Oh … Tao Toba na uli

Imran Napitupulu : JANGAN SAMPAI NAMBORU MARAH

Danau Toba, termasuk objek wisata yang memiliki pesona dan daya tarik serta keunikan tersendiri. Danau yang besar ini terbentuk oleh letusan gunung yang dalam geologi terkenal dengan istilah ‘Tumor Batak’. Danau kebanggaan bangso batak ini merupakan danau terdalam dan terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, merupakan danau terbesar di planet bumi pada pegunungan tropis. Kedalaman maksimalnya sekitar 450 meter. Terletak di puncak vulkanik tua dengan ketinggian 905 meter di atas permukaan laut.

Akan tetapi, sangat disayangkan sedemikian banyak pihak telah mengeksploitir potensi yang terkandung di dalamnya. Tanpa mengindahkan kaidah serta norma dan tatanan yang berlaku. Padahal banyak orang menggantungkan harapan di sini. Timbulnya kerusakan dan pencemaran akibat pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara serampangan perlu dicegah. Jangan sampai namboru saneang naga penguasa yang diyakini merupakan penjaga danau ini menunjukkan kemarahannya. Kewajiban dan tanggung jawab kita semua, untuk memelihara secara bersama.

‘Mencari sesuap nasi, meraih segenggam berlian’. Itu menjadi obsesi bagi sebagian besar pengusaha kerambah di sekitar pinggiran danau Toba. Berlindung dengan dalih bahwa danau ini milik bersama, pada gilirannya akan menimbulkan polusi. Pencemaran semakin diperparah akibat menjamurnya pengusahaan kerambah yang tidak ramah lingkungan. Residu effect pakan yang ditabur ke danau Toba hampir melampaui ambang batas. Sementara, kerusakan yang ditimbulkan tidak pernah diperhitungkan dampaknya.
Kondisi demikian sangat berpotensi untuk menyimpan bencana sekalipun menggunakan pakan yang high tech. Limbah organik yang terakumulasi membuat kualitas air danau menjadi sangat jelek karena terkontaminasi.

Sumbangan terbesar dalam pencemaran lingkungan bersumber dari akibat penggunaan bahan kimia oleh industri-industri raksasa. Hal yang berkaitan dengan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan sering tidak dipatuhi dan tidak diindahkan. Dampak negatif yang ditimbulkan tentu sangat merugikan. Hal tersebut dapat mengganggu derajat kesehatan manusia. Patut dipahami, bahwa hanya dalam lingkungan hidup yang optimal, manusia dapat berkembang dengan baik, dan hanya dengan manusia yang baik lingkungan akan berkembang ke arah yang optimal..
Ironisnya, peraturan tentang tata ruang dan sanksi yang ditentukan seolah terabaikan. Keharusan untuk mengurus izin dari Pemda Tobasa kurang diindahkan. Pelestarian Danau Toba sebenarnya mutlak, karena pada akhirnya di sanalah nafkah bergantung.

Dalam konteks ini telah terpancar suatu situasi di mana manusia beradab seharusnya memelihara setiap jengkal tanah dan lingkungan. Melalui berbagai perlakuan dan tindakan positif sehingga kawasan danau toba akan selalu memberikan keuntungan bagi hidup dan kehidupan manusia itu sendiri.

Aspek negatif yang mungkin timbul :
Pembangunan akan mempengaruhi serta dipengaruhi oleh lingkungan hidup. Pembangunan tidak saja menghasilkan manfaat melainkan juga membawa resiko. Dalam usaha memperbaiki mutu hidup harus dijaga agar kemampuan lingkungan untuk mendukung kehidupan pada tingkat yang lebih tinggi tidak menjadi rusak

Budianto Tambunan, Camat Balige menjelaskan langkah kongkrit yang telah dilakukan Pemda Tobasa. Kebersihan dan keindahan sesuai nilai estetika akan diekspresikan. Camat yang aktif pada berbagai kegiatan menyangkut kepedulian lingkungan ini berharap, kerja sama partispatif masyarakat dapat ditingkatkan.
Dikatakannya, Pencemaran paling utama adalah pencemaran oleh limbah domestik. Limbah domestik itu sendiri berasal dari rumah tangga. Pencemaran lain bersumber dari pencemaran industri. Koordinasi dengan Bappedalda Tobasa telah dilakukan. Hasil analisa factual menunjukkan, ternyata racun terakumulasi di sekitar pinggiran danau Toba.
Sebagai uluan bolon di kecamatan Balige Budianto akan berusaha improve. Menurutnya, perangkat kecamatan berikut staf terkait akan diback up sepenuhnya Dinas Kebersihan.
Kajian tentang penanggulangan pencemaran industri pada umumnya memberi citra maju dan modern. Sebaliknya penanggulangan limbah domestik memberi citra terbelakang. Setiap upaya hendaknya harus dilakukan secara sadar untuk memelihara dan memperbaiki mutu lingkungan. Sehingga kebutuhan dasar kita dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya.

Untuk mendapatkan mutu lingkungan yang baik, harus berupaya memperbesar manfaat lingkungan atau memperkecil resiko lingkungan. Ini bukanlah usaha yang mudah. Pengelolaan lingkungan sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru. Karena selama ini kita cukup banyak diberi gambaran dan pemahaman tentang bagaimana harus melestarikan keserasian dan keseimbangan lingkungan. Caranya adalah dengan jalan membuatnya tetap tidak berobah sehingga bisa tetap kekal.

Bulung ni lappedang na solot di daun bira. Barita ni tao Toba Nungga sar, ro di dia.
Eksistensi tao Toba na uli jangan sebatas harapan dan kebanggaan yang menghawatirkan. Walaupun secara sepintas terdapat kesan pengertian umum, permasalahan lingkungan hidup bukan hal yang baru. Sebenarnya hal tersebut telah ada sejak manusia ada di bumi. Bahkan apabila ditinjau lebih luas daripada segi manusia, permasalahan itu ada sejak bumi ini tercipta.

Adanya perobahan iklim dan kejadian geologi bisa bersifat malapetaka. Kepunahan hewan dan tumbuhan digunakan sebagai petunjuk permasalahan lingkungan. Hal ini mengindikasikan, bahwa sesungguhnya bumi telah banyak mengalami permasalahan lingkungan yang besar. Kerusakan di bumi ini adalah akibat ulah dan tangan manusia itu sendiri.
Sejatinya, upaya mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang bisa berakibat fatal dan merugikan harus di~antisipasi sedini mungkin. Sebab kekayaan alam dan lingkungan bukanlah merupakan warisan nenek moyang tetapi merupakan titipan yang harus dijaga buat anak cucu.

***Keindahan Danau Toba lihat disini dan disini

14 thoughts on “Oh … Tao Toba na uli

  1. Molo hutatap ho sian na dao, o tao toba natio boi do sonang rohakki, tarapul ate2 ki lambok nang pusu pusukki, tu ho ro au paboahon sude nadi rohakkon dst.

  2. molo huingotma tingki dihuta sian dolok siboruon i hundul ahu ditoruni bona ni pinasa na di jolo ni jabu i huhut manatap tu tao toba i tarida ma antong haulion ni tao toba na di jonok ni pasar balige i, nungnga lobi sataon dang huida huta i dohot tao toba nauli i.jala hubayangkon ma nuaeng inongku manatap natap dijolo ni jabu i, ima oppu tumitangboru naburju i. adong do saotik nanaeng pasahatokku taringot tu pariwisata. ahu karejo di bagian pariwisata do,ima kapal pesiar jadi nungnga mansai godang angka inganan naung hudalani. molo huida do di negara2 na asing tarlumobi daerah mexico mansai godang ma antong ro angka turis i lao mamereng negara mexico. jala sipata heran do ahu dibagasan rohakku, boasa ma godang jolma ro tu iganan sisongonon hape dang ummuli inganan on sian huatakku di tapanuli an. dao do umbagak tao toba i alai dang piga turis naro tusi. songon mangkomentari surat ni amanta Imran napitupulu. toho doi nungnga mansai moru kesadaranni halak hita i laho melestarikan lingkungan di sekitar tao toba i.jala molo huparrohahon tingki di huta ahu sipata do marpikkir ahu di bagasan rohakku,, manang namabiar do nuaeng akka jolma naasing mamereng halak hita i. alana molo ditano parserahan on nungnga terkenal molo halak batak ima jolma parmuruk. sai anggiat ma nian dipingkiri angka halak hita na di pemerintahan i lao mempromosikan huta i.asa unang padao hu hatinggalan.i ma jolo sian ahu na ditano parserahan on tasambung pe muse.

    *** Horas Amang Siahaan. Toho do nidokmuna i haulion manatap sian alaman ni Op Tumitang di pat ni dolok i, tar adong ma nian hotel disi ate? Nunga hea hami masuk tu liang nadisini, mansai uli dibagasan angka batu stalaksit marbontar rantos adong deba songon air terjun, dang talu tu nataida sian tivi di negara na asing. Ingot hamu mulak ate pasahathon angka masukan nadenggan tu pamarenta na dihitaan.

  3. Hmmm Tao Toba….
    Sangat disayangkan,… warisan Tanah Batak yang sangat berharga. Sebagai warisan… sepatutnya kita harus menjaga dan melestarikannya. Kepada para pejabat yang berwenang, tolonglah lebih perduli sedikit, hargai warisan itu dan lestarikanlah biar anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keindahannya.

  4. Molo huingot ma tingki dihuta sian Tigaraja hundul au ditoruni bona ni pisang na di jolo ni jabu i huhut manatap tu tao toba i tarida ma antong pemandangan to Ajibata dohot to istana presiden haulion ni tao toba na di jonok ni pasar tiga raja i, nungnga lobi opat taon dang huida huta i dohot tao toba nauli i. Jala hubayangkon ma nuaeng inongku dohot amongku manatap natap dijolo ni jabu i, adong do saotik nanaeng pasahatokku taringot tu pariwisata na adong i daerah parapat dan sekitarnya. Boasa ma lamtamba taon lam soadong pemeliharaan tao i, apakah karna pemerintah setempat sudah tidak perlu lagi dengan keindahan danau toba. Sangat disayangkan, warisan Tanah Batak yang sangat berharga. Sebagai warisan sepatutnya kita harus menjaga dan melestarikannya. Kepada para pejabat yang berwenang, tolonglah lebih perduli sedikit, hargai warisan itu dan lestarikanlah biar anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keindahannya danau toba. Songon i majo sian au na adong diparjalangan on tasambung pe muse.
    Mauliate………..

    *** Ai didia do hamu nuaeng maringanan ? Molo adong tingkimuna mulak tu huta pasombu sihol tu tao toba dohot angka sisolhot. Horas.

  5. horas ma di hamu angka si tuan natorop. horas ma di hita sude bangso batak. tung mansai las situtu rohangku dung sahat ahu di alaman muna on. Sombu sihol tahe.Bah, ninna rohangku ma, adong do hape partungkuon di luat digital on. Adong do pe hape na mangaringkoti angka “barang antik” sisongonon.

    Mauliate ma da di hamu amang. Sai anggiat ma nian boi partungkuan on, gabe songon mual parbinotoan.Tarlumobi tu angka naposo ni halak hita na tubu di pangarantoan. Ai iba pe nian tubu di pangarantoan do, alai sai binoto do pe anggo sasaotik turpuk ni adat batak i.

    taringot tu ende na mamuji haulion ni Tano Batak, tung mansai bahat do. Hira sarupa ma godangna dohot ende taringot tu pargaulan ni naposo, love song evergreen for my most serenity pariban ma ra i molo i hata sileban, ate.

    alai, satongkin jo da, jolo marsantabi ma ahu tu hamu sude, ipe asa hupalua sude angka sungkun-sungkun na mambaen pusok rohangku. Boasa ma ulaning, sian ompunta na jolo sahat tu hita pinomparna, holan ende do naboi tapatupa ? Sai pintor mansai lungun do nihilala jala marsisir imbulu, pola do sipata manetek ilu tahe, molo niendehen O Tano Batak, Tao Toba, Rura Silindung dohot sun dope godangna ende taringot haulion ni angka luat i bonapasogit. Alai boasa ndang tapature angka na hombar, asa hot manang asa lam tu ulina Tao Toba jala saluhut Tano Batak ?

    Biar rohangku, di nanaeng ro, hot dope sai girgir angka naposo ni halak batak mangendehon logu Tao Toba, O Tano Batak dohot angka na asing; alai dang songon di logu i be haulion ni tao manang bonapasogit i. Songon na taida ma nuaeng na masa tu Pulo Samosir. Ai Sintong do pe dohonon i pulo, hape ndang toho be songon i, alana nunga gabe marsada “pulo” i tu daratan Sumatera ? Ndang dihaliangi aek be Samosir, jadi ndang tama be sai goaran pulo i.

    marguru sian i, ai dia ma imbarna ninna roha, ba olo do ra muse masa songon i tu Tao Toba. Molo marsik jala mahiang aek ni tao i, gabe lombang nama goarni ate. Entah massam mana lae Viky melagukannya, kalo entar tao toba ganti nama zadi LOMBANG TOBA. Ngeri kali pun!

    *** Tangihon i Vicky dohot Tongam Sirait, bahen hamu jolo ende napasonang roha di haulian ni tao taba dohot tano batak 😀

  6. HORASSSSS>>>>
    Saya juga sangat menyayangkan bahwa kebanggaan orang batak sudah semakin turun popularitasnya. saya ingat dulu waktu kecil, bahwa danau toba itu sangat bersih dan ramai pengunjungnya; baik wisayawan mancanegara maupun wisatawan dala negeri. saya juga pernah berbincang-bincang dengan salah satu pemilik hotel di tuk-tuk: mereka mengatakan bahwa program-program yang dilancarkan oleh pemerintah sangat minim dan tidak jelas realisasinya. dari sini kita dapat melihat bahwa pemerintah kita tidak dapay diharapkan.
    mungkin sebaiknya kita lah yang harus langsung turun tangan dalam menghadapi masalah ini.
    ##saya adalah mahasiswa disalah satu ptn di medan. ktika saya dan tman2 berlibur disana kami sangat terkejut melihat danau tersebut terutama di pinggiran kota parapat terutama di tigaraja. Banyak enceng gondok dan lumut di sekitar pantainya……

    setelah itu, di medan kami merencanakan kegiatan sosial pembersihan danau toba. kami merencanakannya bertahap.
    kami mengharapkan dengan kegiatan kecil kami ini, kami dapat membuka hati kita untuk membantu dan jika dapay melakukan kegiatan yang seperti itu.
    saya sekaligus ingin bertanya dan meminta saran dari pada semua orang batak di dunia ini. HORAS…

  7. Horas, karena beberapa hari ini browsing nyari semua yang berhubungan dengan batak atau danau toba jadi tiba disini. dan lihat slogan “vote for Danau Toba for New7Wonders of the world” tapi ada yang nyadar tidak sih?? Danau Toba tidak akan bisa dinominasikan untuk jadi finalist karena tidak punya OSC (Official Supporting Committe) dan rasanya jadi sediiiiiiiiih banget. saya minta tolong kepada teman2 yagar kita bisa bentuk komite ini.buat teman2 yg domisili di Medan dan ingin bergabung untuk melakukan ini bisa contact saya di lucky_sylvie@yahoo.com. saya tidak mengerti apa yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata baik di pusat maupun di tingkat regional tetapi it only take 5 minutes the max 10 minutes untuk ngisi form untuk pembentukan supporting committe.atau mungkin ada dari dinas pariwisata yang membaca ini??:)
    rasanya untuk vote, kita semua bisa melakukannya dari internet.
    pleaseee……..lets vote for Danau Toba and lets show them how wonderful it is.
    mauliate.

  8. unang lupa ate hita tu huta hatutubunta…… da dongan dongan khusus dongan2hu anak balige pardede pasir, anak yaspor, anak smp n 1 balige,……………

  9. Horasssss….ido tutu di hita akka na marholong ni roha ,sai aggiat ma adong ari nadenggan jala na uli di hita boi hita pungu di bona pasogit ima tano batak alias danau toba.songon na ni dokni uppasa .Tano ni ajibata ma inna Tano pandiloan Asima rohani Amatta Debata sai dialusi ma akka pangidoan,sai Tuhani ma na tontong mangaramoti hita.amen. Horasss mauliate!

  10. Horas ma dihita halak batak. Danau Toba adalah danau terindah, semestinya kita semua Bangso Batak memiliki kewajiban untuk melestarikannya. Molo usul nian, porlu sada komitmen sian hita Halak Batak bersama-sama dohot Perintah setempat na adong di topini tao toba. Porlu dibahen sada LSM na khusus memperhatikan Kelestarian Ni Tao Toba. Adong hubaen Blog Mengenai Orang Batak: orang-batak.blogspot.com, tolong asa dikomentari, atik adong na hurang. Mauliate

  11. tetap ma Tuhan ta na manjaga Tao toba i… Jala di jaga bangso batak na di dunia on terutama di sumut…jala di lehon tuhan i kepistaran dan kebijakan kpd orang batak suaya bisa menjadi orang orang yang sukses selalu…Jesus s the Best..KING OF THE KINGS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s