TANOBATAK 300.000 KLIK

Monang Naipospos

Satu tahun tujuh bulan blog ini meluncur di dunia maya. Sabtu 22 November sekitar jam 6 sore kulihat counter visitor angka 300.000. Jarang saja memantau angka bulat seperti ini.

Semua diluar dugaan. Kenyataan ini membuat saya terjebak untuk tidak dapat berhenti. Ragam komentar kubaca setiap hari, ragam kepentingan di tanah kelahiran, tanah asal usul tanah leluhur batak. Mulai dari kerinduan kampung halaman, kerinduan keindahan danau toba, kerinduan nilai sosial dan budaya yang luhur dan kerinduan kesenian tradisional.

Blog ini telah menjadi ruang alternatif orang batak bercengkerama, ruang pembanding bagi suku lain untuk lebih mengenal siapa orang batak itu sebenarnya. Saya yakin dan sudah terbukti, ada yang mengunjungi blog ini yang anti kebudayaan batak, walau dia sendiri orang batak. Kepada mereka saya juga mengatakan terima kasih atas kunjungannya, karena anda angka 300.000 tergenapi.

Di tengah perjalanan blog ini, saya menetapkan sebuah misi setelah visi kutemukan. Walau saya sadar dan bertanya dalam hati, apa semua itu dapat kulakukan dengan segala keterbatasan? Tinggal di desa, bekerja sebagai petani, jangkauan internet yang jauh…

Mohon maaf, kalau kusebut dulunya saya hanya coba-coba, ikut-ikutan. Blog ini kubuat sebelum ada materi, bentuk, profil yang menuntun arahnya. Dua bulan kemudian lalau kutuangkan dalam 3 kalimat penuntun arah materi yaitu; perilaku, budaya dan lingkungan.

Sifat blog ini menjadi lokal, eksklusif dan terbatas. Ruang politik dialog agama perbedaan paham antar suku kujauhkan karena rentan menjadi area pertikaian. Biasanya blog yang memasuki area itu ratingnya langsung menanjak.

Saya juga berusaha menghindari konflik dari komentator. Walau ada beberepa yang “menyentil” saya pada sebuah komentar yang masih kubiarkan nongol, saya berusaha tidak menjawab, walau saya memiliki jawaban pembelaan diri. Biarlah dia jengkel sendiri. Emosi saya tidak terpancing karena mungkun memiliki darah tua. πŸ˜€

Semula, semasih komentar masih tidak seberapa, saya masih dapat merespon semua komentator, namun saat ini tidak mungkin lagi kulakukan. Untuk anda semua yang memberikan komentar, saya memaknai dengan membaca lebih dulu semua komentar anda. Untuk tidak ada rasa kecewa bagi anda yang memberikan komentar, mohon ikutilah himbawan blog ini untuk mencantumkan nama dengan lengkap. Bila batak, cantumka marganya. Bila nama blog, dalam blog dapat ditemukenali identitas anda.

* * *

Tiga  bulan lalu saya menerima email dari Indonesia Matter pembuat mesin ranking blog Indonesia. Mesin ini kunilai kompeten karena didukung oleh mesin page rank tersohor; google, yahoo, technoraty, alexa …..

Masuk di kelompok 500 besar dari 500.000 lebih blogger Indonesia cukup membanggakan. Saat ini di posisi 323. Padahal ini blog budaya yang pengunjungnya kebanyakan orang batak. Bahhh… ini kan karena anda yang mengunjungi blog ini, jadi ranking itu milik anda.

Apa saja tulisan yang diminati di Blog ini ?

Saya membaginya dalam 4 kelompok

Kelompok Pertama, adalah mereka yang cinta kampung halaman. Pada 7 postingan yang menonjolkan kota di tanah batak dengan versi penulisan yang beda, mereka melepaskan kerinduannya melalui tulisan antara lain;

No

Judul

Dilihat (kali)

1 Kenangan di Tarutung 4.855
2 Balairung Balige 4.411
3 Batu Marpingkir Di Laguboti 4.098
4 Masihol Tu Muara 3.868
5 Monumen Perang Di Porsea 3.247
6 Bakkara Kelahiran Sang Raja 2.859
7 Marlojong di Siborongborong 1.428

Kelompok kedua, adalah mereka yang mencintai keindahan alam danau toba. Dari 6 postingan tentang pemandangan alam danau toba mendapat kunjungan antara lain ;

No

Judul

Dilihat (kali)

1 Panorama Danau Toba 26.913
2 Memandang Toba Dari Dolok Tolong 3.213
3 Memandang dari Sipinsur 3.155
4 Melayang Diatas Danau Toba 2.615
5 Pusuk Buhit 2.265
6 Sunset dari Dolok Tolong 1.065

Kelompok ketiga, adalah artikel yang menyangkut kebudayaan batak. Dari 6 jenis postingan, mendapat kunjungan antara lain ;

No

Judul

Dilihat (kali)

1 Tortor Dan Ulos 6.763
2 Gondang Batak Warisan Yg Kurang Dihargai 6.639
3 Ulos Mesa 4.426
4 Ari Batak 4.182
5 Kebudayaan Batak Diantara Putik ….. 3.891
6 Ruma Gorga Batak 3.245

Kelompok keempat, adalah cerita pendek nuansa kehidupan Batak. Dari beberpapa cerpen yang ditulis 3 orang cerpenis contributor blog ini, 6 judul yang mendapat kunjungan tertinggi antara lain;

No

Judul

Dilihat (kali)

1 Kebaya Pengantin 1.863
2 Keputusan Merlin 599
3 Cucu Panggoaran 590
4 Saur Matua Permintaan Marojahan 469
5 Mulak ma Ho Amang 465
6 Parsorion Ni Ama Ni Benget 3 456

Syukur kepada Tuhan Yang maha Esa bila blog ini dapat menghibur, mencerahkan dan melepas rindu bagi kita semua. Bersabar hatilah mereka yang selalu mencemooh kebudayaan batak yang dianggap selama ini bernilai sesat. Saya sudah terlanjur masuk ke arena ini dan akan meneruskan menemukenali kebudayaan batak yang sebenarnya, semampu saya dengan dukungan anda dan tanpa dukungan anda.

* * *

Sejak angka 300.000 dan diawali postingan ini, saya sudah bisa duduk tenang di rumah. Awalnya dari rasa kasihan istri saya yang melihat saya kemalaman dari warnet saat melakukan posting. Saya dianjurkan membeli alat yang bisa mengatasi kegelisahan hatinya. Kabel DKU untuk HP saya pun diijinkan kubeli. Harganya cukup lumayan menurut ukuran petani parhuta-huta.

TensionWindow Live Writer yang sudah lama kuinstall di komputerku mulai dapat kufungsikan mengedit postingan secara offline. Walau tidak spontan mengurangi biaya internet, angin malam sudah dapat kuhindarkan. Sambungan GPRS yang kadang ngadat kuanggap saja sama dengan kasus yang sering terjadi di warnet πŸ˜€

Terima kasih kepada semua orang yang mendukung dan membuat semuanya ini menjadi mudah. Salam HORAS.

Bookmark and Share

Tautan :

Kesalahan Akibat Keterbatasan

Iklan

40 thoughts on “TANOBATAK 300.000 KLIK

  1. Bah… saya yang pertama Mungkin…?!
    Saya sangat merasa Bangga pada prestasi Blog ini, karena sayapun merasa ikut memilikinya, seperti saudara saudara kita yang Lain…. semoga dari Blog ini kita mendapat Tondong na Baru, pembelajaran yang baru, dan yang lebih penting berbuat sesuatu untuk Bonapasogit yang kita cintai… Horas… Salam sian Ahu Michael Siregar, mangaranto di Amerika… alai satongkin nai mulak nama ra tu huta ala adong lowongan pekerjaan na baru… sebagai Bagian dokumentasi dohot pengamanan tas/map seorang anggota DPR…. he..he..he….

  2. B.Parningotan berkata:

    Maju terus Lae Monang, saya rasa saya mendapatkan yang saya cari2 di wadah ini, segala kerinduan atas kampung leluhur saya termasuk segala suka dukanya. Bagaikan kodok pengembara menemukan kembali kubangannya, bagaikan ikan diparit menemukan air dalam. bagaikan burung terbang menemukan tempat bertengger. tempat kita berkicau bersuka ria tanpa teguran dari hasip dan penguasa.

  3. wiiih…
    hebat kali Amangboru ini bah!
    two thumbs up ya Amang.
    300.000 itu bukan angka yang biasa.
    Wong blogku mau mencapai angka 5000 aja kok kayaknya lamaaaaaaaaa banget πŸ˜‰
    Jangan patah semangat ya Amang walau koneksinya suka ‘datang’ dan ‘pergi’, Ku’tungguin terus update’an blog Amang ini.

    Oya, sekarang buatku lbh mudah, tiap Amang mengupdate blog ini, sudah ada notificationnya di blogku., lengkap dengan waktu update’annya.
    sow, gak perlu ‘ngintip2’ ke sini berkali-kali utk sekedar tau sudah ada postingan baru atau belum πŸ™‚

    Selamat juga buat ‘Amanta Najingar’: serpennya zadi favorite pengunzung blog ini. ayolah kita apakan, biar makin apa dia*kaburrr*

    ^_^

  4. Pontas Eddy Simanjuntak berkata:

    Mohon maaf Amang Boru, akhir2 ini saya agak jarang mengirim komentar di Web ini, karena saya tidak ingin terlalu dalam mengalami kesedihan apabila nanti Amamngboru tidak ada waktu lagi untuk menyambangi Web ini dikarenakan adanya kesibukan baru sbg angg…. Dew… disamping betapa susahnya berlaku adil seperti iklan dari “Koran Jakarta” yg mengatakan “KEBENARAN ITU TIDAK BERPIHAK”.
    walaupun begitu Amangboru, aku rutin 3 X sehari saya mengunjungi WEB ini (persis kayak makan obat: PAGI waktu mulai mangombak, SIANG sebelum Istirahat dan SORE sebelum closing).
    Salam buat Keluarga dari Parserahan.

    Go terus PARTUNGKOAN TANO BATAK

  5. Maulina br sirait berkata:

    Syukurlah kalau akhirnya Tulang bisa access Internet dari rumah , senang dan bangga baca postingan ini…s’moga WEB ini maju terus, banyak hal yang saya dapat dari blog ini. Mauliate Tulang.

    *** Sebatas posting aja bere, lewat itu pulsanya jebol πŸ˜€ Alai nunga lumayan lojana. Molo buka email pe pintor dibobak do apalagi Yahoo i ai na godangan iklanna. Pake HP tarif “volume based” do jadi tergantung na “diallang” πŸ˜‰

  6. Congrat ! ate abang, saya yakin blog ini akan makin tinggi page rank-nya, banyak hal serius banyak juga candanya, banyak juga beritanya dan harapannya ke depan serta cita-citanya yang mewakili sebagian besar cinta akan TANOBATAK (Tano Batak sebagai Bona Pasogit dan tanobatak sebagai blog).

    4 Masihol Tu Muara 3.868

    ahu do 3.000 na i abang, jadi ikkon klik on mu ma blog-ku minimal 3.000 hali..ha..ha..ha..
    Sekali lagi “SELAMAT”

  7. Anson Simanjuntak berkata:

    Horas Amang. Maju terus pantang mundur dan sukses selalu.

    Tuhan memberkati.
    Anson Simanjuntak

  8. Rondang br Siallagan berkata:

    Wow..ada yang baru ini…Komputer baru…soalnya sudah bisa duduk tenang di rumah, berarti sudah bisa berinternet di rumah.. Dan sudah tidak kena angin malam lagi…”Selamat ya dan Semoga sukses serta bertambah banyak pengunjungnya.OK.

  9. Terus terang sebagai blog batak, angka 300 ribu itu adalah luar biasa. Ada blog yang untuk menaikkan rating, sengaja menulis yang kontroversial dan SARA. Tapi blog ini tidak tergoda kesana. (Saya pernah tergoda juga, posting suatu yang kontroversial, untung langsung saya delete setelah 2 hari tayang).

    Betul, sekarang terperangkap tidak bisa mundur lagi dari blogging. Kecuali berani mengecewakan sekian banyak pembaca setia, dan siap-siap disemprot sana-sini. Kasian nanti tak ada lagi kelanjutan “Biangta Najingar”.

    Selamat berinternet ria dari rumah. Tapi kan tidak perlu ke Yahoo supaya gak ada iklannya. Loading banner iklan itu kan lama. Ada banyak tempat lain selain yahoo.

    HORAS

    *** Mauliate lae

  10. goklas sinurat berkata:

    horas bapa tua….. na di ari senen nunga hujaha nian blog ni bapa tua on ali dang pola huoloi marjoget-joget jari2 on di leptop pon, ai adong do tujuakku anggiat boi au nian namambahen komentar pa 300 ribuhon……. hape meleset do angan2 ku, jala dang tahan be au nunga sai mangaljahi tangan on na piga arion, ai aha do nahurang sai inna rohakku hp naikkon bahenon do komentar di blog na pamalum sihol tu huta on hape????
    sai sukses ma di bapa tua ate…….
    dohot sude pembaca alana molo pogos do akka namanjaha blog on annon, ba dang adong be bahenonna mambayar tagihan tu Telkom manang Warnet.

    mauliate……

  11. Ito, dang dia boi tardok ahu taringot tu blog on, alana “newbie” dope iba …
    Songon tanda las ni rohangku, dison adong husurat-surat saotik. Alai maaf da ito, alana hurang malo dope au merangkai hata-hata puisi, sotung diparengkeli ito dohot ito Suhunan annon dahh.. ? Tong do nian napajago-jagohon iba mambahen on, alana tangkas do binoto angka pakar puisi torop do di blog on, termasukma ito Bonar Siahaan….. he..he..he..

    PARTUNGKOAN TANO BATAK

    P arasmu …… laksana wajah mentari pagi hari
    A romamu …… laksana melati menebarkan wewangian
    R onamu …… laksana warna pelangi langit senja
    T atapanmu …… laksana bayi haus menanti bundanya
    U ntaian katamu …. laksana rantai mengikat kapal dermaga
    N adamu ….. laksana semilir angin menghempas dedaunan
    G eloramu ….. laksana guruh menggelegar di angkasa
    K eindahanmu ……laksana teratai di tengah kolam
    O rasimu …… laksana cicit anak ayam mencari induknya
    A lur ceritamu …… laksana gelombang menghempas tepian
    N yanyianmu …… laksana Boru Tumbaga meratap penuh harap

    T anpamu …. laksana cinta tiada berbalas, penuh nestapa
    A ndaikan kau tiada …. laksana putri kehilangan mahkota
    N alurimu lembut …. laksana bantal di bawah kepala
    O h Bangso Batak…. laksana taburan pasir pantai Danau Toba

    B atak itu kereeennnn sobat ……!
    A pakah kau dan dia malu jadi orang Batak …. ?
    T api ingatlah sobat ….!
    A ku tetap bangga jadi orang Batak…… !
    K au, aku dan dia ….. Mari …, kita lestarikan budaya Batak….!

    HORAS….!

  12. tanobatak berkata:

    @ michaelsiregar

    “Saya sangat merasa Bangga pada prestasi Blog ini, karena sayapun merasa ikut memilikinya,… ”

    Memang lae, blog ini kusebut Partungkoan tempat mangkal kita semuan. Jadi milik kita bersama. Saya sendiri pun jadi sungkan untuk ceritra pribadi disini karena judulnya itu. kapan lae pulang, ada DPR yang kecarian asisten πŸ˜€

    @ B.Parningotan,

    Puisinya bagus sekali lae, saya tersanjung. Hebat juga lae buat puisi. πŸ˜‰

    @ Lidya Hutagaol,

    Mauliate ma ito nauli lagu, nauli basa, naburju. Nunga disaingi lae B. Parningotan ho ito mambahen puisi. Baen jolo puisi asa taposting di partungkoan on.
    Unang sai ganggu jolo amanta Najingar i molo sedang manulis serpen, nunga godang paimahon πŸ˜€

    @ Pontas Eddy Simanjuntak,

    “…saya tidak ingin terlalu dalam mengalami kesedihan apabila nanti Amamngboru tidak ada waktu lagi untuk menyambangi Web ini dikarenakan adanya kesibukan baru sbg angg…. ”

    Pos ma roha ni tulang, malah mungkin semakin kencang ngeblognya πŸ˜€

    @ Maulina br sirait

    Aku sering curiga bere karena di IM3 ku 085658175831 yang kupakai internet sering kemasukan pulsa. Entah siapa yang kirim, karena tidak disebut. Saya kadang penasaran. Mungkin bere salah satu yang tau nomor itu, jadi aku ada sedikit curiga jgn2 yang kirim aku pulsa itu bere salah satunya. πŸ˜‰

    @ estonhasiant

    Bah, poang. Holan lao pe au mandulo tu Muara nunga ingkon gantionmu ongkoshu. Alana hubereng do manggamuna i disidope. Dang hea be ninna langkan mamereng bona ni mangga dohot batu namarpeahan di dolok i πŸ˜€

    @ Anson Simanjuntak,

    Mauliate tulang. Berkat pasu2 sian tulang niscaya saya tetap eksis.

    @ Rondang br Siallagan,

    Komputer lama ito yang ada dirumah, koneksi internetnya baru kulakukan. Bukan berarti selama ini tidak bisa koneksi, tapi peralatan koneksinya baru ada setelah saya mendapatkan layanan GPRS yang lebih murah Rp 1/kb. Dibanding bayar bulanan, yang saya pake jauh lebih mahal dan sangat lambat.
    Kapan kita ke Simanindo makan dendeng kanguru, biar kita undang G. Meha bawa dendeng Bison πŸ˜€

    @ watchson,

    Horas lae. Lukisanmu mantap.

    @ togarsilaban,

    “Betul, sekarang terperangkap tidak bisa mundur lagi dari blogging. Kecuali berani mengecewakan sekian banyak pembaca setia, dan siap-siap disemprot sana-sini. Kasian nanti tak ada lagi kelanjutan β€œBiangta Najingar”.

    Berani mundur berarti berani kesepian. Spritualitas saya terbimbing dengan ngeblog ini. Ketemu dengan para Batak Keren membuat saya bangga dalam kehidupan saya. Uang memang berharga, tapi pertemanan ini lebih mahal dari apa yang dapat dibeli dengan uang. Selama masih sehat lae saya tidak akan mundur, kecuali kehabisan materi πŸ˜€

    @ goklas sinurat,

    Andigan doho poang mulak. marjanji hita pajumpang di Porsea asa mangallang gantal hita. Lao hita tu kapal ari Rebo mangallang naniura huhut minum tuak takkasan. Ipe asa sombu siholmu.
    Taon baru on mulak ma jolo ho poang asa minum tuakhita dohot ito Desy Hutabarat di Balige πŸ˜€

    @ desy pardd,

    Puisi “Najingar” ito, talu ito Lidya dibahen ito, ai dang dilehon puisina tu au. Godang do hape na berbakat mambaen puisi bah, Baginda Napitupulu (leleng dang tarida pareman i) B. Parningotan Napitupulu. Talu au bah. Mauliate da ito

  13. @ tanobatak

    Amangboru, aku gak bisa bikin puisi.
    yang biasa kutulis itu… ngalir aja dari hati.
    gak bisa diniatin bikinnya πŸ˜‰

    bergurulah aku dulu sama kak desy pardede & ito B.parningotan Na70 ya πŸ™‚

  14. Toluratus ribu klik. Diharingkothon angka no ro i do hape Blog on.
    Tuani do adong Blog TanoBatak on Tulang jala original.
    Gabe boi hami angka naumposo on marsiajar tu habatahon dohot hinauli ni ugasan ni Bangso Batak i.

    Molo adong halak hita na anti tu budaya Batak i, rohana ma disi Tulang.
    Asal ma di boto ibana, Batak tetap Batak, ndang boi muba i.

  15. B.Parningotan berkata:

    Lae Monang, molo hupanotnoti sude angka panjaha di website muna on, marragam do tujuan nasida sisada sada, sian na mangalului dongan manang menambah pergaulan, naeng mamboto barita, mempelajari obyek parawisata, marsiajar budaya dohot melatih hata batak manang tujuan na asing. bahat do sian panjaha on na mambahen sungkung 2 na so taralusan, barangkali alana ndang tarboto alusna manang magodanghu sungkun2 di website on.
    Anggo saranku nuang do tingkina bahenon pembagian pekerjaan tu angka aktifis partungkoan asa rap aktif mangalusi angka sungkun2 i, terutama tu angka pengunjung na baru.

    ***
    Denggan saran ni lae i, ido dang pola sai hualusi sungkun2 i asa berpeluang do dongan mangalusi. Dang boi hualusi i sude jala dang wajib ingkon au mangalusi. Goarna ma lae partungkoan, jadi sude do namartungko dison boi mandok hatana, pandapot dohot alus ni sungkun2.

  16. 300.000 hits buat sebuah blog yang target audiensnya bersifat CAPTIVE, yaitu etnis Batak yang populasinya relatif kecil; dan di antara kelompok pembacanya mungkin hanya sedikit anak muda; adalah sebuah REKOR DUNIA. Aku bersedia mempertaruhkan pengalaman, reputasi, dan integritasku di dunia pers untuk memmpertahankan pernyataan ini.

    300.000 hits buat seorang blogger yang siang harinya mencangkul di sawah, dan kemudian malam harinya menembus perjalanan jauh ke warnet, adalah BUKTI KONSISTENSI yang luar biasa. Pada kurun waktu yang sama mungkin jutaan blogger di seluruh dunia; dengan fasilitas serba lengkap dan memanjakan; tak lagi meng-update blognya karena kehilangan minat dan lantaran dari awal memang tak memiliki MISSION dan PASSION seperti lae Monang Naipospos.

    300.000 hits buat blog dengan tampilan bersahaja tanpa sentuhan hi-tech dunia IT; dan artikel-artikelnya ditulis secara sederhana tanpa polesan jurnalisme sastrawi; adalah sebuah prestasi fenomenal. Mungkin kekuatan blog ini memang di situ; pada sikap rendah hati sang admin, disertai humor, dan tentu saja penguasaan seluk-beluk adat Batak yang kini makin langka ahlinya. Blog ini layak diberikan tagline : CONNECTING PEOPLE WITH HOLONG.

    300.000 hits buat partungkoan tanobatak.wordpress.com dan Monang Naipospos, adalah landmark atau penanda bahwa keduanya (blog & blogger) telah menjelma menjadi semacam LEMBAGA KEBUDAYAAN BATAK dalam ukuran mini. Artinya, ini bukan lagi sekadar blog, dan sang admin bukan sekadar blogger.

    Tapi, buat aku selaku blogger dan “sahabat virtual” lae Monang Naipospos; aku tak membutuhkan angka 300.000 itu untuk menjadi dasar mengapresiasi seluruh kecintaan, pengorbanan dan sumbangsih pemilik blog ini demi REVITALISASI BUDAYA BATAK.

    Dengan atau tanpa hits yang spektakuler, Monang Naipospos adalah BATAK KEREN yang sangat langka, dan karena itu perlu kita dukung secara nyata.

    Mauliate,
    Horas

    Raja Huta

  17. Sahat Nainggolan berkata:

    Bravo Blog tanobatak!
    Mauliate ma nunga adong blog on lae Naipospos,
    Semua artikel dan cerita di blog ini ‘maknyus’ juga menambah pengetahuan.
    Salut untuk lae dan tetap semangat untuk berbagi.
    Horas.

  18. Horas lae,

    Baru bisa mampir lagi di “lapo” yang menghibur dan mencerahkan ini.

    Selamat untuk lae yang telah membidani dan merawat blog partungkoan tano batak ini.

    Semoga lae diberi panjang umur dan kesehatan serta rezeki oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk terus merawat blog yang sangat penting ini.

  19. R.VISCA VERONICA SIDABALOK berkata:

    HORASS……
    KEREN bgt…apa yg ku tau ada disini sblm buka blog ini medan terutama samosirku,hnya untuk ritual pulang kampung kerumah opung,heee:-)tp skrng tujuan wisataku+t4 bulan madu kalee ya klu bsk ku married…ha..haa..haa..bye..HORAS MA DIHITA SUDE…..JESUS MEMBERKATI.

  20. Ginomgom Simanjuntak berkata:

    Selamat atas kesuksesan Tulan,………

    Saya yakin suatu saat akan banyak orang yang menjadikan Blog Tulang ini jadi Referensi baik itu untuk penulisan naskah, bahkan menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa dan pelajar dan juga sumber ilmu bagi para pencinta budaya batak bahkan bagi mereka-merekan yang membenci budaya batak.

    Mudah-mudahan Tulang sukses Terus dan Terus Sukses…

    Horas..

  21. Saudaraku Monang Naipospos, jika berkenaan mohon datang di Ruang Serba Guna HKBP Poltangan Pasar Minggu setiap hari Rabu pukul 12.00 s/d 16.00 (Agenda Tunggal Tentang Budaya Adat Batak). Diharapkan juga partisipasi anda sebagai Narasumber. Alamat Jl Poltangan No.1, Pasar Minggu Jakarta Selatan Tel. 7800201

    Salam PUASA M BANJARNAHOR
    0811878550

    *** Bah…. bagaimana ini… aku tinggal di Laguboti Tobasa…

  22. prikcen sitanggang kijang berkata:

    Walau tinggaldi huta-huta, tapi tidak ketinggalan kereta.
    Maju terus,
    Horas.

  23. Monika Catarina Sihotang berkata:

    Horas ma sude di hita,
    molo boi…..adong ma nian na mambaen cerpen hata batak….asa huhut marsiajar…..marhata batak…ala..adong kecenderungan saonari on…hata batak dang diantusi angka anak remaja….

    Salluutee…..tu hamu namambahen situs on….

  24. dior sihombing berkata:

    Horas TANO BATAK,, horas amang M.Naipospos… bangga kalipun aku dgn blog tano batak kita ini.. sukses TANO BATAK,, sukses buat amang M.Naipospos…

  25. horas..! mang da lama kira-kira 1 taon aku tau blog lae kita ini , tapi baru skarang ksh komentar,aku tertarik dengan artikel selamatkan danau toba, sebab kalo tidak ada yg peduli, wah,,,bisa ancur tuh tano batak.

    aku anak ranto di tano sileban, cuma bisa usul lae, gimana kalo kita buat kan “DOMPET PEDULI DANAU TOBA” ?? tentu saja lewat voting “Blog Tano Batak” Setuju …???
    Horas Tano Batak , semoga blog Tano Batak selalu sukses dan di Responce banyak orang batak. GBU
    fr, Pst12, Pkyn Jy, Bks ,Jw ,Brt

  26. tanobatak berkata:

    W. MANURUNG :
    BAnyak memang yang sepaham dengan gagasan lae ini membuat DOMPET PEDULI, persoalan yang muncul adalah lembaga yang mengelolanya. Seogianya ada yang membentuk lembaga itu atas inisiatip kita bersama dan sebaiknya lembaga itu terbentuk di perantauan. Bagainama menurut lae…

  27. Horas Tano Batak , mauliate komentar muna taringot “Dompet Peduli Danau Toba” (DPDT), usul parjolo, baen lae majolo sada “questioner” manang “Vote” ise na setuju laho mambaean (DPDT), songon boa-boa mai tu sude luat, halak batak, di bona pasogit tarlobi tu pangaranto na adong di luat portibion.
    Taringot tu lembaga na laho sibentukon, boi mai menyusul, alana jolo adong majolo hata “setuju”, sian angka dongan, baru bahenon/bentukon ma pangurus/panitia sian/melalui blog muna on lae, angka ise namandok setuju.
    Songoni majolo usul saotik, na hurang lobi ba di tambai dongan ma jolo.

    Mauliate.
    fr, Pst12, Pkyn Jy, Bks ,Jw ,Br

  28. Delora L Toruan berkata:

    Sukses buat amang………….maju terus, hanya segelintir orang yang mempunyai telenta seperti amang dan perduli akan ” Habatakon ” tinggal di desa tapi tidak gagap tehnologi. Semoga Blog ini tidak pernah padam Tuhan memberkati.

  29. Vave Marbun berkata:

    Biasa do akka komentator naso marbayar lomo- lomona mandok sodohononna, baenma appara nasa tolapmu asa denggan tano batak ta i…….Horas…..!

  30. Hilda larosa berkata:

    Horas si sudena,,, nang pe campuran iba ( bapak nias, oma batak/ boru tampubolon) tapi sangat bangga dengan adat batak,, apalagi kota balige,, tano hatubuan & tempat magodang.. gabe masihol iba naeng mulak tu tano hatubuan ki…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s