dan itu masih menjadi salah satu rencana perjalanan yang harus kulakukan suatu saat nanti… 🙂

  59. antik sinaga berkata:

    blm prnh ksna krn tkt ktnya anker…
    tp aku udh niat bngt hrs ksn ahir thn ini. semoga!!

  60. ratih sihite berkata:

    pusuk buhit…..hebat banget gw rasa ciptaan Tuhan kita…gak kebayang bisa sampe juga ke puncaknya…Horas opung…!!!

  61. Jatomo L gaol berkata:

    Pucuk buhit sada dolok napaling timbo di taput. cerita perajalanan menuju pucuk buhit… thn 99 nangkok ma hami tu pucit buhit jam 9 malam pake mobil pas di pertengahan menuju puncak ro ma udan mobil boi be nangkok (licin) mardalan patma tu ginjang kebetulan poltak bulan molo ni bereng tu bulan hira2 bulan i pas di atas ni pucuk buhit i do. dlm perjalanan ragam do angka cerita sibegeon sian sahalak pemandu berbau mistik jala adong do aturan2 naso boi langgaron. begitu sampai di tempat adong do sada danau di ginjang dohot sada batu nabalga hian didok batu parrapotan, cuaca halihian jala mangalewati banjir sedada jala matonu ma hami sude. suatu keanehan boi hami marapi unggun dlm kondisi ro udan ramba2 dohot hau maraek . dung pagi marsuap ma tu danau i laos nangkok ma tu puncak pas tarbereng nami do adong lombu disi dohot cawan, bendera merah putih berkibar , jala adong do tombak disi. jala marragam do keanehan disi. di toru ni pucuk buhit adong do aek sipitu (rasa nano nano) dai jala maridi ma hami tusi. selama di puncak dang adong modom alai dung maridi tu aek sipitu dai mago sude rasa ngantuk dohot loja jadi segar ma sude.

  62. horas ma tu hita saluhutna,,,
    terutama tu oppung mulajadi nabolon dohot oppung guru tatea bulan
    dohot oppung raja uti,saribu raja,limbong mulana,sagala raja,silau raja dohot namboru biding laut,boru pareme,sianting haumasan,bunga haumasan,nantinjo
    dengan restu op dn namboru aq boleh naik ke puncak sesudah papaku dl naik tu ginjang,,aq lum bs naik tu ginjang kalo papaku lum naik bgitulah kta namboru biding laut dan senangnya aq wkt bln 6 2011 kmaren papaku dah naek tu ginjang,,tunggu tahun baru 2013 nanti mudah”an aq kk adikku bs naik tu ginjang
    sorry ya curhat dikit,,aq minta doa’a ya teman
    makasii ^_^

  63. Ferry Muara Sagala berkata:

    Dua kali naik ke Pusut Buhit semasa kecil, umur 10 tahun. Memang lahir di huta Limbong dan tinggal dekat ke pansur na pitu. Sudah cukup lama tidak pulang ke huta Limbong dan rindu naik ke Pusuk Buhit na uli. Semoga dalam waktu dekat bisa pulang ke tempat kelahiran.

  64. Hilda larosa berkata:

    pernah ke pusuk buhit,, sewaktu perpisahan sekolah SD sekita tahun 2000,,,, klo ada waktu ingin rasanya kesana lagi…

  65. MANGAtas123 berkata:

    sai asi ma rohani oputta namulajadi nabolon,sai marbinege sahala ni opung raja uti,di patudu panjampalan na lomak tu au,sai nadengeonku do tano pusuk buhit i.amen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s