PERLUKAH OTORITA DANAU TOBA?

Monang Naipospos

Banyak yang prihatin dengan konsisi Danau Toba saat ini. Tidak banyak manfaat yang dilakukan para stakeholder dalam pelestarian danau toba dan kawasan pendukungnya hingga saat ini. Banyak lembaga kepedulian terbentuk, bahkan yang dibentuk oleh pemerintah sendiri. Tindakan hanya sebagai issu keprihatinan dan tidak dapat berbuat banyak.

Untuk menjaring pendapat publik, kami membuat jajak pendapat dengan thema “Quo Vadis Danau Toba. Apa menurut anda perlu dibentuk Lembaga Otorita untuk pelestarian Danau Toba?”

Dari 983 suara yang masuk ; 80 % sangat setuju, 13 % setuju, 2 % tidak setuju, 2 % kurang setuju, 2 % mengusulkan dalam bentuk lain, dan 2 % ragu-ragu.

Halaman ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mempertajam alasan tersebut agar menjadi pandangan pembuatan kebijakan dalam upaya menyehatkan Danau Toba.

Iklan

6 thoughts on “PERLUKAH OTORITA DANAU TOBA?

  1. goklas sinurat berkata:

    menurut saya sangat perlu…tapi saat ini sudah agak susah membuatnya karena sekarang Danau toba itu ud di pegang beberapa kabupaten..jd perlu kerja sama antar kabupaten untuk membangunnya..tp klu bisa yang menjalankannya harus melalui Propinsi biar bisa merangkul semua kabupaten yang ada disekitar danau toba???? dan cara mengembangkan danau toba ini menjadi daerah yang lebih menggigit menarik wisatawan perlu perhatian Khusus….kabupaten daeah harus mengembangkan objek wisata danau toba yang bertarap Internasiona..semua Pasilitas harus di perbaiki, sarana dan Prasarana harus di tingkatkan? klu masih seperti saat ini sarana dan Prasarananya 1000 tahun lagi jg nggak akan berkembang malah lebih parah dari keadaan sekarang.

  2. mangimpal sihombing CoS founder berkata:

    Horas, Lae Monang Naipospos.
    “Otorita Danau Toba” adalah ide bagus, saya mendukung. Ide itu mengingatkan saya tentang “Otorita Batam”. Tapi seperti yang disampaikan oleh Lae Goklas, Danau Toba berada di wilayah beberapa Kabupaten. Nah, sebaiknya para kepala daerah yang bersinggungan dengan itu duduk bersama membicarakan dan melakukan aksi bersama, yaitu; mendukung Otorita Danau Toba. Singkatnya, saya yakin ide itu bisa direalisasikan, sebab hal itu bukanlah sesuatu yang absurd. Maju terus panitia, salam CoS…:)

  3. Kabupaten-kabupaten yang memiliki DT tidak memiliki komitmen kepentingan yang sama, tidak memiliki dana yang sama untuk keperluan DT, tidak mendapatkan nilai ekonomis yg sama dari DT, tidak memiliki keperdulian yg sama thd DT, Jadi sebaiknya pengelolaannya memang melalui pembentukan BADAN OTORITA DANAU TOBA. Yang termasuk ide bagus adalah disewakan aja kepada pengelola profesional Internasional, misalnya kepada salah satu pengelola Lac Vegas, Monaco, Genting… supaya tidak membebani APBN. Tetapi apapun upaya untuk itu sepertinya akan memunculkan protes dan demo, sama seperti investasi2 yg ada di Tanah Batak lainnya.

  4. jasarno berkata:

    Kawasan Danau Toba, bukan saja Danau Vulkanik terbesar di Dunia, dan memiliki pesona alam yang tak ada tandingnya di Indonesia bahkan berperingkat atas di dunia. Sumber Energi Panasbumi terbesar (ex ‘mega kaldera’ gunungapi raksasa- Gunungapi Toba purba), selain tentu potensi besar PLTA dll. MAKA, Otorita Danau Toba adalah suatu terobosan untuk kemajuan dan pengembangan Kawasan Danau Toba, jika tidak, maka kawasan Danau Toba akan menjadi Kawasan Tertinggal di Indonesia, karena Medan tidak layak lagi mengendalikan kawasan Danau Toba, maka Propinsi Danau Toba sekaligus juga Otorita Danau Toba mutlak disuarakan dan diperjuangkan, segera dan secepatnya, karena Mr. Gatot yang menang pilkada sumut tidak mungkin dapat dipercaya bisa dan mampu mengurusi Kawasan Danau Toba. …—mana sempat—- emangnya dia pikirin—– eh emangnya dia mampu ???? ——
    ohh… tao toba nauli,,, tapi semakin tak terurus, semakin tertinggal,, karena 25 tahun terahir pemimpin di Medan tidak pernah merasa memiliki Danau Toba, itu jelas.
    MAKA : Otorita Danau Toba yess… Propinsi Danau Toba yess… Horas !!!!!

  5. Lambok Eliber Siregar berkata:

    Semoga dengan terbentuknya Badan Otorita Danau Toba dapat menjadikan danau toba yang lebih baik lagi kedepannya, dan masyarakat sekitar danau toba harus diajak ikut bekerja sama dan memberikan nuansa – paradikma baru untuk masyarakat di sekitar danau toba, semoga

  6. evanderssimbolon berkata:

    sekarang apa manfaat otorita bagi masyarakat samosir,,dan apakah masyarakat samosir sudah menerima kemajuan otorita seperti batam,adanya lokalisasi,adanya tempat perjudian,,dan masyarakat sudah menerima kah semua itu,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s