PUSUK BUHIT, GUNUNG LELUHUR BATAK

(Teks Thompson Hs)

Konon Siboru Deak Parujar turun dari langit. Dia terpaksa meninggalkan kahyangan karena tidak suka dijodohkan dengan Siraja Odap-odap. Padahal mereka berdua sama-sama keturunan dewa. Dengan alat tenun dan benangnya, Siboru Deak Parujar yakin menemukan suatu tempat persembunyian di benua bawah. Alhasil, dia tetap terpaksa minta bantuan melalui burung-suruhan Sileang-leang Mandi agar Dewata Mulajadi Nabolon berkenan mengirimkan sekepul tanah untuk ditekuk dan dijadikan tempatnya berpijak. Namun sampai beberapa kali kepul tanah itu ditekuk-tekuk, tempat pijakan itu selalu diganggu oleh Naga Padoha Niaji. Raksasa ini sama jelek dan tertariknya dengan Siraja Odap-odap melihat kecantikan Siboru Deak Parujar. Akhirnya Siboru Deak Parujar mengambil siasat dengan makan sirih. Warna sirih Siboru Deak Parujar kemudian semakin menawan Naga Padoha Niaji. Dia mau tangannya diikat asal yang membuat merah bibir itu dapat dibagi kepadanya. Namun setelah kedua tangan berkenan diikat dengan tali pandan, Siboru Deak Parujar tidak memberikan sirih itu sama sekali dan membiarkan Naga Padoha Niaji meronta-ronta sampai lelah.

Bumi yang diciptakan oleh Siboru Deak Parujar terkadang harus diguncang gempa. Gempa itulah hasil perilaku Naga Padoha Niaji. Namun ketika guncangan itu mereda Siboru Deak Parujar mulai merasa kesepian dan mencari teman untuk bercengkerama. Tanpa diduga dan mengejutkan, diapun bertemu dengan Siraja Odap-Odap dan sepakat menjadi suami-istri yang melahirkan pasangan manusia pertama di bumi dengan nama Raja Ihat dan Itam Manisia. Pasangan manusia pertama inilah yang menurunkan Siraja Batak sebagai generasi keenam dan menjadi leluhur genealogis orang Batak.

Umumnya orang Batak percaya kalau Siraja Batak diturunkan langsung di Pusuk Buhit, sebuah bekas gunung vulkanis dekat Pangururan (ibukota Kabupaten Samosir). Siraja Batak kemudian membangun perkampungan di salah satu lembah gunung tersebut dengan nama Sianjur Mula-mula Sianjur Mula Tompa yang masih dapat dikunjungi sampai saat ini sebagai model perkampungan pertama. Letak perkampungan itu berada di garis lingkar Pusuk Buhit,. di lembah Sagala dan Limbong Mulana. Ada dua arah jalan daratan menuju Pusuk Buhit. Satu dari arah Tomok (bagian Timur) dan satu lagi dari dataran tinggi Tele.

Sebelum menaiki puncak Pusuk Buhit Anda perlu berkeliling lingkar jalan tersebut sambil menikmati pemandangan ke kawasan hijau lembah, bukit, dan arah Danau Toba. Celah di bagian lingkar Timur Pusuk Buhit juga ada air hangat yang mengandung belerang jika angin pegunungan Bukit Barisan ternyata membuat badan semakin dingin menjelang malam. Setelah itu Anda dapat meneruskan rencana mencapai puncak Pusuk Buhit lewat jalan dan petunjuk dari perkampungan itu. Ketinggian Pusuk Buhit mencapai 1077 meter dari permukaan danau. Semoga dari puncak Pusuk Buhit Anda merasa akan dapat mencapai langit waktu bintang-bintang berkedipan di angkasa sebelum matahari terbit.

53 thoughts on “PUSUK BUHIT, GUNUNG LELUHUR BATAK

  1. David Yanto D.Mahulae berkata:

    Kita sebagai bangso debata sangat bangga atas informasi ini. Sehingga kaum muda dapat mengerti asal-usul nenek moyangnya. Terimakasih atas informasinya.

  2. sutan hutagalung berkata:

    bangga sebagai orang batak ? tidak usah diragukan lagi itu pasti!!, leluhur batak datang dari langit?” gimana ya.., kalau itu hanya sebagai mitos batak untuk diceritakan ke anak2 kita saat mau tidur sih… fine fine aja, tetapi sebagai suatu kebenaran sejarah susah juga karena bertentangan dengan awal mula kehidupan manusia yang kita tau gitu..

    YAng pasti tanah sianjur mula mula dan sekitarnya sebagai perkampungan pertama suku batak, adalah anugerah yang tak ternilai, mari kita jaga keasliannya termasuk budaya sakral yg pernah ada disana

    horasma dihita sude
    sutan

  3. horas dihita sudena….saya senang sekali karena asal mula tano batak dan orang batak dipublikasikan dan dibahas disini…karena saya juga percaya akan hal itu,,,soalnya dalam kepercayaan saya,,,memang seperti itulah adanya mengenai asal mula manusia pertama dalam keyakinan saya yaitu si Raja Ihat Manisia dan Si Boru Ihat Manisia……..semoga akan lebih baik lagi kedepannya mengenai web ini dan hal hal serta peristiwa yang disajikan akan semakin menarik….sukses buat web ini…horas buat oppung M.Naipospos (oppung Dohar),,salam dari erika sitorus di Jakarta.

  4. yogi satara berkata:

    horas!!! aq yogi seorang mahasiswa fak. sastra usu, aq juga seorang anggota gemapala fs usu ( generasi muda pencinta alam). jd kami da dua kali ne naik ke pusuk buhit ma temen – temen , memang kesan bila kita berada di puncak pusuk buhit bahwa puncak tersebut masih sakral dan penuh daya tarik. keindahan pulau samosir tampak seperti lukisan alama pa bila kita melihat dari puncak pusuk buhit , aq berharap semoga kearifan budaya lokal dapat terus di pertahankan masyarakat samosir agar kesakralan pusuk buhit tetap terjaga.

  5. fitri moe_sonk gmpl berkata:

    horas tano batak………….
    saya fitri generasi ke 14 gemapala fs usu…………..
    kebudayaan dan legenda-legenda memang sangat menarik…tw gak??batak tu kaya benget akan budaya……..
    so,bangga z dech jd org batak…hehehe……

  6. Dimana-mana yang namanya suku batyak sudah ada, satu sisi kita bangga sebagai orang batak tapi satu sisi kita di cap sebagai orang yang tidak punmya perasaan ( rentenir) bagi sebahagian orang. Jadi coba kita ubah cap yang tidak baik.

    Horas

  7. sbgai org batak bangga menjadi org batak. akn tetapi tdk semua org batak bangga jadi org batak. pusuk buhit memang dilihat biasa saja. tetapi menyimpan misteri yg dlm, mempunyai nilai spiritual yg tinggi yg menyimpan rahasia-rahasia alam dn semesta. tdk semua mengetahui akan hal itu, org yg tertentu lah jg mengetahui rahasia dlm akan Pusuk buhit. hny tdk ada lg manusia yg bersih sekarang ini utk hal mengungkap memperdalam rahasia pasuk buhit.
    horas jala gabe

  8. miduk hutabarat berkata:

    Mengingat pada tahun 2007 diantara anggotanya Komunitas ES sudah pernah melakukan penghijauan di 5 Kabupaten sekeliling danau Toba. Makaada kecenderungan pilihan untuk mengangkat tema event Tour tahun ini adalah : Hariara Sundung Di Langit. Dengan maksud, untuk menindaklanjuti hubungan ekosistem di sekitar Danau yang merusak kualitas air Danau Toba. Sekaligus untuk melakukan assement daerah-daerah yang gundul di perbukitan sekeliling sisi Sumatera Danau Toba. Dan juga menginventarisir daerah-daerah yang longsor.
    Tidak berhenti disitu saja. Melalui event ini, Komunitas ES juga akan mengangkat persoalan tidak beroperasinya Pembangkit listrik Lau Renun di daerah Silalahi yang sudah menelan biaya triliunan rupiah itu. Serta menyuarakan dukungan terhadap gagasan Pembangunan Kebun Raya Samosir oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Serta Projek Pembangunan Kebun Raya Bambu Sedunia di Pusuk Buhit yang di prakarsai oleh salah seorang Inisiator Tour D Toba 2008-2009.
    Demikianlah yang perlu disampaikan kepada seluruh peserta Tour D Toba 09 khususnya. Dan masyarakat yang cinta dan peduli Danau Toba.

  9. esther risma purba berkata:

    Horas,

    Kebun Raya BAmbu Sedunia…saya selalu bergidik membayangkan sebuah rencana atau perhelatan dengan gaung “sedunia”.

    Apa kelebihannya dari segi luas wilayah hutan bambu seperti yang ada di Daratan Tiongkok? Apa kelebihannya dari segi kekayaan variasi bambu dengan yang ada di Jepang dan Cina?

    Ataukah maksud dari “Kebun Raya Bambu Sedunia di Pusuk buhit” itu itu lebih bermaksud menonjolkan filosofi bambu dan rumpun bambu dalam kaitannya dengan Pusuk Buhit dan budaya Batak? Jika demikian, apakah perlu membuat rencana itu bergaung “sedunia”….terdengar lebih seperti proyek mercusuar.

    apakah bambu bisa tumbuh di Pusuk Buhit itu?

    Salam
    Esther-Malang

  10. St. A. Sitanggang berkata:

    Mungkin banyak kita yang kurang paham, apa sesungguhnya arti pusuk. Pusuk ( bahasa batak ) berarti juga sebagai daun nipah muda yang dikeringkan dan dipotong-potong seukuran batang sigaret. Pusuk seperti ini digunakan untuk melinting tembakau ( semacam rokok kawung di Pulau Jawa ).
    Akan tetapi arti yang luasdipergunakan adalah bagian daun yang muda dari pohon atau tanaman. Kalau seseorang memanjat pohon mangga, sering kita dengar aba-aba. Jangkit ma tu pussuk nai disi do namalamuni ( artinya panjatlah kearah daun paling ujung/muda karena disitu buah yang matang ).
    Pusuk Buhit kemungkinan sekali berarti merupakan puncak yang paling indah dari desa Buhit. Memang memandang gunung Pusuk Buhit yang terindah adalah dari desa Buhit, karena saling berhadapan yang diantarai lebih kurang satu kilometer danau Toba.Kesejukan danau, hijaunya pebukitan gunung mendorong pemberian nama Pusuk Buhit. Penjelasan ini jangan terlalu dipercaya, sebab saya sendiri memang tinggal di Desa Buhit selama 19 tahun. Syaloom.

  11. Mutiha Simanungkalit berkata:

    Cerita Siboru Deak Paujar adalah salah satu legenda orang Batak , cerita rakyat dari mulut ke mulut. Menurut legenda itu, orang Batak adalah manusia pertama di bumi, sama denga cerita Adam dan Hawa. Tetapi sesungguhnya orang Batak adalah sebagian dari orang-orang nomaden, orang perahu yang berasal dari India Belakang (Vietnam). Mereka adalah orang-orang pemberani yang cerdas, dengan latar belakang budaya yang telah maju, bukan primitif lagi. Mereka telah pandai bercocok tanam, beternak, sanggup berlayar mengarungi lautan, pintar ilmu bintang dan punya primbon (melihat hari baik), punya tulisan, punya agama dan kepercayaan, adat dan etika pegaulan (partuturan).
    Dari India Belakang mereka berlayar dan tiba di pantai Barus. Tujuan mereka adalah untuk mencari lahan tempat bermukim yang lebih baik. Maka dari Barus mereka berpindah-pindah terus, akhirnya sampai di Pusuk Buhit. Sepanjang perjalanan dari Barus sampai Pusuk Buhit, mereka selalu menanam pohon pinus (tusam) sebagai tanda atau petunjuk. Mengapa mereka selalu menanam pohon pinus ? Karena pohon pinus, (sekarang bahan baku korek api), mudah tumbuh dimana-mana, tahan lama, umurnya panjang, daunnya kecil dan halus sehingga tanah diantara pohon pinus rumpaut tdak tumbuh, selalu bersih dan empuk, kayunya mengandung minyak sehingga bisa dibakar walaupun masih baru ditebang.
    Demikianlah nenek moyang orang Batak setelh tiba di Pusuk Buhit, merasa telah menemukan satu tempat yang paling baik untuk pemukiman, yakni tanah yang subur untuk bercocok tanam, dataran luas yang hijau untuk peternakan, banyak sumber mata air yang bersih dan ada laut air tawar (danau) yang banyak ikannya. Begitu indah tempat itu sehingga tidak perlu lagi berpindah-pindah. Tempat itu dijadi pusaka, menjadi bonapasogit.
    Karena jumlah mereka waktu itu masih sediki, para orangtua melarang anak-anak mereka pergi jauh (nomaden). Untuk menyatukan hati dan pikiran mereka, agar mau tetap mempertahan tanah pusaka tersebut, maka diciptakanlah cerita legenda , cerita rakyat, seperti antata lain Siboru Deak Parujar, artinya Sang Putri yang Bijaksana; Siboru Pareme, artinya Sang Ibu yang banyak padinya (hasil panen). Kalau kita simak cerita legenda Batak secara luas dan mendalam, maka cerita legenda tersebut banyak mengandung, filsafat, pandangan hidup, kode etik (adat), ilmu pengetahuan dan ketrampilan, yang melatar belakangi karakter, watak dan sifat-sifat orang Batak, bahkan di di zaman modern sekarang ini. Songoni ma jo. Mauliate.

  12. saya fatimah dari Gemapala Fak Sastra USU. seminggu yang lalu kami pergi ke pusuk buhit dan yang terlihat oleh saya pusuk buhit itu adalah bukit ilalang.. gk ada pohon disana. Hanya beberapa pohon pinus yang tumbuh (sepertinya baru di tanam). puannaassss nya gk tanggung, karena pada saat itu kami mendaki pada siang hari..
    Setibanya dipuncak, segala sesuatu yang ada diatas sana gk berani kamui sentuh, karena mengingat sakralnya tempat itu.
    saya bangga karena budaya disana masih dipertahankan, meskipun saya bukan orang batak tapi saya tetap mengagumi pusuk buhit, dan segala cerita2 rakyat yang walaupun mungkin hanya dongeng sebelum tidur, tetap menarik untuk didengar. mau tak mau lah,, itu kan budaya kita.. horas..

  13. Aripin siregar berkata:

    saya sangat senang mendngar crita pusuk buhit,krn pusuk buhit memang bnar siraja batak manusia yang pertama dibumi ini..yg diturunkan mulajadi dri banua ginjang..dia lah opung kta dari seluruh asia ini..yang melahirkan keturunan kta..

  14. saya kagum liat asal muala op qta………
    tapi sayang tempat itu tidak dirawat jalannya mintak ampun rusak
    pemerintah setempat tak mau tuk merawat padahal objek wisata dah gitu asal mula op qta batak……..
    dingin”a mintak ampun karna kami tanggal 2 sore hujan……..
    di pusuk buit tuh ternyata asyik walau pun melelah kan

    cobakin deh…..

  15. suherman manalu berkata:

    mari kita lestarikan semua peninggalan peninggalan si raja batak dan kehidupan batak..
    semoga batak semakin maju dan jaya…
    horas jala gabe

  16. tumbur habeahan berkata:

    Gunung Pusuk Buhit bukan hanya cerita penghantar tidur ataupun sejenisnya. Sama seperti sejarah asal muasal manusia sebagai generasi dari Adam dan Hawa. Kalau dipandang dari pengkajian-pengkajian saja, banyak yang tidak dapat diterima akal sehat manusia. Namun, perlu kita sadari bahwa perbedaan manusia dan sang pencipta sungguh tidak dapat diukur. Jadi, selaku kita masih punya akal sehat, Orang batak perlu lebih mengenal diri dari bukti sejarah atau kronologis parmargaaon sebagai simbol habatahon. Pusuk Buhit adalah sejarah asal muasal Orang Batak seutuhnya, yang tidak perlu dikaji dan diperbandingkan oleh akal sehat manusia. Cukup dinikmati dari sudut fakta-fakta dan kesakralannya yang telah Tuhan titipkan di Tanah Batak. (hargailah leluhur/nenek moyang kamu, sebagaimana kamu menghargai nafas kehidupan yang Tuhan titipkan di tubuhmu). Saya bangga menjadi orang batak…..Putra Boho

  17. junior t.sianturi berkata:

    mamang tak salah lagi tanah batak ,tanah yang paling kaya akan segala sesuatu’a di Indonesia…semua orang Batak hebat,,baik didalam kebudayaan maupun ilmupengetahuan,,,aku bangga jadi orang batak,,,BATAK IS THE BEST,,PALING TERBAIK SUKU DI INDONESIA,,,,TIIIIIIIIIIIITIIIIIIIIIIIIIKKKKKKKKKKKKKK

  18. Parsaoran S berkata:

    Suku Batak Adalah Suku yang tertua di Indonesia yang mempunyai nilai martabat lebih terbukti dengan 1. Budaya.2.Aksara.3.adat istiadat…banyak suku di Indonesia ini yang memang tidak ada aksara tersendiri dan budaya yang mencondong ke daerah lainnya. Batak adalah Suku yang berpengaruh di Indonesia …Batak adalah suku yang paling sulit didekati oleh kaum penjajah (Belanda) itu semua membuat kita bangga … tetapi belakangan ini udah banyak suku batak yang tidak konsisten dengan batak nya Sendiri dan malu akan dirinya sendiri terbukti : 1. dengan mengkaku-kakukan lidahnya akan bahasa batak…. Orang batak pasti berusaha bisa mangkatai dengan bahasa Bataknya. 2. Orang batak sekarang lebih banyak pengertiannya diberikan kepada suku lain.3. Orang batak Sekarang bukan lagi orang batak dulu yang tegas.dll
    Sukarno dulu berkata : “Hai orang batak datanglah kau kepadaKu 1000 orang …..Kalau tidak ada 1000 orang …datanglah 100 orang dan kalau tak ada 100 sepuluh orangpun datanglah dan kalau tidak ada juga 10 orang datanglah engkau 1 ortang yang sanggup menggoncang dunia ……” SAYA BANGGA SEBAGAI ORANG BATAK.

  19. evelin samosir berkata:

    kasih tau aku dong crita lebih dalam ttg pusuk buhitt..??
    Penaasaraaan ni..
    Balaa secepatnya ya..

    Horaaaas..!!!!

  20. untung aq dah tau smua crita’a oppung kt si guru tatea bulan dan sibaso bolon,,aq dpt crita’a lngsung dr op dan namboru biding laut,,dan aq bangga menjadi siminik’a dan anggini namboru……..
    aq sring ke pusuk buhit,,dn 1 impian aq yg blm tercapai adlah naik ke puncak pusuk buhit
    pko’a bangga jd org batak

  21. NATAR SAMOSIR. berkata:

    PUSUK BUHIT bukanlah sesuatu Impian Indah yang perlu diperdebatkan tentang kebenarannya dari ribuan tahun yg silam. Kita hanya boleh merasakan dari kerinduan kita sendiri, untuk mengetahui bagian apa sih yang kudapat dari BONA PASOGIT BANGSO BATAK…, karena Saya sendiri sebagai Orang Batak dan marga Samosir dari Onon Runggu Samosir, tentunya Saya termasuk ahli waris yang ikut mengambil bagian dari Berkat yang diberikan Tuhan bagi Bangso Batak, sehingga sayapun semenjak thn 2010, 2011 dan Januari 2012 pergi melihat langsung dan naik ke puncak DOLOK PUSUK BUHIT….waooo…betapa sayangnya Tuhan kepada BANGSO BATAK…., ternyata Bukit Sion ada diSianjur Mula-mula…, dan sayapun tersungkur dipuncak DOLOK PUSUK BUHIT…meneteskan air mata, air mata kebahagiaan…,melipat tangan dan BERDOA….., mengucap syukur kepada Tuhan…karena Tuhan memberi yang terindah bagi saya lewat warisan dari Oppung siRaja Batak yaitu BUKIT SION dan Iman yang percaya kepada TUHAN yang menciptakan Alam Semesta. ‘ Yang membenarkan bukan Legendanya…, namun Imanmulah yang membenarkan sesuai dengan Karunia, Panggilan dan Talenta. Kalau mau tau lebih mendalam tentang PUSUK BUHIT…, berdoalah mohon Tuntunan dan pengertian dari Tuhan lewat Roh Kudusnya…dan jangan pakai Logika tentang Karya Tuhan bagi kita sebagai Umat PilihanNya. HORAS…..!!!

  22. horas madihita sasudena
    trima ksih untuk yang pertama
    telah menerbitkan sbuah sejrah yang sungguh istimewa ini
    semoga muda mudi penerus bangso batak mau lebih giat lagi
    untuk mempelajari sejarah oppungnya sendiri…
    TUHAN memberkati

  23. Sera Tambunan berkata:

    Horas,
    Kenyataannya, orang Batak tidak banyak tahu sejarah sukunya. Tahu sejarah Batak harusnya tahu bahasanya, aksaranya dan menjaga kelestarian budayanya!
    Untuk yang mengaku cinta Batak, Pusuk Buhit tidak butuh pujian, sanjungan dan kunjungan saja yang paling perhatian dan kepedulian. Yang paling sederhana, jika Batak gunakanlah Marga dibelakang nama Anda. Diberkatilah bangsa Batak dimanapun berada.

    Mauliate! Horas!

  24. Hendri.gultom berkata:

    Au pe mandok ma uliate do tu dewat a mula jadi na bo lon.jd tasukun ma dirita jala tahparo haon ma luat na marhasaktian on asa makorasih sahalani op ta….i.. Horas..horas..horasss.ma u li a te.

  25. Syalom semua saudaraku, asal usul kita manusia sudah sangat jelas disampaikan dalam Firman Tuhan, dan kita suku batak berasal dari keturunan Sem, karena pada saat terjadi perpecahan dan berseraknya manusia akibat dari kemarahan Tuhan atas kesombongan manusia yang membuat menara babel, maka seluruh manusia pada Zaman itu berpencar ke seluruh bumi dan masing2 hidup dengan caranya sendiri dan mempunyai pola komunikasi masing2, termasuk batak. Dongeng pusuk Buhit yang mengatakan bahwa suku Batak berasal dari keturunan Dewa itu tidak benar. Pada Zaman dulu manusia sering berprilaku sesuka hatinya, sehingga ada banyak manusia pada zaman dulu yang merasa paling hebat dari orang lain menganggap dirinya Dewa, dan saya yakin nenek moyang batak itupaun melakukan hal tersebut, karena pada saat dia dan rombongannya terdampar di tanah batak atau pusuk buhit tempat yang pertama, karena mereka telah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik, maka nenek moyang orang batak mulai mencari jatidiri dan supaya kelihatan hebat maka mulailah dikarang suatu cerita dan di dalam cerita tersebut dikisahkan hal2 hebat yang dapat mengangkat nama baik nenek moyang batak tersebut dan nenek moyang batak itu tidak cukup sampai di situ mereka kemudian mempromosikan diri mereka sebagai Dewa. Ketahuilah kawan2 hanya satu Tuhan yaitu Tuhan Yesus Kristus, dan kehebatan itu hanya milik Tuhan Yesus saja dan Tuhan Yesus mau memberikan kehebata bagi orang yang dianggap layak oleh Tuhan Yesus, ingat dan Fahami ayat dalam Amsal 1 ayat 7 dan 8. Semua suku adalah kelebihan dan kelemahannya, saya juga bangga menjadi orang Batak tapi Saya tidak mau dikelirukan oleh cerita dongeng yang menurut Saya dapat menyesatkan orang banyak, di mana orang yang percaya sama kebenaran cerita pusuk buhit sama dengan orang yang tidak percaya terhadap Kebenaran Firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

  26. marulitua simbolon berkata:

    kadang kita juga bingung membahas agenda sejarah dan para teori kaum agamais
    dan smua klu di bawa ke ideologis mengenai dunia ne
    coba klu kita pahami dengan terciptanya adam dan hawa, sampai keturunannya
    dimana kita bangsa batak dari keturunan adam dan hawa,
    klu dari sejarah, pusuk buhit lah yg putri kayangan yg mengketurunan kita dan memperbanyak bangsa kita
    seolah2 kita tidak ada bersangkut pauk dengan hadam dan hawa,

    sepakat smua bagi pembaca, mari kita buat suatu perkumpulan ja agar bisa mengklarifikasikan secara logika mengenai sejarah budaya dan sejarah agama
    mulai adam dan hawa, manusia purba, bangsa-bangsa atau adat, leluhur nenek moyang kita dan selanjutnya

  27. Posman Sitorusss berkata:

    Kurang juga bukti2 nyata,karena bangsa Romawi dan Yunani sangat terkenal bukti nyatanya meski pun di bawah tahun sebelum masehi(sebelum tahun jesus Kristus) bukti peradaban mereka ada tertulis dan karya tangan mereka,apalagi Plato,Aristoteles,Phytagoras dll,kita bangga sekali terhadap bangsa Batak,tapi bukti arkeologi ya lemah sekali,hanya kekuatan lisan,dari nina tu nina, mana jagoan arkeologi Batak yang ada di pulau Jawa,mis tulang Harry Truman Simandjuntak, belum ada melakukan penelitian ilmiah,jadi aku masih ragu akan cerita nina TU nina tentang cerita si raja batak,jika ada catatan ilmiahnya bolehlah percaya,maka hebatlah kaum bangsa Roma dan Yunani,bangsa Batak kita tunggulah catan ilmianya bah. Horas Wasalam,Mauliate godang.titin MA Sitogompa,optik pe na di patupa,asal natikos do hot na Tutu.

  28. Tengku Eduart Zhein berkata:

    saya kurang yakin dengan Pusuk buhit sebagai asal awal ogrg Batak,mana mungkin tiba2 ada orang di sana,bukankah kita percaya kalau bangsa Indonesia berasal dari india belakang,termasuk suku suku yang ada di Sumatetra Utara,
    dan saya kurang yakin dgn adanya suku batak,buktinya gak ada bahasa batak yg berdiri sendiri,tp yg ada bahasa toba,simalungun atau karo dan sebagainya….

  29. MARROAN MALAU berkata:

    Batak ,Toba,Simanlungun,Karo,Mandailing,Pakpak, adalah keturunan Oppung Siraja Batak yang bermukim di huta Sianjur Mula Mula dan Bahasa Batak Toba adalah induk
    semua bahasa batak ( Simalungaun,Karo,Mandailing,Pakpak )

  30. Tengku Eduart Zhen berkata:

    Jd bagaimana pula dgn Dinasti Sorimangaraja yg katanya bukan org Batak? Bahkan di kalangan org Toba sendiri ada mitos kalau mereka itu adalah keturunan Minang yg melarikan diri ke Tanah Batak.
    Saya tdk emosional ,saya hanya bingung dgn argumen2 yg disampaikan oleh Suku Toba dan Simalungun yg td jumpa titik tengahnya,
    ketika saya mencari literatur tentang Kerajaan Batak tak ada saya temukan satu pun yg menekankan kalau Kerajaan Batak itu ada dan berdaulat thd semua tanah Batak, dan apa lg Nagur,tak pernah ada literatur yg mengatakan kalau Nagur itu ada di wilayah Pidie,bahkan kakek saya yg keturunan Bangsawan ulama wilayah Pidie hanya mengenal Nagur dan Haru sbg wilayah org Karee(karo) dan Nagore tetangganya,jd siapa yg benar antara argumen tsb

  31. sangat bangga jadi orang batak, 19 tahun yang lalu saya mendaki ke puncak bersama ratusan orang siswa SMA dan para mahasiswa, berangkat sekitar jam 9 malam dari tanjung bunga menuju sitao-tao dan menuju puncak-nya. salah satu keanehan yang saya temui pada saat itu adalah cawan yang dipuncak itu berisi air kira-kira separoh-nya, tapi semua orang kok bisa kebagian air seteguk sampai ratusan, sekarang kalo kita bandingankan dengan beberapa tempat di jawa, misalnya keraton, pantai selatan, batu hiu, pangandaran atau sindang sono, nampaknya keindahan (dan atau wibawa ) sebuah tempat tergantung kepada orang-orang yang mengunjunginya, memperlakukan baik atau tidak, kewajiban setiap pendaki menanam satu pohon perorang dan atau membawa sampah se kantong dari puncak ke bawah nampaknya akan memperperbaiki keindahan bukit nenek moyang kita, horas

  32. Eva sriwaty Tobing berkata:

    dulu saya pernah kepusuk buhit pada tahun 2012,,,wahhh emank pemandangannya disana sungguh indah nkeren habis deh,,,ketepatan saya nginap dipenginapan yg ada diaek rangatnya,,n pada mlm hari saya n teman2 pergi jln2 kepusuk buhitnya,,,pokoknya saya terkagum2 akan indahnya ciptaan Tuhan ini,,,,,GBU

  33. sangat bangga jadi orang batak, 19 tahun yang lalu saya mendaki ke puncak bersama ratusan orang siswa SMA dan para mahasiswa, berangkat sekitar jam 9 malam dari tanjung bunga menuju sitao-tao dan menuju puncak-nya. salah satu keanehan yang saya temui pada saat itu adalah cawan yang dipuncak itu berisi air kira-kira separoh-nya, tapi semua orang kok bisa kebagian air seteguk sampai ratusan, sekarang kalo kita bandingankan dengan beberapa tempat di jawa, misalnya keraton, pantai selatan, batu hiu, pangandaran atau sindang sono, nampaknya keindahan (dan atau wibawa ) sebuah tempat tergantung kepada orang-orang yang mengunjunginya, memperlakukan baik atau tidak, kewajiban setiap pendaki menanam satu pohon perorang dan atau membawa sampah se kantong dari puncak ke bawah nampaknya akan memperperbaiki keindahan bukit nenek moyang kita, horas

    dulu saya pernah kepusuk buhit pada tahun 2012,,,wahhh emank pemandangannya disana sungguh indah nkeren habis deh,,,ketepatan saya nginap dipenginapan yg ada diaek rangatnya,,n pada mlm hari saya n teman2 pergi jln2 kepusuk buhitnya,,,pokoknya saya terkagum2 akan indahnya ciptaan Tuhan ini,,,,,GBU

  34. marlince berkata:

    saya seorang ibu dri 4 anak .saya lahir di Riau dan besar di Jakarta .tdinya saya tdk perduli akan suku saya karna saya sdh besr di perantauan begitu saya menikah suami saya mulai mengenalkan saya akan bahasa batak masakan Batak,jajan batak budaya batak ,musik batak dan terakhir saya diajak berkunjung k Sumatra .Karna memang orang tua saya tdk terlalu mendalami semua yg berhubungan dgn Batak karna mereka juga lama diperantauan kini mereka sdh tiada.Begitu saya mau rencana dgn suami akan kSumatra pertama x harus jiarah k Opungku dulu baru k tempat lain.Di usiaku 45thn aku berangkat dan bln January 2014 berniat NAIK K PUSUK BUHIT.Kami masuk dr desa Limbong jam 2 siang karna hujan deras jalan terjal dan berbatu jdi medannya agak sulit apalagi tubuhku gemuk 85kg.Tapi karna tekat ku bulat saya dan suami langsung naik terus k menuju puncak halangan bersama dgn 2 orang pemandu jln anak smp 1 dan 1 orang lki2 yg warga limbong tpi blm pernah juga k atas.kalau bukan karna kuasa Tuhan aku seorang ibu mungkin tdk pernah sampai dsana karna medannya berat ,terjal licin dan hujan.SAMPAI DI BUKIT jam 6 sore kutemukan Tempat partonggoan spti benteng dan bendera batak ada disana .Awn gelap hujan deras tdk ada cahaya tapi begitu aku berdoa pada Tuhan dan ku katakan Tuhan jauh 2 aku dr Jkt ingin berkunjung k tempt asal mula Raja Batak dan aku bertekat ingin semua cita 2ku tercapai begitu aku berdoa di pusuk bukit ini .Tuhan kabulkan doaku bila Kau kabulkan doa tolong buka langit di atas dan berikan cahayaMu mengarah kpdaku.Dan apa yg terjadi tiba 2 langit yg tadinya gelap terbuka dan muncullah matahari pas menyinari wajahku padahal semua gelap.setelah selesai berdoa cahaya itu tertutup awan dan gelap gulita.Kami plg malam itu juga tanpa penerangan lewat lalang 2 tanpa ada binatang buas ular dll karna sepanjang jalan kami ber 4 terus berdoa agar Tuhan mendampingi kami dgn menuruni bukit dgn memutar jln yg licin berbatu tajam dan cadas.Kami sampai di bawah jam 3 subuh. Dan kami kembali menginap di Pangururan dan besok kami melanjutkan menuju Laguboti k makam Raja Batak di Sopo surung.Jdi yg saya katakan di sini tdk perlu dulu banyak komenta, bela belo dgn argumen yg terkadang membuat orang kesal ,Kini saya mulai perlahan tapi pasti menyukai sejarah ,seni Tor2 dll yg tdinya bodo amat skrang mulai menjaga dan menggali Budaya Batak itu sendiri.Kenapa sih hallak kita ini sering blang klau sdh menyangkut nenek moyang kita terutana mengenai Raja BATAK DAN sejarah Pusuk Buhit langsung di bilang melanggar ajaran Tuhan (berhala) bagi yg jetek Imannya sdh komentar dan men just orang dgn kata 2 percaya pd yg tdk pasti, tapi mereka tdk mampu menjunjung tinggi budaya mereka sendiri.Sebagian yg sok pintar dan munafik dan terlalu banyak komen tapi tdk belajar utk mengetahui lebih dalam budayanya sendiri .Belajarlah dr suku lain di Indonesia spti s Jawa,Bali Toraja dll mereka menjunjung tinggi Raja dan budaya mereka sendiri sampai k mancanegara kpn kita bisa menghargai budaya kita sendiri.Mauliate horas.

  35. lilis habeahan pasaribu berkata:

    kami sangat bangga dengan orng batak yg memiliki banyak kawasan yg sangat luas
    dan memiliki banyak pemandangan yg di sukai orng
    horas bangga jdi orng batak

  36. eben ezer manalu berkata:

    Sya sebagai pecinta budaya termsuk budaya batak…
    Alangkah baiky kita tetap menjaga ke utuhan adat batak kita, harpan untuk pemerintah khusus daerah samosir supaya memudahkan akses atau sejenis petunjuk supanya para pengunjung dapat tertarik untuk lebih mengenali asal usul batak…

  37. bicara tentang pusuk buhit yang melegenda sampai saat ini selalu diidentikkan dengan keberadaan Si raja batak. dapat saya sharring bagi kita semua cucu oppung si raja batak bahwa kita semua cucunya merasa bangga atas penggalian tentang Diri oppung siraja batak baik asal-usulnya ataupun tentang kehidupannya dahulu. yang saya tau bukan dari cerita ataupun buku tentang siapa sebenarnya Oppung kita ini adalah oppung si raja batak (kalau saya memanggilnya Oppung raja Mulana)adalah seorang pertapa sakti dan pengembara yang asalnya dari babylonia yang mencari tempat baru yang belum ditemukan manusia yang sudah mengenal peradaban. oppung mengajak saudaranya untuk berangkat dari asalnya melalui perkampungan yang Hitam kulitnya yaitu india. mereka berangkat 6 rombongan dengan memakai kuda yang tahan di panas nya matahari dan tahan akan haus(unta) sampai ke india. di india tinggallah satu rombongan saudara ke 4 dari oppung kita. dari india mereka berangkat dengan kapal(solu) yang kepala(ulu) naga sebanyak 8 kapal. mereka mengarungi lautan ganas hingga akhirnya salah satu rombongan melihat ada gunung(buhit) yang menjulang tinggi. dahulu selat malaka itu adalah sungai(binanga) di masa hidup oppung kita.rombongan ini memisahkan diri dari rombongan yang melanjutkan perjalannya.rombongan yang tinggal ini adalah rombongan saudara tertua dari 6 rombongan yang berangkat. kemudian rombongan masuk ke pedalaman untuk menetap di sekitar gunung tinggi ini. karena pada dasarnya manusia akan mencari sumber air untuk memenuhi kehidupannya. maka rombongan ini terus mengikuti sungai yang airnya berasal dari gunung tinggi ini.mereka sampai ke pedalaman di bawah kaki gungung tinggi ini melalui sungai sigura-gura dan sampai mereka pada tanah yang datar dan sumbernya airnya berlimpah. mereka berdiam dan menetap dengan tujuan untuk berketurunan dimana salah satu pemimpin dalam rombongan ini yang kita gelari si raja batak. pada saat kehidupan oppung kita sudah ada manusia purba(nomaden) tinggal disekitar kaki gunung tinggi ini. pada awalnya mereka tidak bisa bertemu dengan kata lain berperang.manusia purba tersebut(nomaden) menyembah berhala(sepele begu) yang artinya kekuatan bumi melalui batu, gunung, pepohonan dan lainnya mereka sembah. di satu waktu ketemu lah oppung kita si raja batak dengan seorang perempuan dari kelompok manusia purba tersebut. hingga oppung kita si raja batak mengajak menikah.akibat dari pernikahan ini terjadi peleburan 2 peradaban dan budata. istilah raja dibawakan opung kita si raja batak dari budayanya serta kepercayaan. dari budaya banyak istilah yang diperkenalkan hingga menjadi aturan hidup, norma, adat dan lainnya. dalam kepercayaan oppung kita yang nomaden memperkenalkan istilah sepele begu. terjadi pertentangan dalam hal kepercayaan dikarenakan dari pihak oppung boru menganggap bahwa bumi serta isinya telah diatur oleh 3 debata. sementara dari oppung si raja batak menyatakan bahwa alam semesta di ciptakan oleh Opputa Mula Jadi Nabolon. pertentangan tentang kepercayaan tersebut sampai pada kehidupan kita sekarang. makanya keturunan oppung siraja batak masih ada yang mamele pelean dan sebagian tetap menyembah Opputa mula jadi nabolon.berakhirnya pertentangan atas kepercayaan ini berakhir pada saat itu dengan lahirnya 2 anak yaitu oppung guru tatea bulan dengan oppung Raja Isumbahon. dengan lahirnya ke dua tersebut membuat oopung siraja batak membuat 2 kekuasaan dan kekuatan dalam bentuk 2 kitab(balutan). itulah yang kita sebutkan atau kita dengar kitab emas dan kitab tembaga. disini oppung kita menuliskan seluruh cara dan taktik ilmu perang,perdukunan, obatan-obatan,kerajaan, perdagangan, ukiran/bangunan, serta lainya. semua itu di bagi dalam 2 kitab dan diserahkan kepada ke dua anaknya.masing-masing kitab tersebut saling mengisi dan menutupi kelebihan dan kelemahannya. ke dua kitab tersebut sampai saat ini tidak siapapun yang memiliki dikarenakan sangat membahayakan kehidupan cucu-cucunya. itulah sekelumit cerita(turi-turian)oppung kita yang dapat saya sampaikan agar dapat bermanfaat terhadap kebaradaan oppung kita.

  38. bang kemarin saya mendaki disana ketemu natua-tua ni huta, dan namboru itu bilang kalo namanya “PUSUBUHIT” bukan “PUSUKBUHIT”.
    maaf kalo saya yang salah !
    mauliate ma dihita sude !

  39. Jonery Panjaitan berkata:

    Numpang tanyak apa benar blom ada yang sampai ke puncak atau ujung pusuk buhit?
    mohon di balas berbagi pengetahuan
    #salam_manis J.P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s