Memandang Toba dari Dolok Tolong

Monang Naipospos

Dolok Tolong berda sekitar 5 kilometer persis di arah barat kota Balige. Puncaknya berada di ketinggian 1200 meter dpl.

Dipuncak gunung ini ditemukan bangunan menara mikcowave untuk kebutuhan sistim komunikasi satelit domestic milik Telkom. Menuju puncak, Telkom sudah membuat jalan yang baik dan tetap terpelihara, jadi anda tidak perlu ragu membawa segala jenis kenderaan kesana.
Saat mendaki, kita akan disajikan pemandangan yang indah sekitar daratan yang mengitari danau toba. Bila anda seorang photographer, hindari panas terik, karena terjadi proses maksimum penguapan air danau toba, jadi bisa saja Samosir tidak nampak jelas dan sebagian permukaan danau toba. Photo yang saya tampilkan disini ada pada saat kondisi penguapan maksimum.

Pada awal pendakian kita melihat kea rah barat, bentangan sawah di Tampahan (saat ini sudah menjadi Kecamatan tersendiri terpisah dari Kecamatan Balige) yang dihiasi pegunungan, jalan dan danau toba. Beberapa menit kemudian, kita dapat melihat kearah utara, sawah di sekitar Hinalang hingga tonjolan Tanjung Tarabunga yang menakjubkan. Kita seolah berada diatas kapal raksasa melintasi danau toba. Bila memandang kearah Timur akan terlihat daerah Balige, Laguboti, Silaen, Sigumpar dan Porsea. Ke arah Tenggara kita dapat melihat dengan jelas dataran tinggi Sibodiala yang menjadi tetangga Dolok Tolong.

doloktolong_01.jpg doloktolong_02.jpg doloktolong_03.jpg doloktolong_04.jpg doloktolong_05.jpg doloktolong_06.jpg doloktolong_08.jpg doloktolong_09.jpg doloktolong_10.jpg Balige Sibodiala Mualkeramat

Sayangnya, kita tidak menemukan fasilitas wisatawan seperti tempat memandang di sekitar gunung itu. Mungkin ini belum terpikirkan Pemkab Tobasa, atau tidak pernah memikirkannya dan menyaksikan kehebatan potensi lokasi pandang itu.
Dipuncak gunung kita menemukan juga mata air yang disakralkan masyarakat. Mata air itu tetap dipelihara pihak Telkom dan diberi pagar pelindung. Konon katanya air itu tidak pernah kering. Yang memiliki rejeki akan menemukan air itu, dan yang bernasib kurang baik, air itu bisa tidak ada.

Bagi mereka yang pernah sekolah di Soposurung pasti akan mengenali gunung itu, tapi mungkin belum seluruhnya pernah menikmati pemandangan dari sana. Nah, nikmatilah apa adanya.


Bookmark and Share

Tautan :

Panorama Danau Toba
Memandang dari Sipinsur
Melayang diatas Danau Toba
Masihol tu Muara

Iklan

33 thoughts on “Memandang Toba dari Dolok Tolong

  1. Humbang Hasundutan berkata:

    Tarida do Doloksanggul sian i, komandan?

    *** Holip do daba, dibahen Hutaginjang 😉

  2. Rondang br Siallagan berkata:

    Betapa indahnya D.Toba ini bila dipandang dari segala sudut…tapi sayang pengunjungnya sepi, semoga dengan di tampilkan photo2 D.Toba dari seluruh media/ Internet, koran, majalah…wisatawan asing melirik kembali…. SEMOGA!!!!!

    WE LOVE YOU LAKE TOBA !!!!!!

    *** Pencemaran harus dapat dicegah, kan ito ?

  3. Rondang br Siallagan berkata:

    Pencemaran memang harus dapat dicegah..bila kita mau…ito, Tapi tidak bisa kerja sendiri …kerjasama pemerintah daerah setempat dengan masyarakat.
    Hendaknya pemerintahan daerah setempat (semua lokasi di Tapanuli)/ Dharma Wanita (PKK) bekerjasama dengan Raja Adat/Huta…memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan contoh…membuang sampah di tempat, melarang penggundulan hutan dll. Kemudian memberi penyuluhan bagaimana memberi servis yang baik kepada tamu…supaya tamu datang kembali…Soalnya daerah kita kan daerah Wisata.

    Problem yang tidak kalah pentingnya..rumput ganggang…siapa yang bisa beri solusi…Harapan semoga pemerintah daerah…ada hubungan kerjasama dengan negara lain ..untuk memberantas masalah ini. Supaya Danau tersebut kembali bersih.

    Fasilitas apa maksudnya Ito HH…hotel, restaurant kah…Sudah adakan fasilitas tersebut di P.Samosir dan daerah lain atau jalan,air,lampu,sekolah jalan,transportasi..itu maksudnya ito..
    Kalau problem fasilitas itu…mungkin sumbangan sukarela yang terkumpulkan nanti bisa membantu. Kalau ada yang memberikan sumbangan spontanitas…bagus…Kalau tidak dari pemerintah pusat lah kita tunggu Dananya….

    Ini pentingnya sumbangan sukarela tersebut….jadi kita tidak harus menunggu bertahun2 …bantuan Dana pemerintah. Semoga..

    *** fasilitas duduk dan berteduh ito …. 😉

  4. Rondang br Siallagan berkata:

    Saya baru baca informasi di Pamita (Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tapanuli) “Selamatkan Danau Toba”..
    Saya sungguh2 prihatin membaca bahwa kondisi air D.Toba bagaikan lumpur…sehingga tidak bisa digunakan lagi sebagai air minum…sebegitu parah sekali rupanya kondisi tersebut, saya kira hanya rumput gangang tersebut….Hal ini harus segera di cegah….kalau tidak akan lebih parah…Kebanggaan kita dulu adalah Pemandangan Danau Toba dan airnya yang jernih…Sekarang …kebanggaan itu seperti jadi kurang….Tahun 1995, 1997, 1999 saya masih melihat bersih 8 tahun saya tidak pulang…mengetahui ini bagaikan shock…Bagaimana nanti mau berenang…mungkin suami saya akan terkejut melihatnya. Apakah separah itu kondisinya..Ito..?
    Bagaikan tidak percaya saya membacanya…ini..

    O…LAKE TOBA …WE LOVE YOU…!!!!!

  5. Rondang br Siallagan berkata:

    Danau Toba harus segera di selamatkan sebelum lebih parah lagi.
    Begitu indahnya D.Toba ini…Dunia mengakui hal tersebut…Mengetahui kenyataan ini…bagaikan timpang…..
    Sewaktu saya remaja tahun 70 an/80an saya sering kekampung setiap hari Sabtu…karena Bapak sebagai raja huta, selain kerja di BDN…Dikampung saya sering mengambil air dari D.Toba…dan mandi2 ..indah sekali …kenangan saya lah ini…Saya jadi bersyukur sekarang soalnya sebelum dia meninggal (19-2-97), dia membuat sumur/permandian dan WC (tahun75an/80an) dengan biaya sendiri. Saat itu alasannya kalau saya sudah tua tidak harus mandi setiap hari di Danau. Hanya sesekali mandi di Danau. Jadi di setiap rumah/ kompleks tersebut (Batu Kursi)dibuat tempat permandian/WC. Mendengar berita ini (kondisi air sekarang) saya jadi bersyukur dan shock. Serta tanda tanya. Bagaimana kalau berenang nanti…apakah seperti dulu. Bagaimana dengan masyarakat lain…apakah mereka sudah memiliki tempat permandian/memiliki air?…Ya kalau ada…kalau tidak bagaimana mereka….muncul problem “AIR”.
    Tidak terlepas Sumbangan Sukarela lagi…Mengharap Pemerintah Pusat…Kapan datangnya..???.
    Saya kaget…. saya tidak menduga separah ini….

    “PENCEMARAN HARUS SEGERA DIATASI….DANAU TOBA HARUS SEGERA DI SELAMATKAN”
    APAKAH SEPARAH ITU ..”BERLUMPUR”…DANAU TOBANYA ..ITO???

    O…DANAU TOBAKU…SAYA/KAMI MENYINTAI MU!!!

    Kagetlah suamiku ini nanti.Mendengar saja…sudah dia katakan…WHATTTT???? Apalagi melihat….

    Mauliate..Ito.

    *** Semoga keprihatinan ini semakin meningkatkan kepedulian semua pecinta Danau Toba

  6. Rondang br Siallagan berkata:

    Saya ada membaca dari Viky Sianipar Site…mengenai kondisi air di P.Samosir berkurang apabila di bor..(Toba Dream Conservation Program)..
    Sungguhkah ini? Bagaimana jadinya mereka…
    Air D.Toba sudah tercemar…Air dari bor…kurang/kering…
    Apa yang dilakukan pemerintah???
    Tidak menduga saya kondisi P.Samosir seperti begini sekarang…Semakin saya buka website lain …semakin banyak saya ketahui…
    “I DON’T BELIEVE THIS”

    Semoga para perantau2 lainnya dapat membaca ini semua….Bagaikan tidak percaya saya….

  7. charly hutahaean berkata:

    horas di hita halak batak..
    memang indah danau toba itu dan bisa dikatakan one of the most beautiful in Indonesia about lake..dan bahkan juga dunia..karena jarang suatu danau ada pulau yang nan indah di tengah nya..tapi yang sanagt sangat di sayang kan..potensi yang ada di danau toba itu tidak di kembangkan oleh pemkab tobasa…dan bahkan bisa dikatakan dilihat sebelah mata…apalagi seperti dolok tolong itu sendiri..memang orang kurang tau daerah itu..tapi bila sudah menykasikan panorama danau toba dari dolok tolong itu,pasti dia akan merasakn takjub dan terpesona..dan bhkan merasa bersyukur kare na bisa melihat panorama yang seindah itu…
    untuk pemkab TOBASA,.,.,.mhon kembangkan lah wisata di daerah ( bona pasogit ) kita itu ..untuk menyukseskan VISIT INDONESIA YEAR 2008//./
    horas…
    JESUS BLESS US…
    TANO BATAK

    melihat wisata danau toba ( dolok tolong )
    narasumber :
    1.kurang fasilitas yang mendukung o.wisata
    2.minimnya informasi tentang o.wisata
    3.kurangnya dukungan dari pemkab ( instansi ) yang terkait
    4minimnya minat masyarakat setempat di dalam mengembangkan o.wisata danau toba ( dolok tolong )
    5. etc

  8. Anson Simanjuntak berkata:

    Gabe masihol iba aning mulak to huta ni oppung di Longat, Dolok Tolong, Balige laho mangallang dekke Mas na Niura ni Nattulang.

    Salam kenal tu saluhutnna
    Horas.

  9. Biasanya para turist juga sangat suka dengan mistik dan berbagai hal yang gak masuk akan dan kurang di mengerti secara logika ………
    Kalau bisa di posting juga photo sumur yang ada di dolok tolong yang tidak pernah kering tersebut dan sangat mungkin menarik kembali para turist kesana untuk melihat keajaiban itu.

    Kesan pertama kali waktu smp zaman dulu saya pernah kesana dan memang tidak masuk akal di musim kemarau yang sudah lama tidak hujan tetapi air / mata air yang ada di puncak dolok tolong tetap berair dengan bersih………. !

    Oh……. Sumutku yang indah ……… o tano batak na mansai uli…….. boasa gabe songon on sonari ?
    Nga tudia be angka turist na uju i ……… boasa dang hea be tarbege di liat portibion …….. tao toba na mansai uli i ?

    Lungun rohakku mansai masihol ahu mambege kemajuan na parjolo i ……….

    Jaga tao toba … jaga pemandangan tao toba …………

    Teringat waktu sma tahun 1992 lalu saya ikut menanam 1000 pohon di tampahan ………. kalau bisa di posting juga gambar-gambar dan bentuk tulisan beribu pohon i.

    O TAO TOBA NA ULI………………………. ! !
    O TANO BATAK NA MANSAI ULI
    BOASA GABE HATINGGALAN HO SIAN ANGKA LUAT NA ASING I ?

    HIDUP TANO BATAK…….!

    STOP PENCEMARAN LINGKUNGAN
    STOP PENEBANGAN POHON.
    MAJUKAN KEMBALI TANO BATAK NA ULI

    ARITONANG

  10. Santo B. Siregar berkata:

    HORAS………….
    Mauliate madi Tuhan adong situs on, gabe boi huida gambarni bona pasogit i, nunga tarubati be sihol hi mida tao toba i

  11. Lamhot Sitorus berkata:

    Horas..
    Memang toho doi….
    tung massi uli do tatapon tao toba dohot nahumalian sian dolok tolong i, parpudi ahu sian i itikki sikkola ma au di STM Neg Balige taon 1996 mai ra, alai sonari dang hea be au tusi, boha do nuaeng adong do peningkatan ????, ise hamu nabaru sian i, paboa hamu ate…

    salam kenal ma tu sude bah….

  12. Delora Lumbantoruan berkata:

    Danau Toba luar biasa, dipandang dari sudut manapun, saya lahir di Medan , besar di Jakarta. Tempat Wisata di Sumatera Utara tidak kalah menarik dengan Bali dan Jogyakarta tetapi sangat saya sayangkan Parawisata di Sumatera Utara kurang digalakkan seperti didaerah2 lain. Saya kalau ke Sumatera sering kali mengalami kesulitan mengunjungi tempat wisata karena tidak adanya fasilitas tour dan travel yang mudah kita dapatkan seperti di Bali dan Jokya yang menyediakan paket 1 hari mengunjungi wisata apa saja, paket 2 hari dst. Sehingga kita dapat memilih paket apa saja yang kita inginkan. Saya sebagai orang batak berharap suatu saat Parawisata di Sumetera Uatara dapat seperti di daerah2 lain. Saran saya Blog ini juga kiranya dapat menambahkan paket2 wisata di Sumatera Utara,terimakasih dan salam kasih.

  13. Pontas Eddy Simanjuntak berkata:

    Amangboru M. naipospos, persis dibawah Dolok Tolong tersebutlah Bonapasogit kami, namanya Huta Gurgur di Kecamatan Tampahan…..
    Apabila Amangboru terpilih nanti menjadi Angg. Dewan, titip ya Amangboru, agar Infrastruktur untuk mendukung Tourism didahulukan, khususnya untuk Kota Balige dan sekitarnya…. dan untuk Tapanuli Utara pada umumnya.
    Horas

  14. Liberius Sihombing berkata:

    O hamu angka dongan, asi roha mamereng jala mambage barita ni Tao Toba na uli i, songon sahalak anak Samosir au pe prihatin do disi, dang tardok manang dia holan pangidoan asa tung diharingkothon angka pamarentanta i ma nian paturehon tao toba i. Na taon 2007 au meninggalkan Balige dung 1,5 tahun disi karejo, uju disi iba songon na so istimewa do nihilala, alai sonari au sedang tugas di Thailand, gabe dang huboto be songon dia siholhu tu huta hatubuanku di samosir mamereng Tao Toba, ai dang adong danau di Thailand. Dan yang cukup mengherankan adalah bahwa orang Thailand tidak mengenal Danau Toba tetapi mereka umumnya mengenal nama Bali walau belum pernah ke Bali. Marhite i boi dohonon hurang promosi dope Danau Toba, persis songon na nidok ni ibotongku Delora Lbn Toruan, hurang do fasilitas tour n travel. Jala na umporlu muse ima keramah-tamahan tu tamu. Molo sai merasa terancam do tamu ro tu daerahta pasti jora nama i dang ro be, alani i tahargai jala tajaga keselamatan ni tamu na ro berkunjung, unang mangkompasi manang manedek-nedek. On do na boi hupasahat tu hita. Molo jago ni Tao Toba i apalagi ditatap sian Dolok Tolong, amangoi amang dang tardok be hebatna.

    Songon na semangat do nian iba mambege jala manjaha visi misi ni gubernurta nuaeng suang songoni nang angka bagian kepariwisataan Sumut, bahwa mereka berusaha untuk memasukkan Danau Toba sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia, Alai molo litok do aekna jala berlumpur alani pellet ni ikan keramba, boha ma parmasuk ni i gabe salah satu keajaiban dunia ate. Alai nang pe songon i tetap do didukung angka segala usaha dan upaya. O Tao Toba na uli, boasa gabe roa bohim sonari on, na uju i sai angur do goarmu di liat portibi on,
    Tadukung ma ate,
    Horas di hita. Tuhan memberkati

  15. Apri berkata:

    Wah..memang indah bgt, kebetulan saya juga tinggal di Tobasa jadi sering ke sana, terutama ke Tarabunga dan Dolok Tolong. Menurut saya sunset view yang terbaik di Tobasa adalah di tempat ini, so silahkan berkunjung…

  16. arifin hutajulu berkata:

    tung massai ulido tano batak, manang isepe boido tu lokasi ima dolom tolong i, pak monang naipospos, mauliate godang ala boido dibereng hami melalui posting on ima bonapasogit nauli i, anggiat ma keadaan sehat jala tutambana angka fotoi ate. sobbu sihol. horas

    a.hutajulu@plasa.com

  17. Idris Jumadi .S berkata:

    Mata ni ari torang manogot i,
    lao patiurhon rura dolok na timbo.
    alogo pe lambok pangullus na i
    tung sonang tahe hita nadua.

    Dolok Tolong dohot sude nasa na ditoruna, ima arta na so hatuhoran diportibion…..
    manang tudia pe au lao, sai tu si do lao rohangki….

  18. clara pandiangan berkata:

    sy jg kagum dngn danau toba…dulu waktu sy kecil sy sering plng kekmpng bersama dgn kedua orang tua sy,krn kampung sy berada di samosir…sblm plng kmi singgah dlu di prapat untk mandi2, snggh sngt senang sekali pd waktu itu. hingga skrng sy msh teringat masa2 itu dan terkenang dgn danau toba,q sngt sedih apa yg menimpa danau toba yg skrng…shrsnya kt sebagai pecinta danau toba,kt hrs saling tolong-menolong dan membantu agar danau toba bisa seperti dulu lg…

  19. parlindungan situmeang berkata:

    Saya sangat terkesan dan kagum akan keindahan alam danau toba ketika bulan nopember 2006 tiga tahun lalu aku berkunjung kesana .Semoga keindahan dan kelestarian alam danau toba dapat terus terpelihara.

  20. Hilda larosa berkata:

    Dolok tolong,,, tempat yang sangat luar biasa untuk memandang indahnya ciptaan TUhan…….

  21. DOLOK TOLONG :
    (1)= Bermakna kita telah diurapi klesanggupan Substansi Existensi Utilisasi oleh Mulajadionabolon, Tuhan, kita ketahui mengerti pahami hayati dan amalkan memelihara Alamlingkungan Universum Kita !!! (2) Silahkan beri perhatian pada Proyek- Proyek U-Tube Kini dilakukan rekan lain: (a).https://www.youtube.com/watch?v=jK_Qczmf-gU (b).https://www.youtube.com/watch?v=CnQfBCFH7bc (c). https://www.youtube.com/watch?v=PRUl7zGukwY (d). Dll : Dr TB Suimatupang dalam Serial Ceramahnya di Dewan Gereja Asia Timur, Pembangunan di Negeri Sedang Berkembang, pada Gereja, adalah evangelium melaksanakan meningkatkan pertumbnuhan pembangunan Jemat membangun BagasjoroNya. DR TB Silalahi teruas diberi Pertuah dari Ibunya Br Siahaan (Ito dari Kol Washington Siahaan, alm 1959/1960m?) agar kalau ia maju jangan lupa Masyarakat DGK (Demografika Geografika Kulturologika) Batak juga dibangun. Mereka memang berhutang , kita juga semua !!! Saya NDH terus menyebarjkkan Cerahah Mosdel U-Tube ini ! Anda juga !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s