MERAH PUTIH DI TOBASA

Monang Naipospos

Saat penaikan bendera sangsaka merah putih di Tobasa, saya harap cemas semoga tepat merah diatas putih dibawah. Dan ternyata sesuai dengan harapan, tidak ada kesalahan.
Hal itu menggerakkan hati saya setelah melihat penggunaan assesori merah putih di lapangan itu serba terbalik, putih diatas merah dibawah. Tampaknya itu unsur kesengajaan.

Pentas putih merah

Beberapa wartawan saya tanya apakah penglihatan saya benar, ternyata mereka baru menyadari hal itu. Saya tidak bertanya kepada panitia kenapa itu begitu, saya pikir alasannya ada, bahwa itu bukan bendera, hanya hiasan saja. Malam harinya saya intip semua berita yang melakukan kegiatan perayaan kemerdekaan itu. Di istana dan berbagai daerah lainnya, ternyata semua assesori pentas dan podium yang menggunakan warna bendera itu selalu, merah diatas dan putih dibawah.

Beberapa orang yang mungkin adalah ibu guru saya tunjukkan kejanggalan itu, dan mereka tercengang. Mereka memperhatikan untaian assesori itu memang sudah disengaja karena ikatan kain itu sudah diatur sebelum dipasang. Sebagian diantara mereka hanya tersenyum dan berkata, di Tobasa hal yang terbalik sudah biasa. Entah apa maksudnya.

2 thoughts on “MERAH PUTIH DI TOBASA

  1. Batak News berkata:

    “untunglah” aku tidak meliput ke sana saat itu. kalau iya, hm…, ta’ “kuliti” panitia. šŸ˜€

    eh, tulang sudah merasa merdeka belum nih?


    *** Ada sedikit rasa kemerdekaan karna blog gratisan ini, bebas ngomong kan? he… he… he…

  2. buat semua bangsa indonesi
    hendak lah kamu mencintai bendera sakamerah putih jgn sampai negara lain yg lebih mencintai ny

Tinggalkan Balasan

