Manusia dan Hewan Hidup Rukun di Taman Eden 100

Imran Napitupulu [Jelajah Taman Eden Tobasa]

Hutan hanya mungkin dikelola secara lestari oleh rakyat penghuni dan yang empunya hutan itu sendiri. Seperti dalil yang dirumuskan Chico Mendez. Seorang ekolog Brasilia. Pejuang pelestarian lingkungan, yang bekerja di rimba raya hutan tropik Amazona.


Semangat untuk mengabdi pada alam, diapresiasikan Marandus Sirait, dengan mengelola Taman Eden 100, yang berlokasi di desa Lumban Rang Kec. Lumban Julu Tobasa, sekitar 40 KM dari ibukota Balige. Obsesinya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, merupakan panggilan atas nuraninya. Dia menyadari betul, bahwa kerusakan lingkungan, berpotensi mengakibatkan bencana alam.

Nilai pelestarian ingin dimaknai Marandus, tidak hanya sebatas berteori ataupun berseminar. Akan tetapi di~interpretasikan, lewat kreasi bermanfaat. Taman seluas 40 Ha milik keluarganya, dikelola bermodalkan kemampuan dan pengetahuannya. Darah seniman yang dimiliknya sebagai guru musik menyadarkannya, bahwa berdasarkan posisi geografis kawasan Tobasa sebagai daerah tangkapan air yang didominasi lahan kritis, perlu dijaga kelestariannya.

Marandus mengatakan, hampir 100 jenis tanaman produktif dibudidayakan di taman ini. Sebagian besar hasilnya, memang diperuntukkan untuk konsumsi hewan, yang menjadi penghuni Taman Eden 100. Luas keseluruhan kawasan hutan ini mencapai 1000 Ha, termasuk sebagian di dalamnya daerah Simalungun. “Bermula dari usaha kecil keluarga. Kemudian, saya kembangkan hingga seperti sekarang.” ujarnya penuh kerendahan hati.
Akibat banyaknya pengunjung, tergeraklah hatinya untuk mengelola taman tersebut menjadi objek wisata, secara lebih profesional. Berbagai jenis tanaman langka dibudidayakannya. Tanaman tua tergolong sangat langka yang menjadi koleksi Marandus, di antaranya andalehat (sejenis buah yang hampir punah). Ada lagi attarasa (tanaman khas biasa dijadikan makanan lalap orang Batak). Pohon piu tanggule yang dijadikan tongkat / tukkot panaluan (sejenis tongkat mistis kebesaran orang Batak).

Fasilitas Durian Panbers Pohon langka Andalehat

Hal paling berkesan dan sangat menarik, yaitu niat dan kerelaan Marandus memberikan sebagian besar hasil produksi tanamannya sebagai konsumsi bagi hewan penghuni hutan kawasan Taman Eden 100. Spectaculer. Luar biasa. Menakjubkan. Sangat Exciting. Konsepnya, memang murni pelestarian. Sebab, semua margasatwa yang ada, merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang patut kita perhatikan.

Akan halnya beberapa objek wisata, mempunyai legenda khusus sesuai namanya. Seperti Bukit Manja. Dengan sensasinya yang penuh pesona. Di sana, rasanya kita mampu bermanja dengan alam. Karena, sejauh kita memandang, atau mungkin terasa sangat dekat sekali, akan jelas terlihat panorama keindahan danau Toba. Dari ujung ke ujung. Indah dan menawan. Lalu, objek wisata alam seperti goa kelelawar, karena memang banyak kelelawarnya. Kemudian, lokasi camping dan daerah pendakian gunung di gunung Pangalubao. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di wilayah Tapanuli dengan ketinggian hampir 1.250 M dpl.

Selain itu, ada air terjun berasal dari gugusan bukit barisan. Melalui beberapa anak sungai, berkumpul jadi sebuah sungai, lalu airnya terjun melalui kaki bukit ke sungai Tonggoran. Seterusnya, mengalir hingga ke danau Toba.
Beberapa waktu lalu, Pemkab Tobasa mengulurkan bantuan berupa pembuatan kolam renang. Dulu, bangunan ini sempat jadi sorotan, akibat pengerjaannya yang amburadul oleh Dinas Pariwisata Tobasa. Juga, perbaikan drainase, yang sebagian airnya digunakan suami boru Sitepu ini menyiram berbagai jenis perbanyakan bibit tanaman yang dipersiapkannya. “Biasanya, bibit tanaman ini diberikan gratis. Bagi siapa saja yang berminat. Teristimewa, bagi orang yang cinta akan tanaman”, katanya.
Perjalanan panjang, langkah demi langkah merupakan hasil kerja keras. yang ditunjukkan pria sederhana, ayah satu orang anak ini. Berkat kesungguhan hatinya, serta keperduliannya dengan keseimbangan ekosistem, menghantarkannya pada penganugerahan Kader Konservasi Alam Terbaik Sum. Utara tahun 2001. Kemudian, ditetapkan sebagai penerima Piala Kalpataru Perintis Lingkungan 2005.
Marandus, memang berhak mendapatkan penghargaan itu. Sebab, dia memiliki keperdulian tinggi atas pelestarian lingkungan.
Alam, Hutan, Tanah dan Air bukan warisan nenek moyang, tapi merupakan titipan buat anak cucu. Dan, alam tidak memliki hak metafisik yang bisa dibiarkan sendirian. Ia harus dipelihara dan dihormati, untuk alasan manfaat ciptaan Tuhan kepada manusia.
Menyelamatkan alam dan lingkungan merupakan kewajiban kita secara bersama. Untuk itu, mari kita tauladani derap langkah yang dibuat Marandus. Menjaga dan memelihara keseimbangan ekosistem.

Iklan

10 thoughts on “Manusia dan Hewan Hidup Rukun di Taman Eden 100

  1. Horas,
    Terima kasih buat lae Imran Napitupulu penjelajah Tobasa, telah menyempatkan waktu untuk singgah di Taman Eden 100 dan telah sudi menuliskan liputannya di web tanobatak ini.
    Terima kasih juga buat lae Monang Naipospos pemilik web ini, telah menyediakan tempat untuk mempublikasikan Taman Eden 100 kepada khalayak pencinta lingkungan.
    Semoga masyarakat dari semua lapisan semakin tergerak hatinya untuk menjaga kelestarian lingkungan kita.
    Kami dari keluarga besar Taman Eden 100 http://tamaneden100.wordpress.com , sekali lagi mengucapkan terima kasih.
    Tuhan memberkati kita semua. Amen!

  2. horas lae, molo boi naeng manitip iklan lowongan jo nian ba. Mauliate. Horas!

    Dicari :Pengajar Kursus Bahasa Batak, Gaji Menggiurkan!

    Kalau anda mahir berbahasa Batak, punya wawasan luas dan berpembawaan luwes, andalah yang kami cari. Kami tidak mementingkan jenjang pendidikan, yang penting anda bisa baca-tulis dan memiliki pengetahuan umum yang memadai. Lebih diutamakan yang berdomisili di Jakarta.

    Pekerjaan yang kami tawarkan adalah pengajar untuk Kursus Bahasa Batak kelas intensif, yang segera berjalan mulai Pebruari 2008. Saat ini kami sudah memiliki siswa sekitar 20 orang. Sebagian besar di antaranya adalah orang Batak yang lahir di perantauan. Kami menawarkan gaji yang besar bagi kandidat yang terpilih, ditambah bonus yang menarik.

    Bagi peminat serius, silakan kirim surat lamaran anda melalui email ke bataksuks3s@gmail.com. Anda harus menyertakan nomor telepon rumah (kalau ada) atau HP (harus ada) ditambah foto setengah badan. Lamaran ditunggu selambat-lambatnya tanggal 20 Januari 2008.

    Penyelenggara :
    Kursus Bahasa Batak “TobaLover”, Jakarta

  3. Charlie M. Sianipar berkata:

    Saya sudah ke tempat ini.
    Salut dan bangga atas inisiatif pengelolanya, Marandus Sirait.
    Semoga tumbuh dan bertambah Taman Eden lainnya di Tano Batak. Asa lam tudenggana huta i. Tapature Ma Huta Ta.

    HORAS

  4. mikael sirait berkata:

    makasih saudara kerna mempromosi taman eden 100 di blog saudara. kami di taman eden 100 amat berterima kasih kepada saudara.

    mikael sirait,
    pengelola
    taman eden 100

  5. Sirait berkata:

    Koq komen dr mikael sirait berlogat malaysia?aku yakin dia bkn mikael sirait,tp org malaysia yg menyamar dan mengaku bernama mikael.org malaysia ini srg ganti2 nama,dan sdh byk menebar fitnah dan provokasi di situs2 yg berhbgn dgn tano batak.dihimbau kpd masyarakat/halak hita agar tdk terprovokasi.org malaysia itu sgt jahat dan licik.dia ingin menghancurkan tano batak.mauliate.horas

  6. erwin sarjono silalahi berkata:

    Taman eden 100 memang cantik dan indah . aku bangga dapat sama sama melestarikan alam dgn Marandus Sirait dan Mikael Sirait.

    Erwin Silalahi
    Medan

  7. B.Parningotan berkata:

    Salut terhadap Lae Maradus Sirait untuk Taman Eden 100, kapan2 kalau saya pulang mudik ke Indonesia saya akan coba mampir kesana. Horas

  8. Mikael sirait. berkata:

    Tu hamu pengelola situs on,dohot tu sude halak hita namanjaha situs on.hati2 hamu tu halak cina sian malaysia na jot2 ganti goar(menyamar).nga godang situs batak dikunjungi ibana,jala mambaen hagunturon,mambaen fitnah dohot hata naso hombar adat dohot ugamo.nga borat kasusni ibana di medan dohot sada borua.jala nga rittik ibana alani pangalahona naso ture.sipata mengaku ibana sbg au(mikael sirait),sipata sbg erwin,panto,ivan,yosy dan lain2.alai tong do tarboto sian logat melayuna i.goar aslina ibana si ALAN (cina malaysia)
    No hp na;+60173085029
    +60126275017
    Emailna;an_123567@yahoo.com

    Songonima pinabotohon,asa rap mangantusi hita,jala asa tabasmi halak malaysia na rittik on sian tonga2ta.jala on ma partindaan di hita sude,au do mikael sirait naasli jala sitoho2na,tarbukti huantusi marhata batak.na mengaku2 sbg mikael dan lain2 alai marlogat malaysia i,si ALAN nalalaen i do i.mauliate.horas!

  9. tanobatak berkata:

    Saya bingung dengan beberapa komentator pada tulisan ini. Mereka menghujat Mikael Sirait.
    Yang mencurigakan saya,ada dua nama dengan IP yang sama beruntun dikirim.
    Walau komentar mencurigakan itu saya hapus, selalu muncul lagi dengan tujuan yang sama seperti dibawah ini.
    Untuk menghindari perilaku menjelekkan seseorang dalam blog ini, saya membuka ID adresnya.

    1.
    mida sirait
    mida@yahoo.com
    124.82.234.138
    Dikirim pada tanggal 2009/12/09 pukul 16:55

    2.
    yosy silalahi
    yosy2@yahoo.com
    124.82.234.138
    Dikirim pada tanggal 2009/12/09 pukul 18:55

    3.
    mida sirait
    mida@yahoo.com
    65.49.14.10
    Dikirim pada tanggal 2009/12/10 pukul 11:40

    4.
    ivan manulung
    ivan33@yahoo.com
    60.54.220.194
    Dikirim pada tanggal 2009/12/11 pukul 17:57

    5.
    marandus sirait
    msirait@yahoo.com
    60.52.96.64
    Dikirim pada tanggal 2009/12/12 pukul 14:02

    6.
    erwin sarjono silalahi
    erwin33@yahoo.com
    218.111.42.222
    Dikirim pada tanggal 2009/12/12 pukul 21:31

    ************
    Semula saya sudah meloloskan komentar karena saya lihat isinya biasa saja dan ada klarifikasi dari mikael sirait atas hujatan dari orang yang sengaja tidak saya loloskan karena isinya tidak etis dan menjelekkan.
    Tapi karena ada teguran kepada kami untuk hati-hati, ini membingungkan

    1.
    Mikael sirait.
    Cael.mika@gmail.com
    64.255.180.92

    Dikirim pada tanggal 2009/12/06 pukul 09:57

    Tu hamu pengelola situs on,dohot tu sude halak hita namanjaha situs on.hati2 hamu …….

    2.
    Sirait
    Tamaneden100@gmail.com
    64.255.180.68

    Dikirim pada tanggal 2009/09/27 pukul 10:04

    Koq komen dr mikael sirait berlogat malaysia?

    3.
    mikael sirait
    cael.mika@gmail.com
    67.159.44.134

    Dikirim pada tanggal 2009/09/25 pukul 19:46

    makasih saudara kerna mempromosi taman eden 100 di blog saudara. ………..

    Pemberitahuan ini kami buat sengaja untuk memertimbangkan kelak kami akan menghapus semua komentar atas perseteruan ini. Dan komentar yang mecurigakan itu sudah kami tandai sebagai Spam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s