SUNSET DARI DOLOK TOLONG

Monang Naipospos

Bisa saja kita menyebut diri kita, par Toba, Par Balige dan batak Toba. Namun, belum semua dapat melengkapi pengalaman memandang keindahan Tanah Batak dan Danau Toba.

Peluang ini diambil Firman Hadi dan Josua Panggabean kru ANTV saat melakukan liputan budaya Batak di Toba.
“Amang, darimana saya dapat mengambil panorama Danau Toba yang bagus?”, tanya Firman Hadi padaku dengan santun.
Walau Josua Panggabean asli orang batak, tapi tidak tau banyak tentang lika-liku tanah batak. Dia besar di luar tanah batak. Saya menunjukkan Puncak Dolok Tolong kepada mereka. Mereka ingin mengabadikan timeline dengan kamera video melengkapi tayangan yang sudah mereka kumpulkan.

Rupanya itu adalah pekerjaan membosankan menurut saya. Sejak jam 4 hingga jam 6 sore mereka mengarahkan video merekam ke objeck statis.

“Amang, nanti gambar videonya akan kelihatan awan berjalan dengan cepat ke arah yang sama dengan latar panorama danau toba”, kata Firman padaku meyakinkan hasil pekerjaannya itu.

Menunggu hasil kerjanya itu terpenuhi, dia berkesempatan menjepret dengan kamera poket digital yang diakui dipinjamnya dari temannya. Mereka mengakui memiliki kamera SLR tapi tinggal di Jakarta.

“Lihat amang hasil jepretan saya dengan kamera murah dan pinjaman ini”, katanya dengan canda.

Pemuda Betawi ini kelihatannya merasa puas dengan lokasi yang saya tunjukkan. Dengan persetujuannya photo-photo hasil jepretannya saya tampilkan untuk kita nikmati bersama.

Tautan :

Memandang dari Dolok Tolong
Memandang dari Sipinsur
Melayang diatas Danau Toba
Masihol tu Muara
Panorama Danau Toba

Iklan

24 thoughts on “SUNSET DARI DOLOK TOLONG

  1. pakkatnauli berkata:

    Ah……Uda Monang,…
    Coba dulu bertualang ke Dolok Pinapan di kampung saya, pasti sunset dan sunrise nya tidak kalah dari DOLOK TOLONG.

    <a href=http://pakkatnews.wordpress.com/2008/07/21/beberapa-potensi-%e2%80%93-potensi-lokasi-tujuan-wisata-dari-daerah-pakkat

    Indah sekali, dan hutanya masih asli, alias belum di ditebangin sama maling-maling hutan itu….

    ** Na so sanga dope au kedan tusi, kirim jo deba photona i.

  2. pakkatnauli berkata:

    UDa….

    foto-fotonya ada di http://www.pakkatnews.wordpress.com

    disana juga banyak air terjung dan juga tempat wisata lain yang belum pernah di ’tilik’ orang, sehingga membawa kesan angker….

    lalu di huta sekitar dolok pinapan masih terdapat kuburan tua dari BATU BESAR yang berukir, dan sisa-sisa PANGULUBALANGAN……

    nggak tau deh sekarang, itu batu kuburan masih ada, dulu waktu masih kanak-kanak saya sering bermain disana

    *** rap ma jolo hita tusi !

  3. @pakkatnauli
    Nga dapot mas i ? hehehe…
    Aku jadi teringat semasa kecil, ketika onan (pasar mingguan) di Onan Ganjang, para penghuni Dolok Pinapan turun gunung untuk belanja kebutuhan pokok dan memarkir kudanya berderet di depan toko ompungku..

    Asli kayak pemandangan koboy2 Western hehehe..
    Yang membedakan cuma, kuda yg ini ngga ditunggani, tapi hanya mengangkat barang di kiri kananya (hoda boban) dan satu lagi, banyak hiasan tai kuda disekitarnya.. bauuu… hahahaha…

    *** Huhilala nunga dipetahon si Hendry lokasi ni mas i. Dung pensiun ibana, mulak ma, hoisanna ma otik-otik. Molo dang ninna, ba diajak ma hita nian tusi ….. 😉

  4. pakkatnauli berkata:

    ….Lae Charly,….rupanya lae pengamat hoda juga yah,..maksudku hoda boban, sekalrang sudah nggak ada lagi hoda disan, karna dah jalan sudah bsa dilalui kenderaan roda empat.

    @ UDa Monang…
    Hutandikkon do di uda Mas i, ala huboto naeng ro uda tu san, jadi hutadinkkon saotik di uda,…buat ma innon, alai paboa ma goarhu tu namanjagai, …….

  5. Horas Lae”

    Bagak bagak hian hasil photo munai puang, mangido jo nian ahu tu hamu molo boi dokumentasihon hamu jo nian Kota Siborongborong,

    *** Photo ni putra betawi Firman Hadi do i lae, kameraman ANTV. Nunga dilehon i tu hita sude. Molo olo sI Lambaik Manalu mandongani au nian explore Siborongborong. sebagian nian nunga adong. Horas

  6. Eva Guslina berkata:

    Selamat ya buat bang Firman Hadi…
    Foto-fotonya bagus-bagus n keren-keren
    biarpun pake kamera murahan n pinjeman dari teman pula!!!
    Danau Toba memang indah n menakjubkan.
    Bang Firman boleh dong bantu promosiin Danau Toba di jakarta n Antv.
    Kapan-kapan ambil lagi foto-foto Danau Toba dengan kamera yang mahal ya…
    Horas!

  7. Horas Tulang, bagaimana caranya mengirim foto-foto waktu perjalanan Tour D Toba dan acara Sipahalima yang lalu, supaya bisa ditampilkan di blog ini. Horas.

    *** Kirimkan dalam cd saja lae.

  8. molo hubereng di web site on pittor sai naeng mulak do ahu tu tao toba i.ah tahe………….betapa indah ciptaan tuhan,cuman kita sebagaimanusiA TAK BISA menjaga dan memelihara

  9. sahat sipahutar berkata:

    mantab kali kurasa hasil intip mengintip ini , horas …

    *** Beta hita lae mangintip tu dolok i B-)

  10. wah,foto2nya bagus bener,,,,,,,,,,,,,sungguh….,funtastic n beatifuuuuuullllllllll…ternyata negeriku menyimpan sejuta keindahan yang gak pernah aku sadari,,,,,,,,,,,sungguh mengagumkan…

  11. Stepehn Lupin Bako berkata:

    Itulah artinya suatu Display yang Dominand, padahal sebelumnya banyak orang yang lalu lalang tak pernah memperhatikannya atau memandang tapi tak melihat katanya setelah di tayangkan sedemikian rupa banyak memuji ke indahannya, tapi jangan lupa termasuk yang memberi Response di atas pun kalau di buat photonya pasti banyak memuji kecantikannya soooooooo passssssssti.

  12. Idris Junedi Siringoringo berkata:

    Horas Tano Batak & Horas Tobasa…..!

    mauliate ma tapasahat tu Amanta Debata, ala di pasahat do tu hita sada arta na so tartuhor jala naso haluluan di sandok portibion, ima sada dolok na timbo jala nauli ima Dolok Tolong…
    anggiat ma boi tongtong ta jaga haulion ni dolok i, jala diparrohahon angka pamarenta ta ma tutu sudena nasa arta nauli ni Tano batak on…
    mauliate ma muse tu Tulang Monang Naipospos na mambahen artikel dohot gambar on…

    horas…..

  13. charles hutagaol berkata:

    Masih banyak orang Batak yg tdk tahu ke indahan Tanah Batak , Walaupun dia Lahir di tanah Batak, padahal dia di perantauan sdh sukses,malah dia lebih condong wisata ke Bali atau Singapur, kita mengharapkan orang2 batak yg di perantauan yg sdh berhasil, supaya terbukalah hatinya untuk datang, siapa lagi membangun tanah Batak kecuali orang Batak itu sendiri

  14. ND HUTABARAT berkata:

    NDH
    29 7 2010

    MODEL NATUR DOLOKTOLONG

    Setelah GP Generasipenerus Batak pengalaman Generasi Regenerasi Kelana Dunia dan Kulturnya tentu akan kembali dan mencipta MODEL KULTURAL DOLOKTOLONG ini.

    Dan sesuai denga Hulum Natur Manusia Batak GP itu bisa makin TBB Tepat Baik Benar melakukannya, dalam Garis Tatanan Supranaturalkultural..

    Itulah akan mengikuti Petunjuk Amanah Mulajadinabolon Supranaturalkultural Tuhan Debata Jahowa (Lakkat/Tarikh/Bibel/Quran)

  15. Salah satu pengalaman paling luar biasa dan tidak terlupakan bagiku adalah di tahun 2009 saat naik kapal dari pelabuhan Balige meuju Pangururan Samosir. Kapal yang berangkat jam 06.00 WIB memaksaku untuk menahan dingin dan rasa takut karena ombak yang menghantam kapal kayu itu. Tetapi semuanya lenyap saat aku melihat dari ufuk timur, secara perlahan matahari mulai menunjukkan dirinya dari balik pegunungan.. Sangat indah dan luar biasa… Melihat foto-foto ini mengingatkanku lagi dengan pengalan di pagi itu… 🙂

  16. masnita sianturi berkata:

    buat semua masyarakat setempat, mari kita berinvestasi,….
    jgn sampai orang luar (negara asing) yang menguasai daerah kita.,,,
    objek wisata tersebut merupakan aset yang sangat berharga jadi sayang jika kita tidak mengembangkannya,
    jadi sumbernya adalah dari internal, yaitu kita sendiri.
    🙂
    mudah2an bermanfaat

  17. Hilda larosa berkata:

    dolok tolong…. tempat memandang yang sungguh sangat menakjubkan… gabe taringot iba molo lao marmeam tu dolok tolong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s