BATUK SINABUNG, TOBA DAN BLACK HOLE

Jones Gultom

sinabungSangat rasional jika “batuknya” Sinabung dikaitkan sebagai indikasi akan ketakseimbangan sturuktur bukit barisan yang mengakar sampai ke pesisir Sumatera. Dan amat logis pula, jika kemudian kekhawatiran terbesar adalah dampaknya terhadap konsistensi penopang Danau Toba seperti dilansir beberapa media, mengutip pridiksi ilmuwan. Apalagi wacana menyebut, Samosir kini retak, rawan terbelah dua. Getaran Sinabung tentu membentuk pola baru dalam lapisan tanah, di persekitaran Danau Toba.

Mari kita membayangkan teori Black Hole, Stephen hawking. Lalu mari kita membayangkan peta Danau Toba dengan Samosirnya (tapi pakai peta terbaru) Mari turun melihat pesisir-pesisir danau yang tebingnya rawan runtuh. Mari kita naik agak ke atas tebing itu, dan lihatlah tak ada lagi penopang air di sana . Bukankah Sabulan dan Bulu Silape sudah buka calak? Katakan padaku daerah penopang mana di Danau Toba yang masih utuh?

Jika kemudian Danau Toba menjadi imbas, bisa dibayangkan Samosir akan lebur, tersedot danau, yang lalu membentuk pusaran air. Tentu kemudian ini menyeret juga pebukitan di sekitarnya yang memang rapuh, lapuk dengan tanah yang busuk, seperti mental pemkab-pemkabnya.

Bisa jadi daratan tinggi Batak, yang selama ini menjadi benteng akan runtuh, sehingga menyedot daerah-daerah lain di sekitarnya, termasuk Padang, Kerinci (Jambi) yang kontur alam dan tekstur tanah mirip dengan geologis Danau Toba, karena memang masih satu gugusan.

Sinabung memang bukan tipe A, seperti merapi. Ini karena pemerintah tak paham soal gunung. Dimana-mana gunung yang pucuknya lancip itu berbahaya, bukan soal kandungan magma, tapi potensi penyumbatan. Lagian apa ada gunung yang tak bermagma, selain “Gunung Tirtandi” itu.

Gunung itu terbentuk karena memang ada dorongan dari dalam tanah. Dorongan yang berasal dari pijar panas. Dan itu bernama magma. Inilah kalau petugas kita tak pernah naik gunung. Tak pernah sholat di puncak menjelang sunrise.

Dan pejabat kita cuma pandai buat villa di puncak, supaya ada tempat ia menyimpan gendiknya. Pola pemerintah kita memang beda. Potensi dampak buruk dikurang-kurangi, untuk selalu mempertahankan pencitraan. Tengoklah Jepang, masih sebulan mau gempa sudah ada aba-aba dari pemerintahnya. Kasus lain, misalnya TKI. Yang divonis mati 170 orang, pemerintah bilang cuma 3.

Buktinya waktu 200 ribuan orang mati ketika tsunami, apa ada dibuat hari berkabung nasional khusus, malah orang luar yang buat tugu peringatan di sana …

Pun kasus Sinabung, suka nyembur dulu laharnya ke istana supaya tahu mereka sakitnya.

Gunung Tambora aja yang puncaknya kayak lapangan golf ngeri kalau meletus.

Sial…. Sial…. Sial……..

Pernah suatu waktu ketika hiking di Sinabung, akuterkejut karena ada seorang sibaso yang bilang bahwa di Lau Kawar ada sebuah istana. Di dalamnya ada gambar SBY dan (waktu itu masih) JK. Tapi tanpa burung Garuda!

Enak aja dia bilang enggak berbahaya. Ini bukan soal “melembutkan” hati rakyat atau meredakan kepanikan, atau asas kepatutan yang gombal itu, ini soal intropeksi………. Seperti kata Darwin ; Manusia karena kutukan moral dan intelektualnya harus menuhankan Tuhan. Dan Tuhan itu ada di pucuk pohon, batubatu, tebing-tebing, jurang-jurang, semak-semak, cacing, semut, bukan di kelamin….

Lalu sibaso itu bilang pada sepasang anak muda yang ngecamp itu.”Hey kamu kenapa suka telanjang-telanjang dalam tenda, kalian kan belum kawin.”

Alamak sakit kali kurasa. Oih datanglah Nini Sitepu bawa sekalian nagamu. Remuk kali perasaan ini ketika tak bisa aku melakukan apa-apa

Ketika melamunkan ini, tiba-tiba seekor cicak nyemplung ke gelas kopi saya. Tapi saya tetap menghabiskan sisanya. Saya menolak takdir, sebagaimana saya akan terus menolak TPL!

 

Tautan :

Karya tulis Jones lainnya :

PUISI PASKAH

EUFORIA NATAL DI SEBUAH KAMPUNG

MENGAPA (HARUS) KARO BUKAN BATAK

SAJAK TIURMA

DEAK PARUJAR

TAK ADA TEMPAT BAGI YANG BIASA-BIASA

Iklan

6 thoughts on “BATUK SINABUNG, TOBA DAN BLACK HOLE

  1. ND HUTABARAT berkata:

    HALO JONES PEMBACA GENERASIPENERUS BATAK DLL

    1.Tampak Uraian Jones ITSS Juga (Ilmiah Teknologi Sekular Sakral.
    2. Di Peradaban Manusia sudah berkembang
    2.1 Ilmu Praduga dan Kepercayaan Hapal
    2.2.Ilmu ITS Ilmiah Teknologi Sekular (Atheistis)
    2.3.Ilmu ITSS Ilmiah Teknologi Sekular Sakral
    2.4.Batak Kini : ITSS, memang dimulai Praduga dulu.
    2.4.1.Sejak Abad 19 melegitimasi Info IL Nommensen / Tuanku Rao
    2.4.2.Yaitu ITSS Moderen Kini (ITSSS Tuntas Percaya)
    2.4.3.Re/Pahami : Kehdupan Universum Mayapada adalah Ekliptik Organistik.

    3.Karena ITSS Moderen menjaleaskan Metode ITSS :
    3.1.Yang Materil dan Nonmateri
    3.2.Yang Nonmateril ialah Produk Bersibaso Bersyamas Berprediksi

    4. Jones juga telah melabrak orang yg tak tbb tepat baik benar Pejabat
    4.1.Adalah reprsentasi juga tugas Pencipta Supranaturalkultural
    4.1.Pengadapendahulu mengadakan Yangkemudian.

    5.Namun Variator Pemahami
    5.1.Tidak Sendiri “Single Fighter”
    5.2.Tetapi Demokratis BBB Bersama Bekerjasama Bekerjabersama.
    5.3.Itulah mungkin TBB Tepat Baik Benar
    5.4.Maksimalkan dulu
    5.4.1.Barulah dambakan Ridho “Pasupasu” Urapan Tuhan Supranaturalkultural.

    6.Harap Reorientasi konsiderasi konfirmasi konvergensi jabaran
    5.1.Oleh GP Generasi Penerus.
    5.2.NDH Turut Penxcerah GP Generasi Penerus,

  2. B.Parningotan berkata:

    Wah, Lae Jones Gultom……Hebat kali lae, dison dope marsiajar ahu, molo tajom punsu ni dolok i boi do i gabe parmaraan

  3. jones gultom berkata:

    tulisan ini kemudian dibacakan pada acara “Ogung goes to Sinabung” untuk menghimpun dana amal untuk para pengungsi pada, 4 September 2010 dan sudah diberikan pada pengungsi 11 September 2010, melalui moderamen GBKP berikut lukisan berjudul “Naga Padoha Ni Aji” sementara masih ada beberapa lukisan yang menanti pembeli di Rumah Buku, P. Bulan, sebagian hasilnya juga akan disumbangkan lagi. Terimakasih untuk teman-teman seniman, budayawan, wartawan, pecinta lingkungan serta semua pihak yang peduli semesta….

    salam
    jones gultom

  4. fery berkata:

    Klu emang benar ad foto sby di lau kawar,bnarlah semua ap kata2 org pintar hanya untuk kepentingan pribadi negara dikorbank!an menelan korban n banyak sekali rakyat yang tak berdosa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s