lao mamuro

Zulkarnain Siregar

Pun kau manghalau burung dari dangau

 

ingat kau anggi dengan sepetak sawah
warisan ompung padaku di losung aek
dekat pertigaan jalan setapak menuju dolok
yang dirimbuni pohon hapea, haminjon di susur
pahae  tempat rumah-rumah kampung
berkayu hitam dan coklat ketua-tuaan ?

 

ingat kau anggi letak sawah itu
tepat di tepi jalan berhadapan dengan
langgar kecil berdinding papan
tempat kau sering menyuci muka dari lelah
menanam eme di pematang yang bertingkat-tingkat itu?

 

ingat kau anggi bila tiba saatnya aku
sering terbangun tengah malam turun ke pematang
meronda air dari pancur ,  tetap mengairi sawah
agar pagi tak mengering hingga benih-benih melayu?

 

ada yang tak luput dalam ingatanku, tatkala
bulir-bulir  eme mulai berisi , bernas hijau menguning
diterpa cahaya pagi  yang terbit dari balik bukit itu
membuat segenap keluarga bahagia,
karena musim mamuro tiba
kisahkan canda mewarna suara ,
rentak dangau rupa siulan merdu mengayun
raga orang-orangan di banjaran pematang
halau burung-burung  yang mencium harum padi
datang dari segenap penjuru arah mata angin

 

lalu aku raun mengayun talun-talun
menanti hingar suaramu yang mengalun
menghalau segenap burung yang berarak
meradang setiap pancang tegak terus bergoyang
lalu pergi menghilang ke gunung-gunung seberang

 

Ingat kau anggi, ketika pancang itu kau tarik
Lagu kaleng-kaleng kosong mengalun riuh rendah
Serempakan  suaramu yang serak basah dari atas
Balai dangau bertiang bambu , beratap daun pelepah
Harambir  yang  tumbuh di pinggir-pinggir
Saba jae losung aek?

 

O …ale anggi rap ma hita lao mamuro
 
 
 
saba jae : losung aek, simangumban
sebuah memoar
Iklan

5 thoughts on “lao mamuro

  1. TERINGAT
    BONAPASOGIT

    Memang, saya juga alami, kita masih hidup akrab dengan alam di desa Bukit Barisan Serta Lembah-Lembhnya yang mendatar di Tapanuli Selatan meluas dan yang berbukitbarisan seperti di Tapabuli Utara, tetapi pda era Kolonialisme oleh LN Abad 16 – 20, pda ahir Abad 19 dan awal 20, telah tergencet Batak Merdeka hanya Tapanuli, tetpi asal merdeka menderita Tanah Bonapasogit harus tetap ada itupun dinyatakan Insya Allah Puji Tuhan cukup subur dan memang demikian, telah diolah dengan semangat juang hidup Ajaran Bataraguru dan Deak Parujar dari Ompung Awal di Timteng sangat nyata jabarannya di cq Sumut yang telah meligitimasi Ajaran Mulajadinabolon seperti Awal Bangsa Tuhan Satu 4004 sM Adam-Hawa, Model dan Metode Baru ITSS Ilmiah Teknologi Sekular Sakral melegitimasi Jabaran Masyarakat Budaya JKI Jahudi Keristen Islam dan HBK Hindu Buddha Kunghucu nama yang sama dipakai Eropa Timteng ratusan ribuan tahun tetap Tuhan itu abadi.

    Pada ramah alam pada awal kita berbagi di Abiota dalam Biota Tanaman Binatang Manusia membagi Alam serta antara satu dan lain praktekkan Hukum Natur dalam Kultural cg wirausaha Manusia dilindungi dari massa kecuali Illang juga binatang cq burung yang datang bebas ke ladang-ladang.

    Tuanku Rao Simabela dan IL Nommnsen/Raja Pontas Lumbantobing Abad 19 telah nyatakan dengan TBB tepat Baik Benar Legitimsi itu (Quran Bibel).

    GP Genersi Penerus Kini terus dalam semangat juang hidup TBB tepat Baik Benar akan bersinambung lestari sebagai semangat keluarga itu !

    NDH
    Turut Pencerah GP Generasi Penerus.

  2. Eme sitamba tua parlinggoman ni siborok
    Tusanggar ma apporik tu lubang masatua
    Turtu ninna anduhur tio ninna lote
    Buussssyeett…..! ada nggak’ sih … korelasinya ama puisi mamuro itu ?
    Ada dong….! Ada Eme maka mamuro, Apporik=burung ,hama dari atas
    Anduhur + lote = burung juga pemakan Eme, Satua=tikus hama dari bawah,
    Amang tahe..loja nai si Poltak/Ucok i , tiap ari mamuro haumai dung mulak
    ibana sian parsikkolaan, hape kalas 1 esde do pe ibana,nunga borat boban ni
    ngolu di tanggung ibana.
    Ido ibanna sai mangaratto akka halak hita I , ai mansai porsuk do ianggo
    parngoluon I di huta manang di Toba.
    Horas Tano Bataak , sai lam tu majuna ma halak Batak i

  3. John Pasaribu berkata:

    Jagoni Amang Siregar on merangkai sude kata2i ate..
    Gabe taringot au amang disude masa2 mamuro nabaruaon.. kadang2 ala didongani biar (ai dao hauma nami sian huta), nipaksa ma suaraon sampe marpuro..makana didok mamuro goarna ate..ikkon marpuro do (serak2 basah)..hahahhaahha

    keep posting..D)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s