SMP Negeri 1 Balige Berpacu Dengan Kualitas

Monang Naipospos

SMP Negeri 1 Balige merupakan sekolah menengah pertama tertua di Tobasa. Berdiri tahun 1945. Diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menjadi SMP Negeri Balige tanggal 1 Juli 1951. Sekolah ini sudah menghasilkan banyak sumberdaya manusia unggulan yang sudah punya nama besar di negeri ini antara lain Jendral Purn. T.B. Silalahi. Beliau tercatat sebagai siswa pada 16 Juli 1951 dan tamat menerima ijajah lulus tanggal 25 Juli 1954. Pengacara kondang Luhut Pangaribuan juga menimba ilmu di sekolah ini dan lulus tahun 1971.

Tahun demi tahun sekolah ini terus berpacu meningkatkan kualitas lulusannya. Sekolah ini sudah menerapkan sistem belajar mengajar mempergunakan alat multi media. Penerapan kurikulum KTSP untuk kelas 1 sudah berjalan. Di kelas guru mengajar dengan menggunakan OHP. Sejak Januari 2004 sekolah termasuk binaan Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis (P3G) Bandung dengan pengembangannya diarahkan kepada intensifikasi pendayagunaan computer dan multi media. Satu ruang multimedia yang disejukkan dengan AC dipenuhi dengan 20 unit computer yang semuanya beroperasi dengan baik.

Site

Mereka perdah mendapat koneksi internet yang disalurkan olek Diknas Tobasa dan di sharing dari SMK Negeri 2 Balige. Tapi berfungsi hanya sekitar satu bulan lalu putus. Karena siswa sekolah ini sudah sempat bergairah belajar computer dan internet, akhirnya Kepala Sekolah Drs Selamat Panjaitan MM memutuskan menggunakan konneksi internet Speedy. Saat ini sedang mengembangkan website SMP Negeri 1 balige. Komputer sekolah ini adalah bantuan para alumni dan Telkom.
Satu ruangan khusus disediakan untuk belajar dengan dukungan saluran TV Education. Siaran dengan study tertentu disesuaikan dengan tingkat pelajaran siswa dengan bantuan tutorial oleh guru mata pelajaran itu. Ruang guru juga disediakan fasilitas TV dan lemari untuk setiap guru pengajar.

Walau masih menggunakan bangunan tua dan didukung dengan ruangan belajar yang baru, semangat belajar mengajar terus meningkat. 21 unit ruang kelas digunakan 850 siswa dengan 45 orang guru pengajar ditambah tenaga guru honor 5 orang dan tenaga administrasi 1 orang dan 4 orang honor. Ruang perpustakaan tetap diaktipkan dengan pengelolaan khusus. Setiap hari setidaknya ada 30 orang siswa memanfaatkan fasilitas perpustakaan ini. Kepala Sekolan ini Selamat Panjaitan mengeluhkan kurangnya ragam buku di perpustakaan sekolah ini. Yang tersedia hanya buku paket. Diharapkan lebih banyak lagi ragam buku dan majalah pendidikan tersedia di perpustakaan ini. Dengan hanya mengandalkan buku paket yang ada, rak buku dalam perpustakaan ini terlihat lowong. Sekitar 500 an buku masih dapat ditampung. Kepala sekolah hanya mengharapkan partisipasi dari masyarakat dan alumni.

Tertua Kasek Aktivitas

Prestasi, moral, iman dan kesehatan siswa tidak luput dari perhatian Kepala Sekolah. Tersedia musholah sebagai tempat beribadah unuk umat muslim. Kebaktian Agama Kristen dilakukan setiap hari Selasa. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terus diaktifkan dengan melibatkan siswa. English day diterapkan setiap hari Rabu dan Kamis. Kuis berhadiah pada bidang study tertentu, sebagai persiapan mengikuti Ujian Nasional. Kegiatan Pramuka aktif dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan kegiatan ekstra kurikuler lain, yaitu pengembangan olah raga karate, yang didanai dari BOS, semuanya merupakan rutinitas dalam kegiatan belajar mengajar.

Prestasi yang pemah diukir sekolah ini, sejak Panjaitan memimpin dari Tahun 2006, di antaranya menjadi Juara Olimpiade Bahasa Inggris tingkat Propinsi, oleh, Vivianti Guming. Dalam tahun yang sama, secara akademik 4 orang siswa, dan tahun 2007, 2 orang lulus ke SMU plus Yayasan Soposurung. Diakui kemudian gagal karena faktor kesehatan. Sekolah ini merupakan peringkat kedua Negeri seTobasa dalam UAN.

Sistem pengarsipan yang rapih dan teratur jelas terlihat. Buku Induk Sekolah yang sudah berumur 53 tahun masih terlihat mulus. Dikelola Kepala Tata Usaha Jusman Pardede (73) yang bekerja semenjak tahun 1956. Walau sudah pension masih tetap mengabdi di sekilah itu. Tercatat jelas nama beberapa siswa yang dulu pernah mengecap pendidikan di sekolah ini. Sampai saat ini buku induk itu tetap terlihat baik dan rapi.

Tak ada rotan akar pun jadi. Ini merupakan jalan keluar setiap harapan tidak terpenuhi. Yang penting manfaat dan tujuan tercapai. Mobiler merupakan masalah bagi kebanyakan sekolah. Usia pakai tidak selalu tepat dengan waktu dianggarkan dengan yang baru. Kepala Sekolah membongkar semua kursi dan meja yang rusak dan memperbaikinya. Seorang tukang kayu bekerja di bengkel sekolah itu tiap hari memperbaiki kursi dan meja yang rusak hingga layak dipakai.
Taman yang luas dan lapangan olah raga cukup memberikan suasana teduh sekolah itu. Namun penataan taman belum maksimal karena butuh dana yang lumayan besar. Bangunan induk yang didirikan sejak tahun 1951 itu juga sudah butuh perbaikan. Walau tidak bisa dengan bangunan baru, setidaknya butuh renovasi seperti dinding papan yang mulai lapuk dan atap seng yang sudah berkarat.

Upaya peningkatan fasilitas belajar khusunya penambahan computer yang tidak sebanding dengan jumlah siswa, penataan gedung perpustakaan, penambahan buku, penataan taman dan renovasi kantos dan ruang belajar bangunan lama menjadi bahan pemikiran. Beberapa orang di antara alumni sekolah ini memberi perhatian dengan menggagasi bantuan yang akan direalisir lewat proposal yang dikirimkan pihak sekolah. Hasilnya masih dalam penantian.

Alumni

Photo alumni tahun 1954. Tampak dalam gambar; Jen (purn) TB Silalahi, Drs Bintang Pangaribuan, Dr Torang M Panjaitan, Drs Firman EH Simanjuntak, Ir. Halomoan Simanjuntak, Ir. Purba Simanjuntak. Photo ini adalah dokumentasi Bapak Berlin Simanjuntak alamat Jalan Patuan Anggi No 53 Porsea Tel 0632 41151 HP 081263378363

20 thoughts on “SMP Negeri 1 Balige Berpacu Dengan Kualitas

  1. Terima kasih kepada Bapak Monang pospos yang telah mendownload berita SMP Negeri 1 Balige.
    dari kepala smp negeri 1 balige
    Drs. Selamat Panjaiatan. MM
    beserta guru dan staf pegawai SMP N 1 Balige

  2. Apa tidak salah ketik tuh, TB Silalahi tercatat menjadi siswa
    pada 16 Juli 1951 dan tamat menerima ijajah lulus tanggal 25 Juli 1964.
    Sekolah SMP 13 tahun ??.

    Maju terus SMP 1 Balige.

    *** Botul lae sudah diperbaiki menjadi tahun 1954, itulah resiko kurang telatenšŸ˜€ Terimakasih atas koleksinya.

  3. Benar benar berpacu dalam kualitas, baik kualitas mental melalui penerapan sistem belajar mangajar dengan multi media, penerapan kurikulum KTSP; maupun kualitas fisik melalui UKS, olahraga karate melului kegiatan ekstra kurikukuler; serta kualitas rohani melalui tersedianya tempat kebaktian dan dilaksanaknnya kebaktian secara teratur.

    Seorang guru yang berhasil adalah guru yang telah mengambil keputusan untuk terjun dalam mengajar/mendidik itu sebagai tanggungjawab untuk mencerdaskan bangsa. Guru, disamping harus menguasai materi yang akan di ajarkan, juga harus jeli melihat tingkat kemampuan dan latarbelakang si murid, guru harus menguasai ilmu kebutuhan, jangan di samaratakan.

    Pengalaman saya waktu SMP dulu, hampir separoh kami dalam satu kelas itu tidak mampu mengerjakan soal matematika dengan cepat dan tepat, maka hampir 3 kali kelas matematika dalam seminggu, kami akan menjadi sasaran empuk dari balobas na ganjang mallapak-lapak tu tanggurung, hae hae dohot bitis. Sang guru tidak pernah mau mengerti bahwa kami sebenarnya mampu mengerjakan/menguraikan soal itu, tetapi tidak dengan otomatis begitu selesai diterangkan. Sang guru juga tidak pernah tau dan tidak mau tau latarbelakang kami, kami hanyalah manusia manusia na marmasak sandiri di kecamatan, puluhan kilometer dari orangtua di kampung. Kalau kiriman terlambat terpaksalah marsali , molo ro losok mangalompa, dang mangan. Walaupun demikian, kalau semangat belajar terusdi tingkatkan akan berhasil juga.

    Jadi yang paling utama adalah tanggungjawab dari guru, dan semangat belajar dari murid. Kalau ditambah dengan fasilitas, disiplin yang tinggi, gizi yang memadai, sisertai dengan olahraga maka: men sanno incorpore sanno (ido tahe?)

    Ayo, para pelajar SMP Negeri 1 Balige, dan juga sekolah sekolah yang lain, berpacu terus. Mari lihat kebelakang, alumni sekolahmu terdahulu tidak pernah mengenal komputer. Kalian yang sudah mengenalnya harus lebih briliant.

    Mauliate

  4. ooh..Balige (apalagi soposurungnya).
    Begitu banyak kenangan yang ku tinggalkan di sana…
    Aku sangat mendukung kemajuan pendidikan di Balige… (bukan karena opung ku mantan guru ya..)
    Oleh karena itu, rumah opung ku di Soposurung sampai sekarang tetap menyediakan beberapa kamar untuk tempat tinggal para siswa-siswi yang bersekolah di sana…

    I’m Proud of BALIGE…!
    miss u much Grandpa..

  5. jadi kangen ama Balige apalagi Soposurung
    saya tamatan SMP NEGERI 1 BALIGE tahun1997
    sekarang saya kerja di Batam……..
    buat SMP 1 SUKSES TERUUUUSSSS YA….

  6. Tolong informasi Mengenai pendaftaran siswa-siswi baru untuk tahun pelajaran 20092010 di smp negeri _ 1 unggulan Porsea. Mauliate

  7. maju terus SMP N 1 BALIGE ,, saya lulusan thn 1999 .. saya sekarang di Pengadilan Bag.STAF PIDUM di Kalimantan .. sukses terus buat guru2 nya . dan adik2 penerus majukan terus SMP N 1 BALIGE …..BRAVO SMP N 1 BALIGE……

  8. saya jadi rindu ingin berkunjung ke SMPN 1 Balige, apalagi ada gurunya teman sekolah saya (SMA Pangururan Samosir ibu RONA GERALDINE ADELIA PARAPAT.) aku doakan SMPN 1 Balige tambah maju dan sukses mendidik pemimpin 2 bangsa yang akan datang. Salam buat semuanya. Hp 081280968199

  9. saya jadi rindu ingin berkunjung ke SMPN 1 Balige, apalagi ada gurunya teman sekolah saya (SMA Pangururan Samosir ibu RONA GERALDINE ADELIA PARAPAT.) aku doakan SMPN 1 Balige tambah maju dan sukses mendidik pemimpin 2 bangsa yang akan datang. Salam buat semuanya. Hp 081280968199. oya kalau bisa , minta no HP ibu RONA. Terima kasih ! GOD Bless!

  10. Horass tu sude angka guruku atik adong do na aktif di SMP N 1 Balige on, ahu akumni taon 1993,
    kesan : Sangat rindu ingin sekali kembali ke soposurung ,,, mengenang kenangan2 indah di sekolah ku ini,,, banyak sekali kenangan yang sudah aku lewati,,,, salam buat semua nya alumni 1993 smp n 1 balige horass!!, mohon di balas untuk guruku tercinta yang kiranya masih ingat DAULAT SURBAKTI.

  11. buat Kepala Sekolah,Dewan Guru serta Seluruh siswa SMPN 1 Balige.
    Munculkan out put TB Silalahi nomor dua dst. Dan tingkatkan prestasi setinggi-tingginya. Prestasi itu dapat diraih jika motivasi seluruh stoke holder yang sunguh-sunnguh dan pemanfaatan Dana tepat sasaran. Bravo SMPN 1 Balige dan sukses buat Monang Naipospos

  12. Jadi malungun iba mulak saya alumni tahun 1984 molo bolas nian adong nama nama , TU sude dengan alumni 84 bahen hamu tanggapan muna ba asa sumbu Sihol ate sutung lupa

  13. Binsar Tobing
    Saya bangga pernah dididik di SMPN I Blige, walau hanya sampai Kelas II (karena pindah domisili ikut orangtua). Saya punya kenangan banyak tentnangmu SMP-ku…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s