KENANGAN DI TARUTUNG

Partungkoan

Kota Tarutung adalah ibukota Kabupaten Tapanuli Utara di Sumatera Utara. Kota ini cukup sejuk dan merupakan bagian dari sejarah perkembangan bangso batak. Daerah sekitar Tarutung juga dikenal dengan Rura Silundung karena dikelilingi pegunungan yang memperindah alamnya.

tarutung_01.jpg tarutung_11.jpg tarutung_12.jpg makam.jpg

Kota Tarutung terdiri dari satu wilayah Kecamatan yang dibelah oleh aliran Sungai Sigeaon. Di kota ini ditemukan kantor Pusat HKBP lembaga gereja terbesar di Asia Tenggara. Dari lokasi kantor bupati yang berada dilereng bukit, kita dapat memandang kea rah Timur dimana salib kasih bertengger megah diatas bukit Siatas Barita. Didepan Kantor Bupati kita masid dapat melihat monument makam Raja Sisingamangaraja XII saat pertama sekali dikebumikan. Dari kota ini akhirnya tulang belulang Raja Sisingamangaraja XII dipindahkan ke makam Baru di Soposurung Balige.

Sampai tahun 1999 kota ini kelihatan ramai, namun seiring dengan bergulirnya otonomi daerah, ada peluang untuk pemekaran kabupaten. Kabupaten ini saat ini sudah dimekarkan dengan lahirnya Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan.
Urusan pemerintahan semakin kecil dan berdampak kepada keramaian kota Tarutung.

Di kota ini kita akan menemukan penganan spesifik putu dan kacang garing Sihobuk yang terkenal.


AddThis Social Bookmark Button

Tautan :
GITAR SIPOHOLON

385 thoughts on “KENANGAN DI TARUTUNG

  1. wah baru tahu aku bahwa sang raja Sisingamagaraja pernah dimakamkan di Tarutung, kupikir langsung dimakamkan di Balige Soposurung, wah harus jalan-jalan nich kesana sekaliskali, tetapi kapan yah ? horaslah amang naipospos

  2. Syaloom! dohot Horasss

    Saya 6 tahun tinggal di daerah Tapanuli dan Juga tarutung. Tempat yang indah dan meninggalkan rasa cinta yg besar. Tapi saat ini tarutung adalah tempat yang sunyi dan hampir tidak ada daya tariknya. Hi, saudara2xku mari jangan lupakan kota kelahiran kita dan peninggalan nenek moyang kita. Justru kita sebagai generasi muda harus bangkit untuk Meningkatkan kesejahteraan Kota Tapanuli. Apakah kamu menutup mata dengan anak2x yang tidak sekolah dikarenakan kondisi ekonomi yang terhimpit??? Apakah kamu tidak iba dan menangis melihat orang tuamu, saudaramu, atau siapapun yang tinggal disana dimana mereka harus menghabiskan hari2xnya dibawah terik matahari dan menghabiskan sisa2x tenaganya untuk mendaki bukit demi bukit hanya untuk mendapatkan setetes getah yang sudah kering??? Ada banyak bayi2x yg tidak disentuh oleh Vitamin, ada banyak kakek2x dan nenek2x yg kesakitan tapi tak bisa berobat. Hmmmmm alangkah sedihnya. Teman siapapun kamu, putra Tapanuli mari buka mata kita, hati kita, dan uluran tangan kita demi jiwa-jiwa yang butuh kepedulian. Kita harus ambil andil disana?? Horas Tapanuli dan Bangkitlah generasinya. GOD BLESS US

  3. Horas Tarutung!

    Walaupun aku orang Minang dari Kota Padang, tapi istriku adalah keturunan Suku Jawa yang lahir di Kab. Simalungun. Semasa kami masih berpacaran dulu, aku beberapa kali bolak-balik Padang-Siantar dengan bus ALS dan lewat Tarutung! Tapi sayangnya, setiap sampai di Tarutung selalu tengah malam atau dini hari. Tapi aku senang melihat banyaknya lampu, apalagi melihat Salib Kasih yang Godang Hian! Sekarang kami telah menikah dan punya seorang anak perempuan berumur 9 bulan. Kami menetap di Kota Padang. Entah kapan lagi ke Siantar dan lewati Tarutung yang indah. Sekali lagi, Horas Tarutung!

  4. HORAS..
    wachh KoTa TaRuTuNg aDaLaH KoTa YaNg SeJuK aNd KoTa TeMPaT Wisata Yang Bagus WaLauPuN SaYa oRang SiBoLga NaMuN TaRuTuNg aDaLaH KoTa YaNg Ke-2 Bagi HiDuP SaYa..KoTa TaRuTuNg YaNg PaLiNg BeRKesaN aKaN KeiNDaHaN Nya..SaLiB KasIH..aiR PaNas SiPaHoLON..PaNcuR NaPiTu..dLl..KaPaN Yach Bisa MaiN KesaNa Lagi..
    GBU

    *** Kalo duit sudah terkumpul Medy datang lagi ke Tarutung. Mandi spring water di Sipohoon, habis itu makan dendeng. Pulangnya bawa kacang Sihobuk … sip kan

  5. wah.. Tarutung adalah kota yang bener – bener nggak bisa dilupakan. banyak kenangan indah yang tersimpan disana. mulai dari yang pertama kalinya mengenal yang namanya Cinta sampai akhirnya aku kembali lagi untuk mencari cinta dan dicari cinta. meskipun aku dah jauh di tempat lain mencapi cita – cita namun kota Tarutung tetap tidak terlupakan. suasana kota yang dingin membuat kota Tarutung susah untuk dilupakan. bener – bener kota kebesaranku yang tak terlupakan. keindahanmu membuatku ingin selalu tetp tinggal dan berdiam dihatimu. maju terus kota tarutung. tunggu aku datang kembali membawa harapan yang tak pernah sirna untuk membangun mu. cayoooooooooo

  6. Horas Tarutung,

    Saya orang Tarutung dan sejak tahun 1994 merantau ke Jakarta, sekolah dan bekerja.
    Kangen…kangen…kangen….
    Hanya itu yang bisa kuucapkan.
    Di Jakarta terlalu sibuk sampai sampai belum ada waktu untuk pulang kampung…
    Tarutung itu kota kecil yang tiada duanya….
    Saya sudah singgah di banyak sekali kota di seluruh Indonesia dan luar negeri, tapi Tarutung tetaplah kota kecilku yang sangat indah, banyak sekali kenanganku, masa kecilku, sekolahku membuat aku rindu untuk pulang…
    Oh Tarutung….

  7. I was born in there…it’s so much to talk about hometown, I believed one day…..
    Tarutung will be one of the famous town in north sumatera…

    Horas..horas..
    tubu ma sanggar di topi ni aek..
    sai tubu ma di hamu…anak na pistar dohot boru na burju

    **** Eemmma tutu ….😀

  8. great, it is nice to hear from u all. Tarutung is not only a name of a city, it is about memory, love, christianity, school, mates, family, peace, etc. I do believe we could do something to make it more lively! to get back someday to Tarutung is always my dream!

  9. Tarutung………………
    Tarutung kota kecil yang indah dan tenang..
    banyak hal-hal yang berkesan dan banyak kenangan disana dikota yang indah ini.skolahku,teman-teman.aku selalu rindu..Tiap malam di hiasi dengan pancaran salib kasih yang sangat indah.ditambah dengan udara yang dingin di malam hari…
    Aku tidak akan pernah melupakan kota dimana aku dbesarkan.Tidak akan pernah……
    Aku punya impiin mengumpulkan orang-orang rantau yang dari tarutung untuk kembali membangun Tarutung…Mari kita bersatu perantau tarutung tuk membangun bonapasogit ta…
    HOrassssssssssss
    God Bless Us

  10. Tarutung Sekarang bukan tarutung yang dulu lagi. walaupun ada salib kasih dibangun disana, saya merasa masyarakat ditarutung malah makin tidak saling mengasihi. Tapi walaupun begitu saya tetap bangga menjadi orang Tarutung. Salam Hangat kepada Guru-Guru dari TK sampai SMU yang ada di Tarutung Sekitarnya (TAPANULI UTARA Dulu, sebelum pemekaran)
    Semoga pendidikan diTapanuli Makin Maju. Kita boleh miskin SDA (kata orang) Tapi kita harus bangga dengan kekayaan SDM kita. terima kasih juga kepada Bapak yang dulu menyumbangkan dana untuk bimbingan UMPTN gratis dan Mantan Bupati RE Nainggolan, sehingga saya bisa masuk PTN dan sekarang bekerja. mudah2 saya nanti dapat membantu pendidikan di Tarutung (MARTABE)
    saya ngak tau program ini masih jalan atau ngak.
    molo tung adong na salah hataku minta maaf majolo
    au

    Horas

  11. Horas..tu sudena..

    Dulu, di sana,
    sekarang, di sini,
    besok..HARUS di TARUTUNG lagi..
    Bukan jadi perusak tapi, tapi perasuk bagi kemajuan mental dan kecerdasan..
    Cari ilmu dan uang yg banyak dulu di kota lain,bawa ke Tarutung, buka Law Firm utk orang2 yg “Butuh”..
    Tiap sore harus keliling2 Tarutung, start from Hutabaginda, D.I. Panjaitan, Aek Sigeaon, Sopo Partungkoan, singgah sebentar di Pohon “The Legend” Durian, Simpang Empat (STOP,ada lampu merah skrg!), lanjut ke Aek Siansimun, Aek Rara (Soda Water), balik menuju Saitnihuta, passsing Situmandi Great Bridge, tembus Pancurnapitu, putar balik naik “dikit” ke Dolok Siatas Barita berDoa minta jodoh di Salib Kasih..:), matiin mesin turun terus sampe Hutabarat, megang air panasnya aja ga usah mandi soalnya masih siang, ke terminal nyapa teman2 lama di GANTER, dapat salam tempel, sore pulang and finish di Aek Ristop..
    Pyuhh..singkat tapi padat jalan2 di Tarutung..
    Senyum Sapa Sigap berlaku keras di sini..soalnya semua rata2 saling kenal..
    Udah ahh,,mau maen bola dulu..udah ditungguin tmn..
    Buat sluruh orang Tarutung,
    “UNANG MAILA POGOS, HABURJUON I DO BONA”
    Mauliate Godang..(^_____*)

    (–yang muda yang bicara–)

  12. Kota Tarutung????????????
    wah k’lo dengar nama Kota itu aq jadi teringat ama perjalan kami kemarin. waktu itu tepat pada tanggal 03 Januari 2006, kami satu kumpulan (NHKBP) dari Sidikalang, yaitu Gereja HKBP KANAAN Resort Sidikalang IV. sewaktu perjalan itu aq sangat penasaran ama yang namanya Kota Tarutung, apalagi aq pernah melihat pfoto Bapak sewaktu rekreasi kesana. aq udah nggak sabaran lagi deh pokoknya. sewaktu kami udah sampai kami langsung aja go to Salibnya untuk melihat gimana sih sebenarnya salibnya. ternyata untuk melihat salibnya harus jalan kaki, tapi asyik juga tuh karena kami khan rombongan so pasti rame banget. sesampainya disana aq langsung berdoa, khan ada disana disediain tempat untuk beribadah. wah waktu aq memasuki ruang doanya hatiku begitu sejuk dan damai, sehingga apa yang kita minta rasanya kusuk banget. selepas berdoa kami berphoto -photo biasalah untuk kenang-kenangan.
    setelah selesai menikmati keadaan salib kasih kami pergi ke tempat souvenir untuk membeli sesuatu. harga yang ada disana lumanyan juga. selesai belanja -belanja kami pergi mandi ke Pemandian “Air Soda”. disana memang enak sih mandi -mandi, tapi yang aq sesalkan ialah pemandiannya digabung. jadi usul saya gimana k’lo pemandian wanita dan pria dipissah jangan digabung, kan kurang enak juga yach, t’rus anak -anak disana bandal -bandal dan nakal sekali. jadi sewaktu di pemandian itu kurang nyaman. k’lo pelayanan mereka yang ada disana sudah baik, cuma hanya tingkah laku anak -anak usil saja yang buat kurang nyaman.

  13. Tarutung………………
    Tarutung dimana aku dilahirkan dan dibesarkan,sampai saat ini aku masih merindukannya.Banyak hal yang kudapat disana baik itu ilmu,pengalaman bahkan pacaran……….setiap blk kampung aku teringat Salib Kasih yang dihiasi lampu pada malam hari.Oh Tuhan kpn lg aku blk mlhat tarutung…….Salam Buat May Rhosali Matondang

  14. Saya baru bulan lalu ke Tarutung….

    Sayang sekali melihat kota tercinta ini (ibu saya br Simorangkir)…….Otonomi Daerah, Management Daerahnya sangat menyedihkan….bayangkan ketika saya berkunjung ke Rumah Sakit Umum Tarutung ke kelas VIP…nya tak lebih dari kelas Klinik di Pondok Gede…..
    Jalan Rayanya kelas 3 kali….

    Kemana wajahmu hai Tarutung…???

    Saya sempatkan berkeliling, sungguh luar biasa potensi daerah ini…agriculturalnya, objek wisatanya, Soda Waternya…wah..wah luar biasa…

    Saya sangat merindukan kota ini bisa menjadi kota target bagi banyak orang (seperti puncak di Jabar barangkali)…..

    Someday I will join you and be part of Tarutung City, to develop you..and bless u…

    God bless Tarutung…
    God bless us….

    From me For us

    Tarutung Brotherhood

    Lasro Hutasoit

  15. Horas Tarutung…

    Kota kecil nan indah… mari dukung Protap utk kemajuan Tarutung… dan mari dukung Cagubsu yang berasal dari Tapanuli utk kemajuan kota kita ini….

    Sedih sekali rasanya melihat Tarutung dan Taput yang tiada pernah tersentuh pembangunan dibandingkan dengan daerah lain… baik sesama sumut apalagi dgn jawa …. biarpun saya lama dibandung dan skrg tinggal di jakarta namun cinta dan hati saya hanya utk Tarutung kota kelahiran saya….

  16. HORAS…….
    TARUTUNG IS THE ROCK’IN CITY
    BOA-BOA TU AKKA DONGAN PARTARUTUNG MANANG LUAT NA ASING, ADONG ULAON TANGGAL 29 DESEMBER 2007,IMA FESTIVAL LAGU ROHANI, MARINGANAN DI SOPO PARTUNGKOAN

  17. Horas tu sudena………

    Tarutung………
    kota yang tidak bisa aku lupakan.
    walau saya bukan penduduk asli dari tarutung, tapi saya senang berwisata kesana.

    Daerah nya dingin, asyik…ada air soda, aek sigeaon, Salib Kasih…. dan penduduk yang ramah tamah.
    Aku pernah lho… berdoa di kamar doa Salib Kasih…
    Tempatnya tenang, seakan2 Tuhan ada disana bersama dengan ku…

    Oh Tarutung…. aku bersyukur karena kami punya kota seindah mu…
    Tarutung…. God always bless U…

  18. Horas Tarutung, Hutabarat

    10 thn sudah saya meninggalkan kota tarutung (hutabarat) tapi hati selalu merindukan kota yang indah di kelilingi bukit (dolok martimbang) dan dolok siatas barita, udara yang sejuk, air yang bersih, yang di aliri 2 sungai sigeaon dan situmandi, disana rumah tinggal orang tuaku dan kelahiranku, tempat bermain setiap hari apalagi di hari minggu, semoga rinduku selalu ada untuk yang sudah membesarkanku, walau jauh dimata tapi selalu dekat di hati. di berkahilah kota tarutung dan seisinya, diberika rezeki yang halal, diselamatkan dari segala mara dan bahaya, bangkitlah pemuda dan pemudi kota tarutung, yang beritamu selalu ku nanti, salam buat Mama dan Papa dan Adik2 dohot dongan yang ada di hutabarat sosunggulon, saya norman hutabarat selalu merindukanmu selalu.

    Amin

  19. saya seoarang mahasiswa yang merantau ke kota lain.,disebabkan karena di kota Tarutung belum mempunyai universitas,,memang sih,ada tapi itu hanya universitas yang berbentuk keagamaan,,saya berharap pada pemda Tarutung untuk kiranya dapat membangun ataupun mempunyai universitas tersendiri yang berbentuk kejurusan lain.. agar nama dari kota tarutung terangkat dalam pendidikan
    (terimakasih)

  20. tak henti-hentinya air maa ini menitikkan air mata rindu ke kampung trcinta. Walau aku lahir di Jakarta, tapi orangtuaku berasal dari siborong-borong dan tarutung. Dan aku telah dibesarkan dan sekolah di sana. Bagai tempat kelahirangku, aku mencintai Tarutung lebih dari Jakarta tempat kelahiranku. Kapankah aku akan kembali ke sana, ke Tarutung ku yang sangat kurindu?
    Sekarang aku telah meningglkan Tarutung, demi menggapai cita-cita keluarga dan masa depanku, juga demi perkembangan Tarutungku di kemudian hari. Entah sampai kapan aku akan berpisah dengan Tarutung nan merindukan itu?
    Isak tangisku mungkin tak dapat terdengar olehnya, tetapi mungkin dapat dirasakan olehnya. Kenangan ku dengan Tarutung itu berjuta indahnya dan beribu sedihnya. Sekarang, teman2ku ada di sana untuk merasakan liburan natal, keluargaku juga merasakan kehangatan bersama di sana. Tapi aku tak boleh bersedih, demi kepuasan bersama di kemudian hari. MAma, Papa, Kakak, Abang2ku, adiku, dan juga keluargaku, namboruku……..aku akan berjuang demi kalian. Doakan aku oh Tarutungku!!!!!!! Teman2 aku rindu kalian. Aku rindu Tarutung, terutama keluargaku. Semoga Tuhan melindungi kalian semua. amin

  21. sejarah tarutung mana ne.,??
    tp d sna aq p’nah lyat pohon durian
    yg umurnya udh ratusan tahun noo.,
    dr tahun 1877 kt’a.,

  22. sailan tumajunama huta tai ate sai agiatna mian lantudenganna sudeaka pagisina i.

    *** Emma tutu……

  23. Kota Tarutung adalah sebuah kota yang sangat indah, dan penduduknya sangat baik-baik.
    saya selalu merindukanya, dan saya tdk akan penah melupakannya. karena saya punya banyak kenangan yang pahit dan manis disana.

    Horas….kota tarutung.
    semoga semakin maju…dan sukses selalu menyertai penduduk disana, dan semoga kacang sihobuk tetap berjaya
    Mauliate
    horas jala gabe
    Kiranya Tuhan selalu memberkati.
    Amin…….

  24. Walaupun saya tidak pernah tinggal di kota Tarutung, tapi saya pernah bermalam disana…beberapa hari.
    Saya ingin bersapa pada kota ini..
    Kota yang sejuk pada saat itu.(1985)..saya tidak tahu sudah seperti apa sekarang….
    HELLO………TARUTUNG , Bagaimana keadaan mu sekarang?…….

  25. Oh kota Tarutung dengan lagu Rura Silindung
    Molo mangkuling sese di balian i
    Lao mangendehon Rura Silindung nauli.
    rura Silindung rura nasun denggan i lambok malilu tano hagodanganki iiiiiiii dst.
    Memang terbukti Indah Ruranya, namun tatakota dan masterplan kota ngak jalan, kurang promosi, kalau cuman salib kasih…….. sdh kalah dengan wisata iman Sidikalang.
    Cuman kenangan indah masih terngiang di benak, tepat di desa Sipoholon – Sosor Gambiri : ke dua Ompung kami dikuburkan : Ibu saya almarhumah boru Simanungkalit lahir dan besar di desa ini. Kenangan indah selalu jika pulang dan ziarah tak lupa mandi air panas di desa Sipoholon.
    Ohhhhh Tarutung kapan lagi bisa melihatmu.
    Kini aku sdh punya anak dan penduduk Surabaya namun kamu tetap kuingat.
    Horas
    Napuran tano tanoma rangging masiranggoman. ……..
    sambung angka dongan.

    *** badanta i padao-dao ba tondinta ma masigomgoman ….. Emmmma tutu….

  26. Horas…..Tarutung

    Saya lahir di Tarutung dan sempat sekolah di Tarutung sampai kelas 6 SD, kemudian saya pindah ke Jakarta dan sekolah di Jakarta, saat ini saya sudah keja di Jakarta, walaupun saya pernah ke Bali, Solo, Bandung ataupun kota-kota di pulau jawa tapi Tarutung adalah kota yang paling indah buat saya dan saya selalu rindu ingin pulang ke Tarutung.

    Tarutung is the Best

    *** Botul Sihite, kita cintai tanah kelahiran kita. Rura Silindung menantikanmu.

  27. Beta mulak tu tarutung asa maridi hita di aek rangat Huta barat. Torus ma hita tu Sipahutar laho mangallang honas.

  28. Horas Tarutung…

    Tarutung adalah tanah kelahiranku yang begitu banyak menyimpan kenangan dan menbuat kita harus tetap akan ingat selalu.
    Rura Silindung yang indah yang dikelilinggi Gunung dan hamparan padi yang hijau yang tidak penah terlupakan..
    biarpun saat ini saya tidak berada disana tapi hati tetap pingin untuk pulang dan kalau diberi kesempatan untuk bekerja disana saya akan bekerja keras untuk membantu memajukan Kota Tarutung yang Indah dan Asri..
    Sukses dan maju kota Tarutung…..

    Horas di Hita Sude…

  29. Tarutung adalah tanah klahiran Ibuku tercinta tepatnya di Pahae JUlu,Ibuku sering bercerita tentang Tarutung, wah….denger cerita ibuku rasany aaku pengen banget jalan2 ke sana (sekalian knalan ma cwe tarutung githoooo…..)tpi pa daya selesai tamat SMA tuk ngelanjutin study aku.aku langsung berangkat ke Bandung tanpa pernah menginjakkan kaki di Tarutung. Aku sering kepikiran kapan ya aku ke sanaa………….n ngebuktiin perkataan ibuku n menikmati kesejukan udaranya………………….

  30. Horas saudara2ku
    Sudah lama aku ga mudik ke Tarutung kota kelahiranku. Banyak kenangan manis yang tertinggal disana. Hanya saja sampai sekarang waktu adalah lawan terberat yang harus aku atasi agar bisa merasakan kembali kenangan itu. Mudah2an tidak ada yang menghalangi renacanaku utk mudik tahun ini ke Tarutung-kota seribu satu cahaya-.

  31. Aku Tau Tarutung….kota kecil yang dibukitnya ada salib besar dan disana ada pemandangan yang sangat indah…
    walau aku belum pernah kesana tapi aku inginnnn banget kesana dan berdoa dalam kubu yang udah disediakan.
    dan aku berjanji suatu saat aku akan kesana.dan walaupun aku sekarang dijakarta, tapi aku masih penasaran tarutung city,,,,,,khususnya di salib kasih

  32. Olo tutu akka dongan namarsihaholonan tu kota tarutung Najolo didok do rura silindung alai ro ma ompunta Sisingamangaraja mambahen goarna tarutung alana tempat ni ompunta hian do pohon tarutung marrapat dohot manisio jala nuaeng adong dopei jala marparbue sahat tu nuaeng.

    Nuaeng lao pemilihan bupati nama rap mahita martamiang asa unang disegai jolma haulion dohot ketenangan ni kota Tarutungi,alana sude hita mangantusi do saotik politik on dimana menghalalkan cara napenting boi duduk di kekuasaan..unang olo hita dipecah bela jala unang ala ni hepeng hita gabe pecah..tabereng ma didaerah naasing alani gabe sega…Rap martamiang(doa) ma hita ate asa dao sian parmaraan.Horas..Horas..Horas..

  33. Horas…!
    Konkret saja!Aku lahir di Tarutung dan alumnus SMPN 2 Tarutung.
    Buat rekan-rekan yang ada di Jakarta atau dimanapun berada dan ingin memberikan kontribusi membangun dan mengembalikan citra kota tercinta Tarutung, mari kita mulai dari hal-hal kecil.Kita bentuk satu komunitas lewat dunia maya ini.Nanti setelah anggotanya mencukupi dan semua sepakat kita konkretkan dalam bentuk organisasi.Banyak orang pintar dan mampu secara ekonomi berasal dari Tarutung.Mungkin mereka bingung mau memberikan ide atau bantuan mengangkat nama baik Tarutung dalam bentuk apa.Kalau kita lihat anak rantau daerah lain, mereka begitu respek terhadap daerahnya .Mereka memberi kan ide,bantuan dan menjaga daerahnya secara kontiniu . Kenapa kita tidak ? Ayo mulai .Di angkatan saya ada Jemsly Hutabarat (GM Business Development Garuda ?), Talupan Lumban Gaol, Liang Cupin,Jimmy Simanjuntak, Paulina,Leo Saragih,Angelina Tampubolon,Rosita Simanjuntak ,Justina Simanjuntak,Gompar Naibaho, Adolf Rajagukguk,dll…dlll.Saya yakin rekan-rekan ini sudah jadi “orang besar” dan berhasil di perantauan.Demikian juga Abang.Kakak,ito,adik yang di bawah angkatan saya mungkin sudah berhasil di rantau.Ayo bentuk komunitas anak Tarutung.Pemikiran,ide dan bantuan konkret sangat dibutuhkan.Sementara ini boleh kirimkan email anda beserta bio data singkat saudara/i ke saya di kipliganteng@gmail.com atau dame@sinarharapan.co.id , nanti kalau jumlah kita sudah memadai kita rembukan untuk membentuk grup diskusi dalam bentuk email group.OK sekian dulu, sekali lagi mari mulai dari hal kecil tapi nyata.Dan yang terpenting : IKHLAS

    Dame Sitompul

  34. horas… buat saudara sekalian.
    Sangat kangen sekali pulang ke tempat kelahiran , kota yang begitu indah dan sejuk dan juga masyarakatnya ramah dan baik baik . Saya bangga dilahirkan dan dibesarkan dikota ini . pendidikan mulai dari SD- SMU saya dikota ini , ingin kembali rasanya seperti yang dulu, akan kesan yang tak terlupakan sejak masa sekolah dikota ini , salam buat teman- teman ku sewaktu SMU dan juga guruguru , dan juga kepada Bapak mantan BUpati Bapak RE yang memberikan beasiswa bimbingan. salah satu langkah untuk meningkatkan SDM di kabupaten TAPUT, agar dapat bersaing dengan daerah lain. memang SDA kurang didaerah ini tetapi SDM dari daerah ini cukup baik dimana banyak yang sudah berhasil di kota kota besar di INdonesia bahkan ke luar negeri. Aset inilah salah satu cara untuk dapat mengembangkan kabupaten ini , semoga para perantau tetap memperhatikan kampung halamannya untuk meningkatkan pembangunan secara umum seta kesejahteraan masrakat pada khususnya , horas. horas, mauliate

  35. Selain putu dohot kacang sihobuk, adong dope kue talam tulang, daga rasana tiada duana madah
    daga jooooooo

    *** gabe ro ijur😀

  36. horas….

    entah darimana saya akan memulai kata-kata ini untuk mengungkapkan kota tarutung,’ soalnya semua disana terasa indah dan ngangenin gitu !!!
    sudah 10 thn saya merantau menuntut asa dan cipta tetapi tujuanku cuma satu untukmu tarutung.
    pengalaman masa-masa kecilku , sekolahku dan semua teman -teman yang disana tunggu aku ya aku pasti buat gebrakan untuk anda semua

    salam dari saya.
    gbu

  37. Tak merasa pergi ke tarutung tampa mengunjungi salib Kasih dan Air Panas dan Air Soda yang benar2 alami,Dan kita tak akan merasa puas melihat keadaan aslinya sep.yang kita bayangkan.Ketiga objek wisata tersebut adalh warna ddari kota tarutung yang indah.Cuma yang kurang dari Kota tarutung Adalah Penataan Objek wisata tsbt.Seandainya Objek wisata tarutung bnar2 ditata Bertaraf Nasional saja saya yakin Pengunjung yang datang bukan hanya lokal saja melainkan InterNasional,Oleh Karena itu Saya Berharap Pemerintahan Kab.Taput yang Bekerja sama Dengan Pemerintahan Provinsi Sumut memperhatikan Tata objek wisata tersebut.Mauliate

  38. HORAS TARUTUNG. Horas Ma,Pa ,sude na akka namananda au di Tarutung.Buat teman teman alumnus SD n 3 sahit nihuta.SMP n 4 huta barat, SMA n 1-2 tangsi horas buat para guru guru saya. Sejak lulus dari SMA saya Melanjutkan sekolah saya ke jejang yang lebih tinggi di Jawa Timur.SAya sangat merindukan tempat tempat nongkrng saya ama temn2 di SImpang empat billiar si tokke,Air panas sipoholon,tanggul,lapangan tangsi,air soda, billiar di depan so partokkoan,boli2 cafe,godang dope. Buat teman teman saya di sma n2 trutung tangsi angkatan 2006-2007 klas III ipa 4 , Parno,satria,josua tobig.kampung.poppi,rud,rosa,juliana,rianti,eliakim,gio alias lambok,febrico,teo,hilton,teman paling2 dekat dan sangat…..Jhon waref hutagalung horas di jhn,friska pasaribu,candra,parlon,dan masi banyak yang saya ingat .Masi ingat ,buat anak2 ipa 4 di Parapat, balige. memang masa di Trarutung adalah masa yang sangat indah buat saya .DAn tak lupa buat Bend sekolah Soulid band.. ha.ha.ha. KOTA TARUTUNG MAJU TRUS.
    FABER…….081937732822……

  39. kota tarutung……….?
    sebuah kota kecil…..
    aku udah 3 tahun ga mulak ke tarutung, karena masih kuliah di Java, tapi syukur bulan 2 kemarin bisa pulang en liburan selama sebulan di toronto tercinta….

    ga aga yang berubah di tarutung….tong dope songon najulo, pas hutinggalhon taon 2003.

    tapi yang pasti, 3 tahun ga pulang ke trt itu sangat membuat aku kangen sekali…..dengan suhunya yang sueejukk rek…dengan aek soda, air panas hutabarat en sipoholon, tanggul aek sigeaon tempat nongkrong ma tmn2, dll. en all my family are there.
    banyak sekali kenanganku, masa kecilku, sekolahku (SD1 TANGSI, SMP 2, EN SMU HKBP) I
    MISS U. HORAS BUAT GURU-GURUKU YANG MASIH NGAJAR DISANA.

    sekarang ku dah di jawa kembali…..mangarnato….berjuang untuk hidup…..en untuk Melayani Tuhan yang sangat saya kasihi, Tuhan Yesus Kristus….
    Mungkin saya gak bisa berbuat banyak saat ini utk TRT, tapi disini saya mau mengambil bagian membimbing mahasiswa2 batak di jawa untuk Lahir baru, dan mempunyai hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus.

    buat warga tarutung yang baca web ini…….tetap kita jaga en pelihara iman kita pada Tuhan Yesus ya…saya sebenarnya sangat sedih ketika pulang, ditarutung masih sangat kuat PARDATUON, MABUK2AN(MARMITU), MARJUJI, DDL. hariminggu ke gereja…tapi kalau sakit masih pergi ke datu….kalau ada ulaon masih nanya nasihat datu……

    padahal hal2 itu sangat membuat sakit hati Tuhan Yesus.

    mari semua warga tarutung tercinta…kita berantantas perdukunan dari kota kita tercinta, juga judi dan marmitu. en kepada pelajar2 di trt, jangan sampai jatuh kedalam jerat free sex atau narkoba. kita adalah ANAK-ANAK ALLAH YANG TELAH DITEBUS OLEH TUHAN YESUS KRISTUS. SO JADILAH GARAM EN TERANG DUNIA. GBU ALL.

    (sori klo ada kata2 yang salah, atau dianggap marjamita. ini hanya suara hati anak tarutung.)

  40. Horas Tarutung,Horas hutabaginda.

    Godang do naso tarlupaho di huta Tarutung alani haulion dohot hadengganonna,alai boasa hita ra nungga lupa di tarutung on,godang do hita HOLAN MANDOK HITA PARTARUTUNG ALAI DAND ADONG NA TARBAHEN,alani angka hahuranganta.
    mari kita bersatu tuk memajukan kota kita ini.karena begitu banyak yang terpelajar dari tarutung nauli
    Mari bapak bapak dipemerintahan agar memajukan dan mengentaskan kemiskinaa ditarutung,karena tarutung salah satu daerah miskin dalam daftar pemerintahan pusat.terima kasih buat bapak bupati T lumban tobing yang telah berupaya memajuakn tarutung dengan daerah wisata rohaninya.
    horas

  41. horas tarutung
    Terlalu banyak kenangan yang gak bisa aku lupain di Tarutung kota kelahiran ku
    Memang aku niggalin tarutung sejak juli 2007
    walaupun sekarang aku dah di Bali,rasanya lebih senang hidup di Tarutung
    rakyat Tarutung lebih punya semangat juang tinggi
    bertoleransi,dan hidup kekeluargaan
    aku sangt rindu akan kota kelahiran ku
    dimana aku telah dibesarkan dan mengenal budaya
    dimanapun aku berada,Tarutung tak akan aku lupakan

  42. Salam….and Horasss…

    Kenangan teman-teman tentang kota Tarutung membuatku menitikkan air mata,…sedih…haru… dan segala perasaan bergejolak, karena hal itupun mengigatkan ku pada masa lalu yang penuh kenangan masa kecil, baik itu indah, buruk, sedih dan gembira, teringat sewaktu ayah dan ibu masih ada…hmm rasanya seperti tiada duka, dan,…..hhmmm…cinta pertamaku juga ada disana, tapi kini dimanakah dia sekarang??sungguh aku tidak tau rimbanya, teringat teman teman?????? tapi ada dimanakah kini mereka semua berada, aku sangat sedih, dari SD sampai SMU saya sekolah di Tarutung, Kuliah (Yogya)dan Sekarang Sudah Kerja(Jakarta), Tapi kenapa yah aku sudah 10 Tahun Lulus SMU (SMU HKBP 2) sampai sekarang belum pernah ketemu Teman SD,SMP ataupun SMU dulu??? kemanakah Mereka? Sejak 1998 Sampai sekarang saya sdh 4 kali mudik, dari sekian banyakya teman temanku dari SD,SMP,SMU,atau dongan sahuta aku hanya ketemu Tiur Roma Sinaga (teman SD dan Sekampung) Lambok Hutagalung,Lenora Sianturi(Teman SMU) dan Norman Hutabarat., Ngak gaul dan sombong?? Rasanya bukan tipeku! Hello teman2. I miss U so much……. GBU.

  43. Horas…
    saya Nirwan Panggabean, saya baru satu kali pernah ke tarutung tapi saya selalu rindu…ingat mandi di air panas dan makan telur rebus…sangat indah….next summer saya mau pulang ke Indonesia, saya harus datang di tarutung….Lae/Ito boleh beri info tempat indah berkunjung dan tempat hotel? , saya sudah tidak ada sudara dekat disana…tapi saya harus datang…ke Tarutung….
    Terima kasih
    Nirwan Panggabean – nirwanpang@yahoo.com
    Ph.+1 242 6466245 (waktu berbeda 12 jam dgn indo)

    *** Di Tarutung ada dua hotel yang lumayan baik. Di Balige boleh menginap di Wisma Ompu Herti yang juga cukup bagus. Dari Medan ke Siborongborong sudah ada pesawat komersial 2 x dalam seminggu Senin dan Jumat. Selamat Datang lae.

  44. Tarutung…..
    Masihol do nian tu tano hatubuan i alai aha ma tarbahen…. Mudah-mudahan di beberapa tahun ke depan tarutung semakin maju. Apa kabar teman-teman alumni SMUNTA angkatan 2003 khususnya 3IPA3 ? Kapan mau reuni? Klo ada yang baca comment ini, tlg kirim email ke febry_tobinks@yaho.co.id Ditunggu loh, mari anak-anak Tarutung, bangkitlah untuk hutamu…..
    GBU

  45. HORAS TARUTUNG,

    masihol do au mulak tusi, didia do hamu akka dongan sikkola SMA negri tarutung angkatan 1996, sumber rejeki lumban tobing, dohot akka na asing

  46. Horas Bah….
    Horas Tarutung Na Uli
    Dohot jo au mambaen komentar ate…
    TK au di HKBP, SD di SD Inpres, SMP di RK, SMA di HKBP1. Jadi selama 17 taon au mangolu di Tarurung do au. Soboi tarlupahon Tarutung on. Songoni pe i, kota kecil, ingkon sae huingot doi. Begitu byk kenangan yg tdk terlupakan. Baik dohot keluarga, dongan2, angka guru2, dhot angka mantan2, di Tarutung do tmpt na. Jd, Maju Terus Tarutung Na Uli….!!!! Horas
    Tu angka dongan, hub. au da…..
    081388698207
    Galih_dah@yahoo.com
    Add dah….

  47. Horas…
    Ada yang tdk pnh saya lupakan kalau sy pulang ke padang sidempuan, apabila sy lewat dari tarutung yaitu oleh-oleh kacang si hobuk yg gurih dan enak.

    Sy jadi ingat, waktu sy masih SMA (zaman 90-an)
    Kami pernah dulu kabur dari sekolah SMAN2 Padangsidempuan. Selesai ujian akhir kabur ke tarutung. Kami waktu itu sangat menikmati perjalan itu disebabkan begitu indahnya, segar dan alaminya tarutung waktu itu. Kami terakhir singah di kampung kami di Laguboti (salah satu kampung halaman teman kami, yang berada dipardinggaran lewat pasar sirongit).
    Jadi saya ingin ketemu lagi untuk menikmati petualangin ini kembali.
    Tapi kapan ya ketemunya, karna semuanya udh kehilangan jejak dan alamatnya (lost contac).

  48. Saya sudah 18 tahun meninggalkan kota Tarutung tapi kenangan kepada kota kelahiranku ini tetap abadi.Mengenang udaranya yang sejuk (tidak perlu ac seperti di Jakarta), air soda yang seru,air panas yang oke punya bikin badan hangat dan terakhir Salib Kasih yang menjadi tempat kenangan Nomensen yang sukses menyebarkan agama Kristen di Rura Silindung.Ada lagi yang bikin tidak lupa dengan Tarutung ini makanannya tidak ada duanya ada misop,sate padang,kue talam,panukup lezat….. semua.Makanya kalau pulang ke Tarutung pasti sediakan waktu untuk jajan makanan di Tarutung…mak nyos !Tunggu ya kota Tarutung kalau ada waktu aku akan datang lagi mengabati kerinduanku padamu kotaku tercinta.Tuhan Yesus Kristus menyertai.

  49. tarutung….kapankah akan berubah. jikalau kita lihat balige yang baru aja jd kabupaten, wah sudah menyamai bahkan lebih dari tarutung.

    kapan……………….!!!!!!!!

  50. Salah satu pemikat Rura Silindung (Lembah Silindung), penamaan lain Kota Tarutung, adalah aliran sungai Sigeaon yang membelah kota itu.

    Ketika kecil tahun 1970-an, aliran sungainya masih cukup untuk dapat direnangi tidak saja oleh anak kecil seumuran saya saat itu, tetapi juga bagi orang dewasa.

    Dua dekade belakangan ini, Sigeaon menunjukkan wajah buramnya, seolah perempuan tua yang tidak pernah terurus, kurus dan malas mengalir. Sesekali dia marah, meluap ketika hujan deras, seraya berupaya mandi membuang sampah-sampah yang tertimbunan di sisi kiri kanan.

    Entah sudah berapa kali bupati berganti, entah sudah berapa kali Ephorus HKBP berganti, Sigeaon, belum juga mendapat perhatian khusus. Malah, Sigeaon berganti fungsi dari sebuah sungai menjadi got besar, dimana sampah cair dan padat berenang.

    Lalu, ketika pulang kampung, anak saya yang masih SMP di Medan, bergumam “Bapak berbohong, bilang enak berenang di Sigeaon”.

    Amang tahe…. Tarutung Na So Uli Be.

  51. Tung songon dia pe saonari keadaan ni Tarutung tong do dang boe tarlupahon,….ditingki metmet dope iba molo nunga poltak bulan borngini marsitabuni-tabuni tu ramba-ramba (di Parbubupea), martandang tu Pancurnapitu, minum tuak tu Sakkaran, maridi tu aek Rangat Hutabarat/ Sipoholon, marbola tu Sitakka, mardalani tu Siatas Barita, cabut sian sikkola tu Sembat (bagaimana bisa lupa). Binege barita, godang do par-Tarutung naung maju di luat pangarantoan (kita boleh banggakan itu) alai molo taida saonari songon naso adong do perkembangan ni hutantai malah dao undenggan tingki masa-masa SMA najolo i,…boha hamu angka dongan andigan hita mulak tu huta laho paturehon hutantai,…taingot poda MARTABE i ate, (saya kurang mengikuti apa sekarang masih tetap ada aktivitas IPPS dan IMMS ke Tarutung),….horas

  52. Horazz..!!!
    Tarutung People…!!
    Tu akka pangaratto dohot Mahasiswa Tarutung Ayo berjuang bersama Membangun kota tarutung menjadi Kota yg diminati para turis & bahkan Numero One di Nasional.
    Publikasi & sarana mengenai Air Soda,Air Panas & Salib Kasih Kita Kurang Mantap.Itu bisa menjadi Pemasukan bagi Taput. Tolong PEMKAB Taput lebih memperhatikan hal itu.
    NB:Perbanyak juga hiburan ya di tarutung.
    Biar rame oalnya tarutung sepi banget lae….^_^
    “Dont Give Tarutung” Maju Truzzz…!!

  53. Horass Tarutung….
    tanah kelahiranku….walaupun aku udah jauh dari tarutung tapi hati ini pengen pulang mulu….
    kangen makanan asli tarutung…
    mandi air panas di hutabarat
    mandi air soda di parbubu
    dan marbahasa batak dohot angka dongan di huta…
    tapi yang membuat aku kecewa kota wisata rohani banyak perusaknya,,,,
    waktu aku pulang banyak orang pacaran di Salib Kasih, banyak
    anak muda yang gak ada masa depanya….
    aku berharap semoga kedepanya kota kelahiranku
    semakin baik…supaya banyak orang yang merindukan kota tarutung untuk diperbaharui….Amin
    aku cinta Tarutung….
    God Bless u all

  54. Horas Hutabarat Tarutung…..

    Ngamasihol au mandi/mangaroddam diaek rangat hutabarat lao pakaluarhon angin di badan sekalian mangallang tolor na dirobus, molo hari minggu maridi/mallange tu aek situmandi……

    Terutama salam seangkatan 99 STM Negeri pansurnapitu ( Jurusan Mesin )

    Horas tarutung

    Barat parpiso lempar

    salam manis buat mantan pacar aq yang cantik”

    yang merasa mantan aq cup cup ahhhh

  55. LUAT PAHAE, TARUTUNG KAYA DENGAN GAHARU (MUR) NAMUN BELUM DIKENAL MASYARAKAT.
    Horas Tarutung! Natal 2007 yang lalu saya berkunjung ke huta Sigompulon, Pahae, Tarutung, atas undangan putra daerah marga SITOMPUL disana. Saya penasaran ingin membuktikan dengan mata sendiri bahwa di Pahae masih banyak tumbuh alami pohon gaharu. Memang dalam buku Flora malesiana dimuat bahwa hayu alim ditemukan tumbuh endemik di Tapanuli. Ternyata memang benar, Pahae kaya akan kayu gaharu, namun masyarakat acuh atau paling menggunakannya sebagai kayu bakar. Gaharu dalam Alkitab dikenal sebagai MUR, bahasa batak disebut hau Alim, dan perdagangan international dikenal dengan “agarwood”, atau “eaglewood”. Dalam kitab suci Alkitab ada 3 ayat yang memuat gaharu ini atl: Bilangan 24;6, Joh 19;39). Kayu gaharu ini memang sangat mashyur digunakan oleh semua agama di dunia untuk ritual agama. Namun saat ini yang paling banyak menggunakannya adalah masyarakat Timur Tengah. Masyarakat Timur Tengah telah secara turun temurun menggunakan gaharu dalam budayanya. Agama Katholik, Hindu dan Budha juga masih menggunakan. Pada 3 dekade terakhir, 90% pasar gaharu saat ditujukan ke Timur Tengah, dan sisanya ke Eropa untuk industri parfum, Jepang, Taiwan, Korea untuk obat-obatan dan dupa (hio). harga gaharu sangat tinggi yaitu berkisar 100 rb sd. 30 juta/kg sesuai asal species dan kualitas gaharunya. Ada 11 species gaharu di Indonesia, gaharu yang di Pahae diidentifikasi sebagai Aquilaria malaccensis dan A. microcarpa. Ke duanya penghasil gaharu bernilai ekonomi tinggi. Tulisan ini saya sampaikan, agar masyarakat Pahae, Tarutung khususnya PEMDA setempat bersama-sama mengembangkan harta karun yang belum dikembangkan ini. Sangat ironis, karena ketidaktahuan masyarakat setempat, kayu gaharu yang tumbuh alami dikebun karet itu, selama ini dipanen oleh pemburu gaharu yang datang dari TAPSEL. Harapan saya ratusan bahkan ribuan pohon gaharu disana dapat dikembangkan sebagai pohon induk untuk sumber benih. selain itu sebagian pohon yang sudah berumur tua diproduksi gaharunya dengan bantuan teknologi inokulasi yang saat ini sudah tersedia. Gaharu disamping bisa dijual langsung ke pembeli (ASGARIN=Assosiasi Eksportir gaharu Indonesia), juga bisa digunakan untuk pengembangan industri minyak gaharu, Hio, Makmul, Parfum dll. Mudah-mudahan Luat Pahae bisa dikembangkan sebagai model industri gaharu di SUMUT. Mauliate..

  56. Taruuuutuuuungggggg……
    adalah kota kelahiran Qu,disanalah aq di besarkan hingga aq tumbuh dewasa sampai saat ini. Walaupun sekarang aq sudah merantau tetapi di hati qu hanya terukir nama TARUTUNG!!!!!!!!

  57. Horas ito Sarfrika Hutauruk.
    Molo Sirengit, di Gunung Salak do i (Jabar). Boido manatap sian i tu Batam, alai, ala padao hu, gabe ndang tarida. Hahhahha.

    *** Aha do maksudmu mambahen info golap tu ibotonta.
    Unang patangi2 i ito. Adong do Sirongit di Sipoholon, adong di Laguboti.:-)

  58. Tarutung…!
    Lahir dan besar disana, SD N Doloknagodang, SMPN 4 Hutabarat, SMA N Tarutung ang 96.
    Kota kecil yang sejuk dan ramah tamah. Kota yang ramai hanya pada hari Rabu dan Sabtu (onan). Kota yang didominasi Petani, meskipun ada para pegawai kantoran disana. Kota yang selalu membuat rindu untuk di kunjungin karena suasananya, apabila natal tiba…, suasana yang begitu hangat dimana mana terdengar suara musik natal, para perantau pulang, senyum cerah diwajah para natua tua mandok selamat natal. Bila Panen tiba wangi padi menguning, dan para petani menumpuk durame di sawah buat mainan anak anak (meskipun pas mandi terasa perih) namun tiada henti untuk lari lari dari satu durame ke durame yang lain.
    Bila hari onan tiba makan kue talam, atau ada dapat uang saku makan mie goreng harmoni ato semoga jaya.
    Salib Kasih… penuh jawaban buat saya. ketika saya dan suami kesana untuk berdoa (meskipun saya dan suami menyadari bahwa TUHAN ada dimana mana) tidak harus ke Salib Kasih) memohon keturunan. dan TUhan Jawab satu bulan sesudahnya. sekarang kami sudah memiliki satu orang putri berusia 11 Bulan.
    Ada satu lagu yang pernah saya dengar ketika dulu masih aktif (entah sekarang apakah ikatan itu masih aktif atau tidak) karena saya sendiripun tidak berdomisili disana lagi (ex jakarta) namanya IATA (ikatan alumni SMA Tarutung) dari semua angkatan. dan kita pernah mengadain natal bersama waktu itu dan saya melihat begitu banyaknya SDM dari kota kecilku itu.

    bunyi lagunya kira kira begini
    DI DOLOK SIATAS BARITA I
    JONGJONG AU MANATAP DAO
    TARBERENG MA ULI SIA I
    RURA SILINDUNG I

    AEK SIGEAON SITUMANDI I
    HUHUHUHUU
    NA PATAMBAHON HINAULIMI
    HUHUHUHU
    ANAK NA HASEA GODANG DO SIAN HO
    AI SO DI INGOT BE HO

    (kira kira begitu mungkin liriknya, saya sendiri tidak tahu siapa pengarangnya)

  59. Horas…horas……horas….

    Tarutung….

    Tarutung adalah tempat saya belajar dan mengasah otak untuk bisa mengadu nasib ke tempat lain, dulu saya sekolah di SMP 1 N Tarutung Sigompulon, semuanya indah nan sejuk tapi sekarang semakin hari semakin gersang…. apakah ini yang dinamakan kemajuann atau kemunduran mari kita tanya pada diri kita sendiri, sebab dari sanalah banyak datang, dan dari sanalah dididik menjadi berhasil tapi apa yang terjadi sekarang ini, dilupakan? cuek? atau nggak ingat lagi? mari kita bersama-sama bahu membahu untuk membangun kota kecil kita. lihat tempat yang lain semakin hari semakin indah semakin ditata sedemikian rupa sesuai kemajuan tehnologi. Tarutung sudah dikenal didunia tapi apa yang ada cuma omongan, oleh sebab itu mari kita semua aparat pemerintah daerah dan swasta saling menopang dan menyokong untuk kemajuan kota Tarutung, memang sekarang ini sudah ada tempat rekreasi tempat penyegaran rohani ( Salib Kasih ) tapi apa yang datang kalau dari kita tidak menata dengan baik, jadi semuanya tetap kembali pada kita bagaimana biar menjadi sesuatu yang menarik dilihat dan dikunjungi .

  60. i was born in there,tarutung is my hometown n very wonderful city one day i will back to tarutung or my bonapasogit

  61. hah… nga masihol iba mulak tu tarutung. semoga tahun ini bisa pulang.
    TARUTUNG….. HERE I COME!!!

  62. Tarutung……
    Dimana aku dibesarkan,hingga sampai saat ini aku tidak lupa dengan kampung saya…..
    Tarutung kota yang sangt bangus apalagi indah nya sinar salib kasih…
    Semoga aku bisa jadi pemimpin di Tarutung

  63. SMU HKBP 1 Tarutung
    lulus thn 2004, wlpn hny 1thn dstu sy mempunyai kenangan manis disana
    Roma Erfina Br.Hutagalung my first love, kami cinlok 1kelas,
    bnyk kenangan lucu dengannya, entah dimana dia sekarang
    Tmn2 dmn klian aku rindu berbagi kasih lagi spt dulu
    dewita, perobahan, jackson, soni, tunas,sri, dll
    aku rindu kalian..
    kpn kita ktmu lagi
    contact sy di 081385814841
    mdh2n klian blm lupa sama aku
    Aryo Moses Silaban
    I Miss U all
    JBU..

  64. Horas,
    Saya lahir di Tarutung, tepatnya di Asrama Lapogambiri (dulu Kompi 123 Rajawali) dan besar di Tarutung (asrama Kodim Tarutung-Tangsi). Begitu banyak kenangan yang tak terlupakan tentang kota Tarutung. Ada yang sulit untuk dilupakan dan ada juga yang sayang untuk dilupakan. Saat ini saya bekerja dibidang penelitian kehutanan (HTI) swasta di Kalimantan Barat dengan pola bisnis yang berbasis pada pengembangan ekonomi masyarakat sekitar lokasi proyek. “Membangunkan” lahan tidur merupakan salah-satu orientasi yang kami lakukan dalam pembangunan Hutan Tanaman Industri nuh jauh diseberang laut sana.

    Untuk meng up grade perekonomian rura silindung dapat dilakukan dengan cara membangun perekonomian kawasan yang berada disekeliling rura silindung sendiri. Hal ini mengingat begitu luasnya kawasan Tapanuli Utara yang masih “tidur”.
    Untuk itu pemerintah dituntut untuk dapat bermitra dengan swasta yang bonafit agar lahan-lahan tidur tidak terlelap dalam kemiskinan yang semakin bertambah. Mailiate.

    Horas.

  65. Horas……………..
    Saya alumni salah satu SMA dari Tarutung
    sekarang masih dalam tugas belajar di bogor

    lebih 4 tahun nungnga hutinggalhon TRT, godang do kenagan di disi……….

    mohon kita share info-info terbaru mengenai TRT. bisa di send to
    andre.marp@yahoo.com

    mauliate……

  66. Tarutung dohot rura silindung huta hagodanganhu, nunga leleng hutinggalhon, bulan juni na salpu mulak ahu…Marsak do ahu mamereng, alai boha ma bahenon holan ido na adong di panghilalaanhu. Hauma lam sompit, kota sahat tu hutabarat, gabe songon na sega sude!. Alai sai anggiat ma dipture pamarenta dohot angka natorop na maringanan di Tarutung huta on asa totop uli.

  67. horas tarutung,nga boha nuaeng tarutung on ate khususna siopoholon nga 10 taon dang mulak tu san,salam kenal tusude ate.

  68. Horas Tarutung! jala horas di hita sudena pinompar ni omputta sian Rura Silindung.
    aku baru pertama lihat Web ini, hatiku berbunga-bunga, udah lama nya aku tak pulang padamu oh…tarutung…(ala naso tarbahen do tahe mulak iba ganup taon)
    dari hari-kehari hatiku makin rindu..teringat pemandangan sian Siatas barita lengkap dengan pohon pinusnya (sebelum ada salib kasih ) tu sigeaon-situmandi sahat tu martimbang torus tu sipoholon tetapi yg paling kurindukan bersatunya orang-orang tarutung, atung pe so boi dohot membangun minimal jangan buat malu orang tarutung (unang paila-ilahon) jangan bikin malu rura silindung .horasma 3x ..dame 2x .damema ….Tarutung I miss U So…& I Love U

  69. Horas ma dihitanasude,..
    hai,..apa khbr buat teman2….alumni SMPN 2 Tarutung,,,semoga sekarang teman2 sdh pada sukses,.. aku terharu dan suprise dengan komentar teman2,….duch aku jadi tambah kuangen,..aku al;umni SD latihan trus masuk SMPN 2 tangsi dan SMA negri tangsi…..memang kota tarutung tiada duanya karena keindahan dan keakraban yang gak bisa dilupain….apalagiiiiii mengenal cinta pertama dikota yg begitu sejuk.. buat tmn2 yg tinggal dijakarta…kpn nich kita alumni smp2 bisa kmpl2…. buat teman2 yg klo ada waktu hub aku ya… upik di 081399792467…. oyachhhh buat info ama teman2 dijakarta kita pernah Ngumpul2 dengan Ratna Tobing , Dewi siregar, Silfa simanungkalit, hajirun tumanggor, Emmy pokoknya buaaanyak …. siapa nich yang mau nyusul bergabung dengan kita..

  70. Halloooooooooo……….tarutung yang indah nan……..saat ne Q sangat merindukanmu. kapan ya Q plng ke tarutung untuk melihat keadann dan situasi disana. mandi ke air panas sipoholon. buat tmn Q yang membaca comment ne tlng hubungi Q di no ne ya!!!
    081397289303. I MISS U KOTA TARUTUNG.

  71. HORASSSS RURA SILINDUNG
    Salam kenal ma tu sude angka pangisi ni rura silindung tarlumobi tu angka parpahae nauli
    ianggo kota tarutung memang nag terkenal tu sude luat portibion,alai parningotan ni jolma tu tarutung nga mulai luntur seiring dang becusna pemerintahan didaerah ta on

  72. Horassss dihita partarutung!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Tarutung identik dengan namanya baunya sampai kemana-mana. dimana ada Tarutung pasti harumnya akan mengenai sekelilingmu. Kota Tarutung sangat terkenal kemana-mana bagai namanya, namun biji Tarutung bukan seperti tarutung yang kita lihat tumbuh dan berkembang disekitarnya. Namun saat ini biji-biji tarutung itu sudah seperti jelok (labu) berbuah ditempat lain tidak ingat akan bonanya. Wah.. para perantau yangt berkesempatan utk membangun Tarutung huta nauli i, ingat dan bangun kembali kota tarutung sebagai kota yang melahirkan anak-anak kreatif untuk masa depan.

  73. Horasss…!!

    kota tarutung adalah korta terindah dimana saya dilahirkan,,
    aneka kebudayaan dan pariwisata membuat daerah tarutung menjadi daerah yang disegani walaupun kecil,,ditambah lagi dengan suasana salib kasih yang permai menerangi kota tarutung pada malam harinya..!!

    seperti kebayakan orang saya tidak pernah betah di daerah kota dan selalu ingin pulang ke kota…

    saya rindu kota terindah di hidup saya walaupun cuma beberapa hari saja..!!

    horas anak2 tarutung dan keluarga saya disana..!!

  74. horas tarutung,…………………………..
    boado kbr muna angka alumni SMU HKBP 2.
    andigan hira hira boi baenonta reuni akbar.tu angka dongan
    angkatan 2000,nga didia hamu nuaeng sude puang.paboa hm
    kbr muna tu au jo bah
    kirim hamu jo bah informasi muna tu au di
    Christianson_mining@yahoo.co.id atau
    christianson.srg16@gmail atau
    di 081361105004.
    bravo bangso batak

  75. Saya cinta dengan kota ini,lahir dan besar d Tarutung…kmrin agustusan pulang, iseng liat pawai obor dan agustusan…..jadi teringat 12 tahun na salpu…

    Di kota ini aku menemukan banyak jati diri dan pengalaman. Da kebanggaan bila orang bertanya berasal darimana.
    Salam buat semua par Tarutung…do the best for our town

    Lasro Supiatman Siahaan
    Alumni SMU Negeri Tarutung 1996
    HP.+6281270155378

  76. share pengalaman….

    Rekan2 satu kantor pernah bertanya”asal darimana bang?”, aku menjawab” dari Tarutung”
    mereka spontan menjawab “orang Tarutung pintar dan hebat-hebat ya bang”

    Maka……….
    Banggalah menjadi anak Tarutung…
    Sedikit partisipasi, segudang harapan dan kenyataan besar buat kota kita.
    Hooray to Tarutung

    Lasro Supiatman Siahaan
    Alumni SMU Negeri Tarutung 1996
    Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam
    HP.+6281270155378
    Email: lasro_supiatman@yahoo.com

  77. Horas di hita sudena.
    Aku anak rantau yang sangat membanggakan kampung halaman saya TARUTUNG dan tetap menonjolkan marga dalam TUGAS saya yaitu Marga TOBING. Saya tidak malu menonjolkan marga saya asli dari Tarutung dibanding nama saya.
    Mungkin bisa di cek di Kantor Karantina DKP yang menonjolkan marga TOBING (tdk malu dikatakan Batak), ayo kita tunjukkan jati diri kita, walaupun diperantauan. Horas – GBU.

    FELIX LUMBAN TOBING
    Alumni Program Pasca Sarjana Sains Veteriner UGM
    Email: felix_tobing@yahoo.com

  78. tarutung……………..

    5 tahun lalu aku lulus dari SMU 2 HKBP…….. Banyak kenangan… dulu aku termasuk salah satu siswi yang cukup dikenal…(( hehehe… bukan sombong yah))). boleh tanya seangkatanku deh… tahun 2000 s/d 2003.
    dulu aku kelas 1.5,2.5,3 IPS 3… aku ga pernah cinta sama cwo2 di sekolahanku. Jadi ngga ada yang buat hatiku luluh. Cuma sekarang sudah ada tambatan hati. tapi orang Kupang ….. meskipun begitu aku tetap cinta Tarutung kota kelahiranku.. bagi teman2 seangkatanku di SMU call aku dinmr hp 081319412239…… jangan lupa yah. khusus buat sotardodo n friends

  79. tung songon dia pe taho kondisi tarutung i nuaeng rap mahita lao padengganhon kota tai kota nauli nang nadenggan i,,,,,molo so hita paturehon ise bee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    to : ito sri arjuna : boado angka kabar ni alumni SMU 2 HKBP disi dang adong kumpulan muna dibaen hm disi,,,,andigan do hira hira boi baeonta reuni akbar

  80. angka dongan pe hurang do hubereng menanggapi tentang website tarutung… padahal godang na tamatan informatika……. tentuna boi do mambaen web.. tapi web tarutung ya……… gitu2 aja. coba cek web KUPANG……….walaupun mereka daerah tertinggal tapi website mereka tuh cukup bagus. so…. ngapain aja ni org tarutung. sekolah2 koq pada ngga mau bangun daerahnya sih???

    peace………….

  81. boa baenon ito sri arjuna anggo prinsip martabe i nga asing be artina dang marsipature hutanabe be alai gabe marsipahabisan huta na be na nuaeng artina… ya orng tu mugkin sibuk dengan kesibukan masing2 jd yang namanya paturehon huta na ga sempat.jd klo ada info reuni tlong dikabari ya….to sri tlng dong krm FS nya ato skali2 online dong di Skype.horas bangso batak

  82. Horas Dihita sude par Tarutung,boha khabar ?? salam kenal buat semua au parparbubu do,adong do dison dongan sian parbubu??

  83. Horas…
    Tarutung tempat beta dilahirkan. Sempat sekolah di Santa Maria 1975 – 1980. Barangkali ada teman-teman yang alumni St Maria, kira2 tamat SD tahun 1981 nah berarti kita pernah sekelas. sayang.. saya tidak sempat tamat di St Maria karena ikut ortu ke Papua. Papua is my second land. The First Tarutung exacly. oh ya nama2 teman yang masih saya ingat: samuel tobing (baluton), masri simorangkir, zikin, wiwin, sihong, and gurunya Mahulae dll. lupa ni.. maklum 28 tahun yang lalu. Contact ya ke emailku bagi yang pernah menjadi teman-temanku. Habels_stohang@yahoo.com

  84. Horas Tarutung ….
    Andigan Sai Andigan, manian……….
    Boe mulak tu bona ni pasogiti ………
    Malungun sai manlungun rohakki
    Lao mandulo tano hagodanganki..
    Aut boe, sai aut boe ma nian…………
    Tarsongon lali habang au inang ………..
    Manittor tokkinondo au ro lao mandulo ……
    Tano hatubuakki…………….( Tarik haMu Reff naiboo!!! )

    nanggo palai poang.. rappak hita manarik reffren nai..
    asa songon na sombu jo,siholi tu kota Tarutungi.
    nang pe dao hita di pangarattoan.
    Alai paette ma Ro.. nama au tusi mamereng ho…( Trt )
    dohot akka dongan2. naung leleng dang pajumpang…
    Gordon Hutagalung
    galung_gg@yahoo.com

  85. Horas Horas Horas

    Horas matutu dihita saluhutna na par Tarutung.
    Au lulusan SD Negeri 1 Pansurnapitu
    SMP Negeri 3 Lumban Siagian
    lulus sian STM N Pansurnapitu taon 1994, langsung mangaratto tu jakarta bulan 8, 1994 sahat tu sadarion tong dope di jakarta.

    Molo adong akka dongan muna manang akka abang/adek boleh di paboa be, alana tung mansai lungunan do iba di jakarta on, dang adong dope dapot dongan tammat.

    alamat email hu maslandonal2002@yahoo.com laos on do alamat fs hu.
    Multiply: http://cahkumis.multiply.com/
    Hp: 0813.8607.1979 & 085.888.188.266

    tarutung tano hatubuanku sai tuho do laho rohakki, dang tarlupahon haulion mi ohhh kota tarotung nauli.

  86. horas tarung…
    gmna kbrny trtng????
    da kmajan blom?
    bat tmn2 tartung yg lg kuliah,agar nntinya balik k trtng
    tuk membangun bona pasogit tercinta ini

  87. ya…. Tarutung! saya pernah tinggal di Kota Tarutung lebih kurang 5 tahun yaitu sejak tahun 1966 sampai tahun 1971 dan awal tahun 1972 saya kembali ke Jakarta karena keluarga saya berdomisili di Jakarta. Di Tarutung saya sekolah di SMP Negeri I setelah itu melanjutkan ke SMA Negeri 101 (Singompulon) sampai kls 1.

    Begitu harunya saya buka webs Tarutung yang mengenang kembali saat-saat saya di Tarutung antara lain Sepade, Bakmi Sukaria, Aek Rara, Aek Rangat, Aek Situmandi, Telaga More, belanja ke Onan membeli Godok-godok, minum Cendol Panas di Onan, ke Pancur Napitu/Parsalakan, Nonton di Bioskop si Tekkong dan Bioskop si Elling Tobing. Saya dengan teman-teman nongkrong di Simpang Opat (empat), saya banyak berteman tetapi saat ini lebih kurang 36 tahun setelah meninggalkan Kota Tarutung tentunya sudah banyak lupa dengan nama teman-teman di Tarutung. Dimanakah gerangan sahabat-sahabat tersebut? Horas

  88. kota tarutung nauli
    sai anggiat ma sude angka par tarutung sukses
    asa boe mambangun hutatta i ate.
    buat sude angka pangaranto, asa tabaen na denggan tu tarutung
    imma tutu
    horas.. horas… horas…

  89. I spent all my chilhood in Tarutung,…..
    Kota tercintaku ini sudah menjadi romantika yg siap aku ceritakan kelak, di masa tuaku,,,……..

    God Bless You Always Tarutung

    SANGAT MERINDUKANMU.

  90. HORASSS!
    itoSarfrika hutauruk, darimana asal ito?
    hutauruk no berapa ito hasian?no berapa
    belum pernah ke sipoholon ya
    martarombolah dulu kita.

    MOLO ADONG MANGINGOT TENTANG AHU,MUNGKIN
    KAWAN LAMA TOLONG HUB SAYA,
    SAYA ALUMNI SMA SIPOHOLON(IPS) TH 88-91.
    RUMAH ORANG TUA DI PASAR SIRONGIT BENGKEL.
    ALAMAT SEKARANG,KALSEL
    HUB; 081348120291
    email; agusthut@yahoo.com

    maulite dihita sude.

  91. aq juga penduduk Kota tarutung yang indah…
    aq bangga jd anak tarutung..
    kota yang penuh keindahan…
    tai sayang….dengan adanya DATU,MABOK,JUDI..
    keindahanya hilang…aq hanya berharap kalo suatu saat
    TARUTUNG jadi KOTA kebanggaan setiap orang yang melihatnya…banyak yang harus disyukuri yang diciptakan TUHAN untuk kotaku tapi terlalu banyak juga yang merusak itu smua…
    aq bangga dengan SALIB KASIH yang penuh cerita…
    aq merindukan MU….
    banyak kisah yang aq alami bersamaMU mulai aq lahir hingga aq dewasa…
    aq akan tetap mencintaiMU walau kini aq sangat jauh dariMU…
    tp satu hal yang aq berikan untuk mu…DOA…
    I miZZZZ u MyLitLeCitY…

  92. Terahir au sian Tarutung, dang di bangun dope Salib Kasih i bah, gabe kepingin iba, sai naeng lao tu Tarutung, asa hu dalani jo muse sude ……

    Tabe ma tu sude par Tarutung !

  93. Salam kenal matu sude angka pomparan ni partarutung. Au pe kelahiran ni tarutung tepatna di sangkaran. memang kota tarutung kota yang selalu aku rindukan sampai kapan pun karena di kota itulah aku di besarkan dan lulus sekolah hingga SMA. au lulusan sian SD GKPI, SMP 3 lbn siagian, dan SMA HKBP1 TArutung. jadi molo adong lulusan SMA HKBP1 Tarutung salam kenal ma ate khususnya lulusan taon 2000. jala boi do di hubungi au tu no. 081383737807 dan FS tia_cempaka@yahoo.co.id

  94. Horas Taroetoeng:

    Jika “engkau (Taroetoeng)” dapat berkata-kata, “engkau” akan mengatakan: “….. kemanakah gerangan anak-anakku yang dahulu kala kubesarkan, yang maminum air dari perutku, yang setiap malam kutidurkan di atas panggkuanku, yang setiap pagi hari kusediakan sarapan dan kusekolahkan…….!”

    Jika “engkau” dapat menyapa, “engkau” akan bertanya: ” … hai anak-anakku, apakah kalian anak-anakku telah melupakan “aku (Taroetoeng)”?, apakah karena “kalian” terlelap karena keberhasilan diperantauan? atau apakah “kalian” membisu karena keperihatinan? atau “kalian” anak-anakku saat ini benar-benar dalam “kesusahan”?. Berpuluh-puluh tahun “aku (Taroetoeng)” menanti-nanti jawaban, namun sayang hingga kini anak-anakku yang “ku sayang” tidak menjawab “ku”, seakan-akan “ia” diam seribu bahasa. Anak-anakku “ku” beri engkau pendidikan tidak untuk melupakan “aku” dan juga “engkau” tidak menjadi pelupa, tetapi hidup “mu” adalah hidup “ku” juga dan menjadi kehidupan “kita” bersama, jangan engkau hidup “menjendiri” anak-ku hanya karena “engkau” saat ini telah menjadi seorang Jenderal, Direktur di suatu Lembaga, Dirjen, Sekjen, Inspektur Jenderal, Pengusaha, Profesional atau karena tidak mempunyai sesuatu, tetapi “hidup mu” baru BERARTI jika “hidup mu” itu adalah “kehidupan” saudara-saudara-“MU”. Sebab “aku” lebih berpengalaman dari mu “anak-anakku” akarena “aku” yang mengisi hidup “mu” pada awalnya, “aku” hanya khawatir jika tiba saatnya “engkau” pensiun atau usaha-mu mulai menurun maka penyesalan akan mengisi “hati-mu”, sekali lagi aku mengingatkan mu ” anak-anakku” karena : “HARI KEMARIN TIDAK DAPAT ENGKAU RUBAH”! namun “HARI ESOK DAPAT ENGKAU RENCANAKAN” di dalam permohonan (DOA) dan “engkau” tidak hidup SERIBU TAHUN. Horas “anak-anakku” tabe sian “ahu (Taroetoeng)”.

  95. Ada yang mengatakan sebagai berikut:

    HARI KEMARIN ADALAH HISTORY, karena sudah kita lewati dengan beragam kejadian,

    HARI INI ADALAH PRESENT (HADIAH) dari Nya karena masih diberi kesempatan untuk berKarya,

    HARI ESOK ADALAH MISTERY, karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi hari ESOK

    btw : apakah diantara pemekaran daerah kemarin sebanyak 12 tidak termasuk Propinsi Tapanuli?

    Horaaaaaaaaaaassssssssssssss

  96. HORAS!

    RE: KENANGAN DI TAROETOENG

    TEMAN2 DI SIMPANG OPAT TAROETOENG, ANTARA LAIN:

    SABAR LUMBANTORUAN (PN TIMAH BANGKA), RINTO SIMAMORA (SIBOLGA), JANNUS SIHOMBING, ROBERT LUMBANTORUAN, FAJAR SIMATUPANG, BENJAMIN TARIGAN, TITO, JOSE SILITONGA (TOGI SILITONGA), RICHARD HUTABARAT, RIDWAN NABABAN,

    MOBILE: 0815.8835981 (BUDI TOBING)

  97. Horas Tarutung…
    Memang sai malungun do iba tu Tarutung, nang pe kota kecil i.. alani air panas, air soda, salib kasih, terutama akka dongan smp 4 hutabarat tamatan 91, sma negeri tamatan 94. si Darwin hutapea, Tunggul Simanjuntak, Boni Simanungkalit, sukses, Dina, akka dongan sekelas 1/6 sigompulon, Sunggul gultom, Tohom manalu, pariama sianipar, benny hutagarat. dll
    Horas ma sude….

  98. Horass baaahhhh

    MALUNGUNNNNNNN
    kota kecil yang gak bisa Q lupa slalu buat Q rindu dgn suasanya yang sejuk dan indah.
    Q kangen bgt ma kluargaku cmua n jg bwt tmen2 dsana pd kmana za seh klen??? jgn lp kbarin Qt y lovely_martha4@yahoo.com MISS U ALL D TIME
    Tarutung ……….GOOOOO………..
    to the next level

  99. HORAS TARUTUNG!!!!
    aq nak pansur batu, tapi dekat kog dgntarutung so aq tw bener g mana tarutung, alnya aq lulusan SMA SWASTA HKBP TARUTUNG, di tarutung aq banyak pengalaman ma tmn2 aq, alnya di sekolah qmi semua bergabung dari berbagai tempat,
    aq now on BAtam IslanD , buat tmn2 aq hubgi aq ya di no; 081277060720.
    salam smua apalagi tmn2 aq di Salon NEvi

    bye,,,,bye .
    ga lupa tuch Kriystine L.Tobing

  100. Horas ! ! ! !

    Salam sejahtera buat saudara ku semua
    sy lahir diparanginan tp besarnya ditarutung,persisnya di seminarium /HKBP simanungkalit .
    Saya sekolah di SD HKBP Simanungkalit,SMP Neg.Sipoholon,SMEA Neg.Tarutung.
    saat ini sy tinggal di jakarta ,sudah 8 thn sy tdk pulang,rencana 11 jan 2009 mau pulang.
    informasi mengenai kota tarutung sy akan share u/semuanya.
    email sy dewi.erni@npl-id.com telp 081385966255
    terima kasih

  101. Tarutung …………..!!!!

    Kota Tarutung nauli……..Nungnga 7 taon dung hutinggal hon…. alai dang aong perkembangan, dung tamat sikola sian SMA NEG 1 Sipoholon, taon 2001. mulak sian pangarantoan tiap natal dohot taon baru, alai akka dongan sasikkola dang adong jumpang di huta,, didia do hamu dongan. (FRANS DILO SIHOMBING, JIMMI HUTAURUK, RIKARDO HUTAURUK, MARKO CHANDRA HUTABARAT, ANDA HUTAGAOL, CELEWANTO PANGGABEAN, NIKO PANGGABEAN, Dll) akka dongan cabut dohot bolos, tu parsalakan,, mardalan muse tu air soda,,

    tu akka dongan na manjaha coment on….
    tarlumobi tu akka dongan sa tamat niba ..
    krm hamu coment muna dah
    ucokz_gaul@yahoo.com. hp 081270305090

    Bye….bye..

  102. Horas Tarutung.
    Saya anak perantauan, lahir di tarutung, besar di Jerman.
    Kota Tarutung memang indah ( sudah pasti ) tapi sayang sudah banyak dikotori oleh oknum2 biadab…
    Salah satu contoh, banyaknya tukang intip orang mandi di pemandian air panas di sipoholon. Saya sudah pernah mengalami kejadian tersebut dan berhasil membogem si tukang intip orang mandi hingga babak belur.
    Jadi buat yang mau mandi di sana, hati-hati ya.

  103. HORASSSS….HORASSSSS…HORASSSSS…
    Tuangka nahuhaholongi pangisi ni Rura Silindung
    Dao pe ahu sian Ho,anggo rohangki sai laho do tu Ho
    Ala tubu disi do ahu,magodang di rura i,godang do na laho maninggalhon rura i,alai dos do ra panghilalaanna songon panghilalaanhu,malungun…….malungun…tong-tong tu
    Rura Silindung Nauli,hari esok kita bertemu lagi.
    Horassss…ma

  104. HORAS…TARUTUNG…!!!

    HORAS MA DIHITA SUDE…………

    Menanggapi Mr Joner Pangihutan Situmorang:
    Kami sekarang ada di Tarutung, ingin menggali potensi gaharu yang ada di Tarutung. Sepertinya ini sudah pantas kita publikasikan ke tengah masyarakat.
    Dengan cara kita buat sosialisasi tentang potensi alam yang ada di sekitar kita. Kami sudah survey lapangan, ternyata memang benar dihamparan bukit barisan ini masih banyak potensi alam yang belum sama sekali tergali.
    Kami ABG – Club ( Asahan Budidaya Gaharu – Club ), kerjasama dengan rekanan kami di Tarutung, untuk bersama sama meneliti kayu alim/gaharu di Tapanuli utara ini, juga tidak hanya cukup sampai disana.
    Kami juga menyampaikan informasi2 bagus ini kepada rekan2 di Sumatera utara.
    Tidak ada salahnya kalo kita mau berdiskusi bersama untuk kayu gaharu yang sudah sangat langka di negeri ini.
    Padahal, kalo kita mau membudidayakannya, ini akan membuahkan hasil yang tidak sedikit.
    Selain akan merubah ekonomi kita yang kian terpuruk, gaharu akan membantu.
    Bayangkan saja, selama 8 tahun kita menginvestasikan waktu dengan menanam gaharu, kita akan mendapat hasil yang tidak seberapa, hanya sekitar rata2 4-5 kg getah gaharu. Tetapi coba kalo kita hanya mendapatkan hanya 1 kg saja dari setiap pohon. Tentu kita akan mendapatkan 10 kg andai kita mau menanam gaharu hanya 10 batang saja. Harga gaharu sekarang memang masih murah, dibanding kan harga para eksportir ke luar negeri. Hanya sekitar 10-15 juta saja.
    Artinya, dari 10 batang, kita sudah investasi Rp100 juta.
    Bagaimana kalo kita setiap warga mau menanam gaharu 10 batang saja, tentu kita akan makmur juga terlepas dari utang luar negeri.
    Kita tidak perlu bantuan luar negeri pada dasarnya, kalo kita mau.
    Untuk mengupas yang sedalam2 nya, kami juga bersedia untuk menjadi pemandu gaharu. Dari mulai langkat, tapanuli, Asahan, deli serdang, kita semua mempunyai.
    Ayo kita gaungkan Marsipature huta na be, khusus tahun gaharu 2009.
    Ayo pengusaha muda Sumatera utara, bangun daerah kita ini.
    Kami bersedia menjalin komunikasi, diskusi bersama untuk gaharu.
    Karena selama ini banyak pohon gaharu yang ditebang dengan sia sia, karena tidak ada isi.
    Sekarang jaman teknologi canggih, jangan ketinggalan jaman.
    gaharu sudah bisa kita pastikan berhasil dalam waktu 8 tahun saja dengan cara penyuntikan jamur fusarium ke batangnya.
    Meskipun, kita tidak bisa menjamin berapa kg hasilnya saat panen 8 tahun lagi. Tapi kita tidak perlu menunggu2 waktu yang tak pasti.
    Mari kita berdiskusi untuk gaharu, kami ada di: muji_tani08@yahoo.co.id atau hubungi kami di jalur GSM: +62812 6319 0525.
    Terimakasih.

    ABG – Club.
    Kisaran.

  105. Santabi jo bah, molo tulisanon adong na dang cocok di roha.
    Alani hami dang halak tapanuli, alai naeng gabung di tapanuli on. Boasa? Alani adong di tapanuli on potensi alam na dang tergali dope.
    Beta hita pikirhon hayu alim/gaharu on, boado asa boi hita manfaathon di hutata. ” Marsipature hutana be ”

    HORAS TARUTUNG………….!!!

    Mauli ate.

    Sian ABG -Club.
    Muji Tarmiji.

  106. a…..tahe nian…….coba ada lapangan terbang yg panjang………pasti banyak bangso i pulang pergi………….pasti banyak kemajuan ekonomi……….pasti cepat berkembang jadi kota besar……….

    immada nian………….kalau saja visi dan misi dapat di aktualisasikan…………………pasti ada pembangunan jangka panjang berkesinambungan………..

    alai tahe……………….apa mau dikata……….halak tarutung hanya bisa berkuasa di luar tarutung ditanah perantauan. bahkan terkenal tersohor di dunia.

    sai anggiatma………..horas jala gabe………..saor ma tua

    Tuhan Yesus memberkati ankka na porsea tu Ibana.
    AMIN .

  107. Halo sesama pecinta Tarutung,

    Kalau pada rindu, datang dan dukung dong acara yang digagas oleh orang Tarutung asli.

    Konser “Batak Music In Harmony”, pada hari Kamis tanggal 12 Februari 2009 bertempat di The Sanctuary Function Hall, Menara Kuningan Unit F3, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta.

    Pengisi acara :
    1. Musisi : Idang Rasjidi, Korem Sihombing, Yeppy Romero Pangaribuan, Mauro Goia (Italy). Harry “Gong 2000” Anggoman,
    2. PEnyanyi : Jack Marpaung, Victor Hutabarat, Mega Sihombing, Dewi Marpaung, LEa Simanjuntak
    3. Pakter Tuak dan Koreografi : Virginia Pangaribuan

    Dijamin akan bertemu dengan banyak orang-orang tarutung. Jadi rindunya bisa sedikit lepas bukan?

    Info tiket hub no telepon 021- 7990 180 att. tina, magda atau email ke chrosinta@yahoo.com,

    Terima Kasih dan Salam Hangat
    Brief Communications
    Penyelenggara Konser Batak Music in Harmony

  108. Horas Tarutung……
    saya lahirnya di tapanuli selatan, tapi Bapak saya orang Tarutung. baru sekali saya melihat kota Tarutung waktu itu saya masih kelas 3 SMA. menurut saya Kota Tarutung itu Bagus, Sejuk, tapi koq gak ada lautnya ya…?he..he..he…iyalah…, laut kan adanya di sibolga ma medan. Saya kangen Rek….. pengen lihat Tarutung lagi..!!! Saya sekarang tinggal di Surabaya en blm pernah pulang. Salam buat smua orang Tarutung…..

  109. Ya,ahowu Tarutung
    Selama 10 hari saya berwisata keTarutung, saya sangat berkesan kali oleh karena tarutung adalah kota wisata rohani yang indah dan sejuk dan bahkan dingin dan ditambah lagi anak gadisnya cantik2 dan baik2. hatiku sangat berbunga2 setelah kenalan dengan cewek2, hampir saya tak ingat pulang ke Nias. Salam buat gadis2 Tarutung teristimewa kepada cewek2 yang ada di dekat SMP Negeri 1 Siatas Barita.

  110. Horas ma di Hamu…..HoHoHo
    TARUTUNG!!!
    Dingin…
    Salib Kasih…
    Air Soda….
    Pemandian air panas Sipoholon…

    SAlam buat orang Tarutung. khususnya Naipospos & Hutabarat Lovers yang ada di Sipoholon_Pagarsinondi
    Met Natal & Tahun Baru ’09
    GBU

  111. 40 taon na salpu sorang ma au di simaung-maung dolok, 21,5 taon na salpu borhat ma au tu medan dung tamat sian SDN 173100, SMPN 2, SMAN Tarutung (di tangsi do tolutna on), 1993 Jan Wisuda ma au di padang bulan, 1993 tu Nias ma au, 1995 borhat tu Riau, laos sian i ma tu Jambi taon 2005 sahat tu sadarion, songon i ma lelengna.. ba masihol do iba tu tano hatubuan TARUTUNG, sai nipaihut-ihut do nian kabar ni Tarutung.., Pilkada pe tong mar MK, BOHANAMA I…, tapasada ma rohanta ba.. nalao salpu do portibi on. Sahat tabe tu angka dongan : Harris Silalahi, Rijenti Sinaga, Posma Marbun, Harjuman Tamba, Nikson Hutabarat, Manggasal L.Tobing, Richard Hutasoit (ai gabe pandita do ninna ho ate!), dht naso boi hugoari dope, dang lupa tu na hea huhaholongi tikki SMA : Marta Damaris Hutapea. Horas ma di hita sasude. 081366471903

  112. Horas Amani Clara,…Selamat Natal & Selamat Taon Baru bah. Santabi parjolo,..apala ise do hamu tahe, hubereng sian goar ni angka dongan na dibaen muna, si Rijenti, Manggasal, Harjuman, Nikson b
    dongan di SDN 1 do i, molo sian SD 1, si Julinar Simajuntak, Roida Tampubolon (girrong), Murhotnida Aritonang, Anggiat Aritonang, Pesta, Juletta Tobing, Lasma Simatupang, Liberti Simamora, Ranto Sinaga, Bastian Tambunan. Molo sian SMPN 2 si Silva Simanungkalit, Estina Nainggolan, Evalyn Ginting, Mery Hutajulu. Molo si Damaris jelas do huingot alai hamu songon na so dapot di roha,…molo boi ditambai angka dongan na asing. Horas,..

  113. wahhh kangen sekali aku ke tarutung lagi, dimana pada bulang agustus 2008 yang lalu opung saya dari mama yaitu op. tongam manik meninggal di aeknasia. amannggg dingin sekali disana beda sekali dengan yang di jakarta yang begitu panas. sedih rasanya ke tarutung kalo tidak ke salib kasih, bagaimanapun Tarutung adalah kota yang memberi banyak kenangan yang tak terlupakan. HORAS TARUTUNG….

  114. horaaaaaazzzzzz……… tu hita sude angka halak batak di portibion !!!!!!!!!
    merry christmas ma tu hita bah,
    dohot taon baru 2009,

    sehat do halak batak di tarurutung dohot di sekitarna…..??????????masihol au laho tu tarutung, walaupun saya bukan lahir ditarutung but ……saya sangat ingin memajukan daerah tapanuli utara ini….begitu banyak objek wisata yang bisa di kembangkan khususnya salib kasih,pemandian air soda n air panas di hutabarat dohot sipoholon,,,,,kepada bupati tarutung pak tobing,horas lae…buat tarutung kita menjadi daerah yang maju dan berkualitas….horas manjua_jua,,,,,

  115. Horas Tarutung.., marnostalgia jo au dison da!
    Horas ma tutu Pak (Amani?) Bram, Selamat taon baru 2009, sai anggiat ma taon siboan dame, toho do naginoaran mi sude donganta doi, ai naso boi ginoaran sude, parsimaung-maung do au, molo si Jules dohot di Takwan (Hartawan) di huta matondang, di ginjang nai ma otiknai..Molo Lae tahe attar ise ma, tinggal nuaeng didia, boru aha halak ito,nga piga dakdanakhi? (borongan ate..)… masiho do iba tu angka gurunta di SD 1 Bu Panja (br panjaitan), Pak Kalit (si hujan lokal), Bu Saragi, Bu Hutapea dll, SMPN 2 Pak T.Sir, Pak AG, Pak JK, Kasek JHJ Shbg, dll, SMAN Pak MM(Manalu), Parkimia i ise do tahei, Pak “Mosu” (wakasek alai gabe kasek do muse ninna), dang hagoaran be ai nga lupa.Molo adong disi angka donganta pasahat tabekku ate lae..songon ima jolo sian iba, ai naeng marlange dope tu sembat na dilambung ni huta ni si Banje.. (he..he..) HORASSS..

  116. Nunga lam lilu au dibahen hamu lae (marlae ma jolo hita ate-amani Clara), didok hamu parsimaung-maung di ginjang ni jabu ni halak si Jules, nunga lam so huingot be, anggo na huingot sian i ba si Ranto, dungi muse si Sabar,…husangka hian do si Tumpal Simaora hamu ala na nidok muna i si Damaris Hutapea (anggo na binoto hian di tingki SMA na mardongan ba si Haris Silalahi dohot Mery Tobing, Si Siu dohot si Efraim, si Tiamanur dohot si Harjuman, si David dohot si Estina, si Alexander dohot si Rosari, dung i muse si Nikson dohot si Hati Sinta, si Lamhot dohot si Lasma, Manggasal dohot si Retty, ba au muse dohot boru ni tulang (jala na saut sahat tu saonari na huboto holan si David do tu si Estina), alai di dok hamu di Simaung-maung ba anggo na huboto molo si Tumpal di toru ni gedung nasional do jabu nasida di sabola no jabu ni ibu Hutapea disabola nai muse halak si Sondang, si Thomson dohot si Melva, baru si Gindo si pitu karesek. Santabi parjolo lae molo au nalupa di hamu ba si Janwinston nama na huboto sian Simaung-maung alai kan dang sian SD 1 ibana baru muse ba si Tonggo do halletna. Molo au lae Amani Abraham do alai jot-jot di jou pak Bram, tinggal saonari di Bekasi Selatan. molo pardijabu boru Toraja, nungga dua diau (siangkangan baoa napaduahon boru). Ianggo ahu molo hupaboa ra hatop do botoon ni lae. Memang lae dang boi tarlupahon ianggo hutai, molo niingot nabaruon tingki SD ba huhilala na paling sportip hita molo markasti dibaen pak Lumban Gaol ( molo lao mangalele alo holan lima langka do boi lojongon dungi ikkon dangguron. di tingki SMP hea mardalani tu Hutanginjang mamangke motor ni si Ida (tongke) hape laho mulak sega motor i gabe sahat di Tarutung nunga jam 2.30 pagi pas hutaruhon hami si Lasma to sait nihuta mangamuk tulang i didok ingkon jolo periksa tu kantor polisi, di tingki kalas 2 SMA, hea do hami mulak singkola (au, si lamhot, si Juman mandongani si Thomson martaon baru tu jabu ni si Melva di aek ristop, disi dilean minum bir dohot kamput, ala nunga mirdong ba modom ma au di kursi tamu hape mulak bapak ni si Melva sian kantor gabe di usir hami sude. Godsng do pe angka siingoton tingki i angka si geok-geok. Ba huhilala na paling berkesan muse tingki gempa, ai pas ma tingki i malam minggu mulak sian par tandangan nungan jam 11 malam jala pas ditingki i mangido putus halak itoan i ala sai dimuruk i partulangon i do ibana molo nunga mulak ahu sian jabu nasida malam minggu, tingki i jam 11.30 di pardalanan pajumpang ma ahu dohot si Thomson ibana pe baru mulak sian jabu ni si Melva, mangajak mimun to lapo ni si balga ulu alai hudok au naeng hatop mulak tu jabu, baru sahat au di jabu pittor gempa, marsogot nai laho au t u jabuni itoan i ba naburjuan halak tulang i gabe dang jadi hami putus. Santabi di itoniba atik beha dijaha cerita on, sudenai nunga gabe kenangan, horas ma di hita sudena, horas nang tu sude angka na hinaholongan dongan par Tarutung. Taon 2003 hami sekeluarga mulak tu Tarutung jala laos tardidi do siangkangan i di tingki i, Horas,…GBU

  117. Mauliatae pinasahat tu sude team/ moderator ni web on, dengan membaca komentar dan cerita yang ada selalu mengingatkan kita kembali akan masa-masa kecil di kota Tarutung

  118. Horas Tarutung..
    Nga malungun hian au naeng mangallang susu ni horbo na diarsik,,tabo hian doi.
    Kue Talam pe dang tarlupahon au.
    Angka donganhu alumni SMUNTA I Tarutung Tangsi ank kelas 3 IPS2,thn 2002.di ingot hamu dope cabut sian kelas pas pelajaran B.Inggris,lari tu makam Pahlawan?kenangan naso tarlupahon mai kan!alai semoga ma adek2 kelas ta dang ikut2an.Angka donganhu Hutry,Esty,Antonina,Erlina,Riana,Ria,Agustina,Sandri,Ferdinand,dll.Where r you?
    Tarutung tempat kelahiranku,dang tarlupahon au.
    semoga ma di awal thn `09,kota Tarutung semakin di berkati Tuhan,peluang kerja semkn terbuka sehingga angka pengangguran berkurang.Maju Tarutungku Sejahtera Masyarakatmu.Horas ma di sude angka par Tarutung,tarlumobi tu parSaitnihuta.Gbu all.

  119. Toho mai tutu Pak Bram, ia au si Tumpal Simamora do, ai hami dung gempa gabe tu simaung-maung do, ima na boi turun tu rura pasar, boru Manurung ma pardijabu, 2 ma dakdanak i, boru kls 6 SD dohot baoa kls 2 SD, ia au di tombak do karejo, kebun klp sawit (Makin Group), alai keluarga tinggal di Kota Jambi, Payo Selincah goar ni huta i, jadi sahali saminggu do iba turun tu kota jambi, alai nang pe songoni tong do dohot iba di Punguna KOOR Ama di jambi ima KOOR ama Patar HKBP Kebun Kelapa Jambi,laos iba ma mangajari Koor disi. Sude na niceritahon ni lae i, gabe mambahen masihol ibe naeng mulak (alai andigan ma ate..). Alai dang apala huingot be goar ni lae.. Paboa ma ate. Hea do dapat info iba tentang Si Rosari Limbong tingki marsahit si adek na tentara i (alai nga monding be taon 2007 i), ibana konsul tu dokter pajumpang dohot si adek i, laos komunikasi do hami tikki i lewat SMS, tu marga Simamora do ibana saut, dung martarombo, gabe marsimatua ma ibana tu au, molo komunikasi lae tu ibana, pasahat tabekku da.. Molo tung leleng hubukka Web on ala na ditombak dope iba, maklum ma lae disi.. Horas ma jala Gabe.

  120. horas………..horas………horas………
    au naujui sikkola di pansurnapitu.
    malo niingot kota tarutung, sai tarbayangkon do uli ni rura i. memang tarutung tiada duanya. kembangkan terus tarutungngi dihamu pamarenta nami.

    God Bless Us
    HORAS>>>>>>>>>>>HORAS>>>>>>>>>>>HORAS>>>>>>>>

  121. horas


..horas


horas



    Kalo aku memang banyak kenangan di tarutung yang paling menghibur adalah nyanyi bersama dengan kawan,diiringi gitar sipoholon yang sangat merdu banget..itu lo..trio perdana
    saya sekarang sudah jauh dengan kota tarutung ya..mudah-mudahan banyak perkembangan apalagi dibidang pembangunan
    paidokalit@ymail.com-paidoskalit@yahoo.com
    saya merantau dijakarta selatan
    oke syalom buat yang dibonapasongit
    horas…horas….horas….

  122. 21 tahun yang silam persisinya tahun 1988 saya lulus dari Tarutung… dan sejak itu saya pergi mangaranto mencari ilmu di kota hujan – Bogor. Semakin kita merantau semakin kita merindukan kota tarutung…

    Sejuta kenangan telah tercipta di kota.. dari, kotanya yang sejuk… tempat minum di sakkaran.. goreng pisang dan bandrekya si liong,, air panas nya…hingga cinta pertama saya tercipta di kota Tarutung..Saya sangat merindukan kota Tarutung.. dan berusaha untuk dapat pulang jika ada kesempatan dan hepeng… terakhir pulang adalah 5 tahun lalu.. tapi saya merasa terasing karena saya tidak menemukan teman – teman saya lagi.. entah dimana mereka semua terutama teman – teman angkatan 1988 SMA HKBP tarutung ada : Kemudian Tobing ( si ganteng ) , Rudi Sipahutar parsipoholon, Mangontang Tobing ( si busuk ) , Nelly Corry Tobing ( si mentel ), Loma Lora Simorangkir ( Si cantik nan pintar ) Harry Hutagalug, Laguboti… Bora Reny manurung ( si Cantik mungil ) .dan yang lainnya…. kapan bisa bertemu dengan mereka ???

    ahhh…Tarutung kota yang takkan kulupakan…

  123. Bah,,,,Tarutung tung so boi hu halupahon, disi do pusok ki, pardekkeangki, partandangan hi, pangintipan hi,,,,,,hidup Tarutung,,,lanjut kan apapunb maumu Tarutung aku lahpendukungmu.

  124. HORASSSSSSSSSS Brooooooo….???

    Taboni NAMANGONDAS na ditarutung on do dang tarlupahon, ima na diiringi gitar dohot botol baru dung male mangan PANDUNGOI ma…TERUTAMA DI HUTABARAT SEKITARNYA….

    IDO DABAAAAAAAA….???

    Ianggo kemajuanna susah do maju tarutung on ianggo adong dope kata RAJA HUTA, BIUS ,maccam mai …..Jadi diharapkan kepada raja huta setempat dan warga jika masih ada dipikiran kita elat,late,dohot teal kita punya daerah susah maju….ido attong..daba alani do mangarotto iba asa luwes pemikiran

  125. IRONI SEBUAH BONA PASOGIT
    Sungguh membanggakan prestasi dan prestise dari marga/boru Tobing baik di kancah internasional maupun nasional. Sungguh ironis dan bertolak belakang dengan keadaan real marga/boru Tobing yang masih ada di kampung halaman (bona pasogit) yang masih jauh dari kesan maju dan modern dari segi ekonomi, pendidikan dan status sosial seperti layaknya marga/boru Tobing yang dibahas dalam blog ini. Sudahkah kita memberikan “sesuatu” buat kampung halaman kita? saya rasa tidak semua orang dan kalangan yang mengenal Kota Tarutung sebagai kota asal dari marga/boru Tobing, karena kalau mereka tahu tentu akan menjadi sebuah pertanyaan besar. Tarutung sebagai kota kelahiran keturunan marga/boru Tobing tidak lebih hanya sebagai monumen tempat berjajarnya tugu (tambak) dan pemakaman kala marga/boru Tobing tersebut kembali kepada Sang Penciptanya (Debata). Terkadang hanya sebagai tempat ajang pesta marga semata yang mengumbar segala harta dan latar belakang masing-masing di saat ini tanpa pernah memperdulikan sisi kemanusiaan dan kesenjangan sosial yang tepat berada di hadapannya. Sungguh ironis rasanya. Apakah marga/boru Tobing di kampung (bona pasogit) kaum pemalas?? itu saja alasan yang dilontarkan sebagian pihak yang tidak pernah melihat secara mendalam fakta yang ada di lapangan. Jujur sajalah pihak itu memang tidak mau membantu, jangankan keluarganya apalagi marga/boru Tobing yang masih keturunan jauh. tulisan ini mungkin tidak berarti bagi orang yang bodoh, tapi akan teramat penting dan berguna bagi orang yang pintar. Penulis sangat kagum menjadi orang Batak sekaligus bermarga Tobing tetapi sering bertanya,” apa yang sudah saya berikan? . Selamat kepada marga/boru Tobing yang sudah berhasil dari semua segi sendi kehidupan dan bagi marga/boru Tobing yang belum menjadi apa-apa dan tidak akan pernah menjadi apa-apa….maafkan aku yang belum bisa memberikan apa-apa. Semoga Tuhan memberkati kita semua..amin…
    Viva Tobing all over the world….

  126. Horassss!!!
    Syalooooom!!!!

    saya Robert Simorangkir
    Mahasiswa Interstudi jurusan Broadcasting tingkat akhir…

    dan saya akan naik sidang bulan maret ini dengan mengangkat Kota Tarutung sebagai Objek yang akan diangkat…

    saya membuat satu film Feature (bagi yang tidak tahu, film feature itu seperti film dokumenter tetapi lebih menonjolkan nilai seni nya) berdurasi sekitar 10 menit, tentang kota Tarutung dan Objek2 wisata yang ada di dalamnya…
    saya shooting pertengahan bulan Januari 2009 kemarin, bagi teman2 yang ingin memiliki Film nya, silahkan contact saya di simorangkirrobert@yahoo.com
    GRATIS!!!!

    Hidup Tarutung!!!Hidup Salib Kasih!!!HIdup Air Soda!!!Hidup Air hangat Sipaholon!!!Hidup Simorangkir!!!!hehehe

  127. Horas ma dihita nasude
    haha baritamu akka dongan alumni smp 2 tarutung tahun 1982.diingot amu nasudebe si hajirun tumanggor 081213792557. ratna tobing Lapotta 08128507047,silva simanungkalit 081719258 Serbaneka Emmy Sihombing anak tangsi 08129457117 Jonnson hutapea 081398252676 Pokok nya buat teman2 yang pengen ngumpul /reuni hub mereka ya…. oiya nih upik/ toko bahagia 081399792467 E- mail asmita_elfi@yahoo.co.id oke dech khabr2 ya ,,,, salam kagen buat semua partarutung

  128. hi….tarutung kota kelahiranq, aq rindu kamu dan orang2nya……. salam kangen berat buat kalian smua khususnya buat alumni smu swasta 2 HKBP Tarutung Tahun2002….. sukses slalu buat kalian, aq amat rindu kalian smua…:)

  129. Wah, baru tau juga Aku, Ternyata Sisingamangaraja XII Seorang Muslim. Kepingin nih berjiarah kesana. Berarti Tarutung dulu termasuk Kota Muslim Terbesar sebelum datang Belanda dengan Gold, Gospel dan Glory nya.
    Waah.. Dasar penjajah, suka sekali memanipulasi sejarah.
    peace.
    _
    *** Darimana dasarnya bilang beliau Muslim Lohot?

  130. ai aku hendrik, sudah dari lahir aku tinggal d tarutung tp saat ini aku sangat rindu untuk pulang kesana,alam yg indah,angin yg berhembus dgn sepoi2,cuaca dingin yg membekukan tubuh tetapi masih ramah dan teringat jelas dihatiku bahwa kesejukan kota tarutung takkan ada yg bisa menandingi.
    kelak aku ingin kembali k sana jd tunggu aku.

  131. Salam kemakmuran…

    Halo rekan sekalian, bolehkan saya disini sedikit banyak mulut.
    Eeeeh, maksudnya pengen cerita tentang pengalaman hari Jum’at lalu
    tentang gaharu.

    Tanggal 13 maret 2009, tepatnya hari Jum’at, saya diundang salahsatu
    rekan pakar gaharu di Bogor, asli Sumatera utara ke pertemuan akbar petani di Tarutung. Bapak Ir, Joner Pangihutan M.Si dari Biotrop Bogor.
    Beliau sebagai narasumber pada acara itu, sedangkan saya adalah tamu biasa aja. Tapi karena saya undangan khusus pada acara itu, saya berkesempatan duduk pada kursi paling depan, sehingga berpotensi berkenalan dengan beberapa pejabat setempat.

    Ternyata acara itu juga di muati nuansa politik, untuk mendukung salah satu partai di negeri kita. Saya sedikit terkejut, karena pada undangan tersebut tidak ada cerita politik segala.
    Tapi baiklah,ada atau tidak muatan politik tidak kita bahas.
    Namun, yang minta didukung namanya juga adalah juga mendukung pertanian di daerah itu.

    Acara dimulai pada jam 11 wib, diadakan di gedung Serba guna Tarutung.
    Undangan sekitar 1500 orang, namun yang hadir ada sekitar 1700 orang.
    Sungguh luar biasa pikir saya, karena yang hadir pada saat itu dimulai dari petani, kelompok tani, KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), Penyuluh Pertanian, Pejabat Pertanian, Seluruh jajaran Pemkab Tapanuli utara, juga tak ketinggalan Bapak TORANG LUMBAN TOBING, Bupati Tapanuli utara terpilih.

    Acara berlangsung hikmat, seru dan gembira.
    Satu demi satu acara di langsungkan, dimulai dari Nara sumber Bapak Ojak Siagian, mantan anggota MPR RI,yang juga pernah menjabat sebagai pengurus KTNA Nasional.
    Beliau berpendapat, petani Sumatera utara tidak ketinggalan teknologi. Karena, beberapa petani nasional masih banyak yang mempunyai nama di pertanian nasional.
    Acara ke dua, Nara sumber nya bapak Ir, Joner Pangihutan Situmorang, M.Si dari BIOTROP Training and Information Centre, Bogor.

    Pada saat itu, acara berlangsung sangat hidmat seperti sedang dalam merenung masal. Mengapa ???
    Beliau menerangkan betapa pohon Gaharu yang mempunyai potensi dan nilai jual juga manfaat serta harganya yang sangat menggiurkan tersebut, ternyata sangat banyak tumbuh liar di Tapanuli utara.
    Para petani terkejut, dan mengatakan: “Ai songondia do hau na dohot aha do goarna molo adong dison?”. artinya,: Seperti apa sich pohonnya, dan apa nama bahasa daerah sini kalo emang benar itu ada disini???
    Sungguh ironis, petani belum mengenal tumbuhan yang bernama Gaharu tersebut. Padahal, bila petani mau investasi 10 pohon saja untuk di tanam dipekarangan rumah, dan itu dilaksanakan setiap yang namanya petani, bisa kita bayangkan, negeri ini aman, minimal tidak ada maling atau Koruptor.

    Karena dapat kita hitung kasar, setiap pohon akan menghasilkan getah gaharu sebanyak 3 – 5 kg saja, dengan harga rata rata Rp 10.000.000.00 / kg. Maka petani akan memanen gaharunya 7 – 10 tahun mendatang, 10 pohon dikali kan 1 kg saja dengan harga tsb diatas, maka: Rp 100.000.000.00 / Kepala Keluarga. Bila petani / masyarakat masing masing sudah memiliki uang sebanyak itu dengan rata rata. Secara sosial, negeri ini akan aman sedemikian rupa.

    Memang benar, di Kabupaten Tapanuli utara itu sangat banyakpohon gaharu tersebut, ratusan atau bahkan ribuan tumbuh liar di sela sela pohon karet, kemenyan yang berada diatas tanah / hutan masyarakat. Artinya bukan berada di hutan lindung. Posisi paling banyak pohon gaharu itu berada di Kecamatan Adian koting dan Kecamatan Pahae Julu.

    Acara selesai pada pukul 15 wib.
    Masyarakat sangat antusias, sebagian besar mendatangi bapak Situmorang untuk menanyakan lebih lanjut dan tentang no hp.
    Juga saya, yang sedikit pun tidak bersuara atau berbicara kedepan mimbar, tapi mereka tau kalau saya adalah tamu dari luar daerah,, sebagian kecil mereka juga mengerubungi atau mengadakan tanya jawab dengan saya.
    Mungkin tadinya saya dianggap sebagai Peneliti gaharu dari Bogor juga.

    Selesai acara kami terus kerumah dinas bupati, atas undangan beliau.
    Ternyata bapak bupati juga merasa penasaran juga terhadap gaharu.
    Mengapa saya sebagai kepala daerah tidak mengetahui keberadaan gaharu di kampung saya, pikirnya.
    Maka kami: Bapak Ojak Siagian, Bapak Joner Situmorang, Bapak Bloner Nainggolan (Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan), Staff bupati dan Bapak Bupati berangkat dengan mengendarai mobil dinas bupati menuju lokasi pohon gaharu terdekat dan terjangkau untuk dilihat. Sekitar 30 km dari Tarutung menuju Kecamatan Adaian koting. Yang sangat aneh saya rasa adalah bapak Torang Lumban Tobing adalah seorang bupati yang bersahaja, dekat dengan rakyatnya, terbukti dari kunjungan kami ke Adaian koting tersebut, beliau lah yang memandu atau menyupir mobil dinas bupatinya bersama sama kami. Sungguh luar biasa. Kami menanyakan: “Bah !!! Pak bupati do na mamboan mobil?” Lho, pak bupati yang menyupir mobil?
    Apa jawab beliau: “Akh, bupati masa kini do!” Akh, biasa. Bupati jaman sekarang.

    Nah, dari pelajaran ini, banyak yang dapat kita suri tauladani.
    Sebagai pemimpin daerah, bupati juga sangat mendukung tentang pertanian.
    Juga gaharu yang hidup di Tapanuli utara itu juga hidup di Asahan.
    Seperti kita ketahui, di Asahan juga ada di 2 kecamatan.
    Kecamatan Air batu dan Bandar pulau.
    Mengapa tidak kita lestarikan seperti halnya para pembudidaya gaharu dari daerah lain. Inikan suatu modal untuk masa depan kita.
    Untuk menyelamatkan gaharu di Asahan, mari kita lestarikan.
    Mari kita hijaukan Asahan dengan Gaharu, yang memang sudah sangat langka.

    Gaharu kita sudah punah, karena selama ini banyak para pemburu gaharu yang menebangnya dengan liar, dan tidak terpikirkan oleh mereka untuk mengganti tanam gaharu tersebut.
    Ini menjadi tanggung jawab kita untuk mengganti tanam, seperti Reboisasi. Bedanya, reboisasi kita tidak perlu tanam ke hutan, kita juga dapat menanam nya kembali di pekarangan rumah kita, atau di sekitar halaman balai desa juga halaman rumah ibadah.
    Kalau bisa, mari kita sukseskan program bapak SBY, yang menyatakan di tahun 2009 ini kita harus menanam 1 pohon untuk 1 jiwa penduduk negeri ini, maka untuk ambil surplus nya mari kita tanam 10 pohon untuk setiap jiwa.
    Seperti yang sudah di laksanakan Pemerintah Daerah Garut Jawa barat, setiap pasangan Pengantin baru dan pasangan yang akan mengurus perceraian rumahtangga di kantor urusan agama, di wajibkan menanam pohon agar daera Garut tersebut akan hijau berpenghijauan.

    Dari cerita diatas, saya mengharapkan dukungan para rekan rekan pembaca untuk mendukung program penghijauan ini. Baik dari masyarakat Asahan maupun masyarakat Tapanuli dimanapun berada.
    Agar terwujud cita cita Gaharu di Sumatera utara yang kita cintai ini.
    Demikian lah sekelumit gaharu di Sumatera utara yang juga belum tersentuh tangan tangan trampil para putera puteri nya yang akan menyongsong masa depan.

    Terimakasih.

    Muji Tarmiji.

    Asahan Budidaya Gaharu – Club.
    Best Regards.

  132. Hai ssemua kawan kawan yang sudah jauh di brang sana dimanapun ito,lae berada, mari kita bersama sama membuat suatu komunitas, anak rantau dari tarutung. untuk kita boleh berbakti, berbuat sekecil apapun untuk kemajuan tarutung.
    saya sangat tertarik dengan wacana ini. mungkin masih banyak kawan kawan kita atau anak rantau dari tarutung yang blum tau. saya sangat tertarik untuk mrngundang invertor menanamkan sahamnya di tarutung. tapi kita harus berpikir keras, Bidang apa saja yang cocok untuk mereka invest di tarutung. hanya dengan kita mengembangkan agrobisnis dengan bantuan pemodal dari pihak swasta, maka akan bisa mempercepat laju pembangunan di Tarutung. Saya berharap pada kita semua jgn pernah berpikir bahwa Sumber Daya Alam di tarutung nga ada. Aku boleh pastikan 100% jika alama dikelola dengan baik akan menghasilkan yang baik. Batam adalah salah satu contoh tanah tandus yang dikelola dengan baik sehingga bisa menjadi tanah yang subur bagi ribuan orang untuk mencari nafkah. Tarutung sudah di anugrahi oleh Tuhan, makanya Tuhan juga mengirim misionaris dr eropa sana datang jauh jauh ke trt hanya untuk supaya firman Tuhan itu di sampaikan. jadi mari kita gunakan potensi yang ada pada diri kitamasing masing untuk membangun tarutung saya mulai berpikir sebesar apapun keinginan kita untuk kota tarutung semua akan sia sia tanpa kita harus berbuat.
    Teman teman kedepan saya punya program buat tarutung . saya sangat berharap kita bisa semua bersinergi untuk membangun kota tarutung.

    Saya ingi setiap lae yang baca teks ini, saya mau supaya kita sharing hal hal apa yang boleh kita lakukan untuk memajukan tempat kelahiran kita itu. tlng Share ya dgn saya di andes291179@yahoo.com. Salam sukses dari saya. TUHAN YESUS MEMBERKATI
    ,

  133. Horas Tarutung n semua penduduknya.

    Tarutung, Kota kecil tempat aku dibesarkan hingga lulus SMU HKBP 1Tahun 2000, adalah kota yang tidak akan pernah terlupakan. Pulang ke Tarutung sudah pasti harapan dari “pangaratto” yang datang dari sana. Itu jugalah yang saya rasakan saat ini setelah 4 tahun tidak pulang.
    Lupa, itu tidak mungkin. Hanya saja waktunya. ( Ataukah karena ga ada ongkos???) He..5X

    GBU Tarutung and All its peoples

    Untuk lae/ito (teman-teman) alumni SMU HKBP 1 Tarutung khususnya thn 2000 yang mau berbagi cerita tentang masa smu dulu atau apapun tentang “our beloved hometown”, share dengan saya di galung82@yahoo.co.id.
    Horas…!

  134. Untuk lae/ito (teman-teman) alumni SMU HKBP 1 Tarutung khususnya thn 2000 yang mau berbagi cerita tentang masa smu dulu atau apapun tentang “our beloved hometown”, share dengan saya di galung82@yahoo.co.id.
    Horas…!

  135. aku orang kalimantan,
    Awalnya aku tidak pernah tau yang namanya Tarutung
    tapi sejak aku pacaran ma orang Sumatera Utara, terutama Tarutung aku jadi semakn ingin mengenal Tarutung lebih dalam lagi.
    Makanya, cuma lewat net ini ja aku bisa merasa berada di Tarutung.
    Tolong tampilkan lagi keadaan Tarutung, terutama masa2 sekarang. Biar aku bisa ikut merasakan bagaimana sebenarnya kota Tarutung itu…
    Salam kenal aja ya buat semua warga Tarutung,
    Hope sumday i’ll go there…

  136. HORAS !!!

    Saya sangat simpati dengan bapak Marhannes Simanungkalit.
    Yang tidak hanya rindu kepada kampung halaman nya, tapi juga dengan lingkungan kampung halaman nya.
    Ok, pak Simanungkalit, kami dengan bapak Bloner Nainggolan, Ibu Darmi Siahaan juga bapak bupati sudah mulai merintis sumber daya alam Tarutung dengan potensi kayu gaharu nya, karena memang gaharu adalah tanaman asli Indonesia yang mampu mensejahterakan rakyat kelak.
    Bila Pemkab sudah turun tangan, berarti sudah punya harapan usaha ini akan maju.

    Saya juga sekarang selain di Tapanuli sedang giat2 nya mensosialisasikan kopmoditas tanaman gaharu ini. Yang penting bila kita bekerjasama untuk yang baik, setidak2 nya hasil nya juga akan baik.

    HORAS !!!
    Mauli ate !!!

    Muji Tarmiji.
    Asahan Budidaya Gaharu – Club’s
    muji_tani08@yahoo.co.id

    Best Regards.

  137. Aku memang tdk dilahirkan di Tarutung, tapi ortu berasal dari sana. Aku pernah beberapa kali kesana, sayang sekali perkembangannya sangat lambat, bahkan bisa dikatakan tdk berkembang. Aku tdk tahu mengapa, mulai dari jalan, gedung, dll hampir tdk ada yg berubah selama 20 tahun. KOndisi ini sangat kontras dengan kota2 sekelas di Indonesia, mungkin semua harus bisa dijawab oleh kita semua. Banyak potensi yg dpt dikembangkan, tapi semua berfikir seribu kali utk memulai, krn ada perasaan takut, krn dihantui adanya ELAT, TEAL dan LATE yg ada dikita. Perlu kita tanamkan rasa rendah hati pada anak2 kita, budaya malu berbuat jahat, tidak malu mencontoh orang lain yg sukses, dan menghindari perasaan yg kuat bahwa kita adalah anak ni raja, sehingga malu mengakui keunggulan/keberhasilan orang lain. Semoga…..

  138. @Muji Tarmuji,

    Bapak Muji Tarmuji, Sesuai dengan informasi Bapak di atas (16.03.09)kayu gaharu ini ternyata ada di tapanuli (di Kampung kita Tapanuli pohon gaharu ini apa ya?) dan sangat prospek karena harga jual hasilnya (Getahnya) Rp.10jt/kg. Terlepas dari proses pencarian bibit, penanaman, pemeliharaan dan waktu panennya serta pemasarannya informasi ini sangat layak disosialisasikan dan dilakoni. Jika Pak Muji tidak keberatan, saya pribadi sangat berterima kasih, jika Pak Muji juga dapat membagi informasi misalnya: bibitnya dapat dibeli dimana dan harganya berapa, jarak antar pohon berapa meter/ jauhnya, proses penanamannya bagaimana, pemupukannya bagaimana/ pupuk apa dan berapa lama periode pemupukannya, hama penyakit dan penanggulangannya, umur berapa akan memproduksi getah dan bagaimana proses mengolah dan memanen getahnya, berapa lama kira-kira periode satu pohon akan berproduksi dan apakah setelah dipanen sekali lantas pohonnya harus ditebang dan harus diganti dengan yang baru atau dia tetap produksi sampai maksimal kemudian hasilnya mulai menurun, bagaimana tata niaganya/ penjualannya, bagaimana proses pemasaran dll, mohon maaf karena banyak bertanya tapi saya kira saya akan rugi besar jika informasi dan pengetahuan berharga seperti ini dilepaskan, dan sepertinya saya percaya Pa Muji bersedia dan capable untuk sharing dibidang komodities pertanian/ perkebunan seperti ini.

    Saya pernah juga baca info tentang pohon Sengon di blognya Trubus (saya lupa alamatnya/ tapi bisa dicari melalui google.co.id), yang diinformasikan pohon sengon ini juga sangat prospek, dimana umur 4-6 tahun sudah bisa dipanen dan harga perkubiknya saat itu (kalau tidak salah tahun 07/08) sekitar Rp.700.000 dan waktu berikutnya akan lebih tinggi lagi mungkin sampai 1jutaan per/m3. Diinformasikan formasi dan jarak antar pohon kira-kira 2 m kesamping dan 3 m kedepan atau sebaliknya. Bila keduanya dibandingkan sama-sama bernilai ekonomis tinggi. masing-masing keduanya bisa ditanam di pekarangan rumah, sambil menunggu jutaan hepeng rupiah beberapa tahun berikutnya….

    Horas, terima kasih/ mauliate.
    Bekasi.

  139. Tarutung….tarbereng au goarmu dohot gambarmu di internet…dang huhilala manetek ilu…manosak addora… huta hatubuanhu..nga tung leleng hian hutinggalhon….mulai taon 1986 sahat tu sadarion dang hea be au ro mamereng ho…..nga hudalani sude luat di Indonesia sahat tu godang negara di luar negeri………sering do pajumpang au dohot dongan par Tarutung di Jakarta,Bandung,Surabaya..Sahat tu Makasar, Gorontalo,Manado…..hea do tong au pajuppang dohot par Tarutung di Abu Dhabi Arab Saudi,di Jerusalem Israel…sahat rodi Amerika ,Eropa…adong par Tarutung…..sombu lungun…..Addigan do au boi sanga ro mamereng ho…??? dakdanak sahat tu doli-doli au di Tarutung…sonari nga maranak marboru au….hutinggalhon ho ala naeng marsikkola natimbo do au…..alai pos ma roham…dang lupa au tu ho……

  140. komentar saudara-saudaraku yg dipost di atas adalah sebagian nostalgia yang tentunya sangat membekas disanubari setiap partarutung. Ada satu nostalgia masa thn 70-an yg sangat membekas, kala itu hiburan mlm di tarutung hanyalahh bioskop “sitekkong” dan “sielling”. Keinginan teramat sangat untuk menonton film india, tak sebanding kemampuan uang dikantong yg hanya Rp. 25,- berdua pula itu daba. Akh dasar parhuta-huta, masih suara musik pembuka pertanda bioskop sdh dibuka teman2 senasib sudah menunggu … film dimulai belum jg masuk … film setengah jalan (interval-pause istilahnya) belum juga bisa masuk. Menjelang akhir pertunjukan, tarif masuk rp.25 dua halak .. barulah masuk dan tak lama film the end. Pulang ke huta, sambil ngalian sepanjang jalan bercerita mengenai film tadi, seolah-olah nonton dari awal dan sangat seru. Akh tahe … masa itu takkan kembali. Molo hu ingot rura silindung na jolo …

  141. Horas !!!
    Amang tahe .. arga do bona ni pinasa diakka na bisuk marroha, nunga massai leleng nitadikkon Silindung.. tarutung.. beuh.. jujur saja, kota tarutung dikisahkan dari sebuah Pohon Durian yg tumbuh disekitar Kantor Bupati Taput:) Saya merasa beruntung karena saya sudah pernah mencicipi buahnya hikz… dah eligible jadi Partarutung lah ate..(so mallapak)Pagi2 klo mau kesekolah di SMP N 5 Tarutung, amang susahian do naujui, mardalan pat do sian Sipoholon,,eh tahe nasib…marsiadu hatop ma sahat tu bona ni tarutung i, asa dapotan hahaha… trus Sikkola holan na mallubu huahaua.., cabut mangallang misop, manang goreng ni si paiting huahuaa.. manang kwetia halah.. tabo ma tahe.
    Dunghon Gempa, sursar ma pajak tarutung, disi ma iba mallubu, marjuji di lante 4 na i, bah..ditakkup Polisi Silalahi na takkang i (hape sonari nisadaran burju na do) Tamat sian SMP 5, Sikkola ma tu SMEA Negeri bwahaha.. apala on ma nahumassit, jurusan perkantoran muse .. pemberontakan ma jalan pintas hahaha, Holan sae Penataran P4, nunga pinda tu STM HKI hahaha Porlak ni Sittua i.
    Dang tarpajojor be i, Manakko goreng ni si Janda ( Sattabi nambru:) ai ido gelar na baru on dibaen akka dongan i) Dung apala di Pollak ni sittua i sikkola, lam so ture, ganup ari cabut.. manotton tu si tekkong, sielling alai satonga main haahah holan di tarutung do masa manotton satonga main hauhauah akka si maup on tahe. Mi ni Natralala ??? bah.. perasaan holan sallakka na i nama sian Surgo i:) cabut tu situmandi..haha Kamput ma.. eh tahe.. so na tagamon jolma hian be iba.
    martandang tu si 8 Ompu, eh .. ama Boru Sihite hihihi
    sahat tabe tu Boru SIhite i ate Fitzer hahaha(molo dijaha ho do on) Molo ari onan, cabut tu pasar.. eh manotton parubat ubat si Pakpahan hahaha.. nunga marujung ra ate tulang si Pakpahan i. Ulok na so hea tarida hahaha
    sai lalap iba paitehon ulok na. Alai daba sai mate.. i do ra mambaen dang tulus angan2..ai sering do berharap au di lean si Pakpahan i ubat gingseng sonya na i:) hape laos so hea dileon. ai Mamereng bohi do tahe, ba boha ma bohi niba, jerawat pe marbangku tempel hihihi
    Alai adong do kesan hu daba, kedanku do si Jaksa dohot sihotang narittik hauahuaua
    Mangolu be do pe na i ??
    Alai adong muse na lungun, apala sai loja au mangalului akka donganhu hian, dang adong na dapot au di net.
    Atik adong akka dongan na mamboto manang kebetulan keluarga, ipar, manang gabe istri, suami ni akka donganhu hian, tolong ate..hugoari ma akka donganhu hian.
    Mangiring Silalahi, Donanld Nainggolan, Riama Simamora,Hesti Silalahi, Timbo SIlalahiBerliana Siagian, Shinta DUma Siregar (on ma par si 8 ompu) Sopar Hutabarat, Jaya SImorangkir, Iwan lumban Tobing, Nirwan lumban tobing, Lambok Lumban Gaol, Esdelina Silitonga, Ernawati Manurung, Dewi Gultom, Asima SIbarani (Baduko), Edward Simatupang, Marieli Zaluhi, Penghibur Daeli, Job SImatupang, si Manuk hahaha.. si jugul, Henry Simorangkir, Tongam Panggabean, Lukman Hutagalung (Hotel Karya) aghh..maganjang hu molo nigoaran sude…:)
    Anggiat adong tikki nauli boi iba mulak tu bona pasogit:)
    Molo adong na kebetulan mamboto, mananda akka na hudok i sude, leon hamu alamat email hu judah_168@yahoo.com
    mauliate godang, maju Tarutung .. !!

    Horas Horas Horas !!!

  142. Tarutung….didia do sonari akka dongan Alumni SD Katolik St. Maria thn 1980, SMPN 2 thn 1983 dohot SMA Negeri angkatan 1986…godang do naung juppang di Jakarta….

    molo adong namanjaha komentar on…tolong ditanggapi…..nga masihol iba tu akka dongan najolo..

    tung mansai dao do au marhuta nuaeng…ikkon sadari mar pesawat asa sahat tu Medan…

  143. Horassssssssssssssss
    nga masihol au tu akka dongan saparjungan tingki
    d sma n 1 sipoholon.
    angkatan 2007
    didia do hamu sude
    kawan.

  144. Menanggapi bapak Piet Pangaribuan di Bekasi, 25 maret 2009.
    Karena bapak sangat banyak pertanyaan, saya tidak dapat menjawab nya disini.
    Tapi boleh juga hubungi saya di: muji_tani@yahoo.co.id, atau 0812 6319 0525, di Kisaran.
    Juga dapat hubungi bapak Bloner Nainggolan di Tarutung: 081 2626 2311.
    Atau hubungi bapak Ir, Joner Pangihutan Situmorang, MSi di Bogor: 0812 8070 218, atau: jon3mora@yahoo.com.
    Terimakasih.

    Kayu Gaharu ( Indonesia ).
    Hau Alim ( Batak ).

  145. Lae Jhon,
    Mansai asi roha dihamu lae! Boha do alusmu tu sungkun2 ni dongan par Tarutung na di Eropa, Amerika, Abu Dhabi dan Yerusalem molo disungkun barita ni Tarutung, saya yakin lae pasti margabus / bohong molo tung pe di alusi hamu nasida. Dang sanga tu Tarutung/ Rura Silindung Nauli, nungga sada kerugian besar i dihamu. Dang adong huta naummuli sian Tarutung di Portibion. Saya yakin itu!! Hanya rp.2 jt sian Jkt (PP), ke Eropa? Amerika?
    Yerusalem? wow…
    Lae torkistobing, gabe taringot ahu fuang thn 70 di bioskop si Tekkong dohot Selling, manisip do goarna tahe molo masuk satonga main film?? Alai saonari nungga mate/tutup bioskop i ate. Ahu tinggal di Kal-Tim, Balikpapan tepatnya. 1x 2 tahun mulak tu Tarutung walaupun ortu (inong) di Medan, hanya sekedar maniop bona ni Tarutung na di Tangsi i.
    Tarutung… kau selalu di hati, kemaren….saat ini …..sampai selamanya. see you Agustus 09.

    Balikpapan (Kal-Tim)
    Buruh Minyak.

  146. horas….

    tarutung….tarutung…kota yang penuh kenangan..
    perkenalkan goarhu,andre marpaung…alumni SMA 2 HKBP TRT.

    salam
    andre,
    kalimantan

  147. Horas!!
    Selamat buat Bapak Bupati Tapanuli Utara yang Menjabat Sebagai Bupati Taput Periode ke II Semoga Bapak semakin meningkatkan Pendidikan, Pembangunan, dan Dipercaya bagi Masyarakat.
    dan Terimakasih buat Bapak karena Bapak sudah mengundang Judika, Rini, Ocean Pasific untuk menghibur Masyarakat yang datang ke Serba Guna

    daniel Valentino.

  148. haiiiiiorang
    batak seindonesia………………………
    Aku memang cuma peranakan batak,ayahku marga GULTOM dan ibu ku orang jawa,jadi aku sering di panggil teman2ku PEJABAT(peranakan jawa batak).
    tapi aq pnya knangan di kota tarutung,bagiku kota itu sangat bersejarah bgiku,sepanjang perjalanan q menuju ke sana,memang sangat indah,bnyk skali hal2 lain yang bru q lhat dsna.di sepanjang jalan dari pahae sampai ke siantar,bnyk skali keindahan alam yang ada di sana,apa lagi d bukit parapat,kta dapat melihat indahnya danau toba ddan pulau samosirnya.
    Tapi sepulangny saya dri sana kesedihan menimpa ku,ayahku tercinta di panggil YANG MAHA ESA,selang waktu 2 bln,opung boru pun di pangil yang kuasa,itu lah keindahan kota tarutung bagiku,kota yang sangat memberi sejarah.I LOVE TARUTUNG 4EVER………………

  149. Hoorassss
    Saya sudah 28 tahun meninggalkan kota Tarutung yang sangat indah, terakhir 1981 kelas 2 SMP negeri 2 Taruntung. Walaupun sudah berkelana keliling nusantara bahkan sampai ASEAN, tetapi kota yang paling indah dan berkesan adalah kamu Tarutungku. Ada kejadian yang menggelikan pada saat saya di tarutung, waktu itu aku memakai tas almamater abangku USU, someone menegurku karena begitu kumalnya tas tersebut, ternyata yg menegor tersebut sekarang dokter lulusan USU. beliau putri seorang pengusaha mebel di Tarutung. dulu waktu baru masuk SMP Neg 2 Tarutung ada 2 orang dara nan cantik disuruh pak T Sir bernyanyi didepan barisan mereka adalah Paulina Sitompul, Justina Simanjuntak/Panjaitan entah dimana sekarang mereka. tapi aku bangga April kemaren aku pulang ada angkatanku caleg yakni Ratna Tobing, menang ngga ya ?

    Kalau ingat Tarutung aku pasti ingat Bebek Lumbanratus, Dendeng SABAS Sipoholon, Tuak Aek Nasia, Aek Simarlahi-lahi, Dangket dangket Parbubu, mancing Ihan di Rambing, bernostalgia di parsalakan dan pulang ke rumah ibunda tercinta di Kampung Baru Siwaluompu.

    Molo huingot ……………..
    Rura Silindung Najolo
    Na ujui ……
    Tikki Naposo Nahinan
    Lungun do roha…..
    Manetek ilu so binoto
    Molo ni ingot
    Sude sibokka
    Nahinan………..

    Molo masihol hamu akka dongan endehon hamu ma lagu on songon pasombu sihol muna tu huta na ta halunguntton i, sesekali kita bisa ngumpul sambil bernyanyi di Toba Dream, manang mangkomburrrrrrrr……

  150. saya bangga jd orng batak,tapi saya malu karna tidak bisa berbahasa batak,ingin belajar tapi di mana?andai ada sarana belajar di internet,saya pasti mengikutinya…..

    *** Kalau bangga menjadi orang batak, sebutkan marganya apa, asa binoto partuturan 😉

  151. HORAS..!!!

    @Adian: Maaf, bukan bangga lho.
    Saya bukan orang batak, tapi saya harus bisa bahasa batak. Hehehe…

    Bagi saya bahasa adalah senjata yang tidak nampak oleh musuh, selain alat komunikasi di masa perdamaian. Bahkan bukan bahasa batak saja, tapi saya harus bisa bahasa bahasa daerah lainnya, seperti Sunda, Minang, Aceh, dan lainnya.

    Alksah, dulu orang Jepang benci dengan orang Amerika, tapi tidak benci untuk bahasa Amerika. Ternyata untuk ilmu selamat.

    Sekedar untuk masukan. Hehehehe…
    Terimakasih.
    HORAS..!!!

    Muji Tarmiji.

  152. Tu akka par-Tarutung na di huta manang na di luat parserahan, tetap ingat huta da.
    Unang lupa.
    Sian au: Ester Tobing Partangsi

  153. Tarutung bagi aku kota yg sangat indah didaerah Sumatera,kota yg menyajikan tempat2 yg indah,tempat2 makan yg enak,dan juga tempat berendam yg bikin kita semakin ketagihan untuk kembali berkunjung kembali ketarutung!!Aku sendiri baru 2 kali ketarutung,tentunya tidak lupa selalu berkunjung salib kasih!
    Jujur dulu aku sangat malu jadi org kristen,tapi setelah aku pergi ketarutung dan kebeneran kemaren ada Khotbah diatas.Aku ingat pendeta itu bilang…Tuhan Yesus tidak pernah berjanji hidup tanpa masalah,tp dia berjanji akn menyertai hidup kita sampai akhir jaman krn Dia mengasihi kita…
    wah aku nya jadi curhat nie….sorry ya..!!

    thanks ya….

  154. Waktu itu pertama kali masuk sekolah di SMU HKBP 1 Tarutung, terasa sangat asing, suasana yang sangat berbeda, sudah 9 tahun kawan2 kita tak jumpa, di mana kah kalian…
    lulus thn 2004, wlpn hny 1thn dstu sy mempunyai kenangan sangat manis disana
    Roma Erfina Br.Hutagalung my first love, kami cinlok 1kelas,
    bnyk kenangan lucu dengannya, entah dimana dia sekarang
    Tmn2 dmn klian aku rindu berbagi kasih lagi spt dulu
    dewita, perobahan, jackson, soni, tunas,sri, dll
    aku rindu kalian..
    kpn kita ktmu lagi
    contact sy di 081385814841 /
    email saint_ryo@yahoo.com
    mdh2n klian blm lupa sama aku
    Aryo Moses Silaban
    I Miss U all
    JBU..

  155. Horas Huta Hatubuan!
    Manang tu dia pe au lao, manang aha pe huula, sai tu Tarutung do lao rohangku. Disi do damang parsinuan dohot dainang pangintubu sai paimaima harorongku. Mauliate ma di Tuhan dilehon do umur na ganjang dope di nasida. E.. ho aek sigeaon, paima ma harorongku, nga masihol au marjala dengkem, porapora, ihan, jahir, mas dohot sibahut! E ho aek rara, paima ma nga masihol tanggurunghu naeng mangarondam di tongam! E ho pearaja, naeng manatap hutangku au sian i, E ho dalan sibolga, naeng mamereng batang aek au na margellok songon ulok sian i! Godang dope tahe, tung tuak tangkasanmi, jagalmi, gitarmi, suara na timbo songon panganggis ni panangga borngin marlogu 1, 2 dohot tolu. Tole tapasombu sihol di lapomi, manortor di adaranmi! Boru ni rura na malo mangeol i, boru tobing, hutagalung, hutapea, panggabean, simorangkir na uli i. Marende di gareja i,mamuji Debata pardeggan basa i.

  156. to;muji
    mauliate godang.makasi atas masukannya,memang bahasa tu penting.tapi itu lah,sampai aku seumur ini aku ga bsa bhsa btak,malahan bhsa yang medok.

  157. Horas Adian.

    Wah, aku mendengar nama mu jadi ingat nama daerah di Tapanuli utara, yaitu: Adian koting. Atau apakah saudara asal dari sana???
    Daerah itu sekitar 30 km dari Tarutung, arah ke Sibolga. Tanggal 13 maret lalu, kebetulan kami kesana bersama rombongan bapak bupati Tapanuli utara meninjau beberqapa pohon gaharu disana. Dengan logat bahasa batak Hau Alim.
    Pohon yang sudah sangat langka, perlu untuk kita lestarikan, agar nama kota tarutung tetap seharum dulu.
    Dengan hutannya yang masih perawan, belum ter jamah oleh rimbawan/pembabat hutan. Nah, disana sangat banyak asset kita yang belum kita olah.

    Bagaimana saudara Adian, kapan kita ke Adian koting..???
    Karena pohon itu akan menghasilkan puluhan ribu dolar Amerika, hanya untuk bayar pajak nya saja ke Pemkab Tapanuli utara. Bukankah kita akan membangun kampung kita, dengan cara membayar pajak..???
    Tidak salahkan, kalau kita dapat melayani masyarakat, untuk kepentingan bersama.

    Songoni ma jolo, hami marsuraton. Molo adong na dang pas ni roha. Santabi, manjalo maaf bah au.

    Mauliate.
    HORAS !!!

  158. kalau baca2 beginian, jadi naeng mulak iba tu huta..
    malungun si tutu roha dongan..alai boha baenon na mangaluli ngolu di rattoon..Beta hamu na,,martangiang hita asa hipas2 hita di tano parserahanon..

  159. Horas Ito, sattabi Ito molo boi binoto didia ratto ni Ito. Ia au di negara Kangguru do alias Australia.

  160. horas…………….
    nauli jala nadenggan sude akka nataparsitta i
    sarihon hamu akka pangarattoi hutattaon,unang holan hata ate…….

  161. Hallo…..
    Horas….. Buat lae dan ito…..
    aku juga asli anak tarutung …
    Bayak kenangan dari tarutung
    entar aja ceritanya………
    Mau…. ikutan gabung……….Horas…………

  162. @. Junita Tambunan,

    Horas Ito, manungkun sahalinai molo boi, di dia do tanapaserahan ni Ito. Dugaan saya Ito ra di Netherland molo ndang di USA.

    Mauliate jumolo Ito, molo adong manang so adong respon sian Ito. Horas ma Ito.

  163. horas buat tarutung,,,,,,,,,,,,,,,,, salut buat kemegahan tarutung jg salib kasih. aku orang Siborong2, saya sbg pengunjung bangga atas keindahan wisata kita, pokoknya tempat wisata yang satu ini jangan sampai tutuplah, sayang bangt Qt. krn aku baca dibeberapa situs wisata kita yang satu ini neh katanya terancam tutup, yang pasti on fire tuk melestarikan. salam saya dr Palembang, Bless U Tapanuli.

  164. Bonjour tarutung………, My lovely places on my heart. I`m never 4get U 4ever. Alwayas on my mind.
    Rumahku tercinta, sekolahku tersayang, dan teman-temanku terkasih semuanya ada di tarutung.
    Mantan pacar juga, he…he…….he, I miss u so mUaChh… mmmmmmmuAhhhHHHHHH………………..!

  165. horas….. horas…….. horas………….
    taringot au tinggal dihuta, rap dongan magodang
    marmeam – meam tu hauma.
    boha do kabar ni kota tarutung nuaeng ate….??? masihol iba di aek sigeaon dohot aek situmandi. mandi tu air soda nadi parbubu i. atik na jenek naeng timbungonku tu aek i. sebagai putra daerah iba godang kenangan naso tarlupahon. rap lao latihan koor malam minggu dohot akka dongan huhut mengkel – ekkel. molo nga sae latihan koor, marende lagu batak ma dohot akka dongan. adong na bercanda tawa, adong na marende. dang adong nahurang molo nga rap iba dohot dongan.dang tarlupahon tahe………. masihol iba marminggu tu gereja GKPI saitnihuta. alani godang ni akka koor na di patubegehon dang ngantuk iba. tiap taon adong do begeon festival koor di kota tarutung, apalagi au sandiri anggota paduan suara sian SMU HKBP 1 TARUTUNG. dang tarlupahon nian tahe uli ni kota TARUTUNG i. semoga ma nian lam tu maju na kota TARUTUNG ate. dang adong namambahen keributan. tu akka dongan nian rap manjaga mahita di huta ta i ate. horas ma ate dihita sude akka na tinggal dihuta dohot nadi pangarattoan, rap marsitangiangan be hita asai sai horas jala gabe na niula. tu akka dongan lulusan SMU HKBP 1 taon 2004 call to no 081397024907. sukses bro………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  166. Horas….
    ahu par-tarutung tinggal di Ugan… tempat pemandian air hangat…. Ada 4 pemandian air panas di tarutung: Sipaholon,Hutabarat, Parbubu, and Ugan. Ugan terletak 6 km dari kota tarutung arah Jl. Sibolga lewat Pearaja kantor pusat HKBP. 1 Km dari asrama tentara Yonif 125 Lapogambiri.
    .
    Mari kita buat Tarutung menjadi kota wisata yang indah….. dgn orang2-nya yg ramah…

  167. HORAS……HORAS….
    ngamalungun au tuhuta nami di pangaribuan alai huta hatubuanhi nuaengg hurangdo bagakna alana dalan tusi nungnga roa apalagi angka sikkola disipe hurangdo fasilitasna

    hamu pamarenta nami tolong hamu majo huta nami on alana sian ido inganan nami

    PANGARIBUAN I LOVE YOU FULL

  168. Nunga 3 taon dang mulak tuhutangki tungmansai mulungun situtu ronghangku.
    Horas Tarutung Nauli huta hatubuan .
    Boha kabar nidongan alumni SPG HKBP Tarutung 1979.

  169. Tarurung…………
    Sebenarnya tarutung kota yang sangat indah, tapi itu hanya ada di impianku aja. Kala masih remaja aku hanya tinggal di kecamatan sipahutar kurang lebih 20 km dari tarutung. aekarang aku sedang di perantauan, dan hanya numpang lewat kalau sedang pulang kampung. impianku suatu saat nanti aku akan jelajahi kota tarutung sampai ke sudut kota bahkan seluruh tapanuli utara. itu adalah cita-citaku

  170. We tahe … angka dongan laos so adong hamu na marningot sendor na las na di onan balga si ari sabtu dohot kue panngkup na tabo i apalagi molo boi ni tuhor 2 galas sendor na las tamba 2 biji kue panungkup bah…. so binerang be aek sigeaon nang pe songon i bidang dohot ganjang na, ai nga pit-pit be mata manginum sendor i ala ni tabo na… ah..tahe maup i….

  171. horas tano batak…….. tano batak sudah ketinggalan karena kerakusan para pejabat batak yang suka korupsi…………….mari para pemuda/i batak bangkit,,,,, dan membuat perubahan…. kalau bukan kita siapa lagi…………………………………. sipature hutana be……asa hupature jo hutakku… ima Pangaribuan/.parsorminan……. ido umpasa i… jadi pikkiran ni akka halak pejabat.. molo sipature hutana be… jadi molo umpamana au sian pangaribuan.. sogot molo au jadi bupati.. holan pangaribuan do paureonku……… ima namasa saonari…ala nungga di dokkon umpasa i “Sipature hutanabe”

  172. Molo pendapat ni si maren panagaribun.. didokkon ibana … garoga nungga jadi tempat trans… jadi perubahan di hutai ikkon hatop.. alai ingot…!!!11 sifat agama dan istiadat ikkon berpengaruh….. dan malahan adat batak mungkin ikkon di lupahon angka generasi……. ala nungga berbaur dohot halak kota ……. nabiasa mardalan dang marpahean…..

  173. 51 tahun yang lalu saya dilahirkan dikota yang saya cintai Kota Tarutung Nauli, lalu sekolah di SD Neg. 3 Saitnihuta , kemudian SMP Neg 1 Sugompulon (tempat martuo) jenis judi halak hita, dan terus melanjut ke SMA Neg. 1 (waktu itu SMA neg 101) Tangsi, SMA (thn 1974 s/d 1976) & renang di Swim batch (sembat molo dihalak hita), akh begitu banyak kenangan yang ‘ga bisa saya ceritakan di Rura Silindung Nauli. Saat ini sudah 33 tahun saya tinggalkan Bonapasogit, tapi saya tidak pernah lupa untuk berdoa agar kota Tarutung kelak menjadi kota yang maju dalam pembangunan dan maju dalam sdmnya, Horas.

  174. SYALOOM…..Kota Tarutung.Buat semua teman-temanku mari kita majukan kota Tarutung ,dengan banyak cara.Antara lain,biasakan minimal setiap tahun mudik,belanjakanlah hasil yang sudah kamu kumpul{rejekimu}di kota Tarutung.,berinfestasilah disana .Mari kita buat semacam kelompok tani,atau pengrajin yang trampil …Imajo tusi. naasing majo tahatai ate.Aku mamaAngelique.SD diSantamaria Trt,SMP neg.2 Tangsi dan SMA Tangsi juga [1IPA2] tamatan 87.sampai sekarang aku pingin banget ketemu ama teman-teman partarutung tapi belum pernah ketemu .Isedo amani Clara dohot Bp.Bram.??????

  175. Horas kota Tarutung.Maju terus. Kepada semua masyarakat pangaranto na merasa partarutung,mari kita bersama-sama memperhatikan kota ini.Jangan sampai kota ini tertinggal dadi kota lain.Malukan …….,.Begitu juga dengan pemerintah setempat,tunjukkan tanggung jawabmu.OK.Semangat ate amang.I love Tarutung.

  176. Horasma tu sude partarutung
    SELAMAT TAHUN BARU 2010 bagi kita semua.
    Semoga kota tarutung makin maju dan kesejahteraan seluruh masyarakatnya meningkat dan hidup dalam kerukunan dan kedamaian.
    Tuhan memberkati.

  177. saya mau pulang Feb 2010 ini ke Tarutung,ada yang mau titip buat orang tarutung yang ada di papua.Horas tarutung semoga makin maju dan kota iman berjalan baik

  178. saya alumni sma n sipoholon th.89 tugas di magelang ingin menyampaikan isi hati, tanggapan, opini, saran atau apapun namanya yg penting wajar dan tdk berdampak sistemik demi kemajuan tanah air ku dan bangsaku tano batak khususnya kab.tarutung. sudah saatnya mumpung blm terlambat orang batak memikirkan kampung halamannya kalau tdk akan menjadi seperti dinosaurus dahulu ada, dahulu ada tano batak. kata ruhut sitompul orang batak banyak orang pintar, pemikir, ekonom, pengusaha dll. kalau memang demikian kenapa tarutung tdk ada kemajuan sejak thn 89 sampai sekarang. oh tarutung telapak kaki nomensen ada disana kenapa kamu diam orang batak bangun lah banggalah punya tano batak jangan sampai tanomu dirampas, dijual, dan diduduki orang lain sehingga tinggal kenangan. aku hampir tiap thun pulang kampung tapi karna aku seorang pegawai kecil tdk berbuat apa tapi aku beryukur masih bisa menikmati panorama tarutung. saran untuk pejabat daerah setempat yg akan datang agar memilih pejabat yang berkompoten, berkualitas, mumpuni, kepemimpinan yg mantap, cerdas, agar bisa membangun kab. tarutung yg lebih maju. orang batak memilih bupatinya yang bijaksana sesuai kategori yg diatas tadi. saran sy yg lain agar orang batak yg ada di dunia ini mengumpulkan uang unt membangun tano batak teknisnya kita cari akuntan, ekonom, bendahara yg dpat dipercaya. mari kita awali seperti PEDULI PRITA bisa mengumpulkan uang 600 jt mudah 2 an orang batak seluruh dunia unt tano batak dapat 600 triliyun.
    makasih unt alumni sma n sipoholon th 89 mari bergabung.

  179. tartung…
    sebuah kota tempat saya belajar menimba ilmu dan iman..selama tiga tahun 1994-1997,,,, banyak kenangan yang tak terlupakan disana…. pesona sinar lampu dari salib kasih yang membuatku memuji nama Tuhan,,,,pesona air rangat huta barat,,,yang membuatku sehat… pesona air soda yang membuatku….tetap awet muda ampai sekarang,,,dan drasnya air segeaon yang membelah kota tarutung. tempat aku pertamakali mendapat pujaan hati dan tempat pertama kandas cintaku….(MAAF)..HARI NATAL kemarin saya pulang dari rantau saya sempatkan singgah dikota tarutung… saya terkejut koq semakin sepi… malah tambah mundur… tapi saya masih LOVELY tarutung…..tempat saya dulu bertemu dari seluruh kecamatan,,,,,,, kalian dimanakah.. temanku-temanku sekarang GOD BLESS US

  180. Salam untuk semua orang Tarutung.
    Saya lahir di Sarulla tapi Bapakku Orang Tarutung,
    senang banget tahun 2006 aku pulang kampung
    dan naik ke SALIB KASIH…………..Waduh dingin buangetttt…dan makan kue putu beli di Simorangkir.
    TQ N GBU ALL

  181. Horas.
    Tar dok ma hami par Tarutung, anggo ompungku sian Onan Tukka Sipahutar, jala ahu tubu di Simpang Limun Tahun 1965, jala magodang di Seminari Sipoholon 8 taon, taon 1979-80 tinggal di Aekristok Tarutung.
    Molo adong angka dongan na manjaha on, ia ahu SD – SMP HKBP dohot SMP 1 Tarutung disi do sude hami marsikkola, jala sempat do ahu singkola di SMA Negeri Tarutung 3 bulan, dung pindah sikkola tu SMA Negeri 2 Jakarta Barat.
    Atik beha na adong dope marningot hami ima Eirene, Philips, Alm. Elsas, Reinhaeart, Rut, Otto dan Ivan.
    Molo marningot kota Tarutung na jolo, Tarutung nungga sada kota i di hami na tinggal di Seminari Sipoholon (tempat sekola guru huria HKBP dohot tempat rapot pandita), alana ingkon narmotor (mobil) do tu Tarutung jala i pe sahali saminggu, ipe ingkon ari Sabtu sekalian belanja mandongani natua-tuai , jala i nungga sada hal na mewah i di hami di tingki i.
    Tinggal di tarutung, mansai tabo ala adong do sude disi, sipanganon mura dapot, adong Restoran Bahagia (2 taon na salpu hu sempat hon do mangan disi), Natralala, Lapo Tobing adong Bioskop Sitelling, Toko Tan, Toko Miduk, Bengkel Kareta Chimeng di jolo ni RS Tarutung.
    Molo pas ditingki musim durian, dohot hepeng saribu rupiah pe boi do iba manggallang durian sahat tu na bosur (alai unang dicoba mangallang durian dohot TKW manang kamput, alana nungga hea ahu naeng mate ala ni i).
    Nang pe natoras nami nuaeng tinggal di Tangerang rap dohot angka anggiku, hami pe totop do malungun naeng mulak mardalani tu Tarutung, alana adong dope Tulang hu disan ima Drs. Timbul Sibuea (ex. Kepala PAM) molo adong hamu na mulak, pasahat hamu tabe sian hami.
    Molo adong waktu nalehet dohot rezeki na dumenggaan ingkon ro do ahu tu Tarutung….
    Tu sude hamu angka dongan naung jumolo maju dikehidupan, molo adong tading-tading ni natoras muna di Tarutung kembanghon hamu antong asa lam tu majuna kota Tarutung i, alana songon hamion dang adong arta ni natorashu disan.
    Pangidoan tu Tuhan i, aut boi tuhoronku tano di pinggir dalan laho tu Simorangkir, ingkon pajongjongon hu penginapan na gelleng alai ias asa ro wisatawan lokal manang internasional menginap disi, ala godang do wisatawan setiap hari na susah mangalului penginapan.
    (ido cita-cita dimasa tua).

  182. horas,,,horas,,,horas,,,smua teman2 yg ada di kota TARUTUNG,, I MISS YOU,,,saya alumni SMU 2 HKBP Tarutung, saya da kngen bangeeeeetttttzzzzzz dgn Kota Tarutung apalagi danganSMU 2 HKBP Tarutung,,perlu para rekan tahu kalau saya dulu pernah bekerja sebagai tukang sapu di kantor bupati nya dan sebagai petugas kebersihan di sopo parukoan,,yaaaach,,,hitung2 buat biaya sekolah di SMU 2 HKBP Tarutung,,,disana saya banyak menemukan kenangan2,,disana juga saya menemukan Cinta Sejati saya,,mungkin rekan masih ingat dengan yang yang nama nya Rosdianado Br. Hutabarat,,,samapai sekarang masih awet,,,( maklum dikasi bahan pengawet kimia sama Pak PS ) salah satu guru pengajar saya di SMU 2 HKBP,,,buat rekan2 alumni smu 2 HKBP Tarutung tetap on line ya,,,,,,,,ni e-mail saya,,jacko42@ymail.com,,,dan ini no hp saya,,081352143123,, 081257112234,,081257551984,,bagi penelp prtama akan dapat voucher liburan SALIB KASIH SIATAS BARITA,,WKWKWKWKWKWKWKWKWWK,,,,Kota Tarutung Kota Beriman,,,mari kita bina persaudaraan dan iman kita,,,,,MEGAWATI SINAGA,,HARMOKO PARDEDE, LAMHOT SIMANJUNTAK,,BENRI SITORUS, LIDYA TOBING,,NIRUWANI SIMANUNGKALIT,,SMU 2 HKBP TARUTUNG IS THE BEST,,,,,,,,priiikiiitiiiiiiwwwwwwwwwwwwww,,,,,,

  183. Molo diingot ho Kota Tarutung, ingotma angka na denggan na hea dijalo ho manang diulahon ho. Sude angka sogo ni roham lupahon ma i, asa molo di sadihari pe ho mulak tu si, asa tabo panghilalaanmu jala sonang.
    Unang lupa ho mangurupi angka na boi urupanmu, hombar tu potensi na adong di ho; parjolo ma i tu keluargamu, baru ma tu na humaliang muse. Ipe asa tingkos jala tutu na holong do roham tu Kota Tarutung dohottu pangisina.
    Antong horas ma hita saluhutna, botima !

  184. Hatarto Pakpahan
    Horas Tapanuli utara!!
    Horas di bapak bupati Torang Lumbantobing(TOLUTO)
    horas manang disude natua tua nami dohot massyarakat TAPUT.
    TAPUT adalah adalah daerah yang indah yang sangat aku cintai,saya lahir di sana tepatnya di desa Parsorminan I,kec.Pangaribuan,kab Taput.saya dibesarkan dan menghabiskan masa kecilku disana dan kara itu pulasaya sangat mendukung 100% program kerja bapak bupati TOLUTA jilid 2 sekarang,dan sampai sekarang saya masi tetap pendirian sebagai simpatisan dari beliau,dan kelak saya juga berencana akan membangun daerah saya itu .saya sekolah mulai dari SD sampai SMA di Kec Pangaribuan,dan pada tahun 2008 setelah lulus SMAsaya melanjutkan pendidikan saya di Malang Jawa Timur,sekarang saya kulia di sala satu PTS terbesar dan Terkemuka di JATIM,yaitu Universitas Merdeka Malang (UNMER),Fak Hukum,no HP:081336370763,email:dan sekarang saya sudah smester IV ,hari hari saya lewati dengan penuh smangat , atas dukungan dan doa dari keluarga dan natua tua dari seluruh masyarakat Kab.TAPUT sehingga saya memperoleh nilai yang lumayan bagus di sini.dan smester terahir ini IP saya 3,925.
    puji tuhan dan trimakasih atas doa dari TAPUT.
    dan untuk itu juga saya masi tetap minta doa restu dari penduduk TAPUT terutama dari Bapak Bupati Torang Lumban Tobing.
    umpama ni natua tua ma dohononku tu Amang:
    Napuran tano tano
    Rangging marsiranggongan
    Badantama padao dao
    Tondittaima Marsigomgoman

    DAope Sibarung habang
    Sai tu dakka do songgopna
    Daope au Marsikkola
    Ba Sai tu TAPUT do anggo rohangku.

    Horas……horas….horas…
    Saitumajuna ma TAPUT.

    NB:kalau ada perkataan yang kurang berkenen tolong dimaafkan.
    kalau ada informasi dukungan untuk mahasiswa tolong dikonfirmasikan.

  185. Horas…….
    Aq sekolah d Tarutung krn orgtua kerja d sn,alai ompungku d doloksanggul…….
    Aq angk 96 utk SMA N TRT. Suamiku org tarutung tepatnya hutabarat……
    Aq suka suasana tarutung,sejuk udaranya,nuansanya rohani banget.Apalagi kalau kt prg k Salib Kasih…..
    Air panas sipoholon,aek rara,rambing,pansurnapitu….t4 yg tdk terlwtkan.Hny bila plg kmpng sepi rsnya…molo dang mulak angka pangaratto na asing…..Oleh2 yg tdk akan terlwtkan kacang sihobuk,ikan teri,kue ketawa.mknan yg hrs d mkn kue talam molo onan.jgn lp mampir restoran gemuk / harmoni / sejahtera ala tarutung. Pengen plg tp hrs ngumplin modal dl….tdk mungkin dgn uang pas2an…..hehehehehe……Salam anak tarutung…………

  186. Ingat lagu Trio Maduma ,molo huingot dongan saparsobanni na rap marmahan..tikki….di huta..saonnari nungga dao di parantoan…….di lanjuthon ma ate.kalau ingta lagu langsung ingat kota Tarutung kota kelahiran…..saya lulusan SMAN sigompulan taon 1988.

  187. Andigan ma ate iba muse mulak tu kota Tarutung, alai na pasti adong do muse ari na lehet boi iba ro mardalani tu kota Tarutung marnigot kenangan na indah selama tinggal disan, hamu angka dongan lupa ahu mencantumhon nomor HP ku ima 08127005125, horas ma ate…

  188. Tarutung Kota indah di Rura Silindung..
    Saya alum ni SMA Negeri Tarutung 26 tahun yang lalu.
    Ada masalah memang dengan semangat rantau kita orang Batak, meski ada istilah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, tetapi belakangan ini makin minim kita yang betul betul peduli dengan kampung halaman, kota asal ataupun Bona Pasogit, pada umumnya sudah terbelenggu dengan apa yang dihadapi hari ini, situasi yang ada di tempat rantua dan lain lain.
    Semoga dengan interaksi seperti ini mendorong semangat kita kita untuk mulai berpikir ulang, bahwa “suatu saat” Kota asal, kampung halaman itu sangat diperlukan.

  189. Tarutung is The Best…..
    Someday aku pengen pulang kesana mau ziarah kemakam opungku….sekalian ke Sarulla tempat aku lahir….Salam buat keluargaku di Sarulla dan Tarutung
    From : Herly di Surabaya
    GBU ALL

  190. Tarutung tempat opung dan papaku lahir.. Aku adalah boru Hutabarat yg sangat mencintai tarutung.. Ingin sekali rasanya pulang ke tarutung.. Salam buat orang-orang Tarutung terutama Opungku disana.. Pokoke Tarutung The best deh..

    From : Vaulina S Hutabarat di Jambi

    GBU

  191. Horas ma dihita saluhutna.

    Au asli partarutung, jala botuldo na didokni akka dongan nih dang boi tarlupahon Kota Tarutung, Alana mancai godang kenangan disi.
    Au Par parbubu, SD kls 1 s/d 5 di Parbubu sampuran kls 6 pindah tu SD Lalihan Aek Ristop, SMP Neg 1 Sigompulon, SMA di tangsi, hamu angka dongan molo adong komunikasi dohot seangkatanku hu goari majolo ate alana sude on nungga berkeluarga ra, al Lambas Panggabean (Tk Union,Meilinda, Tongam tobing,Dewi Siregar Toko Mas,Bangun Hutapea, Ruhut Hutapea, jadi molo adong komunikasi tlg info ke 0811919176, 081380221217.

    maju terus tarutung, hooooooooooooras

  192. Tarutung !

    Huta na uli jala naso tarlupahan, alai sipata marsak do iba mamereng huta i nuaeng.

    molo nibereng huta naasing, pejabatna na berkualitas jala nibandingkon tu TAPUT NAULI sipata maiila do iba !

    Boasa songoni ?, boasa hamu akka natua-tua nadihuta mamillit amang bupati nasoberpikiran maju songoni ?

    tarimang-rimangi mai !

  193. Horas …
    Dua hari di Tarutung banyak kenangan yang tak terlupakan, kota dingin nan tenang. Suatu saat saya akan kembali kesan a bukan untuk berkunjung tapi untuk menetap. Jauh dari kebisingan kota besar.

  194. Horas!

    Saya jatuh cinta dengan tanah Tapanuli Utara yang indah…. dan berkeinginan untuk ikut memajukan tanah yang indah dan penuh potensi ini. Saya punya keahlian dan pengalaman di bidang pertanian hortikultura, tahun 1994 – 1999 saya bekerja sebagai product development manager untuk perusahaan pertanian besar di Sumatera Utara. Domisili saya sekarang di Bandung tapi berkeinginan besar untuk menetap di Tapanuli Utara, Bona Pasogit suami saya tercinta….. Kalau ada rekan2 yang bisa membantu saya mewujudkan cita2 saya memajukan petani tapanuli di Tarutung dan sekitarnya, tolong kontak saya di rmertani@yahoo.com/ 08122157622.
    Semoga cita2 saya ini bisa membawa berkat bagi banyak petani di Tapanuli Utara….

  195. Syaloom….. Horas Tarutung
    Salam dari kami Pangaranto dari Jakarta…
    Berharap agar Tarutung bisa bertambah MAJU..
    B R A V O. Tarutung Bonapasogitku..

  196. Horas tarutung…
    Tarutung adalah kotanya kampung saya orang Pahae Jae,
    saya pernah Tinggal dan sekolah disana selama 3 tahun, khas tarutung masih teringat di hati, selain Alamnya yang indah, dan tanahnya subur, banyak pepohonan…anak gadisnya juga yang memiliki potensi wiraswasta
    “martonun”, dengan kegesitanya mampu mengolah benang menjadi kain ( ULOS) dengan cara Tradisional pokok nya Jempol deh buat “PARTONUN”. kemudian bila musim Panen anak2 kost sepulang sekolah ikut membantu petani disana khususnya di Pansurnapitu untuk memanen padi yang sudah menguning…Dan bila malam tiba langsung ambil Gitar dan duduk di depan rumah memainkan lagu2 ” BATAK SONGS” apalagi disamping ada anak gadis nya WOW…Geregetan rasanya. dan rasa ke gotong royongan itu masih mengental saat itu…kangen rasanya seperti dulu lagi…I miss you tarutung.

  197. HORAS TARUTUNG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    nga buka lowongan PNS di PEMDA setempat?????asa binoto dohot mancoba boh,,asa mulak iba sian pangarantoan on…hehehehehehe……….ai na binege nuaeng on fuang,,molo asa gabe parumaen kesayangan iba ikkon jolo penes do inna…inna,,alai unang ma nian gabe i patokan ate,ai molo i do gabe patokanna,,son na ngeri do ni rasa,,hahahaha…dang lakku be annon akka na marswasta2 on….xxixixixi

  198. toba managng tabo hian bah……………….. apalagi molo lao hita hu salib kasih ni hita halak kristen ………….

  199. Horas Tarutung…
    Sodara/iku marilh kita sama2 lestarikan kembali kota kelahiran ini, kota dimana kita dibesarkan dan ditempah menjadi orang2 yang memiliki pendidikan yang sesuai dgn kemampuan kita masing2…..
    Janganlah kita pernah melupakannya….
    Sebutan kota mati sungguh menyakitkan hati…
    untuk itu sebelum terlambat…….
    Putra/i Tarutung mari satukan hati dan bulatkan tekad berjuang demi kota kita tercinta…
    Jayalah Kota Tarutung…
    Do the Best for our Hometown……
    GBU all…………!

  200. tggl 18 juni 2010, sesuai permintaan terakhir bapak sblm meninggal, kami membawa jenazah almarhum & jg memindahkan kerangka Mama (tnah.Kusir) serta abang kami tertua (makam sblmnya di kota Palembang) ke kota Tarutung… mulai dr Jakarta-Medan dilanjutkan perjalanan darat menuju kota kelahiran orangtua kami (kami anak2 dr bapak dilahirkan di kota Palembang, dibesarkan & skrng bekerja di Jakarta… terakhir saya mengunjungi kota ini saat masih SMP).. pemandangan selama perjalanan sungguh sangat memukau terlebih memandang danau toba dr Prapat.
    Setelah selesai prosesi pemakaman, kamipun menginap di rumah salah satu dr opung kami yg letaknya dibelakang RS. Tarutung (rumah ini juga milik DR.Nonmensen / penyebar agama Kristen di tanah batak dan kelak bila opung kami meninggal akan diserahkan ke HKBP, utk dijadikan bagian dr bangunan sejarah penyebaran agama Kristen di kota Tarutung & sekitarnya ) semoga…
    Tggl 19/06-2010 kami sekeluarga (hanya anak2 & menantu) berangkat menuju Salib Kasih yg sebelumnya hanya bisa kami pandang dr kota Tarutung, dr lokasi parkir kami melanjutkan dgn berjalan kaki menuju tempat tersebut, terasa letih memang dikala meniti jalan yg mendaki tsb…tetapi bgitu sampai apalagi memandang kota Tarutung dr atas bukit Siatas Barita… rasa letih hilang terganti dengan pemandangan yg sangat, sangatlah memukau, sayapun kmudian melanjutkan dgn berdoa di ruangan yg lokasinya persis dibawah Salib tsb, didalam doa sayapun memohon ” TUHAN bila Engkau berkenan serta masih memberikan aku kehidupan, berikanlah aku kesempatan untuk membawa anak2ku kesini, ke kota yang indah ini, biarlah aku boleh mendapatkan rezeki di kota ini hingga akhir hayatku… selesai berdoa sambil duduk & foto bersama memandangi kota Tarutung dari atas bukit sayapun bersenandung lagunya Victor Hutabarat ” o Tano Batak “…ahhh.. indahnya kota ini
    Setelah membeli souvenir, perjalananpun kami lanjutkan dengan mandi air panas di Sipaholon kemudian mampir beli kacang Sihobuk – ziarah di makam Sisingamangaraja XII yg baru di Soposurung Balige – singgah di Prapat menikmati & foto bersama di pinngir danau Toba – singgah beli dodol di pasar Bengkel hingga akhirnya sampai di kota Medan.
    Saudaraku, tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman dan akhirnya sayapun tersadar betapa begitu saya mencintai kota yang indah ini…” the Silent Paradise City”… Horas.!!! GBU

  201. Horas di hita sasudena anak Tarutung…..Boha do molo rap sauduran hita sude na ditano parserakan on mambaen PORTU (Persatuan Orang Tarutung )…jala unang ma nian holan kenangan i tapaboa-boa, alai dizaman tehnologi on pabahen ma sada situs na solit lao membangun Kota Tarutung dengan Kasih yg Iklas, Tapangido ma tu hutanta i, asa dibaen Komite Pendidikan rap ma hita manogu-nogu angka donganta asa sude marsingkola, rap hita membiayai (Asa unang adong be parsimpang opat angka generasi muda ) alai ingkon sude ma parsidohot ditehnologi canggi on, Boha ia sude ma hita namambaen komentar on mambaen modal dasar membiayai anak singkola ni Partarutung;? adong limper hu 500 Rb tu ise tongoson i ? Pos do rohangku tambaan muna i asa dibaen SMP dn SMA Plus di Rura Silindung i

  202. jika anda ke tarutung jgn lupa, pada mlm hari pergilah jalan2 ke tangsi, dari sana anda dapat menikmati keindahan kota tarutung, yg luar biasa.

  203. Selamat siang.
    Horas ma di hita sude. Au lahir di trutung, SD,SMP, SMA di Tarutung.
    Tung mansai Uli nai/do tahe barita nang holong sian Tarutung on. Sian sude namanurat di milis on, tung mansai Uli barita ni tarutung on. Naeng ma nian Uli tong angka ulaon., pembangunan, pejabat negara manang diape ugasan na adong manang nanaeng si ulahonon di Tarutung on asa sai tong uli jala lehet baritana.
    Horas.

  204. aq merindukan mu kota tarutung…………………

    da lama jga q ga ksana, wktu sma dlu q sngat snang bermain dikota tarutung.
    tapi krna wktu yg memisah kan kita aq ga bsa lgi ke tarutung.
    bagi cpa yg mo berbagi ma caal ja ksini 085268440424.

    i lupppppppphhhh u tarutung………………………………………………………………………………….

  205. aku ingin bertemu ma tmen2 alumni SMAN1 Siborong2 angkatan 2007& aku merindukan objek wisata yang ada ditarutung yaitu SALIP KASIH. Ayo sapa yang sneng dngen aku, & mengenal aku ajak aku donk kesana……………weck………weck………weck……. aku merindukannya,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!??????????????????

  206. Horas……Tarutung…
    Walaupun aku diperantauan ,tidak sedetikpun aku lupa akan keindahanmu,kesejukanmu.
    ai dang hea lupa puang tu Tarutung
    molo huingot ditikki dakdanak,maridi di aek sigeaon,disipoholon,disoda water,disembat dohot diaek katupangan. aisohea lupa,molodiingot muse tikki SD tangsi dohot SMP 2 tangsi ,amang tabonai.molo adong alumni SMP 2 Tarutung Tahun 87 ate,

  207. Molo hupa ihut2 sian mula sahat tu ujung, sude hita SHINTA Tarutung, MISS Trt, naeng ma nian maju Trt, jala godang nostalgia angka na uli di TRT, sian Asia sahat ro di Yunani sada tingki naeng mulak tu TRT. Ima nian tutu, sai dipasahat Tuhanta ma angka kerinduanta asa ta dulo muse Bona Pasaogit i (tarlobi bona ni Durian na di Tangsi i).
    Alai tagan so boi dope hita sahat tusi, ta uji ma jolo pandok ni Bpk. Irwan Sianturi (posting 25 June 2010) & Herry Hutabarat ( 19 January 2010), asa songon na adong partisipasinta. Sadia na tarbahen hita, molo iklas (ias rohanta) pasupasuon ni Tuhanta doi. Sian na metmet do asa boi gabe balga. Manang boha pe cara/teknisna ide songonon ma jolo tapajolo disamping ni angka nostagianta naung lewat.

    Horas

  208. Eksotis City, (sebenarnya sih masih mengarah ke Country atau sedikit diatas village lah..:-)
    d’ river it so beautifully and soda water (aek rara) boi tar dok “incredible” karna hanya ada di tarutung dan venezuela (katanya siihh… tapi sayang, kurang perhatian dari PEMDA setempat)
    tabo do di tarutungi nian alai dang tabo molo pengangguran.hehehhehe…
    memandang Tarutung di malam dari atas hutabarat (Dalan naeng tu sipahutar i hamuna..) dapat membuat hati tentram dan tampak indah dan juga katanya ” hera diluar negeri i (singapura) ateh..??!” hahahahha…. emang udah pernah kesingapura ya? 😛
    memang kota tarutung elok dipandang jika dimalam hari, tapi pada siangnya itu semua berbanding terbalik..! sekarang juga udaranya udah terasa panas (gak sejuk lagi terutama dipusat kotanya)
    salib kasih pun sekarang udah change purpose, dijadikan sebagai objek pacaran, terlebih jika malam minggu pasangan2 itu bisa bertahan sampai larut malam, entah apa yang dilakuin disana padahal lampu penerang tidak dihidupkan dibagian bawah sekitar taman, (hanya lokasi salibnya aja yang dikasih penerangan) dan jalan2 menuju kesalib mulai dari pertengahan sampai ke arah parkiran salib bisa kita jumpai pasangan yang sedang amat sangat dimabuk asmara, knapa saya katakan demikian? karna mereka dapat menahan dingin yang menusuk dan kegelapan malam yang gelap gulita (soalnya lampu penerang jalan tidak dinyalakan) parahnya lagi kebanyakan yang kencan dirumput dan semak serta diatas bebatuan itu adalah POLISI. (untuk men chek kebenaran ini silahkan anda buktikan sendiri)..
    saya orang tarutung aseli, dan saya mengetahui hal tersebut berdasarkan informasi dan pengalaman saya melihat langsung ketika cuti dan pulang ke tarutung.
    sungguh ironis bukan kawan… tarutung dikenal sebagai kota wisata rohani tetapi ketika ditilik kedalamnya sungguh pemandangan yang luar biasa yang kita dapati.
    Tapi itu semua tidak membuat saya ciut nyali, aku tetap bangga menjadi orang Tarutung..! horas…..

  209. Tarutung…………………………
    adalah kota mugil yang sangat indah dan permai yang mana kota tarutung adalah kota kelahiranku yaitu tepat disipoholon,
    kota tarutung……………aq berharap smoga engkau smakin jaya dan smakin sukses di brbagi bidang dan mengikuti sgala perkembangan zaman ………….
    Tarutung………….aq kan slalu merindukanmu karena keindahanmu,kesejukanmu,keunikanmu dan keramah tamahan masyarakatmu………….
    tarutung …………….I LOVE YOU FOREVER

  210. SALAM KANGEN BUAT SMA N 2 TARUTUNG,BUAT BAPAK KEPALA SKULA MANALU.IS THE BEST,TETAP JADI NO1 DEH………………..! AKU KANGEN MARTONUN ,KESAWAH,HEHE…………………..! SMOGA ANAK2 RANTAU DARI TARUTUNG BANYAK YANG BERHASIL, TETAP JAYA TARURUNG TERCINTA, JADILAH KOTA WISATA ROHANI YANG SEJATI. LASKAR KRISTUS SAMPAI KE UJUNG DUNIA. TUHAN YESUS BESERTA KITA,

  211. Horas!
    Salam buat teman2 alumni SD Latihan HKBP angkt. 1994, SMP HKI angkt. 1997, SMU 2 HKBP angkt. 2000.
    Ngamasihol pajumpang dohot angka dongan sikkola. Hupaima barita sian hamu..

  212. H…O…R…A…S TARUTUNG……………….
    ” Molo dung nijaha akka posting Comment ni akka dongan, gabe mengundang lungunni roha naeng mulak tuhuta, naeng berkunjung kembali tu kota TARUTUNG, duh….kangen bangat nian. Nunga 4 thn di tanah rantau mengingatkan kembali akan Tapanuli. Keindahan alamnya, kesejukan udaranya apalagi dinginnya di malam hari.
    Semangat terus dan Bangkitlah kota TARUTUNG. Salam tu sude Generasi Tanah Batak
    Tuhan Yesus Memberkati “.

  213. Syalom, Horas, Salam Kenal Pada teman2 yg mencintai kota tarutung. Saya lahir di kota tarutung , tapi besarnya di tanah jawa. Saya dulu tinggal di dkt Pajak tarutung Gang 4 dkt Gereja GKPI, pernah sekolah di SMA HKBP 2 Tarutung pada tahun 1990 & Tahun 1992, Kelas 1 sampai kelas 2 SMA.

    Waktu itu ada teman2 sekolah saya ada yg bernama : Dimpu Tobing, Ronald Gultom, Rina ( yg bapaknya kerja di TELKOM ), Lastri, Marlina , Joko Nababan , Rahmat , dll

    Ada teman2 di luar sekolah seperti : Ihiando, Duma, Mega Sihombing ( SMA HKBP 1 Tarutung ), Yanti Silalahi ( SMAN Tarutung ), Mona Siregar . Apa ada teman2 yg kenal ama mereka ? Bila ada info2 nama mereka tolong donk infoin saya. thanks .

    Saat ini saya tinggal di Lippo Cikarang, Bekasi, dan bekerja di rumah produksi yg bikin acara televisi seperti : SOLUSI yg tayang di SCTV & O CHANEL, OBAT MALAM tayang di TPI, ONE CUBED di GLOBAL TV. dan berbagai televisi yg tayang di seluruh televisi Indonesia.

    Salam kenal & sukses utk teman2 yg punya kenangan akan kota Tarutung . Tuhan Yesus Memberkati.

    Dari : Rudy Simatupang
    Email : rudy_simatupang2010@yahoo.com
    HP : 0813 115 150 22

  214. Waktu itu pertama kali masuk sekolah di SMU HKBP 1 Tarutung, terasa sangat asing, suasana yang sangat berbeda, sudah 6 tahun kawan2 kita tak jumpa, di mana kah kalian

    lulus thn 2004, wlpn hny 1thn dstu sy mempunyai kenangan sangat manis disana
    Roma Erfina Br.Hutagalung my first love, kami cinlok 1kelas,
    bnyk kenangan lucu dengannya, entah dimana dia sekarang
    Tmn2 dmn klian aku rindu berbagi kasih lagi spt dulu
    dewita, perobahan, jackson, soni, tunas,sri, dll
    aku rindu kalian..
    kpn kita ktmu lagi
    contact sy di 02185583624
    email fantastisco_moses@ymail.com

  215. Karena Kecintaan kita sama KOTA TARUTUNG mari kita dukung Pembangunan di sana,alai bohama carana ate,.., akka namarpangkat jala pejabat di Kota Jakarta do sude marpungu hape porlu hiando akka siboto surat napistar mamimpin di Huta Tarutung Nauli i.asa adong kemajuan.. sian tatadikkon naujui sahat tu tikkion sai songonna soadongdo perubahan ate..molo LOVE do mantapma attong..AEK SIGEAON ida malam minggu i.pinahuddul di holipni bunga ..haa..haa.hhaa gabe godang nataringot ate..Horasma

  216. Kota Tarutung butuh pembuktian bukan kata-kata. Buktikanlah sudaraku, jangan hanya mengatakan cinta akan kota Tarutung. Saya terkesan dengan saudara BUDI TOBING (comment-nya) yang sungguh menggugah. Tergerak kah hati kita untuk membangun kota yang indah ini? Mari pulang dengan keberhasilan untuk membangun, jangan pulang hanya untuk menikmati yang ada, tetapi menciptakan karya dan lapangan pekerjaan untuk saudara kita yang semakin hari semakin banyak yang menganggur (ala ni hapogoson dohot ala ni losok). Ciptakanlah lapangan pekerjaan supaya semua sejahtera dan makmur.

    Mauliate

  217. sebenar nya dalam membangunnya hanya perlu kebersamaan aja
    tapi kita lihat orang batak yang terkenal dengan HOTEL nya ya, gimana mau berkembang
    dan juga kita harus lihat tempat wisata rohani yang sudah di kotori oleh kaum muda di sana banyak kaum muda yg tdk pnya kerja jadi merusak daerah nya sendiri.

    dan disini bupati juga harus turun tangan dalam menghimbau masyarakat agar mengikuti program daerah yang saat ini banyak dilakukan didaerah berhasil sprt membentuk kelompok tani ini akan membuat penghasilan masyarakat bertambah.

  218. Tarutung…………mmmmmmmm
    Kota yang sangat indah dan menawan.walaupun lahirnya bukan di tapanuli utara tapi tarutung lah kota idaman di hati..semenjak sekolah di smunta angkatan 03 banyak kenangan indah bersama teman – teman..selama 3 tahun saya berada di tarutung buat menuntaskan pendidikan saya.namun saya lama sudah tidak menginjak kota tarutung lg berhubung sudah merantau di negeri orang. tapi saya berharap suatu saat saya akan menginjak kota tarutung lagi dan mengobati rasa holong saya…….tu akka dongan Smunta angkatan 03 andigan reonian unang lupa paboahon kbr ate mauliate….H O R A S.
    contact sy di 081321125667.

  219. jeckson Hutabarat SD N3 TRT, SPN N 4 TRT, STM HKBP seminarium Sipoholon 96, Sipaholon partandanganku, tangsi bolos sikkola, air soda parmeanakku, in memory…..
    didia do hamu sude angka dongan saonari. 021-94925938, 081213347938

  220. @ Bang Jekson Hutabarat..

    Horas abang, angkatan sadia bang…
    au pe sian SD N 3 (manang SD N 173123), SMP N 4 (manang nuaeng SMP N 3 tarutung)…
    salam kenal…

    Boasa dang ra maju Tarutung…???
    Sebuah pertanyaan sederhana namun sarat makna. Jika saya boleh menjawab, boasa tarutung dang ra maju, alana tung gok dope di hita par Tarutung naso ra sadar dope. Sebagai contoh, sudah menjadi rahasia umum di tarutung, bahwa segala sesuatu yang termasuk dalam fasilitas umum, pasti tidak akan bisa bertahan lama. Seperti lampu2 di aek sigeaon pasti dilempari hingga pecah, lampu taman di simpang 4 juga mengalami nasib yang tidak jauh berbeda, dan masih banyak yang lain.
    Mungkin kadang timbul pertanyaan, apakah arti keindahan bagi masyarakat Tarutung?
    Itulah salah satu contoh dalam hal keindahan.

    Kemudian mengenai kemajuan secara menyeluruh. Tidak perlu disangkal bahwa Tarutung merupakan salah satu kota penghasil mahasiswa setiap tahunnya. Banyak lulusan SLTA di tarutung melanjutkan pendidikan hingga ke tingkat sarjana. Dan tidak bisa kita pungkiri bahwa perantau kota Tarutung juga merupakan para perantau yang berhasil di negeri orang. Tapi kenapa Tarutung masih seperti itu?
    Yang saya lihat dalam menyikapi hal ini adalah, bahwa pangaranto Tarutung belum serius dalam membangun bona Pasogitnya. Lihat saja, begitu banyak anak Tarutung yang berhasil di perantauan, berapa orang yang berinvestasi di Tarutung, cukup di hitung dengan jari tangan. Kebanyakan dari kita hanya bisa berwacana, tetapi sangat susah dalam bertindak. Apakah selamanya kita hanya bisa mengomentari tanpa bisa mewujudkan.
    Namun di sisi lain, bahwa kerja sama dari PEMDA juga saya rasa masih sangat kurang. Keseriusan dari PEMDA dalam merangkul para perantau masih terkesan malu-malu atau bahkan dapat dikatakan masih memiliki gengsi yang luar biasa. Padahal jika PEMDA serius merangkul para perantau, bukan tidak mungkin mereka akan berlomba2 untuk membangun. Manfaatkan sifat orang kita yang senang berkompetisi. Karena aku yakin ketika satu orang serius membangun kota tarutung, aku yakin hal ini akan memberikan efek domino bagi perantau lainnya untuk berlomba membangun bona pasogitnya.

    Horas….

  221. 7 tahun lamanya ak tak pulang ke trt, sktr bln mei 2010 dengan hati yg semangat dan brencana ingin melewatkab waktu cuti slama 2 minggu di trt kampung halam, namun setiba di trt tak satu pun perbuhan baik inprastruktur maupun taraf kehidupan di sana. Sangat membosankan baru 2 hari ingin cepat pulang ke rantau lg….

  222. Bulan ini saya akan pulang ke tarutung dan akan kembali merasakan suasana tahun baru di kampung halaman. Harapan saya semoga tarutung tidak mengalami perobahan apapun sehingga pulang kampung ada rasanya. Biarlah yang berobah cara berpikir orang – orang disana bukan bangunan dan fisik kotanya. Karena saya tidak rela jika pulang kampung menemukan hal – hal yang sama seperti di kota – kota lainnya seperti maceeeet.. banjir, polusi dll. Saya menginginkan tarutung tetap sejuk /dingin, sepi dan nyaman untuk disinggahi

    BTW adakah diantara milis ini alumni SMA HKBP Tarutung.. khususnya lulusan 1988.

  223. au parpangaribuan naso pola mananda Tarutung,,,alai sai masihol do au nanggo apala saminggu tinggal di Tarutung. karena ktrbatasan fasilitas wkt dulu,,,aku jd ga prnah kenal dgn Tarutung,,hanya skdar mampir. Skrg aku sdh tggal di Jakarta,,tapi aku masih memendam hasrat ingin menikmati keindahan kota Tarutung. suatu saat nanti. Horas tano hatubuanku

  224. horas tarutung city,horas sma santa maria tarutung…berkatmu semua anak2 tarutung berhasll(sukses) terlebih sma santa maria tarutung…..lanjutkan prestasimu membinbing anak2 bangsa mnjadi lebih sukses dan tenar lagi namanya di luar negri sana,seperti banyak terbukti………….good luck…..
    pemerintah perhatikan tanah batak,bangso batak,seperti tarutung nauli……..i like’t

  225. molo huingot rurasilindung najolo…..
    narap dakdanak uju tinggal di huta……..
    manetek ilu maraburan so binoto………
    da hutakki sai huingot doho………….
    aek ristop sai banjir molo ro udan……
    mardekkei maau di sungai i…………….

  226. rura silindung nauli,sai masihol do au tuho…………………………………
    hutakki tano hatubuanki…………………………
    ikkon majo doi attong……satibbo-tibbo na…..

  227. Wao… tano hatubuanku… banyak hal yg buat aku membanggakan Tarutung. sekolah dan bermain masa kecil sampai selesai dari STM HKI hahahaa kata org dulu itu Kampus biru… Mantap.. terakhir plg 2007 tidak byk yg berubah. tapi sedih jg teman2ku sudah pada merantau sama halnya dengan saya. oh yah buat teman2 dari Tarutung saya mau Kutip satu hal”” Parhitaan ai lobi penting do Tu adat dari pada na Mar Tuhan”” kabar ini dari org batak sendiri yg saya dgr menyedihkan hati kadang ada benarnya.. buat saudara2ku mari kita ingat Tarutung dan sekitarnya.. pangaratto lam maju. alai Hutana tong gabe Huta huta. kita doakan biar pangaratto terutama naung gabe mangingot akka Hutana be. anggiat ma nian kerohanian nasalah tanggap i boa lam tu denggan na. jala boe hita pamaju hautatta i. GBu all

  228. kapan ea q ke tarutung kge??

    da kangen ni ma tman”

    mmmmmmmmmmm

    bikin ngemez jha kota TARUTUNG nich???

  229. hatiku tertinggal di Tarutung
    aku kenal seseorang,,ternyata dia ada di penjara,,dan ternyata dia orang tarutung.
    terlepas dari apa dan siapapun dia,,ternyta aku jatuh cinta padanya,,,,,,,,,,,
    tapi kami beda,,,dan perbedaan itu amat nyata,,,tapi aku aku mencintainya,,,
    TUHAN,,,biarkan cinta ini hanya aku dan dia yang rasa,,,,,dan hanya aku ,dia dan TUHAN yang tahu,,,,akan kusimpan sampai kutiada,,,,

  230. KOTA TARUTUNG adalah kota kelahiran ku,,
    15 thun aq tinggal di tarutung dan aku sangat bangga dengan kota kelahiran ku yang sangat nyaman sejuk,,

    ingat kota tarutung ingat masa kecil ku,,
    kota tarutung tetap kota kebanggaan ku,dan tak akan pernah ku lupakan,,

    I MISS TARUTUNG CITY

  231. tarutung adalah kota dari orang tua dan opung saya, dan saya br merasakan keindahan kota tarutung setelah dalam hidup saya untuk pertama kali nya menginjakan kaki di kota ini..

  232. Maju Tarutung…Jesus bless u abundantly…
    salam hangat dan kangen buat keluarga Hendri sianturi n kakak jg buat Goklas, Echa, Otniel
    missing u all….by His Grace ,,,,Leny

  233. Horasssss Tarutung…….

    Kota Tarutung kota hatubuanku ima di Siualuompu (Andeswa) na so tarlupahon sai masihol do au tuho…. tung pe holat ni kalas 1 SMP au di Tarutung tetap do godang kenangan…..
    Saotik pinaboa tu akka dongan na di Jakarta molo ngenang mancetak akka undangan & segala macam hub ma di :
    021 – 995 992 56
    Email : leo_siagian@yahoo.com

    MAULIATE GODANG MA PARJOLO…………

  234. syalom warga batak… kusus nya warga Tarutung cwa nya…… aq n’dri sich orang batak pakpak lho….. tp aq kagum am orang batak toba,,cowok nya mayoritas pribadi nya mandiri swa.. and Q Jg punya banyk temen warga tarutung,,kusus nya stu orank bwt marga hutagalunk…. how are u today,,my brother.. q harap baek” az,,, bwt yg smwa ge bca situs ne… nice to meet u… Njuah -njuah ..Horas..

  235. Horassss ma angka dongan nasian Tarutnug, nag pe nunga leleng Hidup diluar Tarutng alai molo mulak ,pasti ro Tu Tarutng ai hutanami mansai jonok do tu Air Soda, molo na jolo goarna Aek Rara, jala botari minum Spade dohot mangallang Pisang Goreng di SiMaung2, Horasma

  236. HOrasss Tarutung………
    Tarutung mmg kota yang indahh dan mempunyai masyarakat yang tentram …..sampai2x saya pernah nonton di berita ..klo kota tarutung tuh ….termasuk kota yang toleransi antar umat beragama yang baik dan pantas di tiru ….hhhee…jadi bangga awk dengarnya …tpii …klo saya lihattt……..sekarang ini banyak anak -anak , remaja, yang tidak sekolah…apakah itu faktor ekonomi atau faktor si anak yang tidak mempunyai motivasiii….padahal katanya dulu anak tarutung tuh pintar2x….dan rajin sekolahh ….beda dengan yang sekarang ….!!! …anak2x kecill udah pada jagoo main bilyard ( yg berakhir dengan judi )….begitu juga dengan pemuda2xnya …yang kebanyakan pengangguran ……saya jga bingung …darimana asl pendapatan perkapita kabupaten tarutung …klo di liatt ……dari segi manapun …semua pada tanggung ……….di blng dari bidang pertanian …semua petani tanggung ..( hanya cukup2x makan) ….dari bidang perindustrian ( tanggung )…….dari segi pendidikan ( tanggung ) …….dari segala bidang tanggung ……………akakakakkaakk..
    saya salut kpda bapak Toluto ..yang sudah susah payah membangun kab.taput ….yaitu dengan cara memasuki perkampungan2x pedalaman …..dan membangun sarana ke pedesaan-pedesaan …………saya tdk nyangka bahwa di kab.taput ..masih bnyak pedesaan2x yang belum pernah di masuki oleh orang lain …..bisaa gk kita bayangkan ..di zaman modernisasi skrg nee….masih banyak rupanya pedesaan di pedalaman2x sana yang masih belum bisa bersosialisasi maupun belum pernah merasakan yang namnya lampu penerangan ….nonton tv…dll….
    tpi berkat bpak Toluto …semoga perjuangan bapak tidak siasia …….Tuhan memberkati …
    “”” KEINDAHAN ,,KENYAMANAN,,SUATU KOTA ,,,ITU DI TENTUKAN JUGA SIAPA YANG MEMIMPIN “””

  237. Horas Kota Tarutung nauli disi ma dohot rura silindung nauli…Salib Kasih yang megah…penduduk yang ramah..malungun iba sai naeng mulak…Tarutung inganan hatutubukku…semoga kelak menjadi kota yang besar..yang akan dikenal banyak orang..Horas Tarutung semakin jaya..

  238. Horas tarutung, sai malungun do roha molo ni ingot ho o hutakki, sai marsaringar do goarmu tu sandok liat portibi on tung dao pe ahu di parjalangan i anggo ho hutakki tung soboi do tarlupahon. Nunga tarbarita ho kota budaya, kota pendidikan dan kota wisata alai sahat tu sadarion ndang godang perubahanmu sian ho hutadingkon, jala sungkun do roha di dia do nasala. O….. ale angka dongan mari kita berbuat dan bangkit tapadenggan ma hutattai.

  239. Horas Tarutung Nauli…..

    Kota Tarutung kota yang penuh kenangan, Lapangan merdeka menjadi saksi
    kesaktian CINTA ku, menunggu dua Tahun lebih untuk mendapatkan jawaban
    yang pasti darimu, Tetapi Kenyataan hidup berkata lain, Benar dikatakan bahwa JODOH semuanya di tangan TUHAN, Amin… Saya bersyukur dengan kehidupan
    saya yang sekarang… Dengan istri yang cantik dan anak yang ganteng, semuanya
    KARUNIA TUHAN…..

    Kota Tarutung, Next… saya akan kesana membawa keluargaku untuk BERLIBUR
    menikmati INDAH nya Tarutung…. SMUN 1 Tarutung …. tempatku di tempa…
    Guru-guruku yang LUAR biasa…. Memang hanya di Tarutung Guru yang Hebat…
    Karena Saya sekolah disana doeloe….

    Sahabatku Angkatan’99,
    Sebagian saya tahu Engkau dimana, tetapi sebagian saya ngak tahu,
    11 Tahun sudah kita tidak ketemu, pasti wajah dan Nasib sudah berubah ya…
    Saya doakan semuanya BAIK. Karena apa yang kita dapat saat ini Bersyukurlah…
    Semua INDAH pada WAKTUNYA.

    Amin…..

  240. Horas tarutung, didia dohamu nuaeng angka dongan nunga tung masihol roha tarlumobi tu angka dongan sasikkola ditingki di SMP 2 naujui,tabo nai ate molo boi pajumpang dht dongan sa alumi tarsongon alumi 82 nanaeng patupa on nasida di bln november na ron.Dinasahali hea do ahu pajumpang dht donganta di jakarta ima; Fernado simajuntak (ketua DPRD Taput),Tambun Sitohang,Silvana Simanungkalit(Toko Serbaneka),Estina Nainggolan aut sura dos rohanta tapatupa nian songon na pinatupa ni kakak kelas ta ima alumi 82, alai songon saran sian ahu dongan na tinggal di jakarta ma nian songon Mediator laho pahimpuhon angka dongan,jala na huboto natinggal di jakarta halak ito si Estina, ito si Silvana, Si Melva, lae Sitambun, Lae Sibastian, ito si julinar dht angka dongan na so nidok goarna dope.Alai molo boi nian tu sude angka dongan sa alumi 84 asa sude hita mangalehon rohanta ate anggiat boi nian hita pajumpang bohi paling tdk adong komunikasi.Mungkin godang dope angka dongan na haru tangkas masitandaan jala porlu patandahononton molo ahu na margoar Asbant Panjaitan (Amani Hanna) jala tinggal di palu sulteng, inanta boru Aritonang dakdanak 1 boru, 2 baoa naumbalga boru lagi kuliah di Trisakti sinomor 2 kelas 3 SMA, siampudan kelas 3 SMP ma. jala boi do di hubungi tu 081354232999.Horas ma dihita saluhutna Napuran tano2 rangging masiranggoman badan padao dao tonditta ma masigonggoman.

  241. Kota Tarutung yang ibu kota dari Tapanuli Utara(TAPUT) merupakan desa yg dulunya banyak pohon durian.dikota tarutung ini mempunyai gunung yg panoramanya indah yang disebut dengan Dolok Martimbang.
    kota Tarutung ini terdapat aliran sungai(aek sigeaon) yang memanjang,yg mana aliran sungai itu,sampai ke Sarulla (kecamatan Pahae Jae)
    kota Tarutung sangatlah indah,yang mana bentuk kotanya,,berbentuk Wajan (kuali) yg dikelilingi bukit-bukit.

  242. **HORAS**
    salam saya dari tanah DAIRI,sidikalang
    ng banyak yang bsa saya katakan tentang tarurung yang indah,,orang2 nya yang ramah,,,dan tempat wisatanya yg tak bsa dilupakan

    walau sekedar numpang lewat dri sidikalang, tarutung,pangaribuan tpi aq tidak lupa menyinggahkan diri di pemandian air hangat sedikit panas,,sambil bersantai menatap keindahan kotanya dri atas bukit sipaholon,,,wihh asik,,,,

    poko ne asik lah,,,,,apa lg ditambah dengan makan telur bebek ,,,,

    pokonya tarutung tak terlupakan,,,,

  243. NDH
    4 8 2011 Dari Eropa

    HORAS PENCINTA TARUTUNG

    Lahir Tarutung Doloknagodang 1935
    1941/2 Masuk Sekolah Gereja HChB Setempat, pindah kl3 sd Simorangkir
    1946 Siantar 1949-1957 Medan SD SM SMA (Tamatan)
    1957 Jakarta 1959 – 1966 Surabaya Jatim Dll, 1966-1967 LN di Hong Kong / Filippina, 1967-1970 Jakarta, 1970 Eropa 1971 – Kini : Domisili Eropa a.l: 1977 ke USA : Boston / New Heaven/NY/Washington I/II NY Wash Orlando Florida Buffalo Dll

    2003 Terahir dari Tarutung, minum kopi dsb di Bondar Sibabiat bersama dengan Generasi Orangtua / Karir Desa kominasi Kota baru pulang kerja sambilan di Kota Tarutung, dan Diskusi meneruskan lagi Pembangunan di Desa kerjasama model lalu 1987/1988 dst.

    Kini saya masih di Eropa, Inklusip utk Taritung bersama utk Indonesia Voluntir via Internet Mencerah Pembangunan Setempat.

    Horas Horas Horas !!!

    ND Hutabarat
    Oppung Usia K 7,7

  244. Horas di hita sude….
    Horas secara khusus tu Amang ND Hutabarat di huta na dao..

    Uli ma nian tahe luat kota Tarutung i ate…
    Sai lam tu majuna ma nian angka pangisina niuluhon ni pemimpin na denggan….

    @ Lae Monang S Purba
    Saling berbagi informasi hita ate Lae.
    Kalo dari cerita2 yang saya baca/dengar sebelumnya : di Tarutung itu nggak pernah banyak pohon durian. yang ada adalah 1 pohon yang di arah tangsi (di ginjang ni Jl. SRaja nuaeng).
    Dungi muse, aek sigeaon i dang sahat tu Sarulla. Molo kec. Pahae Jae, tohoma i. Alai sebelum Sarulla nungga marbelok aek/sungai i tu arah BatangToru TapTeng.

    Mauliate mardongan holong.

    Norman Simorangkir
    alumnus SimSimDo

  245. Terus terang saya sendiri sangat berterima kasih kepada Tapanuli Utara.
    Di mana saya bnyak mendapatkan berbagai hal yang sebelumnya blm pernah saya dapat. Saya menimbah ilmu selama 3 Tahun di Tarutung,d Tarutung juga saya menemukan belahan jiwa saya untk yang pertama kalinya,di sana saya merasakan apa artinya di Cintai dan apa artinya mencintai. masih banyak lagi kenangan yang tak terlupakan di Tarutung,meskipun saya tidak lahir di sana,tapi saya sangat bangga kepada TAPUT,terimakasih banyak. HORAS,,,,,,,
    I like TAPUT…

  246. Horas Tarutung nauli. Aut sugari boi ma nian marhabong habong au tarsongon pidongi,tokkinon do au dohot keluarga ro tusi. mandapothon huta tarutung,huta ni naso jadi simatuakki ,molo huta ni simatuakku nungnga hudalani muse .alai hu sangahon pe ro ai dang tarlupahon kota tarutung,pagi-pagi sudah berasap mulut karena apa ya .ha…..ha……………

  247. Tarutung ima hutakku,..huta hatubuanku,nang pe sahat ni na lao mate pe……

    molo akka na marbisuk na sian tarutung on na di tano parserahan,.asa tu maju ni kota Tarutung on ma diroha on habisukon nai..

    HORAS, HORAS,HORAS.

  248. Tarutung………Tarutung……..Tarutung,walau hanya kota kecil ,saya bangga sebagai tanah kelahiran saya.walaupun bona pasogit kami sebenarnya di balige,tapi saya menjalani kehidupan mulai dari kecil,sekolah di SD 3 (173102) saitnihuta ,marhuta di huta banjarnahor Saitnihuta,SMP di sigompulon(SMP 1) SMA di Tangsi SMA Negeri Tamatan “96”.Semua tidak terlupakan dan akan selalu kuingat,apalagi kalau bln desember tiba ,senang rasanya bisa pulang kampung ,walaupun ongkos mudik ,minjam-minjam napenting mulak tu huta.semoga kota Tarutung tetap menjadi Kota yang DAMAI,SEJUK,DAN KOTA IMAN .salam buat Bapak Bupati Taput,harapa saya masyarakat Tarutung makin sejahtera di kepemimpinan Bapak.
    HORAS TARUTUNG NAULI.

  249. Dear All,
    Horas and shaloom
    Saya Daniel.S.Lbn.Toruan lahir di siborongborong desa lumbaninaina ,waktu SD n SLTP saya tinggal disana alumni SLTP Banualuhu.hampir 20 thn sudah saya merantau menuntut ilmu di jakarta dan akhirnya saya bekerja di perusahaan penerbangan asing dan saya alumni STM Dan Stimik Jakarta .Saya punya impian untuk kedepan saya mau back to kampung membangun daerah khususnya tapanuli haran saya pensuin maksimum umur 45 thn kalau Tuhan mengijinkan .beberapa tahun silam saya pernah mengirim email pada bupati tarutung untuk mengajak alumni jakarta yang mau dan berbakat untuk mengembangkan tarutung tapi tidak ada respons saya ini saat mau ajak lagi kita semua bagi yang mau partisipasi khususnya yang tinggal di JABODETABEK untuk membentuk dan membuat suatu hal yang baru untuk membangun taput .mari mebangun bersama -sama.ubungi saya di Email :sombu@ani.co.id atau sombu_lbn@yahoo.com
    Phone : 021 713-25135 Flexi
    Hp .081384948277
    Salam and GBU All

  250. saya tinggal di silangkitang, apala pas ma ditoru ni kampus STAKPN disi adong do jabu ni mak tua ku. molo ro hamu tu si sukkun hamu ma didia do kantin ipit-ipit

  251. Tarutung…
    Love u Forever and ever….
    Salam buat semuanya, terutama alumni SMU 2 HKBP angkatan 1998
    horass..

  252. Lahir dikota wisata rohani Tarutung pada tanggal 10 November 1989 . Masa kecil dan masa remaja yang sangat indah . Tumbuh besar dalam lingkupan kasih Sayang Ayah dan bunda . Saat ini Ananda sangat merindukan tanah kelahiran ku
    TUHAN…………………………
    Bantulah Hamba dalam Menyelesaikan Studi Hamba ini agar hamba dapat kembali ke bonapasogit hamba

    Tanx

  253. Siborong2 huta hatubuan’alai kota tarutung dang boi hulupahon,apalagi molo huingot sude kenangan dohot angka dongan Smu hkbp 1 alumni 99 IPA,sudenai dang tarlupahon.apalagi molo huingot hallettu najo…Ellis simajuntak,parhutabarat ASPOL,rap mardalan pat mulak singkola,dang huboto manang didia saonari.jadi tu angka dongan ate… molo diboto hamudo bah… manang didia itoani paboa lae\ito jo tu au..081315599133 cinta yang hilang…………….

  254. Horas………….kota tarutung# Salam buat temem2ku semua, terutama lulusan Thn “99 SMU HKBP 1 Tarutung. Ngamasihol daba naeng pajumpa apalagi molo ni ingot rap dohot angka dongan par IPA 1,nasering cabut lao manonton bioskop ni sitekkong’sude dang tarlupahon……………suang songoni nang dongan saparmeaman lao mardalan pat tu RAMBING, jala sada kenangando malo jumpa ari Minggu alana disido pajumppa dohot hallet,holan tangan naipe nitiop sai hera naung diawang2do perasaan. Alai ambalni hata….sattabijoba tuangka dongan………..molo adong hamu mamboto Namargoar SI ELLIS Simajuntak paboa hamujoba,ngatung masihol hian au (CINTA PERTAMA) 081315599133 N.SIHOMBING_Parsiborong2_BEKASI

  255. Tarutung, kota nan indah.
    tempat kelahiran ku.
    Aku lahir besar dan kini bersekolah di SMA N 1 TARUTUNG.

    Tarutung, :*

  256. anthoni manik
    mancai godang do mungkin pasu2 dilehon debata tu sude pinnopar ni akka jolma na gabe hasea di portibon.,baik dimiliter pemerintahan manang na dikepolisian,alai boasama dang boi pembangunan di huta ta i gabe maju di huta ta TARUTUNG,holan sada do pesen ku tu hamu akka sude pangaranto na nunga berasil dipangarantoan,inves hamoraon mi tu hu huta ta TARUTUNG.asa boi lam tudenggan na ma perkembangan kemajuan dohot perekonomian akka keluarga ta na di tarutung.

  257. woi………………….nasomasiholdo hamu poang tuakka dongan sasikkola najolo?? Mungkin ra ngagodang nahasea ate….songon au sandiri dang boi au lupa tu kota Tarutung on,tarlumobi tu dongan sakalas PAR IPA 2,SMU hkbp 1″thn 99. sipata baen hamu kabar…………08131559913387774364342, horas tarutung”””””

  258. Sorang disada huta lungun jala dame ima lapogambiri
    Magodang di luat ni halak
    Holongku holan tu huta hatubuan
    Disido Dainang Manudu-mudu au
    Molo ndang tarpatua au dope nadenggan tuhuta hatubuan i
    Nasai ingotonku do saleleng ni ngolukku
    Tarutung, sma negeri tangsi paborhat au mangaratto
    Tuluat nadao….
    Hoorass

  259. Tarutung Huta Hatubuan ki sai tu hodo rohaki
    angka dongan sasingkola didia do hamu nuaeng, SMP N 1 Sigompulon kelas III 7 tahun 1990.

  260. Tarutung: huta hatubuakku.. nungnga sai masihol iba naeng mamereng natua-tua i.. anggiat ma nian boi au mulak taon naro, molo taon on, songon naso boi dope..

  261. Aku bangga menjadi orang Batak terlebih lagi karena aku lahir di Tautung yang indah dan malah sangat indah. Hamparan persawahan yang membentang luas bagaikan permadani yang tersusun rapih. Terlebih kalau kita pandang dari Bukit Salib…menakjubkan…Namun ada satu kendala yang sering aku temui bila mampir ke Tarutung..kemajuan pembangunan yang sangat lambat…ada apa gerangan?Bila kita bandingkan dengan Sibolga sekarang ini,…maka kota Tarutung sangat jauh tertinggal. Aku bisa menghitung berapa bangunan yang bertambah sejak aku lahir thn 1965 smp terakhir ke Tarutung thn 2010 yang lalu…sedih dan sedih. Tp kita msh punya waktu utk membangun kota kita ini..Adakah yang bisa memberikan infomasi tentang lokasi air terjun yang berada di sekitar desa Hutagurgur?(desa yang kita temui pertama bila kita menuju Sipahutar dari arah kota Tarutung).Bila memang air terjun tersebut masih ada, mohon info sekitar berapa meter jatuhan airnya dan debitnya..Kantorku sekarang ini bergerak di Pembangkit Listrik Mini Hidro…Mauliate dongan…majulah Tarutung. Horas..Parlin Tampubolon 08521 744 7555

  262. Au kalas 1 s/d 5 di SD 173102 Saitnihuta.Taon 1985 kelas 5 sd pinda ma tu Medan.Molo adong akka dongan mangida komen on terutama Si Ojak,Max feber,Bernard,David Simatupang dll massai malungun au tu hamu..hub stevensimatupang@gmail.com GBU ALL

  263. Horas TARUTUNG..
    aku asli dari Banuaji. tepatnya pinggiran Tarutung yg ke arah Sibolga…
    pernah ngerasai mandi air panas Sipoholon, Aek Soda, Melewati dua jembatan, Gereja di Kantor Pusat HKBP, Makan di Rumah Makan Khas Batak, Beli Gitar di Toko Ganepo, Lihat RSU Tarutung dari pinggir jalan, Masuk ke Terminal, dll…
    Dulu kata-nya kota Pelajar..

  264. Tarutung….Tarutung….Tarutung….., sangat banyak yang sudah orang yang terpandang..terhormat….keluaran kota Tarutung…Nauli. Tulisan tulisan mengenai kota Tarutung di blog ini terlalu banyak untuk dicerna, berbagai macam usulan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan disana, tapi yang paling berkesan dalam hati saya justru bukan orang Tarutung….tapi….nama Muji Tarmiji dengan pohon “GAHARU”nya, yang dengan spontan Bupati Torang Lumbantobing menyupir sendiri rombongan untuk melihat pohon gaharu di Adian Koting.
    Saran saya kepada Bapak Bupati Torang Lumbantobing, saya sudah pernah bertemu dengan bapak sewaktu bapak dulu ketua DPR, bilamana bapak betul merealisasikan penanaman pohon gaharu itu dengan memberi gratis bibitnya kepada seluruh rakyat ta[anuli/dulu, 7-8 tahun kemudian akan terlihat ukiran dengan tinta emas dihati seluruh rakyat Tapanuli, dan biayanya tidak seberapa dibanding APBD yang ada. Terimakasih saya kepada Bapak Muji Tarmiji yang sudah membukakan jalan tersebut. Tuhan Memberkati kita semuanya, Amen

  265. Tarutung nauli,molo lao mandapothon tarutung hita sian sipahutar boima hita manatap
    hinauli ni kota tarutung,,,,,!alai nuaengon tertinggal jauh do tabereng sian akka kab. naasing (sidempuan,balige dohot na lain)

  266. Beginilah sikap kami anak rantau yang dari tarutung, terkadang terlalu cepat mencela situasi KOTA Kecil ini,,, Bagiku itu bukan sikap yang membangun,,, melainkan sikap menjelek2kan sesama,,. oleh karena itu marilah kita sama2 memikirkan, bagaimana caranya Kota Kecil ini Menjadi Kota yang Besar,, dengan sumber daya manusia yang berkualitas.. BERIMAN dan Memiliki rasa KASIH Terhadapsesaman..
    FORZA TARUTUNG..

  267. Aq suka bgt tarutung,
    emg saya blom prnah menikmati keindahan disana,tapi aku pengen skali suatu saat nanti jalan2 kesana brsama org yg Q kasihi,
    sayang bgt,
    stiap saya lewat sana,cuma mmandang lewat bis aja,
    walau saya lahir disumatra,tp saya besar di negri org….
    Horass tarutung nntikan kedatangan melva disana.

  268. Horas!!! Tarutung tak kan terlupakan.
    Hai Ronny Ronald Simamora, St masihkah kau jua mengingatku. Tak kusangka sekian lama aku menemukanmu di sini

  269. Horas juga Rere,
    Maaf…sudah lama tidak ketemu dan sudah lama tidak komunikasi…mungkin
    ada lupanya…tapi tolong ingatkan saja aku ya.
    Please email ke ronny_mamora@yahoo.com pasti aku balas…
    sekalian tolong aku di ingatkan ya…GBU..dimanapun kamu berada….

  270. Horas juga Rere,
    Maaf
sudah lama tidak ketemu dan sudah lama tidak komunikasi
mungkin
    ada lupanya
tapi tolong ingatkan saja aku ya.
    Please email ke ronny_mamora@yahoo.com pasti aku balas

    sekalian tolong aku di ingatkan ya
GBU..dimanapun kamu berada
.

  271. Rura silindung adalah tanah kelahiranku bulan depan saya dan keluarga akan mengunjunginya asa dohot jo manggotil eme asa maridi tu aek rara dohot tu aek rangat hutabarat, sipoholon, ugan.

  272. Saran saya agar kota TARUTUNG maju, mari lakukan dgn hal yang mudah, Apa itu……?
    minimal 1% saja dari penduduk tarutung yang merantau datang kembali mengunjungi/pulkam tarutung minimal 1 tahun sekali, maka sudah memberikan pendapatan penduduk setempat yang cukup besar, bagaimana kalau 5 %, 10% dst, tentunya sudah pasti memberikan pendapatan untuk penduduk setempat, jadilah wisatawan domestik untuk kampung kita sendiri, itu bukti nyata kalau kita memang mencintai kota kelahiran kita sendiri, tidak ada alasan waktu karena waktu bisa kita atur bukan kita yg diatur waktu, semua bisa diatur asal ada kemauan dan niat.

    Regard’s
    HORAS

  273. Tahun 2008 pada bulan Oktober hari ke 29, saya memberi comment pada Blog Tano Batak: KENANGAN DI TARUTUNG, saat-saat saya berdomisili d Tarutung lebih kurang hampir 5 tahun yaitu thn 1966 akhir s/d Pebruari 1972. Ternyata saya beserta sahabat-sahabat dapat reuni kecil-kecilan walau tidak dengan seluruh teman-teman. Saya bersama Jose Togi Silitonga 9 April 2012 berangkat dari Bandara Soetta ke Polonia, sahabat Jannus Sihombing telah lebih dulu berada di Medan. Pagi hari itu juga kami meluncur ke arah Tarutung, setibanya kami di Balige sahabat kami Ridwan Nababan bergabung dan keesokan harinya kami sudah bersama-sama di Kota Tarutung disambut sahabat Fajar Simatupang (Jesse) pada hari Selasa 10 April 2012 selanjutnya sesuai kesepakatan kami menuju Sibolga menemui sahabat kami Rinto Simamora. Dan genaplah sudah reuni kecil kami yaitu: ke 6 sahabat sebagian anggota Flower Town (Jose Togi Silitonga, Jannus Sihombing, Budi Tobing, Ridwan Nababan, Jesse Fajar Simatupang dan Rinto Simamora). Begitu bersukacita-nya hati kami dalam perjumpaan saat itu dan memang boleh dikatakan sesuatu yang membangunkan kenangan masa silam. Ayo….sahabat-sahabat lainnya (crew-crwe Simpang Opat TARUTUNG ….. kapan kita rencakan traveling selanjutnya….!

    ————-> kepada sahabat lainnya: contact person
    BUDI TOBING ( 0812.19101019);
    e-mail: tobingbudi@yahoo.com
    facebook: Budi Lumban Tobing

  274. Tarutung is a beautiful and peaceful city. In this city I was born and grew until the age of 17 years. I’d love Tarutung city youth raised Tarutung. Including me, I have a longing for the city would raise Tarutung through prayer. I hope others have the same passion with me.
    GBU ..:-)

  275. Tarutung kota yang gak bisa saya lupakan, nunga masihol ahu naeng mulak mardalani. angka dongan adong do punguan ni par Rura Silindung saonari jala na di ari minggu i tgl. 22 Juli 2012 diresmihon jala dilantik pengurusna. ketua umum lae Rudy Siahaan SH dht Wkl ketua umum Lae Johnson Tobing. mari bergabung membangun Tarutung nauli. Horasma

  276. Masih teringat kenangan di Tarutung,, walaupun hanya tinggal sekitar 3 bulan. tapi banyak hal yang tak terlupakan.. PKL di kantor pengadilan Tarutung,, dari tangsi dapat menikmati keindahan tarutung.. Salib kasih… pertama kali jadi anak kos,… bahkan pertama kali mendapat cinta pertama walaupun bukan yang terakhir… bahkan rasa bahagia n tenang disaat berada di salib kasih… Air panas.. bahkan segala keindahan yang tak terlukiskan dengan kata2…

  277. Tarutung Tempat kelahiranku, Saitnihuta…. Itulah BonaPasogitku, sudah lama tidak kesana, Nunga tung mancai malngun Au…
    Salib Kasih yang menjadi Kebanggaan, yang memukau perhatian Wisatawan.
    Saya Sungguh Bangga Akan Kota-Ku.
    Semoga Pemimpin-pemimpin Tarutung diberi kebijaksanaan untuk menata Tarutung makin Indah Lagi…

    God Bless Tarutung!!!!!!

  278. unang holan hata lao mambangun
    tarutung
    sai ddokkon hamu asa mambangun tarutung
    alehamu be sai tarhona do
    mangkarejoi huta ni jolma
    mulak pe holan sa tokkin do ipe
    holan lao manjalo hepeng
    ckckckckckckckckck
    kasihan tarutung ku

  279. Las situtu roha manjaha angka komentar sian sude hamu anak tarutung nadi parserahan i,namasihol tu tarutung. Pos do roha sai naro do hamu mandulo hutta on.Hamu angka dongan alumni SMP1 Sigompulon Tarutung molo mulak hamu tu Tarutung ro ma hamu tu sikkolata mardaon sihol,nunga godang perobahan/kemajuan ni sikolatai.Nabaru dope ro alumni 1982 ,jala ketemu tu sude guru,siswa dohot guru namengajar ibana naung pensiun.Utk contact :smpn1.tarutung@gmail.com atau ke kasek d.sihotang(DSH) mantan guru SMAN 1 Tarutung : dosnersihotang@gmail.com

  280. Banyak yang mengatakan bahwa Tarutung itu adalah kota MATI, tapi bagi saya kota TARUTUNG adalah kota yang penuh kenangan. Tempat dimana aku di lahirkan, di besarkan serta mendapat pendidikan mulai dari TK, SD, SMP Hingga SMA..
    Saat ini memang kota Tarutung tak setenar dulu lagi, sudah banyak daerah lain yang jauh lebih berkembang di banding Kota TARTUNG seperti Balige,, dsb. Tetapi untuk mengembalikan kembali ketenaran Tarutung itu di mulai dari semangat dan kemauan NAPOSO TARUTUNG atau generasi muda Tarutung untuk lebih maju lagi dan tidak hanya diam di tempat,,

    Untuk itu mari kita semarakkan semangat muda Tarutung dengan halpositif dan bermannfaat terutama bagi pelajar di @SMA NEGERI 2 TARUTUNG:) Semangat…

  281. sunggh luar biasa tarutung yg kita cintai ini tapi bsa menjadi biasa….saja jika kita yang membuat nya…..untuk itu sdr/sdri dimana pun brada…publikasikan saja kenangan manis yg luar biasa itu….kepada siapun manusia…thx

  282. Untuk PEMDA Tapanuli Utara….!!!!
    perhatikanlah jalan raya yang menuju ke Tarutung, karena hanya itu akses untuk meningkatkan perkembangan kota Tarutung,,,,!!!

  283. Horas sahabat-sahabat Alumni SMP Neg.1 Sigompulon – Tarutung.
    Saya kelahiran Tarutung Nopember 1946, lulus dari SMP-1 Sigompulon thn 1963, sempat 6 bulan sebagai murid SMA Neg.1 Tarutung ( Tangsi ), namun takdir mengatakan saya harus menyelesaikan pendidikan SMA di SMA Neg. 14 Jakarta. Kenangan terhadap kota Tarutung kalau diceriterakan tidak akan ada habis2 nya, karena pada masa saya kecil (SMP) kota Tarutung bukan main riburna, saat itu anak2 dari Pangaribuan, Sogotom, Sipahutar, Hullang Naipospos dll banyak yang bersekolah di TRT dan marinduk somang disana. Pasar TRT setiap hari Rabu dan Sabtu dipenuhi para pedagang dan pembelanja dari desa na ualu ( 8 desa ). Saya sangat bersyukur sama Tuhan karena masih diberikan kesehatan dan sejak kepindahan saya dari Kalimantan ke Jakarta thn 1986, minimum 1 kali setahun saya bisa pulang kampung. Kalau ada teman se angkatan yg membaca tulisan ini, tolong saya di tel atau kirim berita via e-mail. Salam & GBU
    Armyn Simanjuntak
    HP: 0812-8642710
    ujung.simanjuntak@yahoo.com
    AUP1946@gmail.com

  284. horas….
    maju lah tanah kebesaran ku,maju tarutung….
    aku rindu alam mu…
    majulah…Tuhan Yesus Kristus sertai mu sekalian…
    horas.

  285. Sude do hamu mandok denggan alai ndang adong na paturehon,termasuk pejabatnya ! para generasi muda pikirkan itu !

  286. Kota Tarutung, Nauli huta hatubuanku,ahu mangodang di huta Peanajagar sikkolah di SD 2 peanajagar SMP 1 Tarutung saonari tinggal di huta Riung Bandung, alai nampe lamdao au sian huta hatubuanki molo ni ingot ditikki dakadanak iba maridi di aek godang sibuni buni dohot aek godang sigeaon huhut mandurung dekke pora pora, piri piri sibahut tukmansai tabu situtu rap akka dongan magodang manimba nimba di hauma manbuat dekke sipalatima dohot sikke ,marmeang meang di dolok sibuni buni manjatkiti sotul,pinasa,,tarutung antajau dohot angka naasing niingot dope mulak sikkolah lao tu balian ,molo ari onang mangida naribur dipasar angka parobat obat, bioskop flim karate, manang pilim india ,manganlang kue talang,bakmi,karupuk piar piar,sipade,kue putu dohot angka na asing tahe alani sai malungun do roha naeng mulak,alai inima memory yang indah namai, nasoboeba dapotonnohon dikota jawaon.
    Alai nungga pola puluhan taon tinadikkon kota Tarutung naulion tung sopala adong perkembangan niluat i, saianggiatma adong Putra Putri daerah Napistar laho manbangun Tapanuli Utara on.

  287. Saya pengen ada perubahan di kota Tarutung …. Semoga dengan terpilihnya Bupati yg baru, kota Taurutng bisa lebih maju lagi..Amin ^_^

  288. Horas…….Alumni SMP N 3 Lumban Siagian, STM N Pansurnapitu terutama Angk 1992, bagi yang diperantauan bekerja keras terus supaya bisa pulang melihat bona pasogit minimal sekali setahun, sehinggga ada perputaran uang disana, bagi yang sudah kaya gak ada salahnya berinvestasi di tarutung seperti pariwisata membangun hotel dan villa atau bidang apapun. Tuhan menbekati

  289. Horas,,,,bangso batak,saya orang batak asal dari tarutung tapi belum pernah ke tarutung, kapan ke tarutung biar jumpa sama keluarga di tarutung,,,

  290. NDH :
    1.Saat ini 1995/2045: 2014/2019
    1.1.Saya kelahiran Tarutung Medio 1935
    1.2.Masih Relawan Turut Pencerah GP Generasi Penerus
    1.3.Masih diminta silahkan via Internet

    2.KLonsep Visi Missi Pembangunan : Dimensi I II III.
    2.1.Terutama Missi Dimensi III Finalisasi (Berhasil/Positip)
    2.2.DGK Demografika Geografika Kulturologika Dimekanisme Membangun
    2.3.Warga LSM TRIASPOLITIKA
    2.4.Memungkinkan Keterampilan Meningkatkan Pendapatan Per Kapita
    2.5.Via Proyek Padatkarya : Privat dan BUMN
    2.6.Di Semua Warga Keluarga Desa Kecamatan Kabupaten dst.
    2.7.Via Ketrampilan IPTEK
    2.8.Program Pendidikan Formal dan Informal (Praktis)

    3.Reorientasilah Akademika Universitaria Honoriskausa.

    3, Jadikan RURA SILINDUNG Model DGKSejajhtera-Indah !
    3.1.Konsepsi Dirgir KUD Koperasi Unit Desa
    3.2.Semua Tanah Ulayat Warisan Sempit dan Luas serahklan ke KUD
    3.3.Inventaris Pemilik atas Tanah dalam PERSENTASI
    3.4.Lalu diolah secara Ragam Kepakaran IPTEK
    3.5.Tiap Pemilik menrima rutin Persentasi Untung.

    4.Model Rura Silindung aklan memanfaatkan 2 Sungai Situmandio dan Sigeaon
    4.1.Tebat Besar bahkan Yangmini : Wirausaha Perikanan + Sebagai Danau Wisata
    4.2.Dll Sektoral menampung Kesempatan Kerja
    4.3.Tetap memelihara DGK RURA Silindung – Indah Sejahtera

    5.Saya NDH Masih harus di LN perlu Pemeliharaan Rutin Kesehatan
    6.Namumn Bekerja Relawan
    7.Karena perlu membagi Pengalaman banyak pada Generasi.
    8.Sebagai Bayar Utang !

    9.HH 29 8 2014

  291. TAMBAHAN NDH 29 8 2014
    1.Memang kenangan Tarutung Lem,bah Rura Silndung berkesan.

    2.Dalam Umuir K7,9 syukur urapan Tuhan
    2.1.sebagai Relawan saya turut mencerah pembangunannya
    2.2.Sudah saya mulai kombinasi Tugas Formal sambil Inisiatip-Plus
    2.3.Sejak Mudik I 1964 dartang dari Surabaya, melakukan Riset sosialekonomi politik
    2.3.1.Berrtemu Ephorus HKBP T Sihombing: Meningkatkan Metode Pembangunan 2.3.1.Insentip Dinas Pemda: re Perikanan Darat oleh Kepdainas Panjaitan
    2.3.2.Agar Masyarakat Jemat Gereja memngadopĂŒsi Transfer Tek Pemmbanguan itu.
    2.4.Th 1968 dg Bupati Tput Sinaga saya cerah Metopde Takltiksatrategi Membangun
    2.4.1.Tema Penanam,an Padi Berganda Setahun
    2.4.2.Ternyata menemui Wlangsangit berakibat Kas Pemda dikurara
    2.4.3.Sebab itu saya Sarankan Metode Proyek Tertutup:
    2.4.3.1.Ditatan Paar
    2.4.3.2.Pada Petani Model Terampil
    2.4.3.3.Sesudah sampai 3 kali berhasil lalu dibuks kepada seluruh desa.
    2.4.3.4.Tetap dibimbing Pakar Sekltoralnya.

    3. Terahir inio sebagai Pencerah Relawan via Internet disarankan
    3.1.Saya ajukan agar misal RURA SILINDUNG yg Homogen
    3.2.DGK Demografika Geografika Kulturologika
    3.3.Ditambah Kultur Dalihan Na Toplöu + Gereja-Gereja Batak Dll
    3.4.Dan TRIASPOLITIKA ( Legislatip + Executip + Judikatip)
    3.5.Menginsentip Putusan Semua: DGK Rura Silindung itu
    3.5.1. Jadi KUD Koperasi Unit Desa:
    3.5.2.Semua Tanah Ulayat Warisan Sempit diserahkan kepada KUD
    3.5.3.Pemilik itu Tercatat di KUD Jumlah Persentasi
    3.5.4.Lalu ditetapkan Rencana Program Pembangunan Rura Silindung
    3.5.4.bisa lebih beruntung
    3.5.5.Maka Pemilik sesuai Persentasi senantiasa Profit itu ada

    3.5.6.Model KUD ini di Seluruh Tapanuli silahklan dijabarkan !
    3.5.7.Th 1955 Isde KUD di Rura Silindung:
    3.5.7.1.Dipelopori Koperasi Hutabarat (c/o Barart Trading)
    3.5.7.2.Yang Mengundang Wapres Moh. Hatta Meresmikan KUD di Tarutung !

    4.NB: Dari BUKU PINTAR Studi LN 1967:
    4.1.Th 1968 Ide Program Nasional saya bawa ke Sumut
    4.2.Interesse saya Program Agrobisnis
    4.3.Sekltor 1 Budidaya, Sekltor 2 Olahan, Sektor 3 Pemasaran / Kontribusi
    4.4.Persiapan di Jakarat /Bogor IPB
    4.4.1.Bertemu Prof DR. J Hutasoit (Petnk) + Prof DR Go Ban Hong (Pertnhan)
    4.4.2.Dan ke Gubsu Dinas Pertanian : Peta Ekonomi Daerah
    4.4.3.Lalu saya menggambarkan apa saja di Pertanahan itu dikembangklan.
    4.4.4.Sehingga pada saat semua tumbuh ada saat kecantikan alam sekaligus

    4.5.Model saya sudah sampaikan:
    4.5.1.Di Lumbanraja Seorang/Satu Resoran Lapo: meningkatkan Usahanya
    4.5.2.Dekat ke SipĂŒintupintu: Pemilik Kios Penjual Nenas
    4.5.2.1.Memberi sartan metode agar Para Wisatawan lebih banyak membeli
    4.5.2.2.Ternyata Lancar
    4.5.2.3.Hanya, 2 Putri IbuTua telah Nikah Mangalua dengan Turis Belanda
    4.5.2.4.Rekan Chatting di Radio GoBatak asal Belanda
    (1) Telah saya tanyai, apakajh 2 Putri itu benar berkeluarga di Belanda ?
    (2) Dijawab Benar dan Keluarga Baik
    (3) Saya ajukan mereka baik, bisa Belanda itu balas kebaikan kepada Indonesia.
    (4) Teringat 1989 membantu 2 Sejoli Muda Belanda di Samosir naik ke Mobil Kami
    (4) Untuk sampai ke tujuan Simanindo, menonton Pegelaran Torrtor.
    (5) Ongkos Uang mereka sodorkan, saya katakan tidak, Anda Berdua Tamu Kami.
    (6) Kami Keluarga 4 Orang + 2 Ibu Jerman : kagum bantuan pd 2 tamu itu
    (7) Saya harapkan mereka akan juga berbuat sama pada orang lain !!!

    5.NDH Turut Pencerah GP Generasi Penerus, Missi Voluntir.
    6.HH 30 8 2014

  292. Terimakasih !

    Mari teruskan Bersinambungh LestariJadikan Tarutung Lembah Selindung dan Sekitarnya juga Indah ASM Akuasi Symbiose Mutualis  Natural Rohaniah. Agar demikian gunakanlah Iptek ITSS Iolmiah Rohaniah, inklusip Teknologi Diteksi cq Mikro cq Ladang Sayurmayur tidak lagi perlu lahan luas tetapi memakai taman bertingkat tanaman (Microfarm) dialiri air dari bawah ke atas dan samping diisin campuran bahan natur Nitrobakter dfan sejenisnyaBiokonfos, yang memngjhasilkan pertumbnuh dalam 3 Biota (Manusia Bimnatamng Tanaman) berliptgansda hanya memakai Lahan Sempit, swehingga Sem,ua Tanah Ulöayat Warisan Sempiot cuklup bagi Intensip Agrikultuir Industzrti Dsb Ekopnomis.  Sehingga Pandangan Rura Suilindung misal dari Saliob Kasih 39 M di Gunung Siatasbarita dan dari Patung Jesus 45 M di Peatolong sdi Hutan Sibonggarbonggar, akan sangat paradiso indah rohaniah ditatan.

    Tarutung dapat dijadika Model AO Tuhan Paradisi DGK Demografika Gerografika Kulturologika via Demokrasi Batas Pembatasan dalam PRT Populasi Risorsi Teknologi Pakai Petunjuk Navigasi Teknologi Diteksi apa mengapa bagaimanmestinya perimbangan matematika DGK untuk penduduk tidak lagi memadati tetapi siap diperserakan Diaspora, karena Planet Bumi sudah dapat dicapai cepat langsung . Mari hidup bnersama menggubnakan Kasih Marsiadapari ! DGK dalam KUD Koperasi Unit Desa  gunakan Iptek Mutahir Akurat. Th 1987 dst dari 12 Huta di Hutabarat Sosunggulon Doloknagodang sudah modelkan dengan penduduknya Marsiadapari Gotongroyong  KUD ini justeru Kapital Intensip yang saya beri 100% dari Sumbangan Perorangan di Diaspora, justeru mereka tambah 175% sehingga mereka dilegitimat Pemda sebagai Huta Masyarakat Tiruan (Model Taput).

    Horas Iptek AO Tuhan ! Akar Bangsa Batak diurapi sejak Akar Awal yang lama terdahulu MmHss Manusia Moderen Homo Sapiens Sapiens (re Catatan 12 Jt Th sM/5 Rb Th sM; dan akulturasi dengan Model Tuhan 4004  sM MmHss Adam/Hawa) sangat cepat termasuk melihatnya via Skype,

  293. Ulangkirim Ralatsekedar

    Terimakasih !

    Mari teruskan Bersinambung LestariJadikan Tarutung Lembah Selindung dan Sekitarnya juga Indah ASM Akurasi Symbiose Mutualis  Natural Rohaniah. Agar demikian gunakanlah Iptek ITSS Ilmiah Rohaniah, inklusip Teknologi Diteksi cq Mikro cq Ladang Sayurmayur tidak lagi perlu lahan luas tetapi memakai Kebun Bertingkat Tanaman (Microfarm) dialiri air dari bawah ke atas dan samping diisi campuran bahan natur Nitrobakter dan sejenisnya Biokonfos, yang menghasilkan pertumbuh 3 Biota (Manusia Binatang Tanaman) hasil berlipatganda pada Lahan Sempit, sehingga Semua Tanah Ulayat Warisan Sempit cukup bagi Intensip Agrikultur Indusri Dsb Ekonomis.  Sehingga Panorama Rura Silindung dari Salib Kasih 39 M di Gunung Siatasbarita dan dari Patung Jesus 45 M di Peatolong di Hutan Sibonggarbonggar, bagaikan  Paradiso Tam,an Eden Indah tertatan.

    Tarutung dapat dijadika Model AO Tuhan Paradisi DGK Demografika Gerografika Kulturologika via Demokrasi Batas Pembatasan dalam harmoni PRT Populasi Risorsi Teknologi Pakai Petunjuk Navigasi Teknologi Diteksi apa mengapa bagaimanamestinya perimbangan matematika DGK untuk penduduk tidak lagi memadati tetapi siap di perserakan Diaspora, karena Planet Bumi sudah dapat dicapai cepat langsung . Mari hidup bersama menggunakan Kasih Marsiadapari ! DGK dalam KUD Koperasi Unit Desa  gunakan Iptek Mutahir Akurat. Th 1987 dst dari 12 Huta di Hutabarat Sosunggulon Doloknagodang di Lereng Siatasbarita sudah memodelkan dengan penduduk Marsiadapari Gotongroyong  KUD ini justeru Kapital Intensip yang saya beri 100% dari Sumbangan Perorangan di Diaspora Jerman, mereka tambah 175% sehingga mereka dilegitimat Pemda sebagai Huta Masyarakat Tiruan (Model Taput).

    Horas Iptek AO Tuhan ! Akar Bangsa Batak diurapi sejak Akar Awal yang lama terdahulu MmHss Manusia Moderen Homo Sapiens Sapiens (re Catatan 12 Jt Th sM/5 Rb Th sM; dan akulturasi dengan Model Tuhan 4004  sM MmHss Adam/Hawa) sangat cepat termasuk melihatnya via Skype,

  294. Tarutung kota penuh kenangan, masihol au tuho….sma sigompulon 87, bona n ihariara…..horas

  295. semoga kiranya tuhan memberkati kita sampai saat ini
    memberi kan kekuatan,kehidupan di sepanjang hari
    memberi rejeki ,kesehatan,panjang umur,anak istri,keluarga,famili,dll
    marilah kita mengucap syukur karena dia juru slamat manusia,kita puji namanya
    yesus anak daud yang lahir di betlehem..selamat hari natal
    tahun baru..sekian terima kasih.

  296. Baru pulang dari Tarutung liburan Natal dan Tahun Baru. Sekarang Aek Sigeaon yang mengalir di Kota Tarutung semakin bersih dan tertata lebih baik. Salut buat Pemda dan masyarakat sekitar yang mendukung terpeliharanya sungai yang jadi tempat rekreasi. Semoga semakin bersih dan indah pada masa yg akan datang, supaya menjadi salah satu ikon Tarutung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s