SMPN 1 LAGUBOTI BERKUALITAS MINIM FASILITAS

Monang Naipospos [ Geliat SMP Negeri 1 Laguboti]

Anda alumni SMP Negeri 1 Laguboti? Atau setidaknya anda pernah melihat dan lintas di sekolah itu? Semasih Laguboti masih mengandalkan satu-satunya SMP Negeri perhatian masyarakat tertuju ke sekolah itu dan Sekolah Teknik Negeri Laguboti. Sekarang Sekolah Teknik itu sudah berubah menjadi SMK Negeri 1 yang sebelumnya disebut Sekolah Menengah Industri Kerajinan.

Kembali ke SMP Negeri 1 Laguboti. Sekolah ini masih idola sampai saat ini walaupun Laguboti sudah memiliki 4 SMP Negeri. Alumni sekolah ini sudah banyak yang berhasil, dan sampai saat ini masih mampu berkompetisi mengenai kualitas pendidikan. Tidak heran bila pemerintah menetapkan sekolah ini peserta program Sekolah Standard Nasional. Predikat itu akan diberikan setelah evaluasi 3 tahun ke depan.

Sayang seribu kali sayang, bila predikat itu akan gagal dicapai bukan karena hasil didikan tidak berkualitas, tapi bila sarana prasarana tidak dipenuhi.

Gedung sekolah itu dulunya dari kayu, dan sampai saat ini sebagian masih dipertahankan, yang kondisinya sudah lapuk. Sekolah itu berada di areal 1.965 m2. Semua halaman walau terbilang sempit yang dulunya dipakai apel pagi sekarang sudah ditumbuhi gedung ruang kelas bertingkat. Sekitar sekolah itu hanya difasilitasi lorong sempit untuk menghubungkan ruangan dengan ruangan lainnya. Memprihatinkan bila dikaji dari tata lingkungan standar sekolah dan pemukiman.

Tak salah bunda mengandung, buruk suratan tangan sendiri, barangkali tepat untuk nasib sekolah ini yang tidak memiliki areal pengembangan fasilitas belajar.
Walau fasilitas minim, mutu pendidikan tetap dipertahankan. Sekolah itu pernah ditawarkan pemerintah pusat bangunan laboratorium, tapi karena tidak ada tempat akhirnya dialihkan ke sekolah lain. Jangan heran bila saat ini sekolah itu tidak memiliki laboratorium kimia dan perpustakaan yang merupakan salah satu komponen untuk mendapatkan predikat Sekolah Standar Nasional. Sebelum halaman sekolah itu dijejali bangunan ruang kelas bertingkat, mereka cukup berpengalaman memijam ruang belajar dari fasilitas pendidikan milik gereja HKBP.
Yang sangat menyedihkan, toilet sekolah itu menumpang di areal pihak lain.

Apa yang akan dilakukan tiga tahun ke depan untuk memperjuangkan Standard Nasional itu?
B. Tambunan SPd telah mencoba mewacanakan ke pihak HKBP yang memiliki lokasi yang luas dibelakang sekolah itu. Lokasi itu kosong dan dipinjam untuk apel pagi. Dulunya digunakan untuk kegiatan pendidikan. Terdapat bangunan tua disana dari kayu yang sudah lapuk dan hendak roboh. Belum ada respon. Barangkali pak Tambunan akan meneruskan niatnya memohon secara resmi dan dukungan Pemerintah Kabupaten. Bila tanah itu diberikan kepada pemerintah untuk pengembangan pendidikan, maka SMP 1 Laguboti tidak akan kewalahan menghadapi persyaratan Standar Nasional.

Tambunan yang dulunya guru di sekolah itu mengharapkan peran putra Laguboti khususnya alumni sekolah itu ikut berperan memperjuangkan pengambangan kualitas pendidikan dan sarana sekolah itu.

Prestasi siswa sekolah itu patut diperhitungkan. Tahun 2007 ini dua orang siswanya mengikuti olimpiade sains di propinsi. Dibidang kesenian juga sering mendapat kejuaraan.

Bila pihak HKBP tidak respon lagi untuk memajukan pendidikan dengan mendukung program SMP Negeri 1 Laguboti maka kelak mereka akan melakukan apel pagi di jalan raya 😉

Halaman mini Bangunan lama dan kamar mandi di lahan orang Halaman apel pagi milik HKBP dan bangunan lama yang terlantar "Mari kita berjuang bersama"

Tautan
Batu Marpingkir di Laguboti

92 thoughts on “SMPN 1 LAGUBOTI BERKUALITAS MINIM FASILITAS

  1. Horas lae. Cukup lama juga lae baru posting lagi.Reportase seperti ini sangat perlu, apalagi mengenai sarana pendidikan yang sangat vital bagi kemajuan masyarakat.

    Aku sangat tertarik pada laporan lae ini. Kalau boleh aku akan tampilkan tulisan ini di blog aku :

    http://tobadreams.wordpress.com/

    Ini beda dengan website Viky Sianipar yang sudah lae masukkan dalam daftar blogroll.

    Blog lae ini sudah aku masukkan dalam blogroll di blog aku.

    Mauliate. Horas.

  2. Pahala Panjaitan berkata:

    Orang-orang berpikir (Orang pandai), di Laguboti karena banyak duduk-duduk di batu Marpingkir jadi mereka tidak perlu lagi memikirkan sarana dan prasarana pendidikan untuk generasi penerus mereka

  3. charly hutahaean berkata:

    bah…..jonok do singkola on tu jabung ku..
    holan marjarak 30 meter do…
    tohodo nanidok ni amang i ttg singkola i…
    onma salanta angka pangaranto
    gabe huta ni halak do tapature
    anggo hutanta dang hea ta pature
    HORAS

  4. ferdinand_hutahaean berkata:

    segala sesuatu harus kita tanggapi dengan positif,. betul….untuk menciptakan SDM yang unggul tidak cukup hanya dengan niat n semangat untuk mau berkembang, tetapi sangat perlu ditunjng fasilitas yang memadai,keduanya itu merupakan 1 kesatuan yang saling berkaitan,kebetulan saya a/ alumni sekolah ini, tingkat kemauan belajar siswa sekolah ini lumayan baik nah kalau didukung oleh suasana belajar tentu dengan fasilitas yang menunjang akan dapat menghasilkan SDM yang lebih baik , oo kepala sekolah skg dah pa betam ya?? slamat lha pak.. bpk dah lama kenal sekolah ini dan alumni2 sekolah ini tentu jg bpk mengetahui kwalitas2 mereka, menurut saya bpk sudah dapat dengan mudah mengembangkan sekolah ini..rencana bapk tuk memohon areal yang dibelakang sekolah sangat bagus, pertahankan pak.
    God bless u spm 1…!{guru n siswanya}

  5. Charles Eben Simatupang berkata:

    Hello teman2 seperjuangan di SMP 1 Laguboti. Bangunlah SMP 1 Laguboti, jangan biarkan hancur dan berantakan.

  6. Agar usul ini lebih mengerucut, saya bersedia memfasilitasi pertemuan dengan IMALA (Ikatan Masyarakat Laguboti) yang ada di Jakarta, dimana hampir semuanya anggotanya adalah alumni dari SMP negeri I ini, dari pertemuan itu diharapkan dapat memberikan solusi. Sekarang Ketua IMALA adalah Duma br Hutapea, dan Sekretaris Umum saya sendiri Edison Tampubolon. Kebetulan rumah saya dulu di area sekolah SMP HKBP yang telah rusak itu. Saya pikir untuk kemajuan pendidikan dan untuk kepentingan masyarakat Laguboti, HKBP bersedia meminjamkan lahan dimaksud. Mauliate. Horas.

    *** Tadi Kepseknya menginformasikan butuh dukungan anak perantau dan penduduk Laguboti. Usul anda akan kami informasikan kepada beliau. Semoga kepedulian ini semakin membesar dan mengkristal untuk misi kemajuan pendidikan dan pembangunan ekonomi Laguboti. Horas … Mauliate

  7. BENNI TOBING berkata:

    Bah…sikkola ku do i…fuang..masihol au tu ho…
    aku alumni kelas 1,2,3 F smp N 1 laguboti 1991-1994…..!! bah, bapak B,tambunan i..guru bahasa inggris hu hian do i..nuaeng nungnga KEPSEK ate…baru tau…hehehe..congrat lah….

    MAJU TERUS SMP N 1 LAGUBOTI

  8. hendro sitinjak berkata:

    Attar songoni nama haroa perkembangan ni sikkola tai……

    au alumni kls123- A….
    guru yang paling kuingat ..pasaribu -biologi
    siahaan- b.indo -horas tulang secara dongan sahuta….ate…
    etc……
    skrang mengjar ilmu di UI…..
    masih sering kumpul dengan alumniMu juga ….yg kulia di sini…….

    Tuhan Ma Namanggogomi Hita Saluhutna..
    Thanx

  9. Molo hubereng lapangan nadipudi on, pintor huingot do si Timbul Sinambela manipak bola pas hona tu bohi guru boru aha do tahe nga lupa au(ima istri nisi Kampak Pasaribu panjahit)
    Dohot tingki marvolly martumbuk dilapangani, si Monang Hutapea (Betjol najolo goarna) dohot si Lomo hutagaol.
    Alai sipata bolai magogo hu di sipak laos masuk tu alaman ni Guru di samping i pintor ditallik dohot parang bola i.. ha..ha..ha..
    Ai tung nagodang ma nian kesan tingki singkola SMP 1, apalagi najolo hampir sude do sekecamatan Laguboti sikkola dison.

    Horas jala gabe
    Gabe jal Horas.

    Sing..Sing So songon nonton PSMS di Senayan…
    Hidup KAMPAK FC

  10. winda panjaitan berkata:

    kangennnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    ayo adek2 kelas ku bawa nama smp 1 laguboti ya!!!!!!!!!!

    aku kangennnnnnnnnnnnn
    ma alumni smp1 laguboti 2006/2007
    sama ade2 kelas
    sama pak kd
    sama guru2 semuanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    nggak nyangka ad smp gw di internet
    wlau beritany aak menyedihkan sih
    tapi aku yakinnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    kita pasti bisa!!!!!!!!

    semangat !!!!!!!!! miss u alll!!!!!
    kalo nggak salah gw kenal bang eben de!!!
    mantany nenda ya??????????
    gmana kbarny???????

  11. salam rindu SMPN 1 laguboti…………………..
    saya alummi taon 2004…

    Saya sangar senang,ada website SMPN 1 laguboti di dunia maya…
    sehingga SMP saya bisa dilihat2 semua orang
    .
    kita semua alumnI SMP N1laguboti ,Kita harus memperbaiki kwalitas sekolah kita…
    TRIMA KASIH BUAT SAUDARA\I YANG MEMBUAT WEBSITE INI…..

    SALAM BUAT ALUMNI SMP N 1 LAGUBOTI…..
    HORAS………………….

  12. AJI berkata:

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KREEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SEKOLAHNYA KEREEEENNNNNN KATA TEMAN GUA!!!!!!!!

    TEMAN GUA ALUMNI SONO !!!!!!!!!!!!!

    SORY BANYAK BANYAK!!!!!!

  13. benget berkata:

    tetaplah berdiri kokoh sekolahku yang tercinta ini !!!!

    di laguboti maupun di hati kami siswa didikmu!!!
    salam sejahtera buat kita semua ocrey !!!

    horas

    horas

    horas

  14. Senang mendengar smp 1 Laguboti masih eksis.
    Saya juga dulu sekolah disana.Saya ikut prihatin mendengar bentuk sekolah belum berubah.Berharap suatu hari saya bisa berbuat sesuatu untuk sekolah yang kita cintai ini.
    Horas buat para guru dan alumni SMP neg 1 Laguboti

  15. ferdinan carlos tampubolon berkata:

    wahhhh……… keren banget itu baru sekolah gw nama nyaaaaaaaaaaaaaaa…………!!!!!!!!!!

  16. ferdinan carlos tampubolon berkata:

    oh iya buat teman-teman alumni SMP N 1 Laguboti yg udah pada sukses selamat ya!!!!!!!!!!!!

  17. Jonar tambunan berkata:

    bnyk bgt yg gua aLamin duLu wktu skLah ne..
    senank,sedih,tangis tawa..
    HHhh.. bnyk bgt dah..

    gua jd kangen neh sm smwnya,
    paLagi sm skLh gua tercinta ne..

    Pak B.Tambunan,Pak J.NapitupuLu,Bu R.Sitorus,Bu Tambunan,Bu Rajagukguk,P.Panjaitan,Bu Pakpahan,bnyak bgt dah
    g bsa kebiLang..

    Gua jg trut prihatin bgt sm smw informasi d atas..
    andai gua org brada,gua g sungkan2 ikut ngebangun
    SLTP N 1 LAGUBOTI..

    Tmen2 !
    jgn Loe pada Lupain skLh kta ni yh..
    Loe pada jnji smw kn sm gua. . 🙂

    gua dLu aLumni thun 2001/2002
    kLs III F
    WaLi kLs gua dLu pak J.NapitupuLu

    LuV u aLL..
    Luv u SLTP N 1 LAGUBOTI …

  18. Revina Rajagukguk berkata:

    kepada semua orang yang membaca komentar ini,itu artinya, dia sudah pintar…………………………

  19. REINALDI PANGARIBUAN berkata:

    SMPN 1 Laguboti adalah salah satu SMP terbaik se tobasa!!!!!!!!!!
    bnyk bgt yg gua aLamin duLu wktu skLah ne..
    senank,sedih,tangis tawa..
    HHhh.. bnyk bgt dah..

    gua jd kangen neh sm smwnya,
    paLagi sm skLh gua tercinta ne..

    Pak B.Tambunan,Pak J.NapitupuLu,Bu R.Sitorus,Bu Tambunan,Bu Rajagukguk,P.Panjaitan,Bu Pakpahan,bnyak bgt dah
    g bsa kebiLang..

    Gua jg trut prihatin bgt sm smw informasi d atas..
    andai gua org brada,gua g sungkan2 ikut ngebangun
    SLTP N 1 LAGUBOTI..

    Tmen2 !
    jgn Loe pada Lupain skLh kta ni yh..
    Loe pada jnji smw kn sm gua. . 🙂

    gua dLu aLumni thun 2001/2002
    kLs III F
    WaLi kLs gua dLu pak J.NapitupuLu

    LuV u aLL..
    Luv u SLTP N 1 LAGUBOTI …

  20. REINALDI PANGARIBUAN berkata:

    kepada semua orang yang membaca komentar ini,itu artinya, dia sudah pintar…………………………Molo hubereng lapangan nadipudi on, pintor huingot do si Timbul Sinambela manipak bola pas hona tu bohi guru boru aha do tahe nga lupa au(ima istri nisi Kampak Pasaribu panjahit)
    Dohot tingki marvolly martumbuk dilapangani, si Monang Hutapea (Betjol najolo goarna) dohot si Lomo hutagaol.
    Alai sipata bolai magogo hu di sipak laos masuk tu alaman ni Guru di samping i pintor ditallik dohot parang bola i.. ha..ha..ha..
    Ai tung nagodang ma nian kesan tingki singkola SMP 1, apalagi najolo hampir sude do sekecamatan Laguboti sikkola dison.

    Horas jala gabe
    Gabe jal Horas.

    Sing..Sing So songon nonton PSMS di Senayan…
    Hidup KAMPAK FC

  21. reinaldi.pangaribuan berkata:

    kepada semua orang yang membaca komentar ini,itu artinya, dia sudah pintar…………………………SMPN 1 Laguboti adalah salah satu SMP terbaik se tobasa!!!!!!!!!!

  22. Ivan Lee berkata:

    Ini sekolah gw dulu.

    Yup right, SMP 1 Laguboti, one of some best junior high school in Toba Samosir.
    tapi, sy agak sedikit terhenyek, di tengah Zaman yg udah semakin modern ini, SMP ku tercinta masih minim fasilitas.

    Mohon bgt, perhatian PEMDA TOBASA khususnya.
    one thing, You know….
    Ini juga untuk penunjang keberhasilan suatu sekolah.

    sebenarnya itu untuk semua juga seehh, especially bwt temen2 kakak/abg, adx2 sodara sekalian yg dulu pernah sekolah di sini.

    Mungkin bukan sekarang.
    tapi bisa jadi besok, lusa, mau gag mau kita juga harus memperhatikan sekolah kita ini.
    kalo sekolah ini dicatat GOOD, kita juga pasti bilang kan dengan bangganya ke orang2……
    “DULU ITU SEKOLAH GW”
    lantas kalo keburukan such as fasilitas yg gag terstandarisasi lw pade mo blng apa….
    mau gag mau kita juga kan yg malu…?

    seharusnya kita bangga, sekolah ini punya sejuta talent.
    dan, you know, emang terbukti kannn?
    UNTUK itu, ke depan mari kita benahi lagi.

    Especially tu angka parhepeng ate amang/inang, angka milyuner, ataw apalah yang jelas merasa mampu memberi bantuan, lihatlah adek2 kita itu..
    sekolah kita juganya itu, ate ito, lae, dst, dst…..

    HORAS
    Ivan Hutajulu.
    waktu sekolah seeh namanya
    MORANDA HUTAJULU
    ai ditanda hamu dope au tahe….
    yang kenal ini no q….
    0812 7636 0464
    0761 9882 582

    Hidup SMP N 1 Laguboti!
    HORAS!!!

  23. horas.. untuk para guru “SMP 1” laguboti lebih rajinlah mendidik muri2nya agar kelak mereka menjadi orang yang berguna dan bermanfaat untuk TOBASA janga kebanyakan mangaratto tu huta ni halak,supaya mau membangun hutani oppung na….. itu aja dari saya. SAHAT PANGARIBUAN biasa di panggil ADEX

  24. herry sinaga berkata:

    Menurut saya walaupun SMP 1 Laguboti minim fasilitas

    sekolah sangat dapat dibanggakan.Mulai dari Kepsek and

    Wapseknya, Guru-gurunya,dan juga muridnya sprti saya gitu…

    pokoknya ‘SAYA BANGGA DENGAN SMP1 LAGUBOTI’

  25. almendoki siburian berkata:

    menurut saya smp neg.1 laguboti itu merupakan smp yang tak usah diragukan lagi,walaupun minim fasilitas.
    Dapat dilihat dari prestasi yang diraih para Guru dan Muridnya.
    Bayangkan semua duta smp neg.1 Laguboti yang mengikuti porseni dalam bidang bulutangkis dari 4-nominasi smp 1 merebut setiap gelar.
    dan saat pesparawi smp neg.1 laguboti meraih peringkat terbaik satu dalam Festival koor dari 16 kecamatan seTobasa.
    ‘AKU BANGGA MENJADI SISWA SMP N 1 LAGUBOTI’


    **** SMP 1 Laguboti saat ini (TA 2008-2009) urutan ke 3 di Tobasa yang mampu mengantarkan siswanya masuk di YASOP, SMA PLUS Negeri 2 Balige. 3 siswa sekolah ini lolos ke sekolah pilihan tersebut.

  26. JOSI_EFRADEL_SITINJAK berkata:

    syalom>>>>>>>>>>>>
    SMP N 1 LGBT maju truzz?
    bnyak prkmbngan saat neh tp smua tu brkat tngan TUHAN.aq rindu ma ibu TAMBUNAN(OMA) aq alumni THN 2006/2007.Apa lg ma 9D.knangan yg pling indah d S M P N 1 LGBT gudangny>>>>>>>>>
    I LOVE U my FREN ALUMNI SMPN 1 LGBT TAHUN 2006/2007.
    Maju TORUSSSSS.
    SAMPAI STANDART INTERNASIONAL.

  27. frans tulus Manurung berkata:

    molo asa maju sada sikkola ingkon do lengkap angka pasilitasna, alani tu hita sude unang holan hata sambing, hurasa tu angka alumni ni sikkola i dilean ma rohana laho manumbang singkola i, asa maju sikkola i…………………………………………………………………ate dangi ……………….

  28. getha berkata:

    saya juga Alumni SMP 1 Laguboti
    ternyata sekarang sudah banyak perubahan di laguboti yach and gedung sekolahnya jg sudah dibagusin di tampilin dunk foto yang terbarunya,
    salam wat alumni SMP 1 laguboti
    >>>HORAS<<<<

  29. Sonti Pangaribuan berkata:

    Sihol ni roha tu huta niba… ido mamboan au tu blog on. Hape, laos dapot info yang sangat berarti tentang SMPN 1 Laguboti, sekolah tempat (hampir) semua warga Kecamatan Laguboti pernah menikmatinya.. (be it a student, lover –na maminjam inganan tikki bodarina, dohot lan na asing).

    Jadi, memang porlu lehononta (aka alumni dohot fans ni sikola on) perhatianta laho pamajuhon sikola on.

    Imala, apa khabar? Ito Edison Tampubolon, bagaimana realisasi ‘janji’mu setahun lalu untuk membahas isu inii di IMALA?? Atau mungkin saya yang ketinggalan berita? Saya kira, lebih cepat dibicarakan akan lebih baik. Mungkin boi do ra didiskusihon melalui milis.

    Kutunggu realisasinya…

    Horas Laguboti,

    Sonti, par Pasar Laguboti

  30. Togi Hutagaol berkata:

    horas.. untuk para guru “SMP 1″ laguboti lebih rajinlah mendidik murid2nya ini agar kelak mereka menjadi orang yang berguna dan bermanfaat untuk TOBASA…. ,….. Sekian dari saya yang bernama TOGI HUTAGAOL biasa di panggil Van kiljmer…..KetOS

  31. Mentari Tampubolon berkata:

    Horas……………………………..
    Syalom……………………………….
    saya adalah murid smp negeri 1 laguboti….
    saya bangga jadi anak smp neg 1 laguboti
    saya lihat banyak perkembangan bagi smp neg 1 laguboti
    dan saya harap itu akan berlanjut sampai kapan pun……..
    dan kpd guru2 saya mengucapkan trimakasih karna tlh membimbing smp neg 1 laguboti menjadi sekolah yg berprestasi…..
    sekian dan thanks horas ma tu sude angka na adong di smp neg 1 laguboti terutama kelas 9a.

  32. evan lumban tobing berkata:

    horasssssssss………..
    saya adalah siswa sekolah ini kelas 9a
    saya bangga jadi siswa di sekolah ini
    HORAZ……………………
    SYALOM TUHAN MEMBERKATI KITA SMUA
    TERUTAMA KLS 9A MUDAH2AN LULUS SMUA…………

  33. ritha sylvana berkata:

    hai smp 1……..
    aku cinta banget ma smp 1 l.boti
    ini sekolah kebanggaan q!
    meskipun fasilitasnya minim,namun sekolah ini
    jadi skul favorit di tempat q…….
    teruslah berjuang smp q,jangan pantang mundur…
    I LoVe sMp n 1 lAguBoti…

  34. haiiiii zmuaaaaa
    saya adalah MURID SMPn 1 LAGUBOTI

    SAYA HARAPP siswa siswi klazz 9a
    agar slalu tentram dan damai di klazz

    dan saya harap si romario agar tidak mengatakan bahwa smpn 1 laguboti BACCCCIIIIIIIIIIIIIIIIIIII…..

    THANXX ZMUANYA n see yaaaa….

  35. SMPN 1 LAGUBOTI mang toooppppp!!!!!!!!!!!!!!!

    oh yachhh buat ito q cupaya giat blajarnya n bica macuk SMA+
    THANX YACHH BOAT PNGRTIANNYA SLAMA INI……..

  36. i love smpn 1 laguboti

    n buat klazz 9a supaya giat blajar mudah -mudahan smua bisa lulus
    terutama buat ito q supaya giat blajarnya cupaya bica macuk ke SMA+ n thanx buat pngltiannya clama ni!!!!!!!!!!

  37. Rolan(Eihner) Sianturi berkata:

    Age Tahe!!!! Boha namai
    Unang Alani Dangadong inganan gabe Dang jadi dibangun akka fasilitas pendukung ate.
    Toho doi sompitdo memang lokasi sikkolai, ai disi hian do au ESEMPE.
    Boha molo adong akka bantuan muse amang TU BANUA GINJANG MA I BANGUN MOLO PENTING MARTINGKAT SAMPULU PITU MARTANGGA SAMPULU ONOM

  38. ida hutapea berkata:

    horass,… sude mandok prihatin alai dang adong menggerakan , holan hata do sude … molo au biar fasilitas minim jgn takut bersaing dgn smp lain ..di indnesia tetap smp n 1 laguboti yg terbaikkkkkkk.,,,saran ku sbgi alumni buat no rekening sendiri ..dg tujuan membangun fsilitas dan gedung ,,trs informasikan melalui dunia maya sprti face book yg lg ngetrnd kpd alumni sai adong do tergerak rohana manumbang .lama lama dana terkumpul dan siap membangun tanpa bantuan pemerintahhhh..asal jgn di KORUPSI> jd jgn OMONG DOANG .aku alumni 81,,horasssssss

  39. edwin.s berkata:

    Horas Jala gabe SMPN 1 LAGUBOTI
    saya adalah alumni smpn 1 dan saya bangga atas semuanya
    Maju teru SMP 1 dan jangan menjadi rendah dimata masyarakattttttt
    GBU
    TX

  40. Hoaras SMP Laguboti, Horas alumni SMP N I Laguboti Ahu alumni thn. 1984, najolo sikkola on tingki di jaman ku adong ma 21 kelas , sia Kls I A – 1 G, 2 A – 2 G, 3 A – 3 G, hape dung marpiga piga taon tu belakangan on nunga moru be jumalah ni kelasa na i, Napajolo ima Ruang kls I D – tu I G, ima nagabe parsingkolaan ni Bibel Vrow & asrama na mai nuaeng, Ahu kebetulan kls I D ma tingki i, Molo tingki di jaman ku SMP on selalu do mejadi sikkola teladan….jala nunga tung godang naung berhasil di pangarantoan on alumni ni SMP on.

    Hape binege muse kabar songon on bah , baha do i ate….aha ma boi sipatupaon asa boi tutu adong ruang Laboratorium na i? Sai ta tamianghon ma asa tarbuka roha dohot pingkiran ni pamarenta ta, dht pihak HKBP asa asa olo nasida kerjasama dalam hal penyedian lahan .

  41. horas…. tarbuka ahuma SMP N 1 Labuboti,hujahama dikomentar milis taringot tu singkolangku on najolo,dang huingot be pigapulu taon naung salpu,alai alumni 1982 ma ahu sian i,kepala sekolah ujui MW Sianipar. guru-guruku pe ra nga pensiun sudena. taringot ma tutu tu keadaan ni sikkola i. songonima nasibna. hape ra alumnina ngasahat tu liat portibion. molo adong angka rencana program tu singkola on,dipaboa hamu ma tuhami naung manjaha milis on. ia ahu sonari di Lampung tong do Guru alai di SMA. SMP Laguboti turut andil dibagasan keberhasilangku nangpe holan Guru SMA. bohama guru! dang adong pola penghasilan. molo adong namarningot ahu, denggan.ahu dang apala huingotbe sude goar-goarni alumniku. Kesan nasai huingot sahat tu sadarion ima,ala bolos hami tingki jam mengajar guru MTK Ibu Siahaan,marbolakaki di lapangan ni SD 1 nabolak lapangan nai,di juoma hami sian i disuru masik di balbali ma bitis nami sude sampe marmera haccit hian sampe adong natangis,tingki ima Manahara Huta julu. heado matumbbuk ahu dohot on. ha..ha.. godang dope angka naasing,musemai ate? Napuran tano-yano rangging masiranggongan badanta padao-dao tondinta ma masigomgoman.Horasma.

  42. prengky sahala tua sirait 2005/2006 berkata:

    hmm..tangiangkon hamu ma asa tubu asi ni roha tu sikola ta i di halak akka naung hasea..tangiangkon hamu au asa sukses d pngarantoan on dungi rap ma hita mambenahi sikkola ta i…

  43. Mauliate ma tu akka guru2 namangajar iba tikki kalas 1,2,3 B. Mambalos i sude, dohot kemauan belajar terus, dang apala na terkenal alai dang mambahen naburuk. Mauliate. Molo adong donganhu sakalashu hinan di sonnnnnnn….. 1,2,3 B masuk tahun 1993, lulus 1996, email ahu dah…silaen.y@gmail.com Maulite godang…tu namambahen blog on..

  44. Daniel Hutajulu berkata:

    Horas SMP 1 Laguboti………………
    Sabotulna dang pola susa molo adong do niat laho melengkapi akkka fasilitas di SMP1. Akka Alumni na Tinggal di daerah Tobasa boi do mambahen sada gerakan solidaritas asa sude alumni na rede roha boi mngalehon sumbangan. Alai ikkon jujur jala keuangan i ikkon di audit pihak na berkompeten.
    Molo misalna Rp. 100.000,- pe setiap alumni ni SMP 1, dibagasan sabulan. Tahalihon ma sandiri…….. Tano Ni HKBP na di pudi i….. na biasa ta pakke marbola dohot mar Polli…… boi di tuhur jalo boi di bangun gedung laboratorium dohot perpustakaan.
    Molo Usulhu…… Usahahon hamu majolo maggalang persekutuan asa boi terbentuk Panitia Pedulu SMP !. Asa aanggiat boi terpenuhi gabe sekolah bertaraf internaional….
    Bangga do ibamambege adong alumni na boi mewakili olimpiade……………….. alana Kapasitas dohot ilmu mengajar di akka pendidik di SMP 1 dang be ragu iba disi…….
    Horas ma dihita saluhutna …..
    Masi kabaran hita saluhutna asa boi tu dengganna SMP ta i………
    Horas tu akka alumni lulusan ‘ 94.

  45. margaretha sibarani berkata:

    Horas….
    sabotulna godangdo naberhasil sian laguboti tarlumobi masian lulusan SMP 1 alana rata2 lulus sian ido angka natinggal di kecamatan laguboti, molo mardosniroha laho pamajuhon bona pasogita boido. manukkun majo ahu hira-hira adongdo perkumpulan alumni aluboti pengen do nian iba masuk molo adong. botima
    alumni 94

  46. GANDA SIANIPAR berkata:

    smp n 1 laguboti tak ada saingan y,,,may be smp n 1 laguboti yg seharusnya menjadi peringkat ke 1 di tobasa..kt bs lihat dri prestasi olimpiade fisika n biologi..

  47. Evi Sianipar berkata:

    Horas……..
    Saya alumni tahun 2005…..
    sekarang lahannya semakin sempit,,,
    beton sih beton…tapi g d tempat untuk apel pagi…
    lapangan volly pun udah di pala-pala i…
    tak adakah alumni berniat untuk membantu???

  48. sulastri situmorang berkata:

    SMP 1 Laguboti teruZZ BerKaRya y BwaT n9eLakUin y9 TerBae………
    TeTap LaHirKan geNeRaSi2 yang Ber9uNa……………….

  49. Kartika Hutapea berkata:

    HORAS………

    saya alumni’94 kelas 1,2,3A. Lagi iseng buka internet di kantor eeeh..ketemu deh websitenya. Nunga masihol iba tu SMP 1, ni ingot najolo rampak marmeam dohot akka dongani. tadi diatas ada comment Daniel Hutajulu. saya dulu satu kelas sama dia. Kangen juga sih ketemu sama teman2 yang lain, tapi ga ada commentnya disini. lastiar nababan, idris htpea, juli koto, tince tmpubolon…mudah2an pada sukses yah semuanya. horas ma dihita sude….

  50. Tahir Siagian berkata:

    Horas…..hami angkatan taon 1989-1992, dulu sekolah SMP 1 masih oke punya, jadi saya mau agar tetap maju pantang mundur………………………………horas…..

  51. Erlan Hutajulu berkata:

    Horas SMPN 1 Laguboti

    Molo ahu lulusan taon 1996,IC-3C,ndang na pola sombong kalas hera bintang sian SD na be do. songon Rikardo Hutajulu & Parlindungan naipospos bintang sian SD simaremarejae, Anju Sibuea Sian SD 1,Kalvin Hutapea, Nixon Sibarani sian SD 2, Sondang Siagian dht iba sian SD 3, Donal Sibarani Sian SD Hutahaean angka gurukku najolo adong nadigoari si parbibi, si kansas.Direktur ima si willem sianipar santabi bah, alana anakna puang si Rudy sianipar tong do dongan di Pangarattoan on.Pengalaman na paling berkesan ima gabe juara marbola SMPN1 HUT RI ditangsi, iba tingki i gabe kiper mengalahkan ST 3-1, ndungi mangaloSMP 2 monang muse 7-2…Hape tinggki Kiper ni SMP 2 ima Viktor silalahi na sekaligus Kiper Klub SML (Sinar Muda Laguboti)…Bah habis monang pintor laho ma minum teh susu tu lapo ni sitappu, guru olah raga di si ima Sarang Pasaribu(Alm). Na huingot kapten nami disi ima Timbul Simatupang adik kelas do nian,alai najagoan puang marbola nga ikut klub SML tong…Nelson Sibarani, Ferry Pasaribu,Panangian Pasaribu, Alleng sibarani,Ranto Hutauruk…… Ai masa dope acara penurunan bendera setiap ari sabtu?? alana ala ni jogal niba cabut unang dohot penurunan bendera, ga be mangalompat gerbang na tua rah ktr camat..sakkot tangan niba dipagar nataom ini,na maolan i\di cabut…adong bokkas na sahat tu saonari …Jadi horas ma ate angka alumni SMPN 1 Laguboti didia pe maringanan, sai anggiat di dongani Tuhanta hita di sude karejo dohot parngoluanta be. botima.

  52. semogo smp negri 1 laguboti semakin maju dan menelurkan bibit bibit profesional dan yg bisa membawa nama smp negri 1 laguboti menjadi harum di seluruh jagad raya ini.

    salam sukses

  53. GAYAN SITORUS berkata:

    SMP 1 LAGUBOTI TUNJUKKAN JATI DIRIMU YANG SESUNGGUHNYA,YANG MENCIPTAKAN MUTU PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS JADILAH CONTOH DAN PANUTAN BAGI SEKOLAH2 YANG LAIN OK…………………………………………INGAT!!!!!JANGAN LUPA ATE MAULIATE

  54. salamat hutahaean berkata:

    Saya juga SMP neg.1 Laguboti lulus tahun 1983 saya juga mengakui bahwa sekolah itu bagus tapi sekarang saya tidak tahu apa masih bagus apa tidak kepada guru2 yang ada sekarang di SMP neg. 1 laguboti majukan pendidikan demi kebanggaan kita SMP Neg, 1 Laguboti supaya tetap maju. Saya dulu dapat beasiswa selama 3 tahun di SMP itu dengan Kepala Sekola Bapak W. Sianipar dan Wali Kelas Saya Bapak Hutagaol Yang Naik Vespa saya Tidak tau apa beliau masih hidup. kirim salam buat anda pahlawan tanpa Jasa. Saya sekarang tinggal di Jakarta tapi Kampung Saya di Sitoluama I atau Pagi Sore. SMP saya di Laguboti SMA saya di Narumonda Porsea. Salam Saya Buat Teman Sekalian Tuhan Memberkati. Amin

  55. Natalin sibarani berkata:

    memang tidak banyak kenangan di smp ini..secara dulu siswa baik2..tak perna cabut..ga pintar ga bodo2 amat…jadi ga bahan perhatian sama teman atopun guru…
    pa lagi klu ujian anti iltik tapi rajin nanya…hahhaaaa
    yang pasti klu liat bangunan sekolahku sekarang ga ada gregetnya …..kasian ma adik2 kelas.. ga ada halamannya…tandus…pa lagi klu upacara…10..12 pdel angkot cuma 8,6nya
    sungguh tragis….
    doakan aku ya adik2..mudah2 kelak aku jadi menteri pendidikan…..
    * fasilitas yg bagus
    *dapat bonus buat guru yg rajin….???? tp ga rajin buat denda khannnn…

  56. jekson hutapea berkata:

    HORAS MADIHITA SUDENA……
    NGADIDIA HAMU ANGKA DONGAN?
    NGAMASIHOL IBA NAENG MARMEAM MUSENG SGN DI TIKKI SIKKOLA HITA>>>.
    RAP MEKKEL RAP CABUT …..
    AHHHH TAHE AUT BOI MANIAN HITA MARSAOR MUSENG/?/?
    SONGON SINAJOLO .>…
    PABULUS ARSAK NI ROHA ,TU HAMU ANGKA DONGAN. . .
    MANETEK ILU MLO NI INGOT SUDE NAI. . .
    ALAI BOHA MA BAHENON DANG TARBAEN ALA ROHA. . .
    TUHAN IMA NAMANDONGANI HITA SALUHUT NA
    MANANG NA DIDIA PE HITA MARINGANAN,
    NANG PE SOBOI BE HITA SAUDURAN . . .
    RAP MARSITANGIANGAN MAHITA ! ! ! !
    GBU! ! !

    BY:JEKSON HUTAPEA
    ALUMNUS 04
    PHONE:081381344022
    085715103899

  57. Robby sitinjak berkata:

    tetap smgt untuk adik2 di Smp N 1 Laguboti…. memang betul kualitas sekolah selalu harus diperhatikan tetapi yang paling penting kualitas pendidikanya…. God Bless
    saya Alumni 1998……….

  58. Christa Simaremare berkata:

    Apa kbr dgn SMPku tercinta….
    Saya dan adik Saya Nico Simaremare dlu menjabt sebagai Ketua Osis di SMP N 1 Laguboti….
    Semoga Lulusan dr SMP org2 yg berintelektual dan Takut akan Tuhan…….
    Ayo maju terus SMPku……
    God Bless…………..

  59. Sibuea berkata:

    Hampir smua warga laguboti gak bs lepas dr SMPN 1. Termasuk ma au sandiri. SMPN 1 Laguboti dah dj bagian sejarah hidupku. Saya alumni thn93. Kelas 1c. Dan di kls 3 pindah kelokal E. Guru gurunya sngt brilian dan berkesan buatku(bpk hutagaol, P.tambunan, B.tambunan, lhu, ibu kansas, ibu siboneka, siJpang, siRH nasuka melucu, rudolfo guru baru yg sok berwibawa pakejamhu. Ibu pidong. Pak Als najarang masuk, pak hutahaean nasetiap ari senen nonton vidio diloteng lapo nisikolombus, pak siparbibi. Sadanari

  60. Tetty Agustina Sibarani berkata:

    aku alumnus SMP 1 LAGUBOTI lulus 2005..
    Skalipun fasilitas minim apalagi dibanding skolah swata yang lain di Tobasa, aku tetap bangga jd anak SMP 1. karna smngat blajar dsna gak dibatasi fasilitas ataupun uang, namum guru2nya yang luar biasa slalu mensupport muridnya. gak heran jga da banyak alumnus lain yang dah jd orang sukses…
    Snantiasa bersyukur pernh blajar disana,
    dan krna itu mari kita sma2 berjuang membangun skolah kita…
    Skolah kami tercinta.. ^_^

    salam smngat buat adik2 dsana dan guru2 kami smua…terlebih My Mom H. SITINJAK…

  61. sya alumi 2008……………………..

    SMP N1 LAGUBOTI ” is the best”
    school se tobasa…………………………. OKAYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY…………………….

  62. alumni thn 1986
    dang pola godangbe huingot bah… nga matua iba najolo kalas 1 2 3 b do au juara kalas nami Mahadi marpaung,Evelina simatupang.Debora,Soambangon Hutapea,anggo angka gurui huingot dope apalagi J Pangaribuan dang tarlupahon i.Hesti Hutajulu ma donganku,Godangdo kenangan i SMP on bah…… hita pangarantoon unang lupa antong
    Syalomm Horasma dihita saluhut na.

  63. Nenda Erawati Sirait berkata:

    HORAS LAGUBOTI…

    AK ALUMNI SMP N 1 LGBTI 2007,
    BERSYUKUR PRNAH SEKOLAH D SMP 1 LGBTI. TIDAK PEDULI WALAU MINIM FASILITAS, TTP MNGELUARKAN BIBIT BERBOBOT..
    SALAM BUAT TMAN” DI KELAS 1A’O5,2A’06.3A’07. . . TERUTAMA TEMAN’ YG PRNAH DIHUKUM BARENG MA AK… SENANG PUNYA SAHABAT SPERTI KALIAN…
    SEKEDAR PENGINGAT BUAT IBU TAMBUNAN, AK SISWI YG PRNAH DIKELUARKAN DARI RUANG RAPAT OSIS.. SYA MINTA MAAF BUK….
    CHAYYO TRUS SMP 1 LGBTI…

  64. rudi hutajulu07 berkata:

    sekolah ku……..tercinta.
    aku seeeeeeeeeeetuuuujuhhhh…………
    memang kita harus terfasilitasi,
    karna itu adalah suatu keharusan.
    supaya tercipta bibit yang akan memfasilitasi.
    khususnya buat anak-anak bangsa…
    yaitu:smpku..terrrrrrrrrrrccccinta…………………..
    nnnn thx bwt yg membangun negri,
    yang mw membantunya..
    god always bless us…..

  65. horas ……
    Smpku tercinta aq rindu smp neg 1 laguboti,teman2ku yg pintar,kalian udah sukses semua kan!saya kelas c thn thn2003-thn2006;
    masih igat dengan saya
    No Hp:081260968113 emai:hutahaeanhitlerhalomoam07@yahoo.com
    Aq rinduh tolg ditelp

  66. josua sibarani par billiard berkata:

    horas SMP N1 laguboti.
    mangido tolong jo bah,,,tuhamu akka abang/kakak dohot dongan nami…asa i posting jo foto foto lama SMP N1 laguboti sebelum pembangunan…
    mauliate,,,,semoga SMPN1 laguboti tetap MAju…
    HORAS…………..

  67. Pintor Lubis berkata:

    Horas di hita sude, Horas SMPN1 Laguboti, Ia au lulusan taon 83, kls 1,2,3 A najolo i. Molo hupajaha jaha sude mulai sian ginjang holan sahalak do se angkatanku ima lae si Salamat Hutahaen. Horas ma lae. Jala sude mambahen komentarna na adong keterharuan dohot rasa memiliki. Molo boi nian asa tarealisasihon marhite hite angka pambahenan. Ia hami angkatan 83 nunga hubahen hami reuni nami di cibubur tgl 27 Agustus 2011, nunga tarpillit pangurusna songoni nang program nami nunga be adong, ima songon mangalehon 1 set alat marching band standard di bulan Des. 2011. tangiangkon hamu ma asa tongtong pangaramotion ni Tuhan i boi terealisasi akka rencana nauli on. Tu hamu akka dongan tarlumobi angkatan 83 asa margabung ma hita di facebook “Pintor Lubis > Group: REUNI SMPN 1 LAGUBOTI ANGK.83. Horas ma dihita saluhutna Tuhan Memberkati.

  68. paris berkata:

    saya setuju dgn usul sdr. ida hutapea utk membuat rekening bank khusus utk mendukung fasilitas smpn’1 ini. horas

  69. Patar Sibarani berkata:

    Woi…bantu hita sikkola tai ba..molo hu ingot natikkii…..hutendang ma bola hpe muntul tu parlontongan gbe hona ma tahe ulu ni ibu N.hutapea cabut ma sian sikkola ala nga mabiar lari tu tangsi ha…ha…ha….
    Srry ya bu…..:-)

  70. Salamat Hutahaean berkata:

    Horas ma dihita sude angkatan 83 SMP Neg. 1 laguboti tarlumobi ma tu lae Pintor Lubis au pe lae dang tangkas hutanda lae, ai sojo tahe kalas 3 aha hian lae molo au lae kalas 3E hian do didia tinggalta dihitaan. Mauliate ma lae dibahen hamu Reuni angkatan 83 ai au dang huboto lae ai jarang hubungka situs laguboti kebetulan hubungka hujaha komentar ni lae adong Program munai manuhor marching band tarsonggot au berarti nunga jadi be lae ateh. Au pe lae masihol do pajumpang dht angka dongan i nian. Mungkin adong do ra angka mantan disi he…..he….he. jd boi taringot tu masa lalu, alana au lae dang hea pajumpang tu angka dongan saangkatan di Jakartaon tarlumobipar laguboti. Mungkin ala na keadaan ni ekonomi ondo ra lae ateh. Alai mudah-mudahanma lam tu dengganna hitaon saluhutna, au sangat mendukung lae diprogram munai memajukan SMP Neg.1 Laguboti. Semoga SMP 1 Laguboti semakin bagus songon hita najolo cara mendidikna bisa menciptakan manusia2 berkualitas. Hidup SMPKu SMP Neg.1 Laguboti. Undang lae molo adong Pertemuan Reuni SPM Neg.1 Laguboti. No.Hpku. 081382376950. Salam buat Teman semua. Horas !!!!!!….
    GBU

  71. SMP N 1 Laguboti, 9 mei 1981, tikki i ma ahu tamat. jot-jot do ahu mulak tu hutanami Sibalingga. sai husangahon do mandulo i parsikkolaanki, nangpe holan sian dalankudi i hubereng ibana. Ai masihol do Iba alana Tolu satonga taon ma ahu sikkola disi najolo. Boasa ma tung songon i ate dang pola pintor adong loncatan perubahan secara fisik. dang binoto rupani ianggo loncatan-loncatan prestasi akka siswa. Jadi molo tung adong akka Ulaon nadengga di SMPki tung paboaon muna do. dang boi Iba ro, nanggo apala baritana binege. Horasma.

  72. Pryandi hutajulu berkata:

    Horas ma di hita sude alumni smp n 1laguboti.tatangiakkon asa maju sikkolattai ate..hea sahali huingot mar bola di lapangan ,alani gelleng ni lapangan tar tujjang bola tu kattin janda hape laos i seat ma bolai ujung na mandangdangi lao manggati bolai.

Tinggalkan Balasan

