USUL TANAH BATAK JADI PROPINSI

Monang Naipospos

Geliat perjuangan membentuk Propinsi Tapanuli sudah lama bergulir. Trio Frienship 20 tahun lalu pernah mendendangkan lagu harapan terbentuknya Propinsi Tapanuli. Ada yang pro dan ada yang kontra.

Untuk menjaring aspirasi pembentukan Propinsi ini, kami membuat jajak pendapat di sisi halaman ini, “Apakah Propinsi Tapanuli mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat di Bona Pasogit?

Suara masuk 923 dengan perincian ; 65 % sangat mendukung, 16 % mendukung, 10 % tidak mendukung, 6 % ragu-ragu, dan 3 % biasa saja.

Halaman ini selanjutnya akan memberi kita kesempatan mempertajam apa peluang yang diperoleh dengan pendirian propinsi ini dan apa dasar melokanya.

Baca juga Tapanuli atau Batak?

15 thoughts on “USUL TANAH BATAK JADI PROPINSI

  1. Freddy pangaribuan berkata:

    what for? more important to do, build the road, more school,medic, public facilities.think think and work.what good does new province with same old rotten,lazy,corrupt,stupid admin.can not go far mate.
    I guess they think by putting new province and zip food ready for every one, every one got decent job,bla bla. look the chinese the didn’t bother what the flag is as long as the pocket full of dollar,while we are busy debating.thx

  2. maridup berkata:

    Biasanya olahragawan pro selalu mengangkat manager untuk mengurusi dirinya. Kalau Prov. Batak mampu jadi manager Bangsa Batak, why not?

  3. goklas sinurat berkata:

    menurut aku Propinsi itu penting tp jangan di Tapanuli dulu???????????
    karena aku berpikir Medan itu uda identik dengan Orang batak. lagian wilayah kita nanti jd berkurang apa bila kita mengkotak-kotakkan lg jd Propinsi Tapanuli…….. biarlah daerah lain membuat Propinsi baru tp klu kita orang tapanuli biarlah kita tetap beribukota di medan.
    dan tidak ada jaminan akan lebih maju klu kita bentuk Propinsi baru???
    ii hanya pendapat Pribadi aja….

  4. Nickson Manurung berkata:

    klo dari pendapat saya pribadi, sah2 saja pembentukan propinsi ini (tapanuli atau tapian nauli).
    tapi seperti kata lae pangaribuan harus didukung dengan komitmen yang baik.
    dan selama komitmen itu bisa dijalankan, saya kira akan terdapat kemajuan yang memuaskan seluruh aspek masyarakat. karena terkadang terutama buat masyarakat batak (argumen pribadi) persaingan itu selalu di butuhkan untuk sebuah kemajuan.
    (unang maila jala hatinggalan di ida halak ninna).

  5. Saya sendiri tidak mendukung….
    potensi apa yang dapat dibangga kan jika provinsi tapanuli jadi berdiri..???

    apalagi mulai menggeliatnya penolakan TPL..???
    ada ada daerah yang maju tanpa industri..??

    Jangan tertipu akan hausnya para penguasa….

  6. rantau sregar berkata:

    Penolakan terhadap gagasan Propinsi Tapanuli/Propinsi Batak?
    Terlepas dari persoalan politik dan penguasaan pemerintahan,
    1. Nama ini kedengarannya dan memberi kesan adanya muatan lokal kedaerahan yang cukup kental. sementara sumatera utara sepertinya berperan sebagai basis penting dan strategis dalam apa yang disebut dengan nasionalisme. Pluralitas suku, kebangsaan, budaya dan agama sepertinya tidak mampu terakomodir dalam nama besar “Tapanuli” atau “Batak”.
    2. Penggunaan nama-nama lokal, suku sebagai nama satu kesatuan teritori pemerintahan daerah memang lazim di sepanjang Sabang – Merauke. ada yang digunakan sebagai nama propinsi maupun kabupaten.
    3. Pendekatan yang agak netral ialah dengan menggunakan nama Pulau dan arah mata angin. hal ini hampir merata di setiap pulau. Sulawesi: Utara, Barat, Selatan, Tengah dan Tenggara. Kalimantan, Jawa dan Sumatera: Barat, Utara, Selatan. di dalam peristilahan ini tentu saja unsur2 kesukuan sedang ditransformasikan ke dalam suatu lingkup nasionalis provonsial.
    4. Sebagai alternatif ialah nama Propinsi Sumatera Tengah?

  7. Jansen Sitorus (jkt) berkata:

    Mengenai ini pasti ada yang setuju dan tidak, itu sangat lazim. Setiap orang akan berpendapat sesuai dengan kemampuan nalarnya. Kalau melihat data (prosentasi) hasil pooling yang disodorkan diatas tetap lebih banyak yang setuju jikalau protap itu terbentuk nantinya. Jadi kita sudahi aja issue setuju atau tidak dan kita coba mengganti bagaimana cara yang elegan dan bisa kita lakukan pada saat ini. Kondisi saat ini Istana sepertinya mengisyaratkan tidak ada pemekaran untuk sementara waktu dan sepertinya Dewan juga hampir sependapat.
    Kalau menurut saya bisa kita tunggu waktu yang tepat lagi mungkin setelah berakhir era Pemerintahan sekarang. Yang harus dilakukan sekarang adalah agar para Bupati kreatif bagaimana caranya agar peningkatan ekonomi didaerah itu terasa. Jangan kebanyakan di kampunglah ngurus yang kecil-kecil, serahkan aja itu sama wakil dan Sekdanya, pasti beres. “Bergaullah “ke Medan atau ke Jakarta cari teman atau investor yang bisa meningkatkan ekonomi daerahnya. Minta aja Sekdanya menyiapkan biaya Perjalanan Dinas dan Jamuan yang lebih besar. Jangan terlalu perhitungan soal ini…… nanti akan kembali untuk semua…….
    salam…………..

  8. Oke aja Provinsi Tapanuli ato Batak. Pada masa globalisasi dan universal yang agak bablas ini, mudah2an rencana ini bila sukses bisa menjadi salah satu pioner upaya melestarikan dan mengembangkan budaya dan peradaban suku bangsa yang mampu menjaga ketahanan bangsa dan negara NKRI. Sekalian belajar, agar tidak curiga dulu atas upaya yang benar. Provinsi Tapanuli/Batak, moga mampu dan selalu melestarikan dan mengembangkan budaya dan peradaban batak/tapanuli sebagai salah satu pengejewantahan tugas dari TUHAN Yang Maha Pengasih kepada Manusia untuk mengelola bumi dan segala isinya, termasuk memperkaya dan menjaga ketahanan NKRI. Amin.

  9. Henry Marpa berkata:

    Saya mendukung ide DASAR pembentukan propinsi baru ini, tetapi rincian ide atau gagasannya tidak pernah jelas, kecuali hanya semangat memisahkan diri oleh kelompok tertentu yang tidak memperhatikan adanya ikatan batin dalam sejarah-sejarah yang telah terjadi. Jad, jangan hanya polling saja tanpa ada RINCIAN YANG JELAS tentang visi, misi, latarbelakang sejarah, faktor pemersatu dan faktor penentu sukses (critical success factors). Contoh: Kalau Protap ibukotanya Siborong-borong dasarnya apa dan apa ikatan emosi batinnya bagi mayoritas yang terikat emosi dengan kata Tapanuli? Saya bukan benci dengan siborong-borong, tsiborong-borong itu kota yang indah dan sejuk, etapi kenapa tidak pilih Barus (sebagai kota tua kerajaan Batak (kerajaan Hatorusan) yang terkenal) atau Sibolga sebagai daerah yang pertama sekali disebut Tapanuli. Dan supaya gagasan ini membuat semua ragam orang yang mencintai kata Tapanuli ikut terikat secara emosi.
    Tim penggagasnya hendaknya represntative lah dari seluruh jenis orang-orang dan tokoh-tokoh Tapanuli tanpa memandang agama dan budaya. Almarhum Raja Inal Siregar telah pernah di tahun 80 an mengadakan seminar Batak di Bandung yang melibatkan tokoh-tokoh Tapanuli bai dari Tapsel, Taput, Tapteng, dll. Memang Tapteng lah yang pantas untuk menyerap aspirasi “kutub” utara dan “kutub” selatan yang kuat ini. HORAS

  10. jasarno berkata:

    Hasil Pilkada Sumut sangat mengecewakan, si Mr. Gatot yang 10 tahun yang lalu terdampar di Medan menang telak menghajar Tokoh-Tokoh Batak, memalukan !! Saya prihatin, karena Tanah Batak khususnya kawasan Danau Toba akan semakin jauh tertinggal dan menjadi Daerah Tertinggal di Indonesia. Maka, saatnya untuk segera menyukseskan pemekaran SUMUT, dan Propinsi Batak atau Propinsi Danau Toba adalah harga mati yang harus disuarakan. ini adalah suara demokrasi, tidak boleh dibendung atau dihalangi oleh si Mr. BeYe sekalipun. Bila perlu Batak memisahkan diri dari NKRI, karena NKRI (hegemoni Jawa) tidak bisa mensejahterakan Tanah Batak yang terlantar dan terlupakan. Horas..!!!

  11. sudianto berkata:

    horas, kiranya provinsi tapanuli itu dikabulkan Tuhan. buat para tokoh orang batak seluruhnya kiranya memperhatikan tanah warisan op.si raja batak jangan hanya di daerah orang lain bisa jaya, bagai mana dengan daerah asal anda semua.

  12. Kalau menurut saya nama Propinsi Tapanuli ini di ganti menjadi Propinsi Tanah Batak, kita harus belajar dari Propinsi Papua sekarang, dahulu mereka disebut Propinsi Irian Jaya, kabar²nya nama tersebut pemberian dari Pemerintah Indonesia yang tidak melihat aspirasi masyarakatnya papua dan apa yang terjadi perkembangan diwilayah itu tidak ada, tetapi saat ini setelah berganti dengan sebutan PROPINSI PAPUA kemajuan pesat terlihat, banyak dari PUTRA DAN PUTRI PAPUA yang kembali dari pengerantauan dan membangun kampung dan sukunya, oleh karena itu kepada PANITIA PEMBENTUKAN PROTAP kalau dimungkinkan BERGANTI NAMA PROPINSI TAPANULI menjadi PROPINSI TANAH BATAK dipastika seluruh OPMPUNG, BAPAKTUA, MAMAK TUA, BAPAK UDA, INANG UDA, AMANGBORU, NAMBORU, LAE, ITO, ANAK, BORU, BERE, IBEBERE, PAHOMPU, NINI, NONO orang batak dan keturunannya di DUNIA INI pasti tergerak hatinya untuk DATANG MEMBANGUN PROPINSI TANAH BATAK INI dan mereka tidak akan pernah malu lagi kalau di bilang ORANG BATAK, karena sudah jelas bahwa suku BATAK ITU LETAKNYA DI PROPINSI TANAH BATAK, BUKAN DI AIR BERSIH (TAPIAN NAULI / TAPANULI) yang perusahaannya di pegang oleh AQUA sebagai pemegang Lisensi Air Minum bersih di Indonesia yang memiliki ISO. (Senyumdonk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s