SEMASIH MUDA BANYAK BELAJAR

Sebagai keturunan Raja Parbaringin Bilher mendapatkan gelar “Raja” Bilher Marpaung.
Sehariharinya sebagai pengusaha dan mendirikan usaha dagang bahan bangunan UD SIHAR di Balige.

Pakaian Adat

Pakaian Adat

Bilher Marpaung dilahirkan tanggal 15 Maret 1943. Menikah tahun 1966 dengan S br Panjaitan yang sudah meninggal dunia 2 tahun yang lalu.
Memiliki 5 orang putra dan 4 orang putri. 6 orang cucu menghiasi kebanggaannya sebagai orang yang dituakan di masyarakat dan dia dipanggil Ompu Miduk.

Pendidikannya yang hanya SMP tidak membetasinya untuk terus melakukan penelitian tentang budaya Batak. Sejak masih lajang dia sudah gemar melakukan perbincangan dengan orang yang lebih tua dam paham budaya batak dan mencatatnya.
Pada tahun 1967 dia mendapatkan pemahaman dari Ompu Parung Siburian yang berusia 83 tahun saat itu tentang “Borhat Janji” Merupakan sikap ikrar batak tentang “tuptup” kesepakatan melakukan sesuatu yang sisepakati bersama. Termasuk perjuangan entitas, negeri, pertahanan, dan hukum. Itulah awal adanya nama wilayah bertautan dengan kata “janji” seperti janjiraja, janjimatogu, janji maria dan yang lainnya.

Dari Ompu Parung dia juga medapatkan pemahaman tentang “Parbue Tonor”. Dijelaskan bahwa Ruma Parsaktian dikukuhkan setelah ada keturunan pendirinya 7 sundut (generasi). Bila rumah perkumpulan yang dirikan bersama dalam satu generasi layaknya disebut “Ruma Patane”
Ruma Parsaktian tadi saat mendirikan sudah dilakukan “santi” dengan parbue santi dan telor ayam dalam anyaman khusus. Pada saat pengukuhannya menjadi ruma parsaktian tidak dilakukan lagi dengan “parbue santi” tapi dengan “parbue tonor, dimana beras bersama telor dibungkus dalam ulos batak.

Tahun 1969 beliau mendapatkan pemahaman tentang tortor batak dari marga Simanjuntak (65 tahun saat itu) dari Sianjur. Tumba berasal dari kata “Tumbas” yang dilakioni mudamudi. “Embas” dilakoni oleh semua generasi dan memiliki kriteria untuk “natunggane” dan “naposo”. Untuk orangtua meninggal dunia, keturunannya tidak disebut manortor, tapi sebutannya adalah “magondai.

Nama : Raja Bilher Marpaung
Umur : 64 tahun
Alamat : Jalan Mulia Raja – Kecamatan Balige – Tobasa
Telepon : 081 262 600 79
Email : partungkoan@gmail.com (perantara)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s