MEMANDANG DARI SIPINSUR

Monang Naipospos

Sipinsur salah satu lokasi pandang danau toba yang sangat berkesan. Lokasi ini berada di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas. Dapat ditempuh sekitar 45 menit dari bandara Silangit.

Sepanjang jalan kita akan merasakan suasana sepi dengan penataan desa yang sederhana. Tidak ada kesan ada sebuah lokasi wisata pandang yang menakjubkan disana. Sekiatr 200 meter menuju lokasi kita akan melintasi pepohonan pinus membuat suasana semakin teduh. Hamparan lokasi pandang belum tertata rapi. Beda dengan lokasi terbang gentole di Hutaginjang Kabupaten Tapanuli Utara yang sudah diratakan rapi, bedanya di Hutaginjang tidak ditemukan pepohonan rindang sehingga kesannya gersang.

Sipinsur diberi fasilitas duduk yang pekerjaannya asal jadi, memalukan bila dibanggakan kepada turis mancanegara. Di Sipinsur anda harus hati-hati bila tidak memakai sandal atau sepatu radial, karena bisa tergelincir karena rerumputan yang memanjang diatas tanah yang bergelombang. Disisi jurang memang sudah disediakan terali besi namun tidak tersedia pedestrian bagi pejalan kaki.

Sipinsur cukup potensial dikelola menjadi tujuan wisata pandang danau toba dan bagi para photografher bila fasilitas dikembangkan. Keramahan terhadap lingkungan nampaknya belum dilakoni pelaku wisata di daerah itu. Banyak pepohonan ditempeli papan dengan beragam tulisan sehingga kesannya merusak lingkungan. Seogianya pesan kepada para pengunjung disediakan tempat khusus, tidak ditebar pada setiap pohon pinus.

Dari Sipinsur anda dapat menuruni lereng bukit dengan seribuan anak tangga yang disediakan dari semen. Tangga ini dikabarkan terpanjang di Asia Tenggara. Kualitasnya sudah dapat ditebak. Pekerjaannya asal jadi, tidak nyaman dijalani. Pegangan dari besi yang disediakan di sisi kiri dan kanan tangga sudah copot dicuri penduduk.

Deretan photo dari Sipinsur yang kami tampilkan adalah merupakan untaian yang diiringi fenomena alam yang berkesan. Semula saya memandang kea rah Barat, tepatnya disekitar Sabulan ada gumpalan awan dan hujan lebat. Setengah jam kemudian hujan itu bergeser ke tengah danau arah Timur sehingga saya dapat memandang lebih jauh arah Pusuk Buhit. Hujan terus menyebar ke arah Timur namun tidak menyirami Pulau Samosir. Hujan membelah Samosir dengan Pulau Sibandang. Dengan teropong saya melihat Samosir bagai dibalik tirai sutra. Antara Onanrunggu dengan Panamean juga sudah disambut sekelompok hujan yang tidak jadi bertemu.
Pulau Sibandang yang dipenuhi pohon mangga dan Muara tetap cerah, air danau juga tetap tenang angin pun hanya semilir. Kota Muara bagai hunian surgawi yang tenang dan nyaman berdinding gunung berhamparan sawah dan danau.
Seperti biasanya, disekitar danau toba, penduduk rajin membakar pegunungan. Pembakaran dampaknya menanduskan lereng pegunungan itu. Bayangkan bila lereng gunung dan tanah tandus itu ditumbuhi pepohonan rindang.

sipinsur_01.jpg sipinsur_02.jpg sipinsur_03.jpg sipinsur_04.jpg sipinsur_05.jpg sipinsur_06.jpg sipinsur_07.jpg sipinsur_08.jpg sipinsur_09.jpg sipinsur_10.jpg

Ingat Muara, ingat mangga lejat. Ingat para perwira tinggi, Sahala Rajagukguk dan Drs Soaloon Simatupang (Anak Naburju).

Haloo hamu Par-Muara. Photo ini dijepret dengan KSS (kamera sangat sederhana) sehingga kesannya agak blur. 😉 Karena memang hanya itu yang saya punya😀


Bookmark and Share

Tautan :

Panorama Danau Toba
Melayang diatas Danau Toba
Masihol tu Muara
Memandang dari Dolok Tolong

66 thoughts on “MEMANDANG DARI SIPINSUR

  1. Sibarani berkata:

    Kalau mau dijual sebagai objek pariwisata, infrastruktur dan hospitality penduduk dulu yang harus dibenahi. Kalau tidak, wisatawan juga malas ke sana.

  2. Wah, saya sangat terkesan dengan indahnya panorama di atas. Ternyata Tapanuli sangat banyak objek wisata yang bernilai jual tinggi untuk menarik minat wisatawan. Tapi mengapa selama ini seolah-olah tertidur ya? Mari kita sama-sama membangun dan memelihara anugerah yang sangat agung ini. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

    Horas.

  3. Bistok P. Siahaan berkata:

    Salut buat Tulang M. Naipospos yg menyajikan photo photo panorama Danau Toba, cuman amat sangat disayangkan dinas pariwisata di sumut diam tohk alias vacum.Promisi ke luar kurang buktinya sampai sekarang turis ke Danau Toba mandek sama sekali, Banyak Hotel berbintang di Prapat tutup dan Danaunya kalau mandi gatal. Wah gimana pak Gubernur Rudolf Pardede yg notabene sibung dari Balige kapan di promosikan Bonapasogit kita Lae. Memang agak susah juga pemikiran orang Batak sekarang, buktinya Itu loch calon gubsu dari Siantar (RES) baru calon ributnya oknum oknum ngak karu-karuan mulai dari anggota DPRnya sampai orang orang yg tak bertanggung jawab, Bosan melihat di dunia maya : maunya anggota dpr itu mendukung jgn komentar gede pekerjaan ngak ada.
    Bagi kita bangso Batak jarang model ini, omong doank, buktinya seluruh dunia mengakui orang Batak pekerja keras, tdk memandang pekerjaan yg penting anak sekolah (anakhon hido hamoraon di au) jadi saran gua tolonglah anggota DPR yg ada di Siantar sana jika anda mau dohormati bekerja keraslah sebab saudara dibayar rakyat Indonesia. Ngak ada hubungan Lift pajak Horas dgn Walikota atau pembangunan SMA 5, anak SD aja tau apa tugas DPR jgn urus pekerjaan orang.
    Buat Tulang Naipospos salut gua yang indah indah aja di photo jadi kagen ke bonapasogit.
    Brgds
    Hansbp
    _
    *** Mauliate

  4. Borotan berkata:

    Wah… wah.. indah sekali rupanya pemandangan dari Kecamatan Paranginan ini. Selama ini saya hanya pernah mendengar Paranginan ini dari ibu saya boru Sianturi yg juga berasal paranginan. Kalau ada waktu saya pengen sekali datang ke lokasi ini. Terima kasih atas info dan photonya.

  5. Terpesona menyaksikan Indahnya Panorama Danau Toba yang sangat menakjubkan. redaksi menyebutkan Kota Muara kelihatan dari sipicur, disayangkan tidak ada Photonya. saya pernah dari Paranginan tepatnya desa batugaja juga tidak jauh dari sipicur, Kebetulan pada waktu itu bapak wakil ketua KPK T. Panggabean berkunjung ke batugaja karena ada acara keluarga, dimana istri beliau berasal dari daerah batugaja ( boru sianturi ). singgahlah kami ditempat yg sangat indah Pemandangannya namanya Panguapan didaerah Batugaja tersebut. Jika kita memandang dari panguapan tersebut seolah -olah kita berada diangkasa , karena kita bisa menyaksikan Indahnya Panorama danau toba termasuk kota Muara, Balige, Samosir, Bakara juga hawanya sangat dingin dan segar. dipanguapan tersebut ada sebuah Villa, jadi jika anda ingin berkunjung dan menginap tidak perlu anda report mencari penginapan. juga cocok untuk acara Meeting.
    Jika anda penasaran silahkan anda kunjungi lokasi tersebut.

  6. mantap kali bah huta nami itu………….. mari kita bertandang ke hutanami .. mamereng tao toba sian hutaginjang nauli
    HORAS SUKSES MUARANAULI……….!

    HMP.ARITONANG

  7. patikkos siahaan berkata:

    pada tanggal 31 Des 2007, kami sekeluarga jalan-jalan ke sipinsur, sungguh indah memang pemandangan disana, bisa langsung melihat pulau si bandang dengan cuaca saat itu cerah sekali, memang betul perhatian dari pemda setempat masih belum maksimal, sungguh sayang potensi parawisata ditempat ini belum tertangani dengan baik. Sangat cocok sekali untuk dibuat kawasan peristirahatan, retreat dll.

  8. St. P.H. Siregar berkata:

    Saya sangat berterima kasih sama amang M. Naipospos, yang dapat menampilkan Wisata Sipinsur.
    Saya adalah anak rantau dari Desa Pearung, Kecamatan Paranginan HumHas.
    Saya tau betul panorama/keindahan Wisata Sipinsur ini, dari gambar diatas itu masih 40persen yang ditampilkan.
    Apabila dikelola dengan baik Wisata tersebut bisa mengalahkan Wisata Bali dan Parapat.
    Sebenarnya Wisata ini tercipta atas prakarsa mendiang Raja Inal Siregar, dan dilanjutkan sekarang denga Bupati HumHas M. Sihombing.
    Saran : Untuk semua anak rantau dari TAPANULI mari kita pertama-tam mengajak anak, saudara, teman kita berwisata ke TAPANULI, lihat keindahan SIPINSUR ini. Dan masih banyak lagi di Desa Pearung tempat-tempat yang sangat menarik seperti danau PEANANGGILING, GUA SIMANGALINU (tempat sarang burung walet) dan lain-lainnya.
    Dan apabila Pemerinta serius meningkatkan parawisata di daerah ini harus dibuat jalan sepanjang pinggiran bukit mulai dari Parulohan, Pearung(SIPINSUR), Batugajah,Paranginan sampai Hutaginjang turun ke Muara sampai ke Bakara.
    Horas dan Syalom

  9. Mel Pakpahan berkata:

    Ulinai ate Hutattaon ? alai moasa dang boi dijual potensi wisanata naon ate?. Hape potensi wisata di Tapanuli sun bahat.na. gabe sungkun2 maon diroha ni setiap bangso batak. Boha akka dongan molo tabahen terobosan na significan, taangkat ma PASTOR gabe kepala daerah asa adong perubahan di huta ta i.

  10. Kiky Manurung berkata:

    Salut buat Toba, untuk karya Tuhan yang terindah. Mari kita lestarikan budaya dan keindahan Toba.

    Horas..horas..horas

  11. Rinto hardi siregar berkata:

    bagak do kan huta nami ikan? makana ro hamu tu si marmeam, asa marmitu hita huhut minum tuak. molo ringgas ro hamu boi do tong martumbuk sa2 ribu.

    sipinsur adalah sebuah tempat wisata yang sangat menakjupkan. jika Anda orang Batak mungkin anda tahu PINSUR, yang artinya tajam atau runcing
    jika anda ke sana,aku yakin hal pertama yang pertama anda ucapkan adalah: aku ga pernah lihat hal yg kyk gine, hera anak boru na bagak ate, sure deh.!!!!!!!!!!!!

    salam buat teman-teman semua. terlebih buat Anak2 OPSESI PEARUNG SILALI. adong dope organisasitta i bo??????????????

    **** Bah …. masa do martumbuk di Pearung ? Sadihari ma annon mamutik kopi? Adong dope markisa Di Pearung? Adog do ale-aleku sian Pearung na so tarlupahon ima lae Kader Siregar, isterina guru SD molo dang sala. Hubege baritana nunga marujung ngoluna, alai hurang porsea dope au.

  12. rinto hardi siregar berkata:

    hamu na hera ise,tinggal muna didia? nataon 2007 do ra mate i, molo dang sala. alai nga pasti be mate. molo tung pe hea di bereng hamu ibana, olo do ra begu na i.

    *** Taon dua 2000 dao hami pajumpang lae, boasa gabe beguna… dao ma i…

  13. St. Pande H. Siregar berkata:

    Horas Rinto Hardi Siregar !
    Hera iso doho ampara, Silali dia ho, jala didia jabum ?
    Molo si Kader anggiku doi jala nunga marujung ibana toho doi taon 2002. Molo jabuku Pearung Nagatimbul.
    Pesanhu : Rap marsada hita Pangaranto pature hutatai. Molo punguan ni Pearung i adong dope alai hohom jolo nuaeng, rap ma hita na di JABOTABEK on marsada menghehei, mulak do ahu Desember nasalpu adong do pesan ni SD Neg Pearung tu hita asa tabantu nasida manuhor kursi, jala ahupe hujumpangi do Bupati HUMHAS asa totop diparrohahon hutatai.
    Mauliate jala Syaloom…..

  14. horas ito, kakak. n sude
    molo hamu adong huta muna yang harus diceritakan..
    duh,,
    masihol hian ibo molo iba punya huta…
    jadi molo taon baru mulak tu huta,,..
    neh,,,
    dang hea..
    molo lao tu huta,,.
    i pe tu jabu neh dongan na naeng muli

    DMH

  15. rinto hardi siregar berkata:

    molo au siregar silali do. dang na mangaratto au, alai namardalani do. mrsogao pe au mulak tu huta

  16. ARWIN SOFIAN BAKO berkata:

    SAYA HANYA BISA KATAKAN SAYA TERKAGUM
    MELIHAT KEINDAHAN DANAU TOBA
    TAPI , SAYA INGIN PEMERINTAH HARUS LEBIH FOKUS KE DUNIA PARIWIASATA KARNA DARI WISATA INI BANYAK PEMASUKAN UTK DAERAH TERSEBUT DAN DAPAT MENAMBAH DEVISA NEGARA
    JADI DAERAH ITU DAPAT DIBUAT SEBAGAI DAERAH
    WISATA YG BANYAK DIKUNJUNGI OLEH SESEORANG BAIK DARI DALAM NEGERI MAUPUN
    LUAR NEGERI .

  17. saya tercengang melihat indahnya bumi Tapanuli Utara ini!!!
    saya teringat dengan teman-teman saya ketika kami sekelas pergi menatap dan menikmati indahnya Sipinsur.
    we considered that sipinsur is only an uninteresting place.
    But that’s wrong, after we’ve arrived there, we were proud of him.

  18. estonhs berkata:

    mauliate lae postingannya, sai anggiat ma godang pengunjung ni blog-on songoni nang pengunjung tu huta hatubuan Muara Nauli.

  19. HORAS MA DIHITA SUDE,AKKA DONGAN NASIAN MUARA.MAULITA MA DI HAMU NA MAMBUKKA POSTINGON……..MUDAH MUDAHAN MA LAM TU HIPASNA HITA SALUHUTNA DOHAT DITAMBAI TUHAN AKKA PACCARIAN DI HITA GANUP MARSADA-SADA

  20. Eston H. Sianturi berkata:

    Lam hu parate-atehon gambar no 10 i lae … naung mago do huroa angka bosi nai ate??? Tega nai ate mudah-mudahan unang angka tukang botot na mambuat ate?

    *** Angka na disi do mambuat i😉

    reposting 2008/10/03

  21. mohon kepada pengelola objek wisata sipinsur agar lebih menungkatkan saran dan prasarana,, dimana dengan tersedianya prasarana lengkap, mudah-mudahan para wistawan lokal maupun international bisa menikmati keindahan danau toba dari atas sipinsur.. MAULIATE

    H O R A S

  22. Parulian Sihombing berkata:

    Uli do nuaeng sipunsur, alai ummulian dopei molo lamu dikembanghon,,,,Alai bohama tahe carana?

    Tahun 2002,saya pernah mengikuti pelatihan ukiran kayu yang diselenggarakan oleh Bupati Tarutung dengan tujuan untuk mengkembangkan obyek wisata Sipinsur dan diberikan perlengkapan alat ukir. Memang saya sendiri sangat senang menerimanya apalagi ada dukungan dari Pak Mullop Hutasoit dan Tulang Roida Siregar. Sebagai awal dari kesemangatan, saya membuat hasil karya pertama didepan rumah saya. dan sampai saat ini saya belum pernah menerima bantuan atau alat2 ukir yang dijanjikan untuk menindak lanjutinya….Tapi semogalah sipinsur sailamu tarhatontong marnida,,,,,HORAS

  23. Riries Silali berkata:

    Horas… horas ma dihita sude

    Halo D’Rinto, pa kabar kok ga pernah telpn lagi. HPnya rusak yachhhhh

  24. Saya baru saja kembali dari Hongkong, jika kita bandingkang Negara Hongkong dengan sekeling Danau Toba, tdk jauh bedanya, Negaranya sangat kecil, sehingga bangunan Gedung2 bertingkat disana dibagun dikaki gunung dan diatas gunung , saya bayangkan gambar disipicur dan sekitar danau toba, indahnya jika pemerintah bisa mengembangkan daya tarik danau Toba dan pemandangan sekelilingnya diantaranya pembuatan jalan dipinggir danau toba mulai dari Tele – sipicur – Batugaja – Sihonongan – tembus sampai ke kab. Tobasa.
    Untuk kita anak perantau marilah kita peduli untuk kemajuan kampung kita, saya salut ke Putra salah satu Perantau dari kampung batugaja yang telah membangun sebuah Villa dibatugaja panguapan, kami telah menginap divilla tersebut, begitu indah lampu2 sekeliling danau toba dan sejuknya hawa malam hari, saya yakin anda tidak bisa melupangan . anda penasaran silahkan berkunjung ke daerah tersebut.

  25. Eristo berkata:

    Saya ingin ke danau toba bersama teman dari luar negeri, Selain rencana menginap di tuktuk dan sekitarnya, ke lokasi pandang danau toba mana yang indah aman dan nyaman, ada yang bisa bantu, berikut rute perjalanannya?

  26. tanobatak berkata:

    Eristo.

    Terimakasih atas rencana kunjungannya ke danau toba. Anda dapat mengikuti rute perjalanan melalui biro perjalanan yang sudah ada. Anda dapat langsung ke Sipinsur bila melelui penerbangan ke bandara Silangit dari Polonia Medan. Di Muara anda dapat menginap di hotel yang sudah tersedia atau di Kota Balige. Anda dapat juga mengikuti route seperti diterangkan disini

  27. St.H T Siregar berkata:

    HORAS TONDI MADINGIN PIR TONDI MATOGU, SUDE DO HITA MANDOK DENGGAN JALA ULI, JALA SUDE MENGHARAPKAN KEMAJUAN,ALAI NDANG ADONG NA BARANI UNTUK MAMULAI, COBA SIAPA MAU BERANI UNTUK MEMULAI MUNGKIN RA GODANG DO NA OLO MANGIHUTHON, MANA WACANAMU,MANA PROPORSALMU, TOLONG TAWARKAN MUNGKIN GODANG MANDUKUNG, SIPINSUR JADILAH SIPINSUR YANG DI BAYANGKAN TERUS DAN UNTUK DIKUNJUNGI. GBU, SALAM UNTUK SEMUA PANGARATTO PEARUNG, TUHANTA MA MANDONGANI HITA MANDALANI TAON 2009 ON.

  28. Parulian Sihombing berkata:

    Horas,,,,dihita saluhut na….!
    Au,,, tanggal 29 mulak tu pearung,,,! husangahon ma mulak tu sipinsur, memang na kebetulan sega kamerakku binna ndang adong photo-photona…
    Huida matutu, bosi-bosi ni tangga natutorui (Poto napasampuluhon) ungga dikiloi aroa tu parmadura,,akka bangunan nai pe hona coretan ma,,,amang boha do laho maju hitaon,,,,????
    Alai husukkun akka nadihutai, nasering parhuta naasing do manusai, molo di pasingot par pearung gabe marbadai do.
    bohama carana asa lamu maju paearung i?

  29. Ir. Jamodden Sianturi berkata:

    Horas buat kita semua.

    Sedikit pengalaman mengenai sipicur, setelah kami berkunjung bulan January 2009 ke sipicur, selama ini kami mengetahui hanya lewat Internet mengenai sipicur, perjalan kami dari Medan Lewat Brastagi, Sidikalang singgah ditaman Iman, Tele – Dolok sanggul – Lintong ni huta – ke Sipicur – kemuara – Makam Sisingamangaraja Balige – Parapat – lalu kembali ke Medan . dari sekian perjalanan yang kami singgahi saya dapat simpulkan kita harus bersyukur begitu Indah Alam semesta Sipicur yg diberikan Maha kuasa kepada Warga Kab. Humbanghas, jika kita lihat daerah lain : Sidikalang Taman Iman Wisata buatan, Balige Makam Sisingamangara Wisata buatan , Tarutung Salib Kasih wisata buatan meraka tidak ada tempat Wisata alam seperti sipicur. Hanya ……….disayangkan lokasi sipicur tidak ditata dengan baik, sepertinya proyek asal jadi.
    Tetapi kita harus sadari mungkin lokasi ini baru disentuh Pemerintah setelah jadinya Kabupaten Humbanghas.
    saya setuju dengan Comment Amang st. HT. siregar, kita jangan hanya mengagumi keindahannya saja , mari kita berbuat apa yg bisa kita perbuat, mungkin kita punya jiwa bisnis atau relasi, mari kita ajak Investor asing untuk mengelola tempat tersebut, juga mari kita dukung program pemerintah Humbang, banyak hal dapat kita perbuat. Contoh putra pearung banyak yg berhasil diperantauan buatlah tempat penginapan didaerah tersebut tanam buah – buahan, Nenas, tebu, markisa, jeruk dll . siapa lagi yang bisa mengorbitkan kampung halaman kita kalau bukan kita sendiri. Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Humbanghas dibawah Pimpinan Bapak Bupati Maddin Sihombing yang telah membuka Akses jalan Aspal mulai dari Pearung sipicur – Batugajah ( Panguapan )- tembus ke sisahorja. sebenarnya bukan hanya sipicur yang dapat dibanggakan sebagai tempat Wisata kab. Humbanghas, kalau bisa jadikan tempat wisata Mulai dari Sipicur – Batugaja – Sihonongan itu semuanya merupakan satu kesatuan dari pemandangan indahnya Panorama Danau toba.

    Terima kasih kepada salah satu Putra daerah batugaja ( Bapak Tigor Sianturi SE ) yg telah membangun Villa di Batugaja Panguapan, kami telah menginap d ivilla tersebut.

    Amang Monang Naipospos tolong sampaikan Comment saya ini ke Pemerintah Humbanghas.

    Terima kasih

    Terima kasih.

  30. sianturi berkata:

    horas…
    molo huparrohahon do sude komentarta diposting on mancai uli jala denggan2, sonang roha manjaha sudena ala tapuji do hinadenggan nauli nadilehon ni Tuhan i tuhita melalui huta nadenggan jala nabagak di hita, nang songoni di hita akka pangisi ni huta i, dilehon dihita habisukon, hapistaron dht hina adongon, alani i dihamu akka lae, ito, tulang, amang boru dll dll, bohama nian molo hita baen bukti nyata nagelleng paboa na perduli jala bersyukur do hita di sude pambahenan/pangalean ni Tuhani di hita be, hita rencanahon majo jala hita ulahon sada kegiatan napaulihon dht pedengganthon huta ta i, ima mangihuthon program ni pamaretta mambahen penanaman pohon2/tumbuh-tumbuhan dihutatta nauli i, alana tangkas do hita umboto naung habis do dipasuda akka hau/pohon2nan naung adong hian tubu di bahen Tuhanta manang di suan oppungta najoloi, dang pola hupaganjang aha arti pohon2 i alana posdo rohakku ngasude hita umboto guna nai, alani i dihamu sude rapma hita jala kompak padenggan hutattai, pos situtu do rahkku di hamu sude nasarupa pikkiranta taringot tuhadengganono ni hutatai, maulitae godangma di hamu sude.
    horas 3x

  31. rohana sih berkata:

    Si Pinsur na uli…… holan boi diranapi, dang boi maridi di tao i huhut mangranapi, alani i do ra ibanna dang songon pantai Kute Bali godang angka pangaranto manaruhon si
    humisik na tarlumobi ma si bontar mata manaruhon dollar na.

  32. GP.Simbolon berkata:

    Menarik melihat danau toba dari fotonya…
    tapi sayang itu tinggal fotonya doang….
    gimana ya klo foto itu jadi kenyataan kembali….
    sayang danau yang kita cintai itu uda mulai terkontaminasi dengan kotoran ikan..
    (keramba..red)
    salut yang buat fotonya seindah ini..
    tks

  33. july_d'patton berkata:

    pulau sibandang yang sangat ku banggakan menjadi impian belaka…….

    airmata kerinduanku untukmu……

  34. Henra Marulitua Sianturi berkata:

    saya asli anak paranginan. saya sangat bangga dengan anak-anak batak yang terus berusaha mempopulerkan tanah batak. jadi pertama-tama saya ucapkan SALUD untuk pembuat blog ini yang sudah banyak memberi informasi dan juga kenangan bagi saya yang tinggal diperantauan.
    menurut saya, Sipinsur hanya satu dari banyaknya tempat wisata yang harus dieksplorasi di kecamatan dan sekitar paranginan. sepanjang perbukitan dari atas Bakkara sampai dataran rendah Balige merupakan tempat strategis untuk dijadikan tempat wisata. yang jadi kendala adalah infrastruktur seperti jalan, pelayanan masyarakat dan juga pendidikan ekonomi mikro bagi masyarakat sekitar yang harus ditingkatkan.

  35. betty sonatha berkata:

    pas do memenag aha na di publikasihon muna i. molo ni ida tung mansai uli do nian pemandangan i.
    alai molo boi torus ma dikembangkon pembangunan i, asa lam maju derah ta i khusuna pearung i. memang hubege nunga dibaen bupati rencana na matang laho paturehon sipinsur i. mudah-mudahan ma antong dipature sesuai dohot anggaran dana na dilehon tusi.
    alana huida tingki na mulak au natal nasalpu, tempat hundulan i jorok, coreta-coretan dengan kata-kata kotor banyak kita dapati. juga kalu bisa tangga ke muara itu bisa sich dilanjutkan. supaya lebih menarik. tapi mau nanya bukannya ada ya bagian kepariwisataan di pemkab humbang??
    untuk menangani daerah-daerah wisata kita???

  36. Tigor sianturi,SE. berkata:

    Mandok mauliate ma ahu tu hamu Amang Panggominami a
    Bupati humbang hasundutan.Ala sahat do dibahen hamu dalan nadenggan tu Batugaja Paranginan ( Batugaja).Daope hami amang di pangarantoan sai tongdo rohanami tu bonanipasogit. MERAH DARAHKU PUTIH TULANGKU HUMBANG HASUDUTAN KELAHIRANKU INDONESIA TANAH AIRKU. MALE DO ABANG BUPATI RAJA DI ULAONNA.

  37. Jamodden Sianturi berkata:

    Horas Ampara Marulitua.

    Didia do Langkam diParanginan. Jala didiadoho tinggal saonari.
    Hera sianturi dia ma langkam.

    Molo ahu tinggal di Jakarta do.
    Sianturi Simangonding – Siharinuan – Tuan dihorbo No. 16

    Salam kenal ma tuho ateh……….ampara.

    Mauliate

  38. rani purba berkata:

    Horas Muara………..

    horas mama…………

    horas oppung…………..

    Q merindukan klen
    semua…………………

  39. tanobatak berkata:

    Ke Sipinsur sebaiknya jalan darat dari parapat menuju bandara siborongborong. Bisa melalui Pangururan-Tele-Lintongnihuta. Bila melalui danau, ke Muara. Dari Muara naik bukit dgn tangga ke Sipinsur. Dari Muara bisa juga dgn kendaraan darat melalui jalan ke lintongni huta

  40. dior sihombing berkata:

    horas TAN0 BATAK… toho ma tutu, songon goar nai ateh… tapian nauli,,, sian dia pe hita mandulo, uli idaon BONAPASOGIT ni bangso batak i… HORAS. . . .

  41. Poliman hutasoit berkata:

    Wah . . .Wah . . .Wah. Hebat ya sipinsur.
    Jd blum dikembangkan dsana,kasihan lah.
    Ito,lae . .Rohamu tu sipinsur,
    taringot au waktu disipinsur. Hmpir tp sore q ksana memandang.
    Tp syng skarang q uda dsamarinda. Aku rindu kau sipinsur.

  42. pernando sinaga berkata:

    ahu par sosor dolok dolok do .molo hu ingot kenangan na di spinsur dang tar lupahon.maccai uli do luat i.jadi pangi do anhu rap paunehon ma hita di luat ti .alana gadang do potensi na naso di patu duhon. godang do dongan hu par pearung.si pindah siregar jaspin siregar .godang dope .jadi pangidoanhu molo dag mangaranto hamu unang gaori hamu jolma no ro pengunjung tusi asunang gabe mabiar halahi mauliate HORAS

  43. JAHARA SINAGA berkata:

    tutu mansai ulido tempat wisata sipinsur,alana nungga hea huida na taon baru i,alai molo boi mangalean saran unang ma dijual minuman keras di pinsur i ate…asa unang mabiar akka dongan nanaeng tusi.

  44. Op.Pandu Siregar berkata:

    Horas jala Gabe ma hita mandalani Taon Baru 2010 naung dibasabasahon Tuhani tu hita jala anggiat taon 2010 taon parasinirohaon taon las ni roha mamuji pasangap GoarNa Nabadiai, Amen.
    Songon na sepio ate ! naung loja do manang na bosan, unang marna loja hita manbahen angka na denggan, ai dihalomohon Debatado angka jolma na ringgas mambahen angka nauli di tonga tonga ni angka parsaoran na denggan, jadi unang bosan ate angka pangaratto Pearung tarlobi, ai ndang marisuang angka pambahenanta na denggan i pos rohatta, tapuonta do parbue ni na ta suani tks. GBU

  45. Op.Pandu Siregar berkata:

    na di bulan juni 2009 mulak do hami tu huta pearung ala adong ulon saur matua, jala hu usahon hami do mampir tu pinsur , alai songon naso pas tu roha ala adong mangambat ( Seperti satpam/petugas parkir) alai hurang waras. ai diambathon hau na balga di dalan i sanga do hami naeng mulak boti, na kebetulan adong na mangarayu gabe boi hami masuk. na nidok disiboha do asa songon na puas / nyaman na ro berkunjung tu pinsur i , jadi perlu pemikiran /pengelolaan yang baik. tks

  46. jefri ds sianturi berkata:

    Semangat..
    Buat pemerintak kecamatam paranginan tetap maju,jaga dan peliharanlah warisan Tuhan…..

  47. mullop hutasoit berkata:

    sian akka pakkataiontaon,kesimpulanna sipinsur i nauli.alai boha reaksi ta laho lampaulihon jala mempromosikan i,ido napenting.alana molo pemkab humbahas hurang do mangalean rohana tusi ala adong informasi i gabe ajang prostitusi do disi tu akka naposo namardongan2.jala memang boido tohoi,ala olo do iba ro tusi baik malam atau sore,sai adong do akka naposo tusi ro lao memandang2.jadi alani gogo ni alogo jala ngali dohot situasi memungkinkan,ba marlomo lomo madisi.jadi akka on porlu do dibersihkan sian hutanta khususna sipinsur.boha carana?sama2 kita pikirkan.Mis:berdayakan karang taruna.dll

  48. andosibarani berkata:

    bentuk … comunity anti maksiat di seputaran paranginan sipinsur (taput) .pasti lebih efektif menghajar sang pecinta sex sembarangan …. saya kira itu itu pastinya…. tanks …by andos

  49. Op. Pandu Siregar. berkata:

    Sai na napotan Pasu-pasu & Las niroha do parroha na ” Basar ”
    Di na mulak hami tu jakarta dung sidung sinode g a a/p ditaruhon paraman ma ahu naik motor tu jln. raya na dianggap godang taxi lewat. saat hubereng tu pudi adong taxi searah dohot hami jala laos hubahen isyarat hami porlu taxi,hape dibagasan taxi adong penumpangna 2 halak na tepat tong manuju bandara polonia medan, ala dibereng panumpang taxi , bahwa ditanda do na mambongceng hami gabe di dok ma tu supir taxi molo olo hami asa rap naek taxi i tu bandara, jala supir ipe setuju laos turun mandok tu hami ” naeng tu bandara do amang ? alushu ido nikku , jala didok muse, molo olo hamu rap dohot panumpang naung di taxi an raphamu ninna ai di tanda do na pataru/ mambonceng hamu ninna, las rohangku mangoloi tawaran i laos masuk ahu tu taxi i dung jolo pamit tu paraman na manraruhon ahu. Dung masuk ahu tu taxi , masijalangan hami tu nadibagasan taxi i jala masi dok margana, jala didok tu ahu, bapakku do hape ai boru lumban raja do ahu ninna las rohani namboru i paboahon, ai na mangantar pahoppuna do ibana naeng tong borhat tu jakarta, dung sahat hami tu bandara polonia medan hu dadap ma dompet hu, hu sodorhon ma bayaran ni taxi dohot arga saratus ribu rupiah tung mansai las rohani lae supir i manjalo jala di dok mauliate jala dibereng tu namboru namatuai didok dang pola be namboru nina jala ro namboru i mandok tu ahu mauliate amang ninna, bingung ahu boasa songon i las ni roha ni namboru on dohot supir taxi on ninna rohangku, hubereng ma naditangan ni namborui dang jadi be di pasahat tu lae supir taxi i. gabe ninna rohangku ma ” olo tahe ai nungga rap dapotan halahon ” ala olo nasida rap marroha na ” basar ” na olo mangurupi angka na mangkaporluhon ai anggo so masi paoloan nasida ra, hami pe ndang rap dohot nasida, jala mauliate ma nidok ala basar roha nasida, aut so rap hami nunga tarlambat tu bandara ai sae cek in pintor masuk tu pesawat nama . hami. jala mauliate ma di Tuhanta ala adong na olo mangu rupi hami biasana nga godang jlma ndang peduli tu dongan na jolma. ima las ni roha ni na ” masipaolooan ” Horas.

  50. andika pakpahan berkata:

    Aku suka panorama sipicut aku kagum melihat pemandangan tao toba dari sipicur
    dan aku akan selalu mengenang sipicur .
    PIARUNG NAULI…………

  51. Marolop siregar parpisolempar berkata:

    Aq ni. . . Simarolop siregar. . .
    Yg jenggot nya panjang kampung di impres.
    Salam tu hita saluhuttna.
    Horas.

  52. trustme aritonang berkata:

    wahhhhhhhhh uli nai poang pemandangan nai…adong do hotel disi??? kayaknya cocok buat honeymoon tuh…he,he,he!!!

  53. masnita sianturi berkata:

    objek wisata tersebut sangat indah, tp lebih indah lagi jika masyarakat setempat mengembangkan sarana yang ada disana.
    1 kelemahan yang saya tinjau sekitar beberapa bulan yang lalu yaitu lemahnya teknologi di daerah tersebut.

  54. HARRY berkata:

    Sipinsur yang indah,namun dijadikan tempat yang salah bagi anak remaja…di tangganya itu…saya sedih ketika ke situ….!

  55. alexilaly'17 berkata:

    mauliate……..dari semua angle (Sipinsur, Hutaginjang, bakkara, ect..) yaa, gak ada kata2 yang terucap selain ” amang tahe uli nai ciptaan ni TUHAN i” ……. tinggal bagaimana kita menjaga dan memeliharanya supaya tetap ASRI dan PURE ate..🙂

    Horass Par Muara🙂

  56. minton siregar berkata:

    Mauliate…..
    saya sangat bangga jadi anak peaarung, tpi sedikit saya kurang setuju, yang mencuri besi-besi dari pagar tangga tersebut bukian penduduk setempat,
    terima kasih,,

  57. farel silalahi berkata:

    wauh..saat sya pge sene wahk..enak bangt..trus qh langsung jadian ma

    “tmn qh jln tu..hihhiiii
    thankz..sipincur pembawa kesenangan seperti cuaca disana lah hatiku sejuk y..

    \

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s