TANGAN GANJANG SAMBOLA

Lambaik Manalu


Amani LP (Lumban Pinasa) marah-marah kepada si Ajo yang menjahit jasnya. Kenapa lengannya “marsiganjangi”?

Memang banyak komentar saat ini tentang Pilgubsu yang akan datang. Apalagi kalo kita gabung diwarung kopi, dengar obrolan disitu waktu tidak akan terasa. Apalagi perut rasanya dikocok, kalo sudah ada plesetan warung kopi.
Seperti diwarungnya pak Tampubolon, simpang jalan pelabuhan Balige kemarin. Amani LP (Lumban Pinasa) berkomentar soal pengalamannya dalam pesta demokrasi. Ketika itu amani LP bertugas sebagai juru kampanye. Kebetulan calon yang dijagokannya saat itu adalah nomor urut dua.

Sebelum jadwal kampanye tiba – cerita amani LP – jauh sebelumnya sudah melakukan sosialisasi. Cara sosialisasinya juga tidak rumit, kepada setiap yang ditemui, amani LP selalu mengacungkan tangannya dengan dua jari terbuka, tentunya jari telunjuk dan jari tengah (isyarat angka dua) tanda nomor jagoannya.

Biasanya amani LP memberikan sosialisasi lewat isyarat dengan mengacungkan tangan kanan, tidak pernah tangan kiri. Bahkan dalam kampanye terbuka, dengan gaya bahasa yang sudah diraciknya dirumah, amani LP didepan massa mengacungkan tangannya lebih kuat lagi dengan pekik semboyan yang diciptakan oleh timnya. Tentunya agar massa pendukung calon jagoannya lebih semangat dan tidak akan lupa pada hari “H” dalam pencoblosan.

Dengan bangganya, amani LP pun berhasil memukau puluhan ribu massa. Dan hasilnya juga tidak meleset. Singkatnya, jagoan amani LP pun berhasil meraih suara terbanyak dengan meninggalkan perolehan lawannya cukup jauh. Jagoannya pun resmi dilantik dan bikin acara syukuran.

Dengan bermodalkan sisa biaya operasional yang memang dipersiapkannya sendiri, amani LP pun menempahkan jas kepada penjahit Ajo. Rencananya jas itu akan dipakai pada acara syukuran kemenangan jagoannya yang sudah dilantik duduk di kursi nomor satu. Amani LP memilih bakal baju dan warna menurut seleranya. Ajo sang penjahit pun dengan professional mengukur tubuh amani LP.

Seminggu kemudian, amani LP pun menebus jasnya di toko jahitan Ajo. Sebelum membayar lunas, amani LP pun mencoba jas barunya. Dengan riang, amani LP masuk kedalam kamar pas yang disediakan. Tapi, tiba-tiba amani LP mendamprat Ajo habis-habisan. Ajo sang penjahit yang sudah terkenal kualitasnya dikota itupun tersentak kaget, belum pernah ada pelanggannya selama ini yang kecewa, apalagi sampai marah-marah.

“Kok tangan jasnya panjang sebelah, kamu pakai meteran apa Jo?, saya tidak mau bayar, besok acara syukuran orang nomor satu, saya pakai apa? Dengan wajah beringas, amani LP pun kesal dan minta diukur ulang sebagai solusinya.

Dengan penuh hati-hati, Ajo yang sudah kawakan dalam ukur mengukur jas pun menuruti permintaan amani LP. Ajo mengukur mulai dari bagian leher dada dan bagian bawah, akhirnya sampai pada bagian tangan. Ajo mengukur tangan kiri. “Lihat bang LP, ukurannya segini dan jasnya juga segini ukurannya, samakan bang,” jelas Ajo.

“Coba kamu ukur tangan saya yang kanan,” pinta amani LP. Ternyata ukurannya lain, lebih panjang dari tangan kiri. “Kok bisa, ada apa ini?” tanya amani LP dalam hati. Tapi apa daya, amani LP pun memakai jas baru nya itu pada acara syukuran yang meriah.

Diacara syukuran, amani LP tersipu malu. Pasalnya, puluhan ribu massa kampanyenya hadir. Mereka mengatakan, amani LP orang yang punya semangat tinggi dan rela berkorban. Gara-gara kampanye kepada jagoannya, akibat kebiasaan mengacungkan tangan saat kampanye, tangannya jadi panjang sebelah….

Molo boi sae pilgubsu on unang adong na songoni ate…. maila iba….. Ala dipasomal patuduhan jari tanganna tuginjang laos gabe ganjang sambariba…. πŸ˜€

Iklan

7 thoughts on “TANGAN GANJANG SAMBOLA

  1. imran napitupulu berkata:

    Adong sada na masa di ari naung salpu. Tagam pemilihan ni anggota dewan (ginoaran : caleg.)
    Tingki i, lewat tim kampanye PPP (P-tiga). Jala, digorahon “Hidup P-tiga … Hidup P-tiga..Hidup P-tiga!!!”, ninna huhut dibahen na kampanye i, sude jari tanganna .Lima.
    ‘Bah, asalma tahe sonang pangkilalaan ni angka na kampanye on’, ninna rohani sada baoa. Topet ibana hundul di lapo Metra, pinggir dalan binolus iring-iringan kampanye. Dohot soara mansai gogo, dialusi ibana sian lapo i .”Hiduuup P-tiga’, ninna, huhut dibahen ibana jari ni tanganna tolu. Dirimpu rohana, ala P-tiga, gabe tolu dibahen ibana jari ni tanganna. Hape, lupa ibana no urut 5 do P-tiga.
    Songon na murhing angka na kampanye i, marnida baoa onteng.

  2. Bonar Siahaan berkata:

    Molo pinarrohahon angka namasa diangka pemilihan (pilkada manang caleg),mallimun do anggo janji.Alai aut sura sinungkun tu nasida manang nadiingot do janjina oloma ra laos sodiingot. Jadi sasintongna dosson namate do jolma molo sodiingot janjina. Jala aut sura olo tamba ganjang dila sampe haur-haur jora do ra jolma marganjang dila. Bohama dohonon “ai somatutung dila mandok api”. Jadi tu angka dongan nanaeng mamillit gubsu tung dipingkiri ma manang ise dihilala rohana nadumenggan pillitonna.Unang pola tangi tu angka janji-janji,sotung tarhirim dipudianni ari.

    Horas.

  3. Sahat, Ngln berkata:

    Hahahahhahaa…ai sitoho do on lae??
    Heuheuheue..jangan-jangan lengannya pun besar sambariba. πŸ˜€

  4. Zul Azmi Sibuea berkata:

    alamiah jala natural do attongi

    memang ungganjang do saotik sude instrumen ni manusia sabola kanan dibanding sabola kiri.

    Asa bulus ukkur hamu be ma

    tangan kiri lebih panjang 0.005 cm dari tangan kanan
    kaki kiri panjang 0.01 cm dari tkaki kanan

    Molo disungkun hamu si ajo i, dipaganjang do tangan ni jas, dohon pat ni panthalon molo manjahit stelan jas, sukkun hamu molo dang porsea.

    Da tung alani kampanye dah, na kalewat mai antongda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s