SURAT BATAK “BINSAR” DARI AUSTRALIA

Monang Naipospos

Satu keinginan untuk memberi pelajaran surat batak muncul dari seorang putra batak dari Australia.

Dia mengutarakan kehendaknya memberikan pembelajaran surat batak dengan aksara yang dapat digunakan melalui komputer. Sekumpulan file software dan tutorial penggunaan aksara batak di komputer dilampirkan melalui email partungkoan.

Saya mengaku, kaget, terharu. Tanpa saya duga apa yang saya upayakan sejak lama untuk membuat font aksara batak mulai terpecahklan. Berbagai pendekatan kepada putra batak yang saya harapkan dapat membuat font itu sudah kulakukan, namun belum ada hasil. B. Parningotan Napitupulu yang sudah lama bermukim di Australia rupanya diam-diam memantau aktifitas Partungkoan Tano Batak hingga memutuskan font aksara batak yang dibuatnya itu diberikan ke partungkoan.

Sudah lama saya menggunakan font aksara batak buatan Uli Kozok yang diberikan Prof Robert Sibarani. Namun saya masih mengharapkan adanya font sesuai dengan standar percetakan surat batak yang sudah ada di Laguboti tahun 1941. Kepada teman di Jakarta niat itu sudah kuutarakan untuk melakukan pembuatan font surat batak namun belum saya dengar sampai dimana hasilnya.

Kepada B. Parningotan Napitupulu saya rujuk melakukan pembuatan font sesuai dengan font percecatakan aksara batak 1941 dan disetujui. Beberepa kali uji coba hingga menghasilkan pendekatan bentuk dan kemudahan penggunaan dilakukan.

Dia berniat memberikan aksara itu kepada semua pencinta blog Partungkoan yang ingin menggunakan aksara batak. Dianjurkan agar diberikan dalam bentuk CD dan hasil penjualannya akan digunakan sepenuhnya untuk pengembangan blog partungkoan. Dia juga akan menjual kepada halak hita yang ada di Australia dan setengah dari harga penjualannya akan disumbangkan untuk mengembangkan blog ini. Menurutku ini ide yang sangat mulia.

EH … SIAPA DIA

Nama lengkapnya Binsar Parningotan Napitupulu. Lahir di padang Sidempuan tahun 1951 lalu. Putra dari empat bersaudara dari Ayah Bistok Napitupulu (alm) dan dari Ibu Luide br Panggabean (alm). Menikah dengan Sony br Simanjuntak, dikaruniai anak 1. Samuel patua Bona Toba Napitupulu, 2. Jonathan Napitupulu, 3. Victory Napitupulu, 4. Grant Napitupulu. Anak pertama dan kedua lahir di Bandung dan meninggal dunia. Kehidupannya di Bandung sudah baik namun kepedihan hatinya mendorongnya pindah ke Australia 1988. Anak ketiga dan keempatnya lahir di Melbourne.

Dia 6 bersaudara, 4 orang laki-laki. Ketiga saudaranya memiliki nama asing dan menikah kepada putri non batak. Hanya dia yang diberi nama batak, lengkapnya Tahi Marojahan Binsar Parningotan dan beristeri boru batak.
Dia sangat membanggakan dirinya seorang batak : “Apala Bangga do rohangku gabe Halak batak jala harapanhu tu jolo on adong do sumbanganku tu Tano Batak.”

Dia rajin menjelajah website batak di internet hingga ketemu di lapo partungkoan. Harapannya lebih banyak lagi ditemukan berita tentang kampung halaman. Diharapkan adanya forum berita beraksara batak.

B. Parningotan tinggal di 58 Wilma Avenue Melbourne 3170, Victoria Australia. Dengan kerendahan hati, Sarjana Geologi ITB 1977 ini mengaku sebagai tukang las dan bubut di perusahan Amerika Hayman Reese di Melbourne.

Iklan

34 thoughts on “SURAT BATAK “BINSAR” DARI AUSTRALIA

  1. SALNGAM berkata:

    Ada juga inkonsistensi pada penggunaan Slash-nya beliau. Saminggu (seharusnya samangi\gu kecuali bang, hang dll tampaknya o x itu bukan pokok huruf )seperti sabulana\. Please check kembali atau awak yang salah?

  2. Boleh juga di bagi font aksara Bataknya. Hingga sekarang, yang masih tersedia untuk di down load hasil karya Uli Kozok.
    Lalu, yang karya Pak Napit ini dimana bisa ditemukan ya?

    Horas

    *** Dia akan bagi tulang melalui partungkoan. Nama tulang kucatat dulu pemohon pertama. Horas

  3. Garth M. Meha berkata:

    Yang pernah saya pelajari waktu sekolah dasar, khusus untuk anak ni surat yang di akhiri oleh ‘Ng’, tanda ng boleh diletakkan langsung di atas anak ni surat tersebut, tanpa harus merubahnya terlebih dahulu seperti ming jadi mangi.

  4. B.Parningotan berkata:

    Lae Salngam dohot Gart M Meha,
    Tutu do na nidok mi, ingkon padengganhon do surat na di ginjang i, songon on do surat i jahaon:

    Ari dohot bulan

    Pitu ari do sa…………., tolupulu ari do sabulan
    jala sampulu dua bulan do sa…………….
    ia goar ni ari na pitu i ……………… ma
    senen selasa rebo kamis jumahat sabtu dohot ………..

    ………….* ingkon paturehon

    adong salah kertik dibagian bawah (sebeb), seharusnya senen

  5. Baginda berkata:

    ah…..payah blog lae ini.
    aku yg komentar duluan waktu pertama kali tulisan ini di muat tp kq koment aku gk ada ya? apa yang salah lae?
    pokoknya aku mau lah aksara bataknya…..biar pintar nulis surat pake aksara batak.
    bagi buat aku ya lae

    *** Aku juga heran lae, sering komplain komen yg hilang 😦

  6. B.Parningotan berkata:

    Napit. waktu Australia sama Indonesia beda 4 jam, jadi kalau kalian mulai internet, aku sudah tidur dan waktu baru pulang kerja, mulai main internet, disitu masih siang, itu masalahnya. Mengenai font dantpelajarannya sudah ada di partungkoan, jadi hubungi saja lae Monang Naipospos.

  7. gompul pandjaitan berkata:

    Suku Batak salah satu dari sedikit suku bangsa Indonesia yang memiliki Aksara,pertanda bahwa Batak berbudaya tinggi.
    Bahasa bukan matematika ,bahasa mempunyai RASA KATA dan JIWAKATA.

  8. Sontang Simamora MD berkata:

    Salut sama laeku nomor dua ini, karena dialah yeng memperkenalkan komputer kepada saya 30 thn yl. Tahun lalu saya diberikan dan di install penulisan batak melalui komputer namun dimakan virus. Saya mau membuat undangan dalam bahasa batak dan tulisan batak bisa dibantu. Horas

  9. Parhobas berkata:

    Taringot tu software sisongon on, nunga adong dapot au onom taon na lewat dope, alai berbentu FONT do,…..jadi molo tarusat tu MS office sada hata, dungi holan di ganti tu surat batak di FONT,..kode fontnya (TOBAN)..langsung ma surat batak.

    Adong sada kelemahanni software hon, leter per leter do diterjemahon,…hape molo surat batak kan par-2 suku kata awalna, alai boi diponggol……

    saya nggak tau bentuk software lae ini, karena belon pernah liat…….

    LAe bagina; blog ini dimoderasi lae,…jadi ada kemungkinan pesan pertama lae itu masuk ke SPAM sebelum di moderasi uda on, dungi muse atik boha dang di ida uda on, ai maklum ma lae fuuuaaang…uda ini kan…………..

  10. Parhobas berkata:

    Taringot tu software sisongon on, nunga adong dapot au onom taon na lewat dope, alai berbentu FONT do,…..jadi molo tarusat tu MS office sada hata, dungi holan di ganti tu surat batak di FONT,..kode fontnya (TOBAN)..langsung ma surat batak.

    Adong sada kelemahanni software hon, leter per leter do diterjemahon,…hape molo surat batak kan par-2 suku kata awalna, alai boi diponggol……

    saya nggak tau bentuk software lae ini, karena belon pernah liat…….

    LAe baginda; blog ini dimoderasi lae,…jadi ada kemungkinan pesan pertama lae itu masuk ke SPAM sebelum di moderasi uda on, dungi muse atik boha dang di ida uda on, ai maklum ma lae fuuuaaang…uda ini kan…………..

  11. B.Parningotan berkata:

    Lae Monang, Proses pembuatan tulisan batak ini telah saya mulai beberapa tahun yang lalu, dan ketika saya ke Indonesia tahun lalu, khususnya ke Aceh, ketempat teman saya muzaffar Daud, pernah saya tinggalkan font batak versi saya yang lama di komputernya, bulan lalu ketika saya melihat website, saya tercengang ketika menemukan website ini, kalau tidak salah website ini milik batak gayo, lae bisa coba buka websitenya, tulisan batak yang serupa dengan tulisan batak yang saya tinggalkan diaceh untuk teman saya muncul d website itu, silahkan lae lihat.

    http://mahmuddimyati.multiply.com/

    Untuk Lae panjaitan daln Lae Simamora, terima kasih atas komentarnya.

  12. B.Parningotan berkata:

    Lae monag, mungkin ada kesalahan dalam komputer saya, yang menggangu website tersebut diatas, jadi sebaiknya tidak perlu dicoba dibuka dulu, karena saya masih ingin tahu permasalahannya.

  13. B.Parningotan berkata:

    Baginda Napitupulu dohot parhobas, sederhana do font on jala mura pangkeon, berdasarkan surat batak na sampulu sia i, alai boi do sisiphon hatadingan dohot paninggil disi.alai anggo tudutudu (bahen saringar u), berdiri sendiri do dibahen,karena berbeda di setiap huruf batak. font ini juga dapat dipakai untuk bahasa batak mandailing, tapi kalau Karo dohot simalungun belum dikembangkan kearah itu.
    kepada yang berminat, atas nama tano batak, untuk waktu terbatas font ini dapat diberi dengan cuma2.
    Ini saya lakukan agar kita bisa mengembangkan font ini, kontak. Kirim email lae pada:
    binsarnapitupulu@optusnet.com.au

  14. Sahat, Ngln berkata:

    Mantap bah lae Napit, aku pun mau lae Monang kalau sudah ada nanti. Maju terus lae Binsar!!

    *** Olo lae

  15. BAGINDA berkata:

    Mauli ate buat Uda Binsar Napitupulu atas perhatianya buat kami yang menginginkan aksara batak…..

    @Lae Parhobas
    ….uda ini kan…???
    jawabnya= Pareman do Lae ta i Lek Hobas.
    unang songon na mangaleseng ho annon pittor di danggur ho dohot gadong……haha….
    dilarang muruk di blog ini ya lae monang!!!

    *** Mabiar do au tu lae ala GAM (gabungan anak medan) Lomo ni lae ma mangalesengi au. Hulapor tu lae Imran unang diloas ho ro tu Balige. 😀

  16. B.Parningotan berkata:

    ada beberapa komentar mengenai font batai ini, oleh karena itu disini saya beri keterangan sedikit berdasarkan pelajaran surat batak AN.Parda Sibarani, 1970

    Menurut AN Parda siibarani, molo naeng manurat “ban” suraton do i bana dohot
    pangolat dipudi, molo naeng manurathon “bin” surathon do i
    “bana+siala+pangolat” ].
    [molo naeng manurathon “ursa” bahenon ma i “aru+pangolat+sa], ( ru adalah
    ra+tudu-tudu alai di font on hu bahen sada huruf, r na balga)
    molo “u” berdiri sendiri pergunakan huruf batak “u”, tolu gurat na
    martindi-tindi, alai molo u dalam gabungan kata2 pinangke ma i “a” dohot
    tudu-tudu, di font na binahenki, A(a letter na balga),
    Molo hang, bahen ma “h+paninggil”, molo naeng mambahen “hing, bahen ma
    “h+siala+paninggil”, molo naeng mambahen “hong” bahenon
    mai”h+sikora+paninggil”
    tanda plus disini bukan bagian dari font, hanya untuk membuat tahapan ketikan.
    molo bahenon sude otomatis molo naeng menyisipkan pangolat, gabe bahat ma variasi ni hurup i
    di komputer, gabe maol siingoton,
    songon i do font na pertama hubahen alai ndang praktis do i.
    Pangolat di font on ada di sebelah atas kiri sudut, di atas tab (tanda quotesi),
    alani ndang sarupa posisi ni hatadingan dohot paninggil di sada-sada surat batak, adong
    hubahen beberapa variasi hatadingan dohot paninggil di font i.
    Molo naeng manurathon pu, ima surat pa+tudutudu, alai di font on sahali ketik maon , ima
    letter p na balga (P)

  17. Hasudungan Sihombing berkata:

    blh minta aksara batak dan artinya? kalo ada tolong kirim ke e-mail q y. thank’s before. konnichiwa.

  18. Salut mamereng angka nadenggan si songonon, memang molo boi dohot mura/gampang ma nian dapot ni angka naumposo aksara batak i, asa anggiat dang gabe mago aksara kebanggan ni hita bangso bataki, alana gampang do sude mago hinorhon ni kemajuan ni portibion….
    Jadi tu angka namangantusi urupi hamu hami na hurang umbotosa on ate …..
    Horas ma dihita saluhutna

  19. Rinto Sirait berkata:

    Horas ma dihamu na mengasuh blog on
    Songon na nidok ni amang si Tangkas Simanjuntak, songon na maol do parsiajaran aksara batak on, apalgi hami angka na poso dang hea be pinarsiajaran surat on tingki di singkola lumobi di tingki songonari alani kemajuan ni jaman on.

    Amang, adong dope software on di jual?? Sadia argana amang molo dohot ongkos kirim tu medan.
    Mauliate

  20. B.Parningotan berkata:

    @Rinto Sirait,
    botima.
    kirim hamuma jolo alamat website muna asa kirimon nami font batak dohot parsiajaranna.
    Horas

  21. Hendrik Siahaan berkata:

    Horas ma dihamu na mengasuh blog on

    Amang aq bs minta aksara batak dan artinya?? kalau bisa tolong kirim ke email aq.

    Horas

  22. B.Parningotan berkata:

    @Hendrik Siahaan
    tolong kirim alamat emailnya biar saya kirim font aksara batak serta pelajaran pemakaian tersebut
    horas

  23. Irwan Sianturi berkata:

    Horas dihita sude pomparan ni Ompunta….dibagasan elek-elek ma au mangido sofware ni aksara Batak i tu hamu Amang parhobas nami..asa boi hamoraonta batak on ta turunhon tu generasi na umposo apalagi tu anak SD/SMP di Tapanuli asa boi dibaen on gabe pelajaran na.Email nami : irwaanluc@yahoo.co.id sai Tuhanta na namanagehon bisuk tu Damang Parhobas nami salam dn Doa

  24. B.Parningotan berkata:

    @ Irwan Sianturi
    Horas lae, pertama saya minta maaf tentang keterlambatan saya menangani permohonan Lae, Kami sedang membuat surat batak versi ke 2 yang diperkirakan akan selesai mingguini, yang mutunya akan diperbaiki, oleh karena itu harap Lae bersabar, segera setelah sselesai akan dikirim secara percuma.
    B.Napitupulu

  25. Robinson siburian berkata:

    horas amang napitupulu, mansai arga hian huhilala pambahenan munaon lumobi ma tuhalak angka naumposo. Mauliate godang ma dohonon tuhamu dinamangharingkothon tulisan batak on asa anggiat boi nian dipaihut-ihut (diparsiajari) angka naumposo, laos songonido nang di diangka parhobas ni bloc on tong do mauliate nang dihamu ala tamba godang parbinotoan marhite na manjaha artikel2 nadi bloc on . MAULIATE
    MOLO BOI NIAN TONGDO SONGON PANGIDOAN NI ANGKA DONGAN ASA KIRIM HAMU HAMU JOLO FONT NAUNG JADI I ATE ,MAULIATE

  26. b.parningotan berkata:

    @Robinson siburian
    Horas
    parjolo, hu painte hami angka komentar muna tu font surat batak on, manang adong na hurang sian font i. sian angka hasigatan muna do binahen boi padengganton font surat Batak on tu ari na naeng ro

  27. MULAHABINSARAN PARDOSI berkata:

    Horas lae ! Saya bernama Binsar Pardosi. Saya tertarik dengan software font Batak versi III yang lae buat. Apakah lae bisa mengirimkannya pada saya melalui email saya di mpsiagian@yahoo.com

  28. Binsar Parningotan berkata:

    Adanya bulan Lamadu di kalender Batak menyelaraskan jumlah hari kalender Batak dengan Kalender Masehi sehingga setiap 4 tahun kalender tersebut menjadi selaras kembali. Seperti kalender Masehi setiap empat tahun bulan Februari menyadi 29 hari daripada 28 hari untuk menyelaraskan seperti keadaan semula. Oleh keselarasan tersebut maka selayaknyalah bila tahun Batak selaras dengan tahun masehi, kalau ditanya tahun berapa sekarang menurut penanggalan Batak…… ya tahun ….2013……
    HORAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s