BANYAK YANG KUDAPAT

Partungkoan TanoBatak 04 April 2007 – 04 April 2008

Yang kudapat, beda dengan pendapatanku. Soal pendapatan material selama menjadi blogger tidak ada, walau kuakui bukan itu yang membuatku miskin.

Sempat saya buat himbauan donasi dalam blog ini, akhirnya kuhapus. Karena tujuan awalku memang bukan untuk mendapatkan bantuan ataupun hibah.

Kekayaanku adalah banyaknya manusia dekat denganku, dekat di hatiku. Leluhurku mengatakan “dongan do hatotoga” teman dalah membuat kita berharga, bernilai dan besar. Dikatakan bahwa yang sering menciptakan permusuhan akan mengkerdilkan dirinya. Bila perasaannya besar karena banyak orang menyingkir dari dia, sebenarnya dia itu sudah tidak lagi bernilai.

Memperbanyak teman, menjalin persaudaraan adalah hidupku. Semakin berbeda orang dengan aku semakin suka aku mendekatinya, ingin kutau prinsipnya, nilai yang dipegangnya. Ambi hikmahnya. Bila harus berpisah tidak harus “marbada” berantem. Aku tidak perlu panjang lebar teoriku “mardongan” menggalang pertemanan.

Seblum “partungkoan” ini kubuat, temanku sudah banyak, walau mungkin banyak diantara mereka itu tidak pernah mengakses “partungkoan” ini. Pertemananku yang menggelinding membesar hingga saat ini bergabung dari sebelum ada “partungkoan” ini dan yang direkatnya. Ada sebagian lagi karena digulirkan tembusan email.

Sudah lama keinginanku buat situs, hingga sahabatku Jarar Siahaan menembus pertama kali di Toba. Semula dia menerima tulisanku di blognya, tapi akhirnya anjuran teman lainnya supaya membuat warna masing-masing.
Dalam kesempatanku mengenang satu tahun “partungkoan” ini saya junga mengenang terbitnya bataknwes-nya Jarar Siahaan setahun yang lalu. Bataknews tak kupungkiri yang memicu kemauanku membuat “partungkoan” ini. Mauliate bere Jarar Siahaan.

Yang namanya sering muncul di partungkoan yang sudah kukenali wajahnya adalah Charlie Sianipar, Merdi Sihombing, Suhunan Situmorang, Viky Sianipar, Grace Siregar dan Marudut Pasaribu.

Para “sahabat” yang keren juga banyak kutemukan disini. Mereka melakukan kontak pribadi denganku melalui email. Mereka adalah tulangku Pahala Panjaitan, laeku Sahat Sipahutar, Sahat Nainggolan dan Charly Silaban, baoku Rondang br Siallagan, amparaku Meha (Humbang Hasundutan) dan Hendry Lumbangaol, laeku Sitohang (parbintan). Di Medan ada itoku Ester Purba pencinta alam.

Dunia maya kadang membuat saya gelisah, manakala isi hati sudah dicurahkan tatap wajah belum dilakukan. Ingin saya terbang menemui laeku Robert Manurung karena sejak diangkat menjadi “raja huta” belum pernah kuberi upeti. Disana ada Dessy Hutabarat gadis perkasa yang jelita.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat, yang juga kontibutor blog ini. Bapak Raja Bilher Marpaung, Bapak Patuan Raja Bonar Siahaan, Ir Sahala Simanjuntak, Thompson Hutasoit, Ir Imran Napitupulu, Lambaik Manalu SPd. Limantina Sihaloho sang penantang, Kedanku, Mark Renner Kenyton sang petualang dan parsarune.

Sahabat dari seberang, Shigehiro Ikegami (Japan), Sandrine Germain (Pransis), Dato’ Tengku Alaudin Tengku Abd. Majid (Malaysia), Tan Sri Profesor Emeritus Dato’ Dr. Ismail Husein (Malaysia).

Saya juga menyapa sahabatku aktivis di Kelompok Studi Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) Parapat, Eliakim Sitorus, Dimpos Manalu, Arifin Taleaumbanua dan jajarannya. Di Desantara Culture Studies (Depok), Bapak Bisri Efendy, Mas Khoiron dan jajarannya. Di Dian Interfidei (Jogya), Elga Saparung dan jajarannya. Rose Hutagaol di Muslim Institute (Medan). Bina Insani (Pematang Siantar). Kelompok Toba Leuser, disana ada tulangku Dr Robert Simanjuntak, Miduk Hutabarat dkk. Irwansyah harahap MA. Komunitas Toba Deream. Selwa dari Komunitas Taman si hitam pekat. Juga para mitra kerja di PAMITA.

Para guru bangsa, Tulangku Prof Bungaran Antonius Simanjuntak (UNIMED) dan Barita Simanjuntak SH, MH . Prof Dr Robert Sibarani (UDA), Prof Dr Hotman Siahaan (UNAIR), Ir Sukirman (USU, wabup Sergei) sang guru rakyat.
Salam hormatku kepada para guru iman Prof Dr Qasim Mathar (guru besar UIN Makassar), Prof Dr Nur Ahmad Fadhil Lubis (guru besar IAIN Medan), DR Jamilin Sirait (guru besar STT HKBP Pematang Siantar).

Saya mengucapkan selamat mengabdi kepada para sahabatku Pdt Balosan Rajagukguk, Pdt Nelson Siregar, Pdt Saut Sirait, Pdt Gomar Gultom, Pdt Robin Butarbutar, Pdt Herlan Hutahaean, Pdt Miduk Sirait, Pdt Maruli Tua Sibuea. Pdt Hisar Manurung.

Ragam warna jangan dibuat sengketa
Kita bangun persaudaraan walau kita dari latar yang berbeda.
Nikmati hidup dengan tenggang rasa

Tautan :
SITEDAK RUPA SIBOTO GOAR

18 thoughts on “BANYAK YANG KUDAPAT

  1. Horas,

    Saya merasa tersanjung lae sebut di sini. Faktanya saya yang menimba semangat dan gairah dari blog ini.

    Semoga Tuhan, awal mula dan pencipta segalanya yang maha besar dan maha pengasih, memberi berkat melimpah kepada Lae Naipospos dan semua kru partungkoan ini.

    Selamat ulang Tahun buat Partungkoan Tano Batak. Semoga panjang umur.

  2. imrannapitupulu berkata:

    Partungkoan, adalah blog yang bisa menambah khasanah pengetahuan. Utamanya, budaya Batak.
    Lae adalah ‘dongan’ yang hebat serta guru yang baik bagi Saya. Bahkan, keinginan membuat blog sendiri, atas bimbingan dari Lae.
    1 Tahun Partungkoan, pasti akan menghadirkan karya-karya yang lebih spectakuler.
    Madjuuu. terusss. Lae. Bravo, Tano Batak…..

  3. lambaik manalu berkata:

    dari yg bang monang paparkan, memang persahabatan itu tak ternilai harganya. tak terasa sudah setahun abang mengelola blog partungkoan ini. masih kuingat, kadang kita berkelana sepanjang hari sampai ketempat yang jauh untuk mendapatkan sebuah “tulisan” yang dapat menarik minat penggemar blog partungkoan. kadang diperjalanan kita bercanda, mebahas politik, agama, adat budaya hingga soal profesi jurnalistik. sebenarnya disaat itulah aku secara tidak sadar mendapat “pencerahan” dari bang monang. bukan dari apa yang kita tuju dalam perjalanan.
    semoga blog partungkoan tetap eksis dan konsisten. selamat ulang tahun buat blog abang, tks.

    *** Thanks Lam, klo “tangan ganjang sambola” tak apa ya? Asal jangan “ganjang dila” seperti yang dicurigai lae Suhunan😀

  4. Selamat ulang tahun ma di partungkoan. las rohakku di ingot tulang au bah. satu tahun partungkoan sudah banyak memberikan pelajaran mengenai budaya batak, yang sudah banyak terlupakan dan tidak lagi diketahui atau diingat, tarlumobi akka hami naposoon. Mauliate da tulang, telah menyediakan tempat belajar yang sangat berharga untuk kami pengunjung setia blog ini.Dan itu tanpa pamrih.
    Maju terus Partungkoan.Bravooo
    andigan ma adong fotokku ate rap dohot tulang? (ahah tahe)

    *** Adong do muse tingkina ito

  5. Marudut p-1000 berkata:

    Aku belum lama mengenal dunia blog. Istrikulah yang pertama kali memperkenalkan blog kepadaku yaitu “bataknews” the phenomenon. Banyak kawan-kawan yang menyenangkan kukenal lewat media virtual ini dan mereka adalah orang-orang hebat dimataku. Seperti pernah kukatakan kepada Lae Monang ketika kami ketemu untuk pertama kalinya di samosir, bahwa teman-teman bloger adalah “orang-orang besar” dengan karya masing-masing.

    Horas

  6. Inilah buktinya Batak Itu Keren. Hambatan bukan untuk dikeluhkan, tapi dijadikan pemicu semangat. Luar biasa.

    Dirgahayu 1 Tahun partungkoan Tano Batak. Selamat buat lae Monang Naipospos. Mungkin kenikmatannya bukanlah karena segala hambatan berhasil diatasi, tetapi karena dalam keterbatasan itu kita masih bisa berkarya.

    Salut untuk pengakuan yang jujur mengenai “donasi” itu. Tapi sebenarnya donasi untuk kegiatan idealis seperti lae kerjakan ini wajar saja.

    Terima kasih karena namaku disebutkan di antara kawan-kawan lae yang sungguh banyak dan latar belakangnya sangat beragam. Lanjutkan terus satu tahun yang cemerlang ini, Lae, dengan karya dan kesenangan yang lebih “membumi”.

    Horas.

    PS : sebagai “kado” ulang tahun, hari ini aku tampilkan di blogku artikel Lae Jarar Siahaan mengenai Parmalim.

  7. Rondang br Siallagan berkata:

    Amang…jo!, Nga termasuk ahu dison…sebagai sahabat ni amang baoon? Borat nai hupikul.on..alana gelarna..ii..”sahabat na keren/Batak Keren”…
    BORAT NAIII…BO!!!. Ai Batak Biasa do ahu dison..Ndang adong na keren…
    BORAT…NAIII…BO, AMONG!!!!.
    BAH…..AI BOASA GELISAH!!…..
    Unang ma gelisah-gelisah disan….
    Molo songon ahu boi mai…alanna disan do sude dongan2 ku dohot keluarga…Aha namasa disan…..songon gempa, tsunami….Tartoktok do rohaku mambege sude kejadian-kejadian alanna dang huboto didia do sude dongan2 ku.
    Unang ma pola…gelisah-gelisah hamu Amangbao….da!!!. Mauliate ma diingot hamu ahu na dao on!

  8. Mauliate ma Tulang, apala dohot iba digoari Tulang.
    Las roha adong Partungkoan on, godang naboi parsiajaran, tarlumobi
    mai taringot tu habatakon.

    Jot jot do hupaboa Partungkoan on tu angka dongan, tarlumobi
    mai tu angka naposo.

    Mansai las roha, boi tinanda Tulang, jala niharingkothon do tingki i ro tu Hutatinggi asa boi tinanda Tulang.

    Selamat ma nunga mardalan Partungkoan on sataon.

    Sai dipasu pasu Mula Jadi Nabolon ma Tulang dohot keluarga, suang
    songoni angka na ni ula ni tangan muna.

    HORAS
    http://www.charliesianipar.com

  9. Wah terlambat aku bah , sorry lae gabe tarlambat hujaha postingan on , alani ang sibuk mangalului dalan ni ngolu , maklum ma lae .

    Agiape tarlambat dang pola sala la pasahaton selamat ulang tahun na parjolo ma tu blog partukkon on , boi do patolhason dison mansai bahat do angka parbinotoan ku tamba dibahen hamu melalui bog on tarlumobi mai diparbinotoan taringot tu habatahon, boi do dohononku molo so hujaha blog on gabe adong nahurang, songon ingkau naso marsira .

    Sai lam tu maju na hita halak batak i, jala sai toktong ta jungjung budaya bataki , ai molo hita lupa ise be marningot i.

    Sahalani laeku sahat hamu ma tabe sian hami, tu sude hamu nahuhalongi hami .

    Horas

    *** Hora lae, Mauliate

  10. bonarsiahaan berkata:

    Molo amanta Monang Naipospos on nunga tarmasuk langka luluan ditano batak on,alana boi dohonon holan habatahon do dilului rohana nangpe poso pamatangna. Somalna angka naung pensiun do mangalului (manguhal) tradisi ni ompu asa adong kegiatanna. Jadi tu angka dongan pengunjung ni blog on tatangianghon ma Tu Tuhan I asa tongtong dilehon hahipason dohot angka ondeng haporluan ni parngoluon siganup ari di nasida.

    Horas Tondi Madingin,Pir tondi Matogu.

  11. Bah iba pe tarlambat, pasahat selamat ulang taun tu Partungkoan. Molo diingot hamu komentarhu di piga-piga bulan na salpu, ala dang tangkas identitas ni admin on, ba saonari nunga mansai tangkas binoto ise do hamu.

    Maju terus Partungkoan, Tano Batak, gabe terdorong do nanh ahu mambaen http://www.taolobutala.wordpress.com alani Partungkoan on. Mudah-mudahan adong alternatif si berengon disi.

    Horas sian Surabaya.

    *** Mauliate lae.

  12. goklas Sinurat berkata:

    B’tua mardongan do hape dohot si Vikky…. berarti sering do di ajak tu Toba Dream?????
    pittor sonang do roha bolo dilehon tuak takkasan i, sambil di endehon o parmitu…….
    alai nung mulak sian i pittor mangutang ma muse tu warung ni amani parutangan…….he…he…

    *** Dang diehon tuak😀

  13. baginda syairul sahat napitupulu berkata:

    Wah….kayaknya cuma nama saya yang belum lae sebutkan di dalam tulisan lae…..ha..ha….!!
    Selamat ma tu Lae…..sudah banyak memberikan perubahan dan inspirasi bagi seluruh org batak yang ada di dunia ini. Semoga di ulang tahun pertama blog lae ini dapat memeberikan lebih banyak arti bagi setiap orang terutama orang batak lah. OK……Sukses buat lae Monang semoga Cinta yang lae berikan bisa dirasakan dengan Cinta oleh semua orang. Horas lae….mauliate…..

    *** On dope hita pajumpang😉

  14. @ Amang Bonar Siahaan

    Marsidohot ma hami manolupi hata muna i. Toho situtuma na nidok munai. Umbehen ido las roha sai ro marnonang tu partungkoan ni lae Naiposposon.

    Lam ringgas iba ro tu partungkona on gabe Songon hata ni naposo di Batai ma, “jadi batak banget….:”

    Horas ma di hita saluhutna…

  15. Ginomgom Simanjuntak berkata:

    Alani tabo ni angka Tulisan ni Tulang Naipospos gabe dang terasa nihilala nungga sataon naung jongjong partungkoan on.
    Molo so jolo manjaha partungkoan on iba asa modom borngin i, sai hira na adong na hurang nihilala….

    Sukses torus Tulang,….

  16. Esther Purba berkata:

    Horas Amang Monang.

    Baru saya baca ini.
    Aku masuk komunitas “Batak Keren” kah? Mauliate Godang. Senangnya namaku disebut di atas. hehe. Semoga ester yg sama.

    3 Januari lalu sy ke Laguboti, mau jalan-jalan ke Hutatinggi, tp terpeleset keseleo di Sirongit sehingga batal niat ke sana. Pulangnya kena macet 5 jam dari Lumbanjulu-Parapat.
    Pengalaman baru di awal tahun baru.

    “Semakin berbeda orang dengan aku semakin suka aku mendekatinya, ingin kutau prinsipnya, nilai yang dipegangnya. Ambil hikmahnya.”

    Aku suka dan setuju dengan prinsip Amang ini!!

    Selamat Tahun Baru 2009 untuk Amang Monang dan semua pembaca setia.

    Salam

    **** Betul ito, batak keren. Keren seseorang menurutku dan lae Robert Manurung di http://www.tobadreams.com bukan berdasarkan pakaiannya dan penampilannya tapi apa yang dilakukan dan dipikirkan untuk sesama dan masa depan semua mahluk. Terimakasih

  17. Eliakim Sitorus berkata:

    Horas Amang Monang N,
    Selamat tahun baru 2009, tahun penuh tantangan, tetapi juga tentu ada harapan. Saya kadang malu, oleh karena tidak bisa mewujudkan maksud mendampingi teman-teman Amang di Medan, yang sudah menjadi teman saya juga. Kasihan bangunan di Jalan Air Bersih Ujung Medan, sudah jadi rangka busuk. Saya tidak cukup enerji dan ilmu untuk mendukung perjuangan kawan-kawan pengikut Ugamo malim di Medan. Mestinya inipun harua sikut “diadukan” oleh Prof. BA Simtak dalam buku terbarunya ‘pengaduan Bung Karno dan Raja Sisingamangaraja XII, katanya sudah terbit, tapi belum kubaca. Horas tondi madingin pir tondi matogu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s