DARI PARSAMBILAN HINGGA SURABAYA

Monang Naipospos

Gondang Batak seharusnya di depan

Seniman gondang batak yang sudah berusia 74 tahun ini bernama Pual Sitorus.
Tinggal di desa yang udara sejuk dan panorama indah yaitu Parsambilan Kecamatan Silaen Tobasa.
Mengaku sudah margonsi sejak tahun 1952 melalui gurunya Junus Sitorus.
Sudah pernah tampil di Jakarta pada tahun 1956 menghibur acara Pemuda Jakarta Hatta.
Sejak itu namanya popular dan sering dipanggil pada acara peresmian gereja, seperti peresmian gereja HKBP Kedondong Surabaya pada tahun 1989 dan pada tahun 1991 peresmian gereja HKBP Cintakasih di kota yang sama… “Peresmian gereja HKBP Kota Pekanbaru dan Dumai juga saya margonsi disana”, kata Pual dan tidak menyebut tahunnya karena sudah lupa.

P. Sitorus Pargonsi Remaja

Hidup bahagia dengan isterinya Boru Panjaitan dengan 5 orang putra dan 4 orang putri dan dipanggil Ama Sonak.
Harta kekayaannya sudah semakin menumpuk dengan sejumlah 33 orang cucu dan 1 orang cicit sehingga dia mendapat panggilan kehormatan Ompu Rindu.

Pada Festival Tortor Se kabupaten Tobasa dia terlihat membina keolompok pargonsi remaja yang mengiringi festival tortor itu. Mereka adalah siswa SMK Yayasan Soposurung Balige yang diasuh oleh Sanggar Kesenian Yayasan Soposurung. Di sanggar itu juga terlibat Ir Sahala Simanjuntak yang dikenal pencinta budaya Batak.

Walau kemampuan para remaja itu belum mencukupi tapi Ompu Rindu merasa bangga. Selama ini beliau berpikir tidak ada lagi remaja yang mengikuti jalur kesenian itu. Selama dia menjadi pargonsi baru meloloskan dua orang murid, yaitu putra mantan gurunya dan seorang anaknya sendiri Maren Sitorus.

Dia sedih…. Sedihh… dan sangat keberatan bila ada menyebut gondang batak ada unsur sipelebegu sehingga disingkirkan. Gondang batak seharusnya terdepan di negeri kita khususnya bagi orang batak. Siapa yang bilang itu ya… apakah orang batak juga?

Pual Sitorus telah menuliskan ratusan repertoar gondang batak di blok ini. Tulisan ini pernah kami lihat diterbitkan koran lokal dari Tarutung dengan menyebut sumbernya milis/batakgaul/… tidak menyebutkan nama P. Sitorus dan blog ini. Sebagus itukah penghargaan intelektual kita? Horas Amang panggual pargonsi….

Tautan :

Warisan Yang Kurang Dihargai
Goar-goar ni gonsi Batak Toba
Tonggo Gondang Turun
Maminta Gondang
Sajak untuk Gondang Batak
Pargonsi dari Ronggurnihuta Samosir
Gondang Naposo
Tortor dan Ulos

Iklan

25 thoughts on “DARI PARSAMBILAN HINGGA SURABAYA

  1. Charlie M. Sianipar berkata:

    Wajar bila Amongboru Paul Sitorus ini sedih bila ada yang menyebut gondang batak ada unsur sipelebegu.
    Karena itu adalah cikal bakal pemusnahan Gondang Batak itu.

    Saya tidak mengerti tentang Begu, dan tidak pernah melihat Begu selama saya hidup di Bumi ini. Tetapi saya bisa melihat Gondang, menikmatinya, manortor diiring Gondang. Kenapa ada orang yang ingin memusnahkannya ?

  2. Hanya orang yang kurang waras yang bilang gondang batak ada unsur sipelebegu, justru mereka yang tidak suka dengan gondang itulah yang sudah marbegu, horas buat amang Paul Sitorus teruslah bina pargonsi itu agar lestari budaya kita itu .

  3. SMN berkata:

    Semoga banyak Generasi muda batak yg tertarik mempelajari Gondang batak. Sedikit pengalamanku sendiri, generasi yg lahir thn 70’an yg dulu banyak mendengar musik-musik barat, dari berbagai aliran musik setelah mendengar uning-uningan dan gondang, wah terus syooor..unik ku dengar,dan tidak bisa lupa hentakan taganing, petikan hasapi yg meliuk-liuk macam jalan di tele, raungan sarune yg kadang kudengar seperti suara tangis merintih, wah pokoknya sedap. Ada juga temanku yg bercerita ini kisah nyata cerita dia, pernah dia sakit dan keadaannya itu sampai dia tidak bisa jalan. keluarga sudah bingung, dibawa ke dokter pun gak ketahuan penyakitnya. Akhirnya dipanggilah seorang datu dan katanya ‘Ingkon goraon muna do gondang’. Kemudian ayah temanku ini mengundang pargondang, begitu di dengar gondang itu main, terus berdiri temanku ini, dari yg tidak bisa jalan dan terus bangun dia manortor. seketika itu, keluarga yg melihat terharu dan menangis karena sakit si boru hasian ini sembuh karena dengar gondang. 🙂 😀 Horas!!

  4. merdi sihombing berkata:

    saya punya rencana u memakai gondang Batak sbg musik pada pagelaran karya saya REVIVAL ULOS&SONG KET BATAK yg akan datang.pasti dunia akan seru tersontak kaget seketika.

  5. Bonar Siahaan berkata:

    Horas Tulang P Sitorus;

    Nunga masihol ahu naeng pajumpang dohot tulang,alai boha bahenon daojonok do hita nang pe rampak di TOBASA.

    Molo Tulang Sitorus on ndang holan margonsi diboto,dohot do manggorga. Heado huida jama-jama ni tangan ni tulang on ima rumabatak mini,jala sude do angka goar-goar ni bagian-bagian ni ruimabatak diboto.
    Jadi molo adong naeng mangguruhon goar-goar ni rumabatak boi do huhilala tu tulang on sungkunon.

    Tu Tulang Sitorus,unang marnabias tulang mangajari angka naposo i asa adong muse sigaton ni nadipudi ate tulang 😀

  6. penikmat gondang berkata:

    Horas amang Sitorus,

    Sedikit bagi pengalaman, Dulu waktu “ompung” ku meninggal . salah satu dari keluarga (kebetulan KARISTMATIK) dilarang pake Gondang!!.alasan SiPELEBEGU, pada saat itu oppung ini udah “maulibulung” 84 thn., dan cicit (lho) sudah ada 13-14 , .
    saat hari -H, aku pulang ke Toba balige, dan dengan mengabaikan sude “perintah/ hasil marria” (tanpa Gondang). Aku pergi ke rumah Pak Pargonci Sitorus ini.., dan ternyata tidak ada ! karena ada belum pulang dari pargonccian. hanya titip pesan semoga bisa datang ke besoknya balige utk upacra pemakaman Oppung ku ini.
    Sambil berharap -harap dan dengan Setulus hati berdoa sbb:
    ” TUHAN KRISTUS, bila memang Gondang berlawanan dengan AJARAN_MU batalkan acara gondang ini..! …..dan ternyata Pagi jam 9:00 Pargoncci Sitorus ini datanga dengan “rombongan”.. Dan Puji Kiristus! Gondang tidak berlawanan dengan Ajarannnya asal kita percaya memuji “KRISTUS”!

    Walau acara Gondang hanya 1 hari (partuatnya saja).. Aku percaya Gondang hanya alat musik., dan sesuai yg aku baca “yg ada adalah “TEXT KRISTEN:” bukan lagu Kristen. Artinya Gondang bia jadi seperti pisau dapur..bila dipakai utk masak akan berguna , ttp kalu salah pakai bisa salah!.

    Horas..horas., horas..saonari on marsiajar sandiri ma iba mamalu gondang..nang pe so tikkos dope..alai las roha…tutu.!
    Info Photo Sekitar tahun 1980 an ada photo Amang Sitorus ini..sayang kemarin pulang Natal 2007 tidak sempat mampir ke tempat beliau.

    songon imajolo jala na toho situtu na hudok on….

  7. Saya sangat jarang mendengar gondang tapi saya sangat suka dengan musik gondang. Saya juga tidak kenal dengan opung Pual Pargonci ini tapi namanya sangat familiar. Opung jangan bosan ajari kami yang muda-muda dan berbakat agar gonci tidak hilang. salam.

  8. eva hutagaol berkata:

    Horas Amang Sitorus
    Manjou amang ma au ate amang, siala au muli tu marga Sitorus Dori sian lumban nabolon, pinomparni Opung Manda Iskandar Tahan Segala Sitorus do hami. Unang patah semangat amang ate amang…, Sai ganjang umur ni amang mamboan budaya ni hitai tu luat portibion. Budaya adalah salah satu cara kita untuk memuji Tuhan. Pujilah Tuhan dengan bunyi bunyian, dengan tari tarian. Biarlah nama Tuhan sendiri yang di permuliakan. Horas Horas Horas

  9. andy rustam simangunsong berkata:

    mauliate ma di Tuhan i!
    ai populer do hape hutanta parsambilan disiala ni hamaloon ni tulang di namargonsi i, mauliate ma sai Tuhanta ma na mamasumasu tulang ate!!
    au si rustam do tulang pahompu ni op.rustam di lumban dolok

  10. ahupe boruni parparsambilan do alai ahu tubu di lampung bapak saya napitupulu sian parsambilan mauliate ma masuk do parsambilan i tu liat portibion angka ise do dongan ni bapakku sian parsambilan molo goar ni bapakku drs abdon napitupulu.

    gondang batak? waktu ompungku meninggal di sibalingga (op Katarina napitupulu) wow..margondang seru bangat,semoga budaya Batak kita khususnya gondang tetap lestari

  11. Harangan Sitorus berkata:

    Horas,diangka nahinaholongan marhite media on,khususna di Op Rindu dohot gomparanna. Masihol ma tutu roha umbegesa soara ni taganing mi dohot panggora mi. Marbogas ahu th 88 pangidoan mi ingkon gondangan nimmu ala ni holong ni roham tu ahu..tarlobi tu among,inong nahinan. Nang pe margogo hula-hulanta asa di Duri pesta i,alai gumogo do panjou ni seni gondang Batak na nigonsian ni seniman tradisional natarbarita, Pual Sitorus, Sanggar medak-edak Panjaitan, Sangil Silaen..dna.
    Bagi mitra dan sdr2 terkasih, utamanya sahabat pecinta Gondang Sabangunan dari Parsambilan,mari kita lestarikan Adat Batak yang benar,a.l Tortor ni Raja,Anak/Boru ni Raja hanya terdapat pada Gondang Sabangunan,bukan pada musik sprt saat ini. Makna Gondang pd Upacara Adat Batak sangat dalam…beda dengan musik yang hanya hura-hura sprt Opera.
    Horas ma,ahu Harangan Sitorus sian Silaen .

  12. B.Parningotan berkata:

    Kehebatan Gondang Batak.

    Kalau mau tau kehebatan Gondang Batak , cari CD atau kaset Gondang Batak, kemudiam abil video / DVD tentang tari2 modern (european dance/ Rap, jojing atau lainnya), putar/mainkan tape/ DVD tersebut dengan DVD/video player, kecilkan volumenya hingga minimum, kemudian sebagai gantinya putar kaset gondang Batak dengan caset player/CD player lainnya sebagai pengganti suara pengiring video tersebut,
    anda akan terkagum-kagum, karena gondang batak dapat mengiringi setiap irama dance modern.
    untuk ini diperlukan satu DVD/VCD/video player dan satu kaset/cd player.

  13. ARIDAS berkata:

    Tantangan bagi generasi penerus suku Batak antara lain adalah melestarikan Gondang Sabangunan,Gondang Hasapi,Tortor Batak,Embas-Embas ditengah pesatnya kemajuan dan prestasi Orang Batak pada kemajuan itu.
    Karena pada kenyataan saat ini, boleh kita lihat bagaimana dicampuradukkan tarian poco-poco,serampang duabelas dll ditengah acara khusus seperti upaca kematian. Sepertinya tidak ada lagi yang berani meluruskan dan memperbaiki sebagaimana puluhan tahun yang lalu dimana parbaringin dan orang tua2x yang benar2xx mengerti tentang Gondang dan Tortor itu diadakan. Semoga sebelum hilang jejak baru sibuk mencari kebenaran adat dan tradisi Batak.

  14. A. SILAEN berkata:

    Horas Tulang……….
    Sian nametmet ahu, nungga hutanda tulang jala binoto do baritani tulang, Apalagi molo marduet margonssi dohot tulang Karani Panjaitan sian sitorang tung mansai tabo begeon sai hira namasialus-alusan do namargonsi i. Tangiang do sian hami tulang asa torus lestari Gondang Sabangunan i. Boha tahe Tulang di sidope Tahuluk London i, ai molo dipakke tulang i margonsi soi nama tongamna tarlumobi laho patubegehon “Gondang Marhusip” Horas (aguston Silaen)

  15. Ama ni Pitchstar Panjaitan berkata:

    Dari dahulupun orang Batak sdh khawatir akan kepunahan budayanya. Banyak orang sdh berusaha berbuat pelestariannya tapi hasilnya belum memuaskan.

  16. Jujung Sitorus berkata:

    Horas ma di akka namakkomentari Gondang Batak Sadabangunan ima nadiuluhon ni Amongniba Op.Rundu Sitorus(Pual Sitorus)
    Saran bagi anak perantau khususnya tg ada di Jakarta:
    Kalau boleh disetiap pesta besar,seperti Pernikahan,para orang tua yg wafat yang sudah berumur lebih dari setengah abad,atau yg sudah mempunyai keturunan yang lengkap punya cucu,cicit dan lain sebagainya,agar mengadakan Gondng Batak sebagai pengiring acara tersebut,karena Budaya itu bisa bertahan dan agar jangan termakan Zaman….

  17. Horas Tulang..

    Ahu Parsambilan do…tepat na Par Sibalingga Bagasan…

    ia Marga ku Napitupulu Do…ahu naeng kenalan tu angka dongan2 na di Web site on

    Dgn alamat Email : bagan_napitupulu@yahoo,co.id

    Horas ma di hita sude,,,,

  18. mantap kali… jagalah terus budaya bona pasogit…

    cintailah produk2 buatan bona pasogit…
    horas… kini telah hadir informasi penyedia jasa pernikahan untuk mendukung acara

    pernikahan batak di kota surabaya & jawa timur. silahkan cari informasinya dan

    pasang iklan binsnis (khusus pernikahan) anda hanya di http://www.jasa-

    pernikahan.blogspot.com , mohon bantuannya untuk meng-KLIK share facebook/twitter

    pada blog tsb. mauliate… pesan ini disampaikan oleh :
    bona pasogit production, batakness wedding videography & digital art image (marito

    comptech groups)surabaya, T. 031-70253852 H. 085.63036.852
    mitra catering, cita rasa masakan khas sumatera utara, 031-8663223

  19. Horas…. opung doli dan keluarga besar sitorus. saya adalah salah satu cucu opung partagalung on do. dari anak na boru. R.Sitorus, setelah saya surfing tano batak blog ini sangat bermanfaat bgi sya orng btak… untuk para pencinta blogger
    jngn lpa left a comment dan share ke semua media social networkin,, spya terglobalisasi dan trend
    good luck to my grandfather and batak.

    Thanks :)….

  20. Horass.. Saya termasuk cucu dari Op.rundung😊
    Semoga opung sehat” terus ya sampe pahompumu sukses semua. Saya bangga jadi cucunya opung. Terimakasih. Gbu 😇

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s