Thompson HS Ke Pertemuan Sastrawan Indonesia

Monang Naipospos

Thompson Hutasoit, sastrawan muda batak yang populer dipanggil Thompson HS mengatakan keikutsertaannya di temu sastrawan Indonesia di Jambi, mulai 7 – 11 Juli 2008.

Pertemuan ini dikatakan melibatkan 130 peserta dari berbagai propinsi di indonesia. “Panitia acara ini telah mengundang saya melalui surat dan lampirannya tertanggal 10 januari 2008 dan dua minggu lalu meminta kepastian kembali untuk dapat menjadi pengisi panggung apresiasi, peserta kongres, dan wisata budaya”, kata Thompson.

Rangkaian kegiatan temu sastra ini cukup beragam antara lain Dialog dan Musyawarah Sastrawan Indonesia yang intinya akan membicarakan kemungkinan dibentuknya wadah atau forum bersama yang melibatkan ekologi sastra (sastrawan, kritikus, media, penerbit, dll), kemudian apa dan bagaimana capaian estetik sastra Indonesia, keberagaman, dan kedinamisan sastrawan.

Peserta kongres: sastrawan (3 generasi), Kritikus, dan undangan dari kalangan media, penerbit, dll. Sedangkan workshop penulisan esai dan kritik sastra: memfasilitasi para penulis muda berbakat, guru sastra, dan mahasiswa untuk mampu menulis kritik/esai sastra, panggung apresiasi menampilkan sastrawan undangan, kemudian wisata budaya guna memberikan sajian keberagaman yang dimiliki provinsi Jambi kepada peserta. Penerbitan buku antologi yakni antologi puisi sastrawan Indonesia, dan antologi cerpen sastrawan Indonesia, serta pameran dan bazar yang memamerkan aneka corak dan bentuk karya sastra sebagai manifestasi adanya keberagaman, kedinamisan, dan keharmonisan.

Sebagai pengisi apresiasi Thompson HS menyiapkan sejumlah sajak-sajak yang ada dari tahun 1995 sampai 2008.

Iklan

One thought on “Thompson HS Ke Pertemuan Sastrawan Indonesia

  1. Amang boha dang adong rencana ta molo tabaen muse opera batak di tarutung on amang, ai malungun roha ku au putra batak boasa dang boe tarbahen au lao menimbulhon budaya ni bona pasogit hu
    mauliate ma amang tangapapi da amang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s