Panorama Danau Toba

Monang Naipospos

Pemandangan indah dari perairan danau Toba menjelang fajar menyingsing dan tenggelam. Banyak titik pandang Danau Toba yang sangat menarik yang belum dinikmati karena pengelolaan priwisata dan lingkungan yang kurang baik.

aa-109.jpg pusuk-buhit_23.jpg balige_01.jpg balige_02.jpg alam-th_05.jpg balige_04.jpg balige_05.jpg balige_06.jpg balige_07.jpg danau-toba_06.jpg danau-toba_15.jpg danau-toba_18.jpg danau-toba_29.jpg danau-toba_33.jpg danau-toba_37.jpg danau-toba_38.jpg danau-toba_53.jpg danau-toba_55.jpg lumbin_01.jpg lumbin_04.jpg lumbin_07.jpg meat_11.jpg meat_15.jpg panamean-004a.jpg silos-024.jpg sunrise_03a.jpg sunrise_06.jpg Siarsam Siarsam Sigapiton ajubata-juni_23.jpg ajubata-juni_43.jpg ajubata-juni_50.jpg ajubata-juni_61.jpg hunteri_01.jpg hunteri_02.jpg


Bookmark and Share

bnr468x60b

 

Tautan :

Memandang dari Sipinsur
Melayang diatas Danau Toba
Masihol tu Muara
Memandang dari Dolok Tolong

Danau Toba Untuk Sampul Facebook

Dapatkan wallpapers danau toba disini

318 thoughts on “Panorama Danau Toba

  1. Terima kasih banyak kepada upaya world press menyajikan panorama Danau Toba yang indah sangat bagus ini, semoga item item sight view yang bapak sajikan kelak makin lebih banyak lagi, pada keseluruhan sudut pandang danau yang kita cintai ini. . . . hopely.
    Horas.

    Salam persahabatan dari Bumi Etam Bontang Kaltim.
    S.P.Sitompul

    Partungkoan ; Horas ma Amang Sitompul, songon i nang di sude angka halak hita na di Bontang

  2. walaupun saya besar dan tinggal di jakarta tapi saya akan selalu mengingat tanah kelahiran saya.oh tano batak nauli.


    Partungkoan : Sekali-sekali lihat tanah kelahiran itu ya ito!

  3. saya bangga jadi orang batak


    Partungkoan : Hebat ibotongku. Memang kita harus bangga jadi orang Batak.

  4. HORAS!!
    Mauliate Amang utk photo2-nya.
    Nice!


    ***** Mauliate bila bisa dinikmati, soalnya pakai kamera poket, didorong hobby he… he… he

  5. Sebenarnaya pulau samosir itu menyatu dengan pulau sumatera atau terputus?

    *** Sebenarnya menyatu, tapi pada jaman Belanda di Pangururan dibuat terusan sehingga Samosir menjadi pulau yang dikelilingi air Danau Toba

  6. aku bangga bgt lho jadi orang batak. walaupun kebanyakan para remaja batak yg tinggal di kota malu jadi orang batak. tapi aku sangat BANGGA menjadi orang batak . hidup orang BATAK. MAULIATE GODANG. ada saran nih gimana kalo kehidupan orang dipulau samosir dibuat kan kita jadi bisa tau .

  7. aq senang dan bangga jd orang Batak dirantau dan suku orang lain. kalu bisa lebih di kembangkan lagi profil tentang danau Toba n masyrakat samosirnya

    *** baca Novel SORDAM karya Suhunan Situmorang, mungkin bisa ditemukan ttg Danau Toba dan porfil masy Samosir

  8. HORAS…………….

    Saya sangat bangga dan prihatin dengan indahnya DANAU TOBA, tempat kelahiran saya. Masih banyak sudut pandang yang sangat menarik, tapi karena kondisi jalan dan prasarana yang belum dibenahi, potensi alam kita ini jadi sebuah macan tidur yang tidak pernah mengamuk dan memburu mangsanya.

    Kami sangat berharap, agar kita semua memberi ispirasi yang membangun untuk menjadikan DANAU TOBA DAN SAMOSIR sebagai tempat impian dan idaman bagi semua orang.

    MAULIATE GODANG

    Jamaluddin Naibaho

  9. waduh bagus nya pemandangan danau toba ini saya yang tinggal diluar bona pasogit rasanya rugi sekali bila tiap tahun cuti tdk berkunjung ke danau toba , usul pada warga batak toba yang berdomisili di perantauan kita sumbang 1000 rph tiap bulan per orang (di kumpul tiap arisan parmargaon yang ada di perantauan) kita sumbangkan melalui pemerintah daerah atau yayasan atau apalah untuk perbaikan danau toba agar tetap lestari dan indah trimakasih horas

  10. kepada warga sumut yang tinggal di perantauan bangkit kan semangat tujuan wisata, kita pastikan ke danau toba dan sekitar nya nggak usah ke tempat lain coba lihat foto danau toba ini jauh lebih bagus dari wisata tempat lain agar uang kita bisa tinggal di toba dan sekitar nya mauliate horas horas horas sian hami parbontang kaltim

  11. mauliate utk bisa lihat foto danau toba.
    saya bangga menjadi org batak.
    sukses utk blogs tanobatak

  12. cantik sungguh pemandangan di Danau Toba.. saya bercita-cita untuk ke sana satu hari nanti jika diizinkan Allah.. semuga tempat tersebut akan mencipta sejarah kepada saya dan orang tercinta.. InsyaAllah..

  13. Horas,

    Memang tutu do hata ni jahowa Debata, molo tabege suara na i ingkon mamora do hita jala dapot pasu pasu sian Tuhan ni. Na hubereng di godang halak Batak Saonari on apalagi na di tano batak pagodang hu hata, holan na marhata di lapo Tuak, dang dilului be karajona, dang dipature alamanna, aha ma na boe si gadison molo holanna sampah na adong. jala molo tu angka Turis i dang ramah, dengan kata lain hanya mau mengambil keuntungan, ba gabe holan sahali ma angka Turis i ro tu tano ta i.
    Jadi hu rasa porlu do hita berubah asa boe dapot pasu pasu i

    Horas bah

  14. mauliate atas foto2nya. saya mahasiswa dari perguruan advent bandung…!
    kangen pulang ke toba nih….!

  15. Bah gabe malungun iba mamereng tano hatubuan i ate ?
    alai boasa dang adong gambar tao toba sian huta ginjang manang sian paranginan.
    tong do mansai uli sian i.
    molo boi tolong ma antong di publis asa boi sombu sihol tu tano hatubuan i.

    O Muara muara nauli….
    masihol ahu naeng mulak tusi
    dst

  16. wuaaaaaaaaaaaah…..saya gak tau harus bilang apa tentang danau toba,,,,,,saya pernah pulang ke ajibata tapi itu sudah 7 tahun yg lalu,namu bary bulan oktober kemarin saya pergi lagi ke danau toba,tapi rasanya cuma dalam waktu 1 minggu saja tidak cukup,,,,,,,,,rasanya saya ingi pulang ke ajibata untuk melihat danau toba lagi…….. tapi kapan yach?????????? beh…..rasanya pengen tinggal disana dech,,,,,,,, buat danau tba pokoknya “BEST OF THE BEST”,, I LOVE LAKE TOBA aku pasti akn datang lagi,,,,,,, AMIN!!!!

    “HORAS”

  17. Mauliate ma Amang, foto-foto yang indah. Foto boru batak sedang bertenun di banner blog ini juga sangat menggugah keinginan untuk pulang ke Bonapasogit.

    Horas,

    TobaDreams

  18. Wait for me yah……..
    I will come to see you…..
    Miss you so much…..
    Muach…muach…muach…

    Gw seneng banget dgn website ini.
    Jd bisa mengobati rasa rindu akan tanak Batak.
    Keep going to the best.

  19. Photo yang sangat indah.
    Bolehkah photo ini saya copy untuk menghias website saya?
    Saya asli anak toba sangat bangga dengan indahnya panorama toba ini.

    mauliate.
    _
    *** Asal unang lupa lae sumberna😉 Adong do latteung disi lae ?

  20. Photonya sangat bagus! Melihat photo jadi rindu pulang kampung. Tapi belum tahu kapan waktunya.

    I MISS YOU LAKE TOBA…..SEE YOU NEXT TIME!!!

    Sydney,
    Rondang br Siallagan

  21. Mari saudara2 ku semua..seluruh generasi muda batak yang ada di perantauan…mari kita cintai tanah nenek moyang kita ini..mari kita bangun kampung kita kembali..mari kita bangkitkan lagi..MARTABE…marsipature huta na be..

    Buktikan kalo kita adalah generasi muda batak yang hebat..Horas..!!!!

  22. Horas ma dihita sude na manjahaon
    Begini saudaraku yg saya cintai dimanpun berada. kebetulan saya baru dari danau toba dan wawancara dengan masyarakat disana serta para nelayan. masayrakat disana sekarang mengeluh karena adanya sebuah jenis ganggang yg tidak tahu dengan cara apa membasminya. ganggang tersebut tumbh diperairan danau toba tersebut, selain merusak pemandangan juga menghambat pertumbuhan ikan sehingga ikan sudah sulit ditemukan dan juga para wisatawan agak malas datang kesana karena tidak seperti yg dulu lagi. selain itu katanya ganggang yg ada disana bisa / apabila masuk/terjatuh kedalmnya istilahnya sulit untuk keluar. jadi kami mohon sedikit perhatian para bapak2,ibu2,kawan2 mahasiswa/i untuk memberantas jenis tumbuhan tersebut wawancara ini kami lakukan tepatanya kami lakukan masih didaerah pangururan dan katanya tumbuhan ini sudah menyebar luas dan perkembangan/reproduksinya cepat.TOLONG KEPADA SAUDARA/I,KAWAN MAHASISWA/I YG BERASAL DARI TOBA MARI KITA DEMONSTRASIKAN UNTUK MEMBERANTAS JENIS TUMBUHAN PENGGANGGU INI. MARI BERI MASALAH DANAU TOBA ADALAH MASALAH SELURUH NKRI.SYALOM SAUDARA/1 TERKASIH ATAS PERHATIANNYA KAMI MENGUCAPAKN BANAYAK TERIMAKASIH.HORAS MADIHITA SUDE.
    DANAU TOBA KEDEPANNYA SEMAKIN BAGUS KITA HARAPKN
    AMEN.

  23. Jadi D.Toba yang dulu tidak seperti D.Toba yang sekarang…serem banget nggak puas lah kalau mandi2 lagi seperti dulu…Tapi saya nggak bisa bantu..untuk memberi solusinya…mungkin ada yamg lain bisa beri informasi…ya saudara2ku….

    Sayang banget!!

  24. Adong hujaha informasi “Batu Kursi On The Movie”.
    Promosion naeng promosi P.Samosir.Molo adong tanggapon muna tu promosion. Tolong ma bahen hamuna Amang, Inang saudar/i pendapat muna. Di Batak News ……www.bataknews.com….

    Mauliate.

  25. Tolong kita maklumi saudara-saudara kita yang tinggal di Bonapasogit,sebab mereka mungkin tidak memiliki pendidikan yang memadai.Namun mereka dengan segala kekurangannya dengan semangat yang tinggi selalu berusaha menyekolahkan anak-anaknya sampai diperguruan tinggi.

    Maka mereka sangat mengharapkan para perantau untuk memikirkan kelanjutan kehidupan bonapasogit sebab hasil/pencaharian masyarakat bonapasogit sudah banyak terkuras untuk membiayai anak-anaknya di perguruan tinggi.

    Kalau boleh aku sarankan,janganlah hanya tugu para leluhur yang dipikirkan sampai mengeluarkan biaya yang mungkin miliaran rupiah. Mari kita menyatukan tenaga/fikiran bagaimana agar bona pasogit ini bisa dikagumi oranglain.
    Sekecil apapun kemampuan kita kalau kita mau dengan rela dan ikhlas memperbaiki mana yang perlu diperbaiki, Tuhan akan selalu memberkati apa yang kita cita-citakan.

    Salam buat semuanya,dan bila ada kata-kata yang kurang berkenaan dihati saudara-saudaraku mohon dimaafkan.

  26. hahahahahahahaahahah
    ON MA HUTANG KU NA MAMBAEN MARSISIR IMBULU NI JOLMA NA MANGHILALAHON TAO TOBA NAULI I….
    TANO HATUTU BUAN KI..
    SAI HO MA NAMAMBAEN BANGSO BATAK MARSADA TU UDUTNA..
    HORAS..
    GBU

  27. Mauliate bah dongan, amang, tulang parhuakku do hamu……??? sahali on dope kaluar ilu dohot ijur mandedei….. sekaligus kaluar puang ….mangida photo na binahen mi…..

    *** Ai margam pe puang so binoto😉

  28. Saya adalah seorang yang bukan bersuku Batak, tetapi saya sangat tertaik dengan sejarah dan kebudayaan suku ini.
    saya sangat senang saat saya berada di Danau Toba yang mana disana boleh dijumpai orang-orang bersuku Batak. danau toba adalah temapt wisata yang paling saya sukai karena keindahannya yang luar biasa.
    saya senang kalau sekarang saya boleh melihat keindahan Danau Toba melalui site ini, walaupun tidak seindah kalau kita melihat aslinya.
    HORAS

  29. Untuk: Amang/Ito Bonar Siahaan.
    Terimakasih atas tanggapannya…Semoga apa yang Amang/Ito Bonar paparkan dibaca oleh saudara2 perantau lainnya.

    Horas dan Salam.

  30. Selamat Natal 2007 dan Tahun Baru 2008 kepada team tanobatak.wordpress dan pembaca website ini.

    Horas dan Salam.

    **** Mauliate ito

  31. Memang Tao Toba itu kebanggaan sude halak Batak di sandok portibi on. Nah, molo bangga sude hamu, sahali-sahali liburan ma tu si. Unang sai liburan tu Bali hamu, apalagi angka halak Batak na tubu di pangarantoan. Molo ro musim liburan, berlibur ma tu Tao Toba.

  32. ooh tahe ….
    Bahat do halak hita batak terutama na di tano parsinganon prihatin mamereng kehidupan ni halak hita di pasogit dohot kerusakan lingkungan.
    Mungkin pengen do berpartisi pasi mangalehon/menyisihkan saotik sian pandapotan na (penghasilan) alai sungkun2na :
    a. tu ise lehonon
    b. boi do di haporseai ibana
    c. molo di salengkong (korupsi), aha konsekuensina.
    Alana dang iklas hita mangalehon tu BABA NI BEGU.
    Tolong ma hita pikkiri, molo adong do solusina & boe meyakinkan banyak orang? cobalah di ekspos.
    Songin i ma ate, asa kerejo jo au, asa boi martimus dapur ni boru ni rajai.
    Mauliate

    **** Ba, ditandai ma na boi haposan ni roha😉

  33. Ito Johnner Pasaribu (8Oktober 2007)…punguan kami melakukan hal demikian tidak besar sich…setiap pertemuan..pengumpulan sumbangan sukarela..dan setiap akhir tahun siapa yang pulang mudik…sumbangan tersebut diberikan kepadanya untuk di serahkan ke P.Samosir (kebetulan dia ke P.Samosir)…apakah itu untuk kebutuhan sekolah atau apa saja. Punguan kami belum bisa seperti Bonapasogit Eropa..Yang sudah melakukan banyak. (lihat Bonapasogit Eu)

  34. Ada benarnya…dikatakan Ito Mel Pakpahan..itulah problem punguan kami disini…mau melakukan cara seperti Bonapasogit Eu belum bisa..karena punguannya tidak besar.Mau dikirim melalui Bank apakah yang bersangkutan bisa dipercayai atau tidak dll.Akhirnya dipilih yach hasil sumbangan setiap tahun dititipkan kepada anggota yang pulang kampung untuk diserahkan ke P.Samosir atau Balige…misalnya.

  35. SEANDAINYA…seluruh organisasi2/punguan2 Batak apakah diluar negeri atau di Indonesia (Indonesia kan banyak pulau…tu)….melakukan hal yang sama…Sumbangan Sukarela Untuk Tanah Batak…(untuk bayar arisan ada uangnya…masa tidak bisa untuk tanah kelahiran/Bonapasogit)….misal 1000 rupiah..di Indo (ada yang lebih dari situ bagus) dan negara luar $2 (ada yang lebih dari situ bagus). dikumpulkan setiap pertemuan..namanya sumbangan sukarela….Jadi setiap akhir tahun sumbangan itu diberikan melalui anggota yang akan pulang, kalau tidak ada yang pulang pada tahun tersebut tahun berikutnya. Sumbangan ini diberikan kepada pemerintah daerah atau yayasan bersangkutan … Saya yakin inilah jalan yang terbaik….Problemnya karena korupsi itu…pimpinan masyarakat saja korupsi …jadi kepercayaan masyarakat Batak di rantau (terutama luar negeri) itu berkurang/ hilang…Ada komentar saya di Batu Kursi On The Movie….tentang promosi/korupsi…Horas.!

  36. ada tambahan kalimat…”melakukan hal yang sama …saya yakin …Bonapasogit ada perubahan/ kemajuan di hari yang akan datang”

  37. sai…..maju ma torus oh tano batak……tano hatubuanku do di si…..apalagi danau toba dohot pulau samosir i……sai jenges2 do pemandanganni.ai tarkenal doi sahat tu luar,,,,,,
    lake toba we like to you,,,,,,ha ha ha ha ha ha h ah………………
    HORAS……………

  38. wacana sumbangan sukarela sudah gayung bersambut, seperti kekawatiran lae pakpahan dan masukan dari ito rondang br siallagan , untuk meyakinkan halak batak toba yang ada di perantauan luar /dalam negeri memang sebaik nya pimpinan daerah sumut dan tokoh masyarakat sumut harus pro aktif untuk menggalang dana dan disetiap daerah propinsi maupun luar negri pasti ada tokoh masyarakat batak di sekitar nya mungkin menurut saya para bapak bapak inilah yang dapat meyakinkan agar penggalangan dana sukarela bisa terwujud , apalagi kepala daerah gubernur / bupati mau meluangkan waktu mempersentasikan tujuan program penggalangan dana tsb menurut hemat saya pasti banyak yang setuju demi kemajuan masyarakat batak khusus nya , yang penting para pimpinan dan tokoh masyarakat siap mempertanggung jawabkan kan ke masyarakat terutama kepada Tuhan Yang Maha Kuasa mudah mudahan ada tokoh masyarakat yang rajin membuka blog posting ini dan ikut memberi masukan horas sukses tano batak

  39. Saya setuju pendapatmu Ito Johnner …”SEMOGA” para pimpinan2 pemerintah dan Raja Adat, tokoh2 masyarakat membaca blog ini….Mereka lah yang pantas untuk meyakinkankan kepada masyarakat luas. Coba…ingat kejadian Tsunami seluruh duniakan yang menyumbang untuk Aceh. Pada mereka inikan sumbangan spontanitas…Saya yakin kitapun bisa berbuat…untuk Tano Batak…bedanya kita ini “SUMBANGAN SUKARELA TAPI REGULAR SETIAP TAHUN” Kalau terlaksana sudah pasti ada badan yang khusus untuk menanganinya. Yach…pimpinan2 lah yang membicarakannya. Semoga terlaksana, maju dan sukses..Horas.

    *** Bila Partungkoan yang tangani, ada yang percaya nggak ?😀

  40. Tambahan..
    Saya yakin naposo punguan Batak seluruh Indonesia pun tidak keberatan mau ikut berpartisipasi menyumbangkan Rp 1000/2000 setiap pertemuan. Saya tidak tahu kondisi pungun Naposo Batak di luar negeri soalnya … di tempat kami tidak ada.
    Kalaupun ada bila mereka ikut berpatisipasi…bagus…
    “SEMOGA” _”CROSS THE FINGER”

  41. Kalau partongkuan yang tangani sendiri mungkin masyarakat tidak ada yang dengar tapi bila dibicarakan,berunding, bergabung dengan Pimpinan Pemerintah,Tokoh Masyarakat, Raja Adat….saya yakin mereka percaya. Hemat saya merekapun…tidak keberatan.soalnya Rp 1000/2000 ..Jadi dananya tersalur..untuk dipergunakan memperbaiki jalan.air…atau yang lain.
    Yang mengetahui duluan kan partongkuan…jelas dong ingin terlibat…ya kan….Sebagai pengawas ito siapa tahu ada yang korupsi….hahaha…
    Semoga tidak ada korupsi disini….soalnya ini untuk tanah batak…..Jangan ada yang mencoreng…

    *** Pengawas yang bebas korupsi ya😉

  42. Hahahahhaa…pengawas yang bebas korupsi..hahaha.

    Ito mengatakan demikian hanyalah untuk bercandasaya percaya ito tidak koruptor.
    SEMOGA TERLAKSANA!!!!! Horas.

  43. kalau bisa partukkoan sebagai promotor aja dan aktif membuat artikel dengan foto yang sebenar nya tentang keadaan di sekitar wilayah batak toba yang benar benar perlu bantuan agar tumbuh budaya saling membantu ,mudah 2an dengan tulisan ini halak batak yang berdomisili di perantauan tergerak hati nya untuk membantu saudara saudara kita di bona pasogit mauliate horas

    *** Ide yang bagus, bila ada yang percaya samaPartungkoan. Sebenarnya kita ini sudah menjadi komunitas batak yang cinta tanah batak. Siapapun yang melakukan mediasi untuk tujuan baik ini pasti semua mendukung. Yang penting seperti dikatakan ito Rondang Siallagan jangan ada yang korupsi😉

  44. Ito Monang sebagai promotor ataupun sebagai pengontrol…tidak masalah bagiku. Dan siapapun yang melakukannya…tidak ada problem. Yang terpenting bagiku “JANGAN ADA KORUPSI”. Horas..

    **** Bah …😀

  45. Saya dengar dari teman yang baru pulang dari Indo…(Sabtu kemaren punguan).. Saya tanya dia tentang D.Toba dan berkomentar memang D.Toba..berlumpur dan berlumut. Berenang saja pun jadi takut2 apalagi mereka punya anak masih kecil (berusia 3 tahun) Juga berkomentar… tentang makanan saksang… mereka beli…di Parapat dagingnya kira2 berapa biji..dan air kuahnya banyak..tapi harganya ratusan ribu…sekitar Rp 250.000 untuk 3 orang.
    Susah inikan sesama kita batak sendiri begini… Mereka bawa teman bule…
    Dan sewa hotel (tidak perlu diberitahukan… Nama Hotelnya). Hotel ini …hotel bernama… Mereka perlu bantal karena kurang… Biasanya kan setiap hotel menyediakan 2 bh bantal…ya…kan. Kemudian mereka minta.1 …tapi di charge harganya.. Rp 50.000 satu bantal.
    Bagaimana bila wisatawan asing yang beli, sewa hotel?..Walaupun mereka tidak komplain…mereka jadi jera datang…ya…kan..Yang begini ini…harus dirobah. Kita batak saja…komplain…

    Waduh… saya jadi ikut berpikir (soalnya kami termasuk pemilik obyek wisata). Turis tidak masuk kami juga terimbas…..maksudnya keluarga yang di kampung..Karena Inang kedua masih tinggal di kampung….serta Uda…

    *** Itulah faktanya ito…

  46. Saya memang pernah mengalami seperti hal ini thn 1999.Tapi karena keluarga …yach masih bisa terima/protes…pada mereka. Tapi kalau hal ini dilakukan terhadap orang lain/ pendatang…Waduh…sudah nggak benar.
    Ya …susahlah…..Bagaimana kita mengundang turis masuk..?.Sudah Danaunya tercemar, pohon2 ditebang, servis tidak memuaskan. Jalan2 rusak/lobang. Apalagi yang mau ditonjolkan . Pemerintah Daerah setempat (semua Pemda yang ada di Tapanuli) harus bisa tegas tentang hal ini…kepada masyarakat. Kalau perlu gubernur Sumutpun harus turun…memberi penyuluhan.
    Kalau tidak …..susah kita. Yang susah bukan satu orang….SEMUA TERIMBAS…
    Pantaslah kenapa D.Toba tidak termasuk Visit Indonesia 2008…(Ada pendapat saya tentang hal ini di Batu Kursi On The Movie dan Visit P.Samosir 2008)

    Tapi di Medan saya dengar sudah banyak perkembangan …banyak Mall….sudah berbeda. Tapian Daya sudah berubah jadi Medan Fair….Tempat Medan Fair dulu sudah ganti Mall Besar. Saya orang Medan juga sich…tapi mendengar ini, dan mengetahui kenyataan di kampung sepertinya “TIMPANG” hmmmm!

    *** Jelasnya lagi ito, dari danau toba melalui sungai asahan sejak 1978 didirikan “losung aek” (PLTA) Asahan yang dikelola PT Inalum. Sudah bermilliar-milliar dollar dihasilkan dari sana dan ditangguk ke Jepang, sebagian dececerkan ke Indonesia. Annual Fee yang diberikan ke Pemda dibelikan mobil dan honor operasional pemerintah dan Dewan. Danau Toba ditelantarkan.

  47. Sudah bermilliar dollar dihasilkan tapi hasilnya bukan ke daerah tersebut D.Toba sekitar…untuk kebutuhan2 masyarakat mis bangunan atau yang lainnya . Berarti limbahnya juga masuk ke D.Toba…Waduh nggak fer begini…Saya memang pernah baca di koran Sib…tentang hal PLTA ini.(2 tahun yang lalu atau tahun lalu …lupa saya)..Bahwa masyarakat banyak yang protes menuntut supaya PLTA di tutup..Tapi setelah itu saya tidak tahu lagi beritanya.. Apakah bukan jadi ditutup?. Kalau tidak ada untungnya ke kampung (D.Toba sekitar)…untuk apa itu….merugikan masyarakat setempat….Sudah uangnya tidak masuk ke masyarakat …D.Toba tercemar.lagi….Dan selama itu juga D.Toba tidak diperhatikan …Waduh…parah lah ini… Pencemaran ini harus segera di atasi itu …kalau tidak…Susah kita…Pak Gubernur seharusnya tegas ini …kalau tidak ada keuntungan kemasyarakat. banyak ..lebih.baik tutup…walaupun pegawainya
    harus mengalami kerugian…SUSAH KITA!!!!

  48. Saya ada baca berita..di Batubara news…PT.Inalum Santuni Anak Yatim Piatu…tanggal 12 Januari 2008.
    (Baca sendiri …ya). Tidak adil seperti ini…Yang terkena getahnya…D.Toba sekitar. Ngaso dulu…bye..

  49. Saya katakan demikian bukan karena “CEMBURU”. ..tapi logisnya harus ada pemerataan…Karena PLTA itu di daerah Toba…yach otomatis…daerah sekitar tersebut di dahulukan. Jadi jangan hanya limbahnya saja yang masuk ke D.Toba.
    Kalau memang limbah di D.Toba ini tidak bisa mereka atasi. “LEBIH BAIK TUTUP”
    DARIPADA RUGI BESAR…LEBIH BAIK RUGI KECIL
    (Daripada mis. jumlah penduduk sekitar 10.000 yang menderita rugi..lebih baik jumlah karyawan 100 orang yang rugi) . LOGIS NYA. Inilah pendapatku tentang PLTA tersebut.

  50. Tambahan.
    KECUALI kalau masalah limbah ini dapat mereka atasi.Tidak ditutup tidak menjadi masalah.(Mereka harus terlibat untuk mengatasi masalah limbah ini karena limbah terbesar adalah dari mereka)

  51. danau toba memang indah…mari putra/i batak kita manfaatkan kekayan kita ini demi memajukan negara kita pada umumnya dan untuk memajukan daerah sumut padan umumnya…..jika perlu tenaga saya dapat hubungi 085642522626

  52. bos..apa artinya tukkot panaluan..yg pernah saya dengar itu bukti bahwa seseorang yang melakukan incest akan terkutuk betulakah itu..?

    **** Itu ukiran dari sejarah yang melakukan incest dan terkutuk. Rohnya gentayangan dan para ahli nujum memasukkannya ke tongkat yang diukirnya itu (tidak semua tongkat tunggal panaluan lho). Tidak pernah tongkat itu digunakan sebagai lambang kehormatan seorang pemimpin seperti sering dilakukan saat ini. Dan bukan pula menjadi identitas batak, namun kejadian itu ada di Batak.

  53. danau toba merupakan salah satu aset bagi sumatra utara..namun sayang, tidak ada perkembangan…
    padahal banyak yang bisa dibangggakan..

  54. Sebenarnya masyarakat kita masih belum bisa memikirkan sampai kesana , bagaimana supaya danau toba bisa lestari. hal ini mungkin karena masyarakat kita yang majemuk serta kesibukan mereka ke sawah dan ladang

  55. o tao toba2x
    Tao na mansai uli
    o tao toba 2x
    rohangki sai naeng mian disi….

    dulu waktu smp ,saya bareng teman2 sering maen k tao toba! manggang ikan mas yg seharusny untuk bahan ujian praktek Biologi…he…he….
    disuruh jenguk teman yg skit di pardinggaran eh kita malah jenguk tao toba…n skalian oleh2 dimakanin deh ampe abis…..utuk sementara lupa dulu ma yg skitnya n besoknya abis2an d skors wali kelas…he…he222…..
    seingat saya….. dulu, klo kita brenang ampe dasar sekalipun bayangan kita masih keliatan dari atas…itu saking jernihny…
    N
    waktu sma saya pernah ngikutin seminar ttg pencemaran yg merjalela di danau toba…
    dan saya kaget waktu ada bahan pembicaraan ya mengtkan klo danau toba kita itu,tiap hari di cemari kotoran2( manusia/dsb) dan itu salah satu pencemar berbahaya dan sekaligus posisi teratas sebagai pencemar hebat2….., aneh bangat kan…
    tapi kita tidak bisa menyalahkan pihak2 tersbut….karena perekonomian juga yg tidak mendukung penduduk sekitar untuk lebih…..lebih….dan lebih…._terserah mau mengartikan apa….

    kerjasama dan kerjasama

    alllaahhhh dang nyambung …… soryy yahhhh..

  56. oi tano batak isi do asalhu sai tong huingotnokkuho parmisi jolo hai lae nga hu buat gambar ni danau tobai maulate ma di hita sasudena laeng bisa dope hita mamereng tano bataki.

  57. bah ternyata adong dope na perhatian tu tano hatubuanki ate??
    mauliate ma bah hudok tu akka kru tanobatak..

    *** Mauliate Gita

  58. Memang,…… sipata prihatin do iba mamereng tao toba i ate, ala mansai godang halak hita na di topi taoi ndang menyadari bahwa basa-basa ni Tuhan i namansai balga di halak batak.
    Terbukti doi naso boi apala denggan di jaga keindahan ni danau tobai, memang molo tabereng sian nadao, mansai denggan do danau i, alai molo tabereng ditopi na ahhhhh….. kotor jala ndang terawat…. Mauliate ma di angka dongan na mamparrohahon kelestarian ni danau tobai. Uli nai atehe……..

    Horas…….

  59. Mauliate tu appara tu sude Foto2 n moloboi dibuat sian Huta Siattar2 dohot sian Aek Rangat Pangururan.

    Hodbin Marbu Lbn Batu

  60. Horas,,,
    gambar-gambarnya bagus ya,,,
    kapan sich pengambilan gambarnya?
    sorry ya, aq permisi buat gambarnya jadi bakground n screen saver abis bagus cihhh,,,

    oH iya topik yang ada di site ini dibuat oleh siapa aja ya,
    boleh donk kenalan ma moderatornya,

    kata orang
    “tak kenal maka tak sayang”
    “kenal maka sayang”
    sayang banget malah,,,

  61. Ito mey,…..
    keknya kebalik tuh, ‘tak kenal maka Sayang dan kenal maka tak sayang’..itu yang benar, pa lagi di dunia internet ini,….smua indah kalo lagi berinternet nauli, tapi gitu kopi darat/mareme darat, keliatan kalo seseorang itu memuakkan, bahkan belagu…maksudku ‘marlagu ito’

    so, biarlah kita saling tidak mengenal supaya saling menyayangi bukan??…lebih enak kok gitu, sumpeh deh…simate ea,..siponggol pinggol deh…

    palagi kalo sekrang ini jamannya prenster( aha do tahe frienster do…), ai berengon songon na lambok do bayon makkatai, hape aslina buaya darat do,…berengon itoan on sai songon bagag ni si britnispirs do, hape …dung marsitandaan, daga-daga…sai hira i nama….hehehheh kidding.

    sada nai muse, molo di web, jago do amantta on marjamita, semua tulisnnya indah dan enak untuk dibaca, tapi setelah kenal, jadi ‘nek’….

    alai dah…on hata jujur ma on,….

    dang sude songoni, molo na huboto on, sosok na hukagumi do on, kadang kalo di jabu, aku ngomong ke parindehouse…tapi aku di smsin oleh amang situmorang,….wah…gak salah deh aku kenal langsung sama beliau ini……

    imajo tu si, mangombak balik dope hami bah

  62. Horass…!!!
    Danau toba itu indah banget dan keren abwezzz.,.., gw sering bolak balik ke Bali..,menurut gw ngga kalah ko Tanah Batak, banyak banget tempat bagus di Batak yang harus dibenahi dan dibangun lagi…., tapi gw bingung sama Bali, udah kena bom masih rame ajah akhir2 ini.., kenapa dan ada apa dengan Tanah Batak(Dana Toba,dll…) apa orang2 di pemerintahan ngga lihat potensinya kali yah?? Dana Toba bisa banget jadi objek wisata ngalahin Bali,gw yakin ko…. Hidup Batak…!!! Gw harap orang2 Batak semuanya yang sadar ,bisa membangun Danau Toba agar semakin indah dan berpotensi sbg objek wisata yang baik..GBU all

  63. @ Mey
    Jangan tersungging dengan komentar Hendry, ai memang songon i do i. Pada dasarnya dia itu orang baik.😀 Saya par-Laguboti, Mey juga darisana kan?

    @ Hendry
    Ai na cemburu do ho poang ala adong “sayang” tu au?😀

  64. horas,,,
    dang tersinggung au nian,
    holan sedih do, alai saotik ,,
    hoboto do aha na ni roha ni ito i, toho doi, na cemburu do ra ibana,🙂🙂

    “mey parlaguboti, tepatna par sitoluama,,,
    salam tu dongan par- sitoluama,

    tanobatak,
    cowo or cewe sich?
    sory ya…jd kenalan

    *** Belum tau ya, saya ama-ama. Kalau mau Mey jadi parumaenku. Baca dulu SITEDAK RUPA SIBOTO GOAR. Pilih anakku yang mana suka😀

  65. Kadang ada benarnya yang dikatakan Ito Hendry,..”Karena tidak kenal maka sayang dan
    Karena kenal maka tidak sayang”

    Untuk tahun sebelumnya dan untuk tahun 1960- 1990 an ..istilah “karena kenal maka sayang…dan tidak kenal tidak sayang” …sepertinya istilah itu cocok pada jamannya.
    Dan istilah “karena tidak kenal maka sayang dan kenal tidak sayang” . Sepertinya istilah ini cocok untuk tahun 2000 an. Pendapatku dan penglihatanku….loh…!!!

  66. …….Pilih anak ku yang mana suka…..

    Ha…ha…ha…..penawaran langsung ….nich….!!
    Sudah capek rupanya membesarkan anak itu…walaupun si anaknya belum siap…kearah sana…
    Ha…haha..ha… tahe….

  67. Setelah melihat foto-foto panorama Danau Toba yang indah permai, saya jadi rindu pulang kampung. Karena di sanalah saya dilahirkan, tai besar di rantau orang. Horas

  68. Saya bangga sekali sebagai org Batak. Saat pertama kali melihat Danau Toba, jujur saja saya merasakan kekaguman yang begitu besar. Saya melihat mahakarya yang tak ternilai harganya. Tp saya terkadang sedih, krn Pemda setempat kurang pandai dalam pengelolaannya. Sy hanya dpt berharap. suatu saat ketika kembali sy melihat D. Toba ada perubahan besar yang saya dapatkan. Sy tak sanggup melihat D. Toba sepi pengunjung.
    Horas!!!!!!!

  69. Horas,,,,,,, saya lahir dan besar di salah satu desa di yang bernama Desa Panjaitan, di Kecamatan Sianjur Mula Mula Kab Samosir, tetapi kini aku telah tetap tinggal di Muara Bulian, Jambi, bulan Januari 2008 lalu saya pulang kampung, dan saya melihat situasi di Danau Toba sekitarnya, saya sangat prihatin dan benar benar tertegun dalam hati, saya, karena saat itu saya melihat di pusat kota wisata Parapat dan Tuktuk Siadong sudah sangat sepi pengunjung, jangankan pengunjung manca negara, pengunjung domestik saja sangat minim, itu sangat berbanding terbalik dengan ketika saya masih sekolah di kampung yaitu pada tahun 1996 ke bawah, saat itu jika saya pergi ke Tuktuk Siadong, Tomok dan Parapat, sangat banyaaaa…k sekali turis manca negara bertaburan di sepanjang jalan, apa yang terjadi dengan Danau Toba Tourism Spot ? Tapi hendaknya kita tidak perlu pesimistis, dengan berdirinya Samosir menjadi Kabupaten, Danau Toba akan kembali ke masa masa jayanya,,,,,, Bravo Bemkab Samosir………….. Horas…………………………..
    By.. Budi P Siboro,,,,, Muara Bulian Jambi

  70. horas… saya sgt bangga menjadi org batak yg mempunyai keindahan alam yg bagus dan kaya alamnya. pertama saya ke danau toba saya sangat tajup atas keindahannya. saya meminta kepada pemda semut untuk menambah fasilitas, merawat, dll.

    dari jhonson parlindungan sihite
    i love danau toba

  71. Syalom,
    Saya nama saya Amel boru Munthe, saya bangga menjadi orang Batak. Dengan kesolid-an nya dan kesetiaannya. Namun saya juga kecewa dengan egoisme dan sukuisme orang Batak. Yang menganggap bahwa suku Batak is No. 1, yang lainnya no…..
    Saya menulis ini bukan karena saya benci, tapi saya menulis ini karna saya melihat sudah tidak ada lagi KASIH Tuhan Yesus di diri orang Batak. Jika ada KASIH, sukuisme, keegoisan, prestige pasti akan bekurang bahkan lenyap.
    Saya doakan, semoga setip orang Batak dimana pun dijamah oleh Kuasa Roh Kudus. Agar semuanya berpedoman pada Kasih Kristus, bukannya ADAT Batak yang diagung-agungkan.
    Thanks untuk siapa aja yang udah mo baca comment aku, jika ingin di reply ku tunggu.
    GBUs.

  72. @ Amel Munthe

    Horas ito,

    Bisakah ito menuliskan lebih banyak lagi argumentasi pendukung terhadap kesimpulan bahwa : tidak ada lagi Kasih Tuhan Yesus di diri orang Batak?

    Mauliate atas doanya.

  73. @ Amel …

    Orang Batak itu tidak semua pengikut kristus.
    Ada muslim, ada Parmalim dan ada yang saya kenal pemeluk agama Budha, malah jadi Bhiksu.

    Semua suku bangsa dibumi ini tentu bangga atas jatidirinya.
    Apakah orang Batak salah, bila mereka bangga atas jati dirinya?
    Anda pengikut Kristus? Kenapa harus menghakimi?

    Adat Batak itu budaya lho, bukan agama.

  74. Horas…
    Saya Nirwan Panggabean, sekarang ada di Bahamas-dekat Miami.
    Melihat fhoto di atas saya semakin rindu tanah batak, walau saya darah campuran Batak/Jerman,tapi saya selalu ingat tanah dan orang batak…saya mau pulang kampung ke tarutung…melihat saudaraku di sana.

    Saya mau comment diatas bilang tidak ada lagi kasih Tuhan di diri orang Batak?…itu tidak betul….orang batak tidak egois, tapi self confidence tinggi jadi sepertinya sombong padahal….orang batak paling sosial….contohnya saya….(joking…)
    Bravo Bataks.
    Nirwan Panggabean – Bahamas
    nirwanpang@yahoo.com

  75. Horas… ma dihamu amang inang namandalanhon media on
    Porsea situtu do ahu , na ingkon dapotan hahipason , hadamaeon jala hamoraon do hamu luhutna , ima disiala iklas ni rohamuna laho mandalanhon media songon sada parhitean asa gabe taruli manang tarsohor tano batak dohot angka luhut naterkait tusi.
    mauliate ma dihamu ,,,tasomba ma Tuhanta marhite hite pangalahonta dohot rohanta … asa boi nean berguna hita luhut tuangka lingkungan dan gabe sitiruan ni angka naso mananda Allah sebagai, kebaikan , ketulusan kesederhanaan, keiklasan …….
    Salute 4 all tano batak crew..
    HVH Simatupang di Jakarta

    *** Mauliate

  76. Horas dan salam kenal buat semuanya. Perkenalkan nama saya Lanpe br Simbolon. Saya lahir di Samosir. Ngelihat foto-foto danau toba yang ada di bloghosphere ini, kangen banget pengen pulkam jadinya.
    Buat orang yang ngadain Bloghosphere Batak ini, makasih banyak yach Tulang, Nantulang, Amangboru, Namboru, Bapatua, Omaktua,… semuanya yang telah ikut berpartisipasi. Kalian sudah memberikan sesuatu yang berharga buat Danau Toba. Berharap…. aku sama teman-teman yang lain bisa memberikan sesuatu untuk Danau
    Toba.

    Tersenyumlah Danau Toba
    Danau Tobaku
    Danau Tobamu
    Danau Toba Kita Semua
    Kami Mencintaimu.

  77. taringot au,taringot au uju tinggal di huta.thanks buat yg rancang blockspherenya.Buat masyarakat bona pasogit salam kenal dari saya.dasril nainggolan(dasril_ngl@yahoo.com)

  78. NAPORLU BOTOON
    Kita jangan hanya sebatas mengagumi keindahan danau toba tp wujudkan kekaguman itu dengan tindakan nyata.sumbangkan pemikiran dan jasamu yang bisa meningkatkan keindahan dan kemasyhuran danau kita itu dan tetap menjaga kelestariannya.danau si-palambok ate-ate si-palambok pusu-pusu.(dasril_ngl@yahoo.com)

  79. pinangido tuhita batak sijaha surat on, moloboi nian hitado naboi pabalga hutatta, ima marhite kunjungan wisata tu danau toba, tajaga dohot denggan, taajari angka donganta naadong disekitar wisata i asa denggan tu angka tondong naro dohot asa pistar mambahen angka cendramata ala toba lake… gabe jala horas madihita on sudena -poltak manurung email: saurman_pmg@yahoo.co.id

    *** Horas lae, mauliate di saran nadenggan.

  80. noven seneng banget ma ceritanya, tapi noven mau ceritain tentang kesan noven sewaktu nven lagi di samosir cottage, nven seneng bgt and pliz kalo kamu pengen tempat yang cozy and mau gaul pilih aja samosir cottage bar and restaurant, pokoke tempatnya bagus bgt, nven aja pengen kesana lagi, cma lg boke neh, neh nven lgi nabung, rencanany seh mau kesana bulan november ntar, pas d hari ultah nven. doain ya!thank you!

  81. Dabagoooo yamang……
    Tabonai…….
    Mamereng hutattai ate…..
    (horas ma di hamu nan mambahen Blog…..on, sai sahatma na i harappon hamu…Amen)
    Free Mind Bataknes…..

    *** Hora ma nang di Andhy Sinaga

  82. Mauliate ma dihamu nama bahen blog on ala marsiari-arian ate lae dohot hamu ito, sabotulna sian najolo do bagak taontai alai boha ma halak hita holan nanaeng mangaithon tu ngadol do sudena…. iboto hamu dope ngadol kan? sai anggiat ma tu joloan ni arion boi tabahen sada parpunguan manang paguyuban songon ahatanami di bandung jala laos sian ima muse ta promosihon hutantai…. tarsongoni majolo lae dohot hamu ito….horas

  83. Danau Toba, telah tereksploitasi secara tak beraturan. Lihat saja, betapa kebijakan saling tumpang tindih yang semuanya merusak lingkungan (ekologi) danau toba :
    1. Tahan 70-an, pemerintah memberi izin kepada PT. Inalum untu memanfaatkan outlet air Danau Toba dari Sungai Asahan, masalah yang ditimbulkan, penurunan permukaan D. Toba ditentukan sepihak. Tergantung mereke membuka dan menutup pintu DAM-nya.
    2. Tahun 80-an, pemerintah memberikan izin kepada PT. Inti Indorayon Utama, yang membuang limbahnya ke badan sungai Asahan, membuang gas asam ke udara, menebangi pohon-pohon dan menggantinya dengan eucalyptus (monokultur), akibatnya DTA Danau Toba, mengalami perubahan yang signifikan. Ketika hujan air masuk Danau sangat banyak dan sekaligus, sebaliknya ketika kemarau (all in – all out). Fungsi hutan sekitar danau terganggu.
    3. Tahun 90-an, pemerintah memberi izin kepada PLTA Renun yang akan memasok air ke Danau Toba yang membelokkan aliran Sungai Renun dan 11 anak sungai yang seyogiannya ke Lautan Hidia di Aceh, menajdi ke Danau Toba setelah memutar turbin. Air yang masuk ke Danau diperkirakan 10 meter kubik/detik. Masalahnya, perubahan warna air danau perlu dikhawatirkan.
    4. Tahun 90-an juga, pemerintah mengeluarkan izin usaha peternakan babi PT. Allegrindo yang diketahui membuang limbahnya ke Danau Toba.
    5. Tahun 90-an, Pemerintah membangun fasilitas pengolahan limbah rumahtanggan dan hotel di Ajibata, namun hingga sekarang tidak kelihatan fungsinya.
    6. Sejak lama, rumah tangga dan hotel berlokasi di pinggir Danau membuang limbah cair dan padat ke Danau Toba, tanpa melalui pengolahan yang memadai.
    7. Tahun 90-an, pemerintah daerah Propinsi Sumatera Utara menerbitkan Perda No. 1/1990 tentang pengelolaan D. Toba, tetapi hingga sekarang tidak pernah efektif diberlakukan.
    8. Kemarin, diadakan pesta danau toba (PDT), yang ditutup oleh presiden SBY, entah apa yang dipestakan. Danau Toba disiksa sedemikian rupa, tetapi berani juga manusia-manusia ini berpesta atas penderitaan Danau Toba.
    9. Besok, entah tindakan gila, konyol, stupid dll apalagi yang mau kita buat mengatasnamakan Danau Toba.
    10. Ah, sudahlah….

    baca http://poltak.simanjuntak.or.id/2008/07/08/pesta-danau-toba-2008-untuk-apa/

  84. Horas ma dihita sude.

    Saya jadi teringat akan keindahan alam Danau Toba dan saya berharap bisa menikmati keindahan alam ini kembali.

    Terimakasih Tulang atas foto-fotonya dan
    kami dari keluarga batak yg ada di bumi “etam” kalimantan berharap akan peran semua pihak untuk mempublikasikan keindahan ini ke seluruh penjuru agar dengan demikian kampanye pariwisata ini bisa membawa berkat buat bona pasogit.

    Sekali lagi terimakasih atas suguhan dan kampanye pariwisata ini.

    Terimakasih
    L B’rau
    Agape Mangkajang

    *** Terimakasih Parkalimantan. Usahakan juga datang ke Tao Toba minimal dua kli setahun😀

  85. semoga surganya orang batak semakin maju,dan satu hal yang perlu diketahui jangan pernah ngaku orang batak jika ngak pernah ke anau toba
    “unang lupahon hamu dalihan na tolu i”
    horas

  86. Kenapa orang batak perantauan begitu kuat persatuan marga-marganya di rantau tapi sama sekali tidak berkumpul untuk membangun tanah batak. Juga termasuk HKBP yang identik dengan orang batak kurang dalam mengajarkan perlunya menghormati tanah leluhur kepada orang-orang yang sudah lahir di perantauan. Semoga tulisan ini bisa menjadi renungan untuk kita semua. Horas!!!

  87. kecintaan aku pada danau terindah ini danau toba dah gak usah lagi diragukan lagilah. tapi bagaimanapun juga pemeri ntahan daerah haruslah bertangung jawab dengan mengambil sikap untuk membangunkan Wisata kita ini. Tentunya dengan membangun infrastruktur yang memadai. bayangkan aja mau keParapat membutuhkan waktu tidak kurang dari 4 jam perjalanan tentulah melelahkan. Gimana pulak mau maju para pengunjung tentunya akan berpikir 2 – 3 X untuk menjadi DTW disana. Konon sekarang Brastagi sudah mulai bersolek / berbenah dengan beberapa hiburan yang lumayan good.. Kapan lagi…Ayo majukan DTW Lake Toba.. Masyarakat sana juga dong bantu berbenah tingkatkan kebersihan dan kenyamanan pengunjung.. Bravo Lake Toba I LOve You.. Salam lae togar

  88. sian na dao hu bege sada ende tarsongon na malungun au inang. dijou au mulak inang tu rura silindung disi ma paimahon inang, na lambok malinglung.
    Haaaaaaa…………
    aku rindu danau toba
    kerinduanku, kelak apabila aku sudah nikah, aku akan berbulan madu di danau toba aaaaa……..
    selama di surabaya ingin rasanya dapat tugas dari kantor untuk bisa meliput danau toba. aku pasti akan sangat bangga apabila bisa menyiarkan keindahan danau tobaku.

  89. Horas.
    Salam kenal sian ahu par TOBA.
    Saya lahir di Bandar Sipolha – Kab. Simalungun, Kec. Pem. Siantar.
    Alai balga di Parapat – Sibolga.
    Saya bangga sebagai orang BATAK dan darah saya tetap mudar ni Batak.
    Menurut sejarah belum ada suku yang banggga dan menjunjung tinggi nilai budayanya seperti “Halak Batak manghatindangkon Adat Batak”
    Menurut penelitian “volume otak orang Batak lebih besar dibanding rata-rata volume otak manusia dari suku lain.
    Dari zaman perjuangan s/d era 80-an orang Batak sangat disegani baik dari cara berpikir maupun bertingkah laku karena Adat ( Dalihan Na Tolu).
    Orang Batak akan sangat terpukul jiwanya apabila disebut sebagai orang “NASO MARADAT” dibanding sebutan yang paling kasar sekalipun. Tapi sekarang apa yang kita lihat dan kita dengar……?
    Terus terang las situtu do rohakku boi masuk tu forum on. Dan saya mengajak untuk segenap kita Halak Batak, beta hita sude paturehon goar ta i jala mar siurupan hita manang na aha na boi hita baen.
    Ahu setuju do tu saran ni angka dongan, alai molo boi usul di titip ma tu sahalak “ketua adat Batak, tar songon di sada rekening dohot ikkon adong laporan dohot audit.”
    Boha menurut hamu ito/lae, haha/anggi, amang/inang setuju do hamu?
    Songoni ma. Horas. Horas. Horas.
    I’M A BATAK. MY EVERYTHING IS BATAK. BATAK IS THE BEST

    M. GURNING
    gurning.04@gmail.com

  90. Horas, bah! Aku dari Jawa Tengah tepatnya kota Magelang, aku dapet kabar kalo Danau Toba dinominasiakan ke dalam 7 keajaiban dunia alam, Nah demi mensuseskan Visit Indonesia year 2008, yuk kita beri suara untuk Danau Toba pilih lewat website pun bisa, tinggal klik http://www.new7wonder.com lalu pilih pamflet gede yang tertulisdkan 7 wonder nature jangan lupa pilih yang laen, Krakatau dan Pulau Komodo

  91. on ma, kampugku … aku rindu, cerita ditanah batak mandi bersama didano toba, riang senang, merupakan kenangan dahulu, apakah terulang lagi,,,, mungkin dalam hati,,…

  92. horas buat semua yg gabung
    bln agustus lalu kami baru plg dari samosir kalau di lihat dari segi perkembangan skarang perkembangan di samosir itu sudah kalah dari daerah yang lain

    jd saran aku tolong lah di jg kebersihan dan keramahan supaya org asing banyak yg datang bi ar samosir di kenal org banyak

    holan ido pangidoanku tu sude hita bangso batak na tinggal di bona pasongit
    mauliate ………. horas………………..

  93. Horas! Aku Purwo dari Jawa Tengah tepatnya yaitu dari Magelang, Danau Toba emang indah walaupun aku belum ke sana tapi pesonanya sampai ke sini. Kalau kalian benar-benar cinta ma Danau Toba jangan lupa dukung Danau Toba di ajang new7wonder, yaitu ajang cari keajaiban dunia yang bertemakan alam, Indonesia mewakilkan Pulau Komodo, gunung Krakatau, dan Danau toba. Supaya mengangkat derajat Indonesia di mata Mancanegara setelah Candi Borobudur dihapus dari 7 keajaiban dunia di mata Mancanegara, mari kita dukung Danau Toba. Apalagi skarang Danau Toba baru kesusahan masuk ke 50 besar padahal tanggal 21 Juli (kalo gak salah) pemungutan suara udah ditutup dan disaring menjadi 21 besar. Caranya gampang kok! tinggal kunjungi website resmi http://www.new7wonders.com, nah di situ ada pamflet gede yang bertuliskan New 7 Wonder Nature, klik aja, lalu kamu klik “live Ranking” yang bergaris bawah berwarna merah dalam menu yang telah tersedia. Kalau dalam daftar 77 besar tersebut terdapat Danau Toba, tinggal kamu klik kotak ijo “Vote” di sebelah kanannya . Lalu akan muncul halaman yang menyodorkan formulir untuk pendaftaran anggota New7wonder, tinggal isi aja alamat e-mailmu (bukan jalan panda lho!), duakali lho di kolom paling atas dan bawahnya. lalu kamu ajuin mana aja yang kamu pengenin jadi 7 keajaiban alam dunia, jangan lupa pilih “Asia” di “please select the continent” dan pilih “Lake Toba” di “please select the candidate” Paling atas dan di kolom kedua terserah pilih “Komodo National Park” atau “Krakatau Volcanic Mount” ingat caranya sama kayak yang tadi. Tapi ingat jangan pilih “Mulu Caves” ma “Sipadan Island” Karena itu milik Malingsia, kalo bisa kita rebut kembali Pulau Sipadan OK! “Bukit Timah Reserve….” juga karena iu milik Singraja yang sok kaya itu. Maaf ya kalo saat kamu buka new7wonder kelamaan, tapi demi cinta pada danau Toba, apapun dilakuin deh! Maaf ya kalo aku kasih komennya buaaaaaaaaaaaaaaanyak banget! Makasih atas perhatiannya. Horas Bah!

  94. HORAS TANO BATAX…..
    SAI MALUNGUN DOIBA MAMERENG ULINI DANAU TOBA, ALE MOLO BOI SONGON NADIPAIASJO TAO TOBAI,DITATAJO DOHOT BUNGA , DIPROMOSIKAN TU TV ASA SONGONA DITANDAJOLMA SUDENA…ATE!, BEGEHAMU ATE AKA NAMORAI…..

  95. Horas …………. Tano Batak
    Saya orang Manado yang pernah tinggal di Tanah Batak. Saya bangga Indonesia mempunyai daerah yang sangat mempunyai ciri khas. Saya senang dengan web ini dan saya senang walaupun tidak di tanah Batak lagi, tapi saya masih bisa mengunjungi web ini. Sampai2 banyak orang kalo manggil saya katanya saya ini orang Batak…. bangga juga sih… setelah saya jelaskan baru ngerti. Mungkin karena logat saya banyak yang mirip orang Batak kali…
    Untuk web ini saya salut …. top…. thank’s

    reposting 2008/10/01

  96. Horas ma di hita sude…..
    Anugrah yang sangat, sangat, sangat luuarr biasa dari Allah, Danau Toba diciptakan di Tano Batak. Sampai kita sering mau meneteskan air mata setiap mendengar/melihat video clip lagu O TANO BATAK yang sdh seperti lagu kebangsaan orang batak. Tapi sekarang mana pengunjung Danau Toba?… Berapa orang turis asing tiap bulan yang singgah di Danau Toba?… mana peningkatan tarap hidup sosial ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba?…
    Mari kita bandingkan JOGYAKARTA, yg notabene tidak memiliki danau seindah danau toba. Kenapa daerah ini selalu dikunjungi wisatawan domestik dan asing, walaupun bukan hari libur. Hotel2 selalu penuh, para pengrajin dan pedagang souvenir selalu ramai.
    Ternyata kunci utamanya disamping objek wisata terutama adalah KERAMAH TAMAHAN masyarakatnya. Terutama yang berhubungan langsung dengan para wisatawan, mulai dari tukang becak, pengrajin, pedagang dll.
    Coba anda berjalan di pusat penjualan souvenir Malioboro, walaupun anda cukup lama pilih2, tawar2 tapi gak jadi beli, mereka (pedagang) selalu tersenyum.
    Jadi kita masyarakat khususnya yang ada di sekitar Danau Toba, mari kita introspeksi diri, agar Danau Toba yang kita banggakan kembali dikunjungi wisatawan. mari kita robah penyambutan dan pelayanan kita terhadap tamu, agar danau toba yang diciptakan Allah di Tano Batak benar2 membawa berkat bagi orang batak sendiri, sehingga saudara2 kita yang di Bona pasogit tidak perlu lagi merantau.
    Danau Toba masuk 7 keajaiban dunia bukan itu masalahnya, tapi bagaimana Danau Toba yang sangat kita kagumi ini tiap tahun meningkat pengunjungnya.
    Ini menjadi PR Gubernur Sumut dan jajarannya. Jangan malu belajar dari daerah lain.
    TAO TOBA RAJA NI SUDENA TAO, Horas …. Tuhan memberkati.!!!!

    reposting 2008/10/02

  97. Sumbangan Sukarela Untuk Tano Batak …. aha do bahenon singkatan nion???

    *** Au pe bingung😉 Ciptahon hamu ma jolo sada suku kata na singkatanna upaya dukungan bangun tano batak. tabaen ma i goar ni lembaga peduli pembangunan tanah batak. Baen lae ma visi misi dht program kerjana. Tatawarhon ma annon tu publik via blog on dht jejaring email. Oke do kan😉

    reposting2008/10/03

  98. ndang jolma na asing na manegai tao toba i alai halak hita na tinggal d sekitar ni danau tobai do.cintai DANAU TOBA sebelum jadi DANAU ECENG GONDOK terbesar di dunia

  99. SEMOGA ORANG BATAK YANG TINGGAL DI DAERAH DANAU TOBA MENSYUKURI APA YANG TELAH DI ANUGERAHKAN TUHAN KEPADA BANGSA BATAK.DAN MEREKA TIDAK MENCEMARI DANAU YANG INDAH ITU.HORAS

  100. Selain Danau Toba, perlu juga daerah-daerah yang berpotensi menjadi daerah wisata dimasukkan dalam blog ini. Sehingga daerah bona pasogit pada umumnya lebih dikenal di dalam negeri dan dan luar negeri.
    Terimakasih, horas.

  101. Petualang cinta sudah biasa didengar, petualang politik masih merayu dengan cinta, baliho yang indah bertaburan, bergambar mereka-mereka yang bersisir rapi, membuat rayuan seribu kata, takkala aku duduk dipinggiran danau toba yang masih indah dipandang dari jauh, ternyata masih menunggu,siapakah yang membuat baliho untukmu yang bergambar mereka sedang berenang sambil memungut sampah dan eceng gondok, tidak kah ada yang berminat? asa ias muse.. horas.

  102. manghail/memancing do hasiaran ni rohangku, jala godangdo nasarupa tusi, dinasahali songgot ma songon namangalo hutarik hailon, hugulung mahatop, unang malua ikkan nai, babababa…… hubereng ma ai kantongan palastik do hape dapot… ai tolong hamu majo dabo unang pola dipandabuhon sampai tu tao…. amaaaaang sayang ni tao nauli on…. parmeaman ni ikkan manean taoi unang parlangean ni palastik….. jadi horas ma ate…..

  103. hoRasssss

    tAo toBa tEtAp mnJadi yAng teriNdaH
    Gk akN AD duA’y.
    temaN-teman saya banyk yang pengen Lihat
    Lngsung keindahan DANAU TOBA.
    kaRena di Jogjakarta tidak ad seperti DANAU TOBA.
    mereka Lihat dari foto saja sudah tergiur untuk mau Lihat Lngsung.
    Danau Toba meMang indah..
    Lestarikan Danau Toba.

    HORAS..HORAS

  104. Horas buat Tanah Batak yang berbahagia, tempat saya dilahirkan dan dibesarkan.. Saya bangga sebagai orang batak, yang mempunyai budaya yang begitu unik..
    Apalagi melihat Panorama Danau Tobanya, (Gabe taringot iba uju tinggal di huta, masihol tu akka dongan2, marmeam i tao toba songon na hian i..)
    Love U Kampungku..
    Miss U BGT..!!

  105. Horas menjuah-juah….danau toba indah di lihat tapi tak seindah di datangi,sarana transportasi ga memadai,dan masih banyak lagi……………….dinas pariwisata seharusnya bangun jangan modom melulu,kalo sarana pendukung di kelola dengan baik otomatis uangkan mengalir…..ayo lae,ito….sekarang kita peduli dengan tanah nenek moyang kita,muliate……………………..

  106. Oh my God….
    thanks banget dah memamerkan gambar-gambarnya yang bagus.
    Sangat, sangat, sangat berarti untuk aku.
    Karena selama ini aku merindukan Danau Toba.
    Tapi karena keterbatasan ekonomi, belum bisa menginjakkan kaki di sana. Huhuhu… Terakhir kesana tahun 1996…
    Dah lama kan…
    Oh Danau Toba…..
    Aku rindu padamu.

  107. dago… yamang…
    gabe masihol iba naeng mulak tu hutakki!!!
    alani mamereng gambar ni tao toba na uli lagu i…
    nga boa kabar muna na di hutai???

  108. uli nai…., uli nai……, uli nai……….
    sai naing mulak au tusi…,
    tu tao toba, huta hatubuan bona pasogit hi
    sai anggiat ma adong tikki na denggan naing mulak au tusi..,

  109. horas ma di hita sude,
    uli nai bonapasogit tai,pangidoakku nian boi ma berengonku sahat tu salelengna haulion i.
    ta jaga n lestarihonma asa boi angur goar nai di portibi on.mauliate
    Tuhan memberkati

  110. busyyeeeeeeeetttttttttttttttttttttt,,,,,,,,,,,bagus bangeeeeeeettttttttttttttt,,,,,,,,,,,,,,funtastic…n beautiful………ai nabagahan hape danau toba i ate…..gabe masihol iba mulak tu huta nauli i….

  111. Horas!
    Suami berasal dari sumatera utara tepatnya Hutagurgur dan selama menikah kami baru satu kali datang di danau toba dan saya sangat kagum melihat keindahan danau toba tapi sekarang saya melihat melalui televisi danau toba tidak lagi seindah yang dulu. karena itu tolong dong dijaga keindahanya dan kebersihannya supaya danau toba tetap menjadi kembanggaan orang Indonesia terutama orang-orang batak. terima kasih.Tuhan memberkati

  112. Horas…
    Sudah lama rasanya ga kesana……….
    Terakhir tahun 1997…….hmmmmmmmmm..lama betul..🙂
    Apalagi ombus-ombus…masih ada kah??
    Andigan sogot ro do au to si…

    “Keep green, peace & nice”……….

  113. Amang tahe Tao Toba Naaamaccai uli………..
    Sudah airmu ditumbuhi Enceng Gondok,
    Kamu sekarang menjadi TAMBAK RAKSASA peternakan IKAN NILA.Utk dimakan Halak Sileban.
    Bagaimana airmu tdk tercemar,klu tiap hari berapa Ton Pellet ditaburkan ke Tao Toba.
    Bagaimana ini Pemerintah? Koq bisa mendirikan perusaan di Air Danau Toba?
    Kami di hulu sungai TORU ni HARANGAN Bukit Barisan sangat menjaga hutan kami,agar sungai kami ttp bersih dan ttp mengalir ke Danau Toba.
    Mari semua Pengusaha Hotel,Restaurant,Biro Wisata,Tambak,atau semua yg memanfaatkan air dan keindahan Danau Toba,jangan hanya pikirkan Profit,ayo..lihat ke hulu sungai.lihat hutan kita…
    Kasih bibit pohon ke kelompok2 pencinta lingkungan,agar ditanam di hutan yg sudah gundul.
    TAO TOBA…..nasib apalagi yg menimpamu esok!
    HORASSS,GBUs…Syaloom!!!!!

  114. Horas……….!!!!!
    Saya bangga jai anak Batak……!
    walaupun saya hanya numpang lahir di siborong-borong
    tapi saya rindu sekali pulang kampung,dan saya janji saya akan pulang kampung..Doain ya………..?
    gbu

  115. kereeen sekali pemandangan tano batak….wah pokoknya tano batak harus dijaga keasriannnya, jangan sampai rusak , …lihat-lihat view-nya jadi pengen pulang kampung nih….apalagi di kampungku pas banget di pusuk bukit……pokoe markusip….HORAS….

  116. Asa haru bulus pintor dok be ma sadia sian ibana, songon na margugu i rupani, asa patar-patar songon indahan di palastik, talak sangan indahan di balanga.
    Liberius Sihombing

  117. Danau Toba bukan hanya kebanggaan suku Batak yang berdiam di sana, tetapi juga kebanggaan Indonesia sebagai aset nasional dan bahkan dunia mengaguminya. Lestarilah wahai …….Danau Toba!

  118. HORAS……….
    santabi bah… hu copy fhoto ni tao toba..
    masihol iba marnidasa..
    mauliate parjolo di hamu.
    horas..

  119. Danau toba,,,,,,,,,,,,,,I Miss you So Much,,
    Danau toba, danau yang paling indah dari sekian danau yang aku kenal,,,,kangen bgt neh,,hixhix…..pengen pulang kampung,trus main ke danau toba,,,,,tapi ga bisa…….hixhix,sedih bangat ya,jadi anak rantau….kangen ama ortu,kampung halaman,teman2, tapi ga bisa langsung ketemu…..kangennya harus ditahan, n nunggu waktu yang indah buat bisa pulang kampung………hixhix,,,sedih bangat harus nunggu bertahun2………..saran aku buat pembaca, bagi yang uda punya anak atau ntar kalo uda punya anak, jangan disekolahing jauh-jauh ya,,,,,,,,kasian anaknya,kalo kangen, ga bisa pulang……..hixhix………
    harapanku buat tano batak, semoga TUHAN SELALU MEMBERKATI tANO bATAK, Tuhan memakai orang2 batak menjadi maju dan berhasil dimanapun mereka berada….Ya Tuhan berkatilah Kampung Halamanku,,,,,,,,,,,Tano Batak………….amin

  120. Horas tanah Batak……………….

    Saya sangat senang dengan adanya forum ini
    saya seorang keturunan batak asli sangat mencinta adat istiadat batak. dan saya dilahirkan dan di besarkan dilingkungan orang melayu. tetapi tidak pernah melupakan adat istiadatnya. dan sudah menikan dengan seorang gadis keturunan Tiong Hoa. Cerita ini pd thn akhir 2007 yang lalu kami dari keluarga martua ( keluarga China dan kerabat mereka ) kita berlibur dari jakarta ke Danau Toba. dan saya juga se orang Pemuda Batak baru kali itu melihat panorama keindahan danau toba. dan semua keluarga mengatakan semua yang sudah pernah beliau lihat diluar negri atau di dalam negri tidak ada seindah danau toba dan sangat segar udaranya walaupun saat itu matahari sangat terik tetapi tiupan angin dari pegunungan danau toba sangat segar. TETAPI ada yang sangat tidak menyenangkan waktu kami memasuki makam di suatu tempat dekat sigale- gale. “PELAYANAN NYA” saya sebagai orang batak mengerti. tapi tolong lah di cari solusi untuk yang satu ini. karena tamu itu adalah raja. berikanlah perasaan tamu itu dihormati atau terlindungi. bukan malah sebaliknya.

    “UNTUK ITU PEMDA SETEMPAT TOLONG DIPERHATIKAN MASALAH YANG PALING BESAR PELAYANAN DAN KEBERSIHAN DANAU TOBA KITA YANG SUDAH DIPENUHI ENCENG GONDAK ”

    Puji Tuhan kiranya akhir tahun ini bisa berlibur ke Danau Toba Lagi sekalian ke tarutung dengan sidikalang.

    SALOM

  121. 3 tahun lalu saya pulang untuk nikah di medan, tak akan pernah aku lupakan keindahan danau toba, walaupun kami hanya 1 malam nginap di sana. istriku bukan boru batak tapi rasa rindu-nya cukup besar untuk kembali ke danau toba.

    Jangan biarkan danau toba di usik oleh tangan-tangan yg tak bertanggung jawab.

    horas ma hita saluhutna

  122. Batam, Februari 2009

    Masing-masing daerah yang memiliki lokasi wisata berlomba untuk mempromosikan daerahnya sendir. Lewat dunia maya seperti internet, danau toba pasti bisa dipromosikan hingga ke luar negeri.

    Untuk promosi seluas itu, hendaknya di website tersebut turut disertakan poto-poto pemerintah setempat termasuk stagmennya dalam memajukan wisata di danau toba.

    Perlu kita sadara seluruh bangso batak, tao toba merupakan gambaran daerah dan kehidupan kita di berbagai daerah di Indomesia maupun di dunia ini. Karena itu, danau toba tak bisa berubah. Kita harus tetap melestasikan dan memperindah. Melengkapi infrastruktur serta promosi yang kuat hingga ke mancanegara.

    Di seluruh dunia, telah beredar website maupun email yang membuat poto-poto dan kelebihan fasilitas lokasi wisata di daerahnya masing-masing. Baik itu transpoertasi, hotel, restauran, makanan khas, minuman khas dan lokasi bersejarah lainnya. Masyarakat juga harus mendukung semua program seperti itu.

    Saya sering melihat poto-poto danau toba di internet. Dengan begitu, rasa rindu ke kampung bisa lepas.

    Meski tempat lahir dan kamoung di Tarutung, tapi danau toba bisa melepas kerinduan saya. Yang jelas, sebagai orang batak, tao toba dan tapanuli takkan bisa dilupakan sampai nafas terakhir.

    Karena itu, kerjasama dengan pemerintah daerah. Sediakan satu agen atau trafel di kota-kota besar untuk lebih mempromosikan danau toba. Dengan begitu, kita akan meramaikan danau toba.

    Terlepas siapa yang menikmatinya disana apakah orang parapat, tuk-tuk atau tomok. Itu tak perlu. Jangan ada iri dan dengki diantara kita. Sadarlah, apa yang hendak dilihat para turis bukan hanya danau itu saja. Tapi akan tertanam di hati mereka, bahwa sebenarnya itulah kampungnya orang batak.

    Karena itu sebagai orang batak, saya sangat bangga dengan keberadaan tao toba tersebut.

    Horas…

    sai rap mangula mahita. Sudena i demi tano batak.
    Unang menyerah ate, alana dang hea halak batak menyerah.
    Porlu taingot, sude na taula sadarion, sogot rodi haduan sai tong do mulak tu hitanta be.

    Rap maju be mahita na di tano pangarantoan….

  123. hmmmm

    I love lake toba…..

    poto nya mengingat kan ku …
    rindu akan pulang….
    hehehehehehe
    aku pernah la naik kapal itu,,,,

    huuu
    jdi pengen balikk nie.
    poto2 nya bagus bangattt

  124. saya sangat bangga jadi orng batak ,saya sudah 10 tahun di kalimantan tapi ingatan batak dan logat batak tdak bisa berubah dari saya makanya dimanapun dan kapan pun bicara dengan orang lin orang selalu tau bahwa saya orang batak . rasa persaudaraan orang batak sangatlah tidak usah diragukan dan ada pepatah mereka mengatakan “BERPIKIRLAH SEPERTI DIA{ Batak-red} jaangan main main dengan hukum katanya. maju trus pantang mundur .

  125. gabe taringot ahu uju marlange-lenge, tingki dihuta.
    gabe naeng mulak ahu laho marlange-lange songon na uju i

  126. Horas …….
    Salam kenal buat semua orang batak.
    saya bangga jadi orang batak.. Dengan adanya website ini semoga menjadi pemersatu orang-orang batak di seluruh dunia khususnya di indonesia. Maju terus orang batak…
    Dame ma dihita sude
    HORAS…HORAS…HORAS.

  127. Salam semua untuk orang batak,tapi perhatian yang diperantauan yang harus lebih besar sehingga bisa memajukan tano batak ate

  128. saya sangat suka dengan danau toba dan saya bangga menjadi orang batak. untuk itu tetap perjuangkan budaya dan keindahannya. suatu kebanggaan yang di beri Tuhan Yesus bagi kita bangsa batak. jb

  129. marilah kita semua orang batak khususnya warga pesisir Danau TOba berpartisipasi melestarikan dan mempromosikan Danau Toba kepada dunia.

    kemblikan pamor Danau Toba yg dulu pernah ada.

    Horas jala gabe………..

    salam kenal, saya salah satu warga Kota Parapat

  130. Horas,,,,,,,,!

    Siapa bilang danau toba gha indah? hanya orang yang tidak bisa membedakan tentang keindahanlah yang mengatakannya.

    tapi sayang,,,,

    Siapa yang peduli dengan keindahan itu?

    adakah yang peduli??
    kalo ada aku sangat-sangat mau gabung deh daripada ngomongin yang ga2.

  131. Sdr. Monang Naipospos,
    Foto-foto Panorama Danau Toba, sungguh indah benar tapi sayang pengelolaan pariwisata dan lingkungan yang kurang baik. Hal-hal tsb dalam waktu lama akan berdampak negatif kepada kekaguman kita pada Danau Toba.
    .Sangat memprihatinkan tentang “Enceng Gondok” saya lihat juga di danau sekitar Tele.Dalam bulan Desember 2008, kami berada di P. Samosir via Tele.Enceng Gondok tidak baik dibiarkan berkembang biaknya sangat cepat sekali.Kecuali Enceng Gondok ada yg mau memanfa’atkannya utk campuran makanan “kerbo pendek”. Pengelolaan pariwisata hanya tinggal memoles saja sedikit. Nah, saya teringat lagu ” Aha do na sala … dan lagu ” Pilu rasa hatiku… dengan naluri alamiah KEKAYAAN DANAU TOBA yang tidak termanfaatkan dengan baik dan maksimum hasilnya sebagai apa yang kita saksikan sekarang. Ma’af kalau ada yang merasa dan Horas.


    *** Itulah kenyataannya lae, semoga kita semua memiliki kepedulian yang sama dan mampu membuat aksi yang bermanfaat untuk kesestarian danau toba

  132. Horas Yth. Lae Monang Naipospos,

    Benar Lae, mudah-mudahanlah kita berhasil semua, tekat hati membara ” HITA ” bersama harus bisa, kenapa tidak.

    Muliate godang Lae, na di ” BOA BOA ” jala Horas ma di Hita sudena.Horas, Horas, Horas.

    *** Nauli lae

  133. foto2x bagus banget,thanx buat ito yang sudah upload. rindu mau pulkam ke parapat ‘huta hatubuan’jg orang2 tercinta. jauh dibalikpapan jadi kangen makan ikan tombur diajibata. lestari alamku,lestari danau tobaku. Horas

  134. lae..dukunglah pembentukan provinsi tapanuli.masa kita harus tertinggal terus seperti ini…seperti kasus indorayon sampai saat ini yang terus membajak kelestarian tanah porsea…dukung pembebasan panggabean yang diincar polisi sialan insonesia!!!dukung tapanuli!AMIN

  135. sebelum y nma alamat fs aku ad_akudisini@yahoo.com ad y oia buat yang bikin foto ni makasih banget ya aku snang banget bsa ngeliat foto ni aq da di bekasi,,, masihol au naeng mulak tu sirungkungon alana di bekasion au masih sikkola klas 1 sma an 1xnae mauliate ^_^ jgm lpa bkn foto” y lgi ya

  136. “horas”

    tu hita saluhut na…!!!

    trima kasih untuk pertama kali buat lae
    krena bru ini saya mnukan adanya website yg mnampilkan suatu fenomena tngtang tnah batak kita.
    Saya memang blum pernah ke sana tp mgkin dalam wktu dekat akan berencana melihat sndiri, dan sangat saya nantikan hari itu….

    lestarikan dan cintai tanah batak….!!!
    mauliate,,,,

    maen2 k website q yeeee…

  137. haras sasude akka naberpartisipasi,,dan yang mengigatkan bagi saudara2 yg lupa akan jati dirinya.
    Saya besar disamosir,yang tau persis Karakter dan falsafah hidup orang batak.Jadi apa yang ada harus disyukuri,,jangan Ego,iri,dan juga Pembualan,jadilah jati diri anda,yang cinta akan lingkungan anda,sikap membangun,bangga akan kemajuan teman,keluarga,juga orang lain,serta jangan ada kecurigaan,tapi kepercayaanlah dipupuk dalam diri anda,,jangan pasrah atas nasib,tanpa ada usaha.Positip Tinking itu penting..Berusaha untuk Maju,Jadilah Raja DiRumahmu,unangParajarajahon….

  138. Saya bangga menjadi orang batak…..
    dan saya merasa bersyukur bisa dilahirkan di tepian danau toba nan indah yang akan sll kukenang kemana aku pergi dan sll kurindukan untuk melihat keidahanmu oh…tao toba.

  139. saya mgkn bukan org batak, tapi saya akan selalu merindukan danau toba. menyebrang dari ajibata ke tomok. terus ke pangururan dan pulang ke medan via brastagi. bravo lake toba.

  140. horas…Lae!
    adong masukan bah…., songonon lae…. baen hamuna ma “Photo2 yang mengendarai Speed boat dan motor boat na gellengi.. aha donai goarna….., ima songonima, speed boat & sky boat i yang sedang meluncur. usahakan dengan foto yang penuh sensasi, asa tartarik jolma naso batak i, termasuk luar negri.

    molo on muantap…!

    ok. GBU!

  141. nasution itu kan batak. Lae Nasution! kita itu satu. dulu orang batak itu satu. satu jiwa dan satu karakter, jadi Lae ga perlulah bilang bukan orang batak. perlu lae telusuri dimana letak kesalahan perkataan lae itu.

    Lae! kita itu saudara! biar lae tau…. ketika di perantauan di Jakarta orang batak itu lebih bersatu. tidak pandang dia apa, yg penting dia punya marga Batak.

    dan bukan kah oppung Nasution itu dulu bersal dari asli tanah Batak? itu yg perlu lae pegang. ok peace bro!

  142. waduh ketnggln jaman au bah,soalnya br aq tau smua ini.ayo smua org btk qt jg klstrn danautoba.qt sama2 menjg k indhn kampung qt.danau toba nauli.salam kenal tu sude halak hita.TUHAN MEMBERKATI.

  143. Horas lae…. salam buat orang batak seantaro di dunia…. for danau toba… your the best lake for me…

    lae… adong photo danau toba boi do pamasukon tu son…?

    *** Boi lae, kirim hamu ma melalui email

  144. poto na adong kapal i mantap. alai lebih tertarik do parawisata di bagian2 na menggetarkan jantung. cth: poto speed boat yg sedang meluncur lengkap jelas bekas jalan luncuran yg putih…. dan Sky boat motor na gelleng i… molo boi sambil malumpat pas di photo i, hurasa dang pola mahal photo songoni.

    masukan terbagus buat kita untuk danau toba.
    molo adong angka dongan poto songoni asa di kirim tu web site tano batak on!

    ok. GBU!

  145. hi….tano batak yang saya cinta i,aku senang banget…zzz….!!!!bisa lihat kampung halaman mamah saya melalui internet.aku kangen ingin ke danau toba simalem…
    thank for god

  146. Sayang memang Danau Toba yang dikatakan orang-orang cukup indah harus terbengkalai dan terkesan tidak terawat. Enceng gondok dan keramba para masyarakat sekitar saat ini menjadi salah satu pengganggu keindahan alam Danau Toba dan efek lainnya bisa mengganggu ekosistem air Danau Toba.
    Aku berharap suatu saat nanti pemerintah setempat bersama-sama dengan masyarakat setempat maupun perantau asal Danau Toba bisa memperbaiki itu semua.
    Horas….

  147. Horas tulanggggg…, mantap bah inganan mon tulang, sejuk dan damai. Adong usulanku tulang, ia on diporsea do pemandangan on, siregar goar ni huta i, adong do disi air rangat. pemandanganna dang talu tu parapat nang nasing na ditoba on, jelajahi hamu ma i tulang, molo menurut prospek daerah wisata cocok do disi.
    Holan i majo sian au tulang, terus berkarya ate, halak batak masa depan dunia.

  148. Horas….. Bangso Batak…. molo ni bereng tahe gombar i tung ulima sai masihol iba naeng mulak…. alai sai anggiatma songon ulini gombar i sude uli rohani akka bangso batak natinggal di si horassss… mauliate…

  149. horas,
    kemarin saya baru berlibur ke lombok daerah yang saya rasa sdm kurang tapi dlm hal melayani sangat bagus oleh karena itu priwisata mereka berkembang dgn turis asing datang dan pergi,
    jadi saya berpikir bagaimana danau kita ini dapat memberikn mamfaat bagi nasyarakat dengan p[ariwisatanya
    hai orang batak yang pintar bagaimana kita bersatu mengelola tao kita

  150. Kalau ada yang memiliki gambar2 air terjun Sigura2 tolong kirim, karena banyak yang belum pernah melihat air terjun tersebut termasuk saya sendiri.

    Mauliate

  151. Horas akka bangso batak,Aga puang massai uli do hutakkki ba songon surgo huida marapi purung!!!!!!! molo huida do gambar2 muna on,masihol situtu do au ba! mauliate ma dihamu ba namambahen blog on.anggiat ma TAO TOBA lam tu denggan na,GBU

  152. Horas di hamu sude akka bangso batak. Tung massai uli jala lekket ma Tao Toba. Mapurpur do sude akka molo huida tao toba. Nunga lam surut aek i, lam marhiang akka natading disi. Hamu akka pamarentah na di sekeliling Danau Toba, baen hamu ma terobosan na boi mendatangkan wisatawan lokal songoni nang mancanegara. Huingot naujui tikki sikkola SD au dihuta, tung godang do akka turis luar naro tu samosir. Jotjot do marsilaosan iba di dalan. Ni sapa ma ” hallo mister ?? ” ai holan i dope niboto perbendaharaan kata saat i.
    Saonari naeng manian lam godang nian akka wisatawan ro tu samosir dht tao toba, asa lam hudengganna akka parngoluan disi.
    Horas, Mauliate. Tuhan Memberkati Kita Semua.

  153. horas madihita sasudenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa unang holan namarangan angan halak kiata i songon na tasikonnnnnnnnnnnnn dukung trus keindahan danau toba,salam dari jakarta

  154. kalau bisa tolong di iklan kan lowongan ker buat halak kita namenggangurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.au karejo konsultan keuangan molo di bandung molo adong lowongan di son tudia do kirim mon ku imformasi

  155. sebaiknya daerah2 pariwisata diluar jawa jangan terlalu digalakan sebab kasihan nanti pulau jawa dan bali punya saingan. sebaiknya pariwisata indonsia adalah jawa dan bali saja.sebab itu rencana pemerintah sejak dari jaman orde baru dulu. indonesia adalah jawa bali, jawa bali adalah indonesia. daerah lain tdk usah diperkenalkan

  156. Danau toba,
    Indah luar biasa tapi sayang kurang publikasi.
    Lumayanlah ada blog yang mau promosiin, kalau terlalu berharap pemerintah nggak akan maju2.

    *** Terimakasih Melinda, sempat waktu berkunjunglah ke danau toba

  157. h O r a s S s S S s s s s sssSSSSSSSSSSSS………….TUHAMU SUDE HALAK BATAK
    RAP MA HITA MANGINGOT HATA HATOPAN TA I…
    TANO BATAK HAHOLONGAN HU………..

  158. TUTUP PT.TOBA PULP LESTARI karena selama ini tidak mempunyai niat untuk mengangkat taraf hidup rakyat Tapanuli dan melestarikan danau toba.Yang ada hanya bagaimana memperoleh untung yang sebesar-besarnya,masalah kesejahteraan rakyat Tapanuli dan kelestarian Danau Toba hanya di jadikan jawaban apabila ada yang menyinggung keberadaan PT.TOBA PULP LESTARI yang dulunya bernama PT.INTI INDORAYON UTAMA.

  159. HORAS,,”
    DANAU TOBA “huh….. memang sangat luar biasa keindahanya. mudah2an D. TOBA lebih indah lg and lebih banyak lg wisatawan yg datang dr lokal maupun mancanegara agar D. TOBA bisa dikenal lebih luas lagi……..!

  160. Horas bah dihita saluhutna Orang Batak…………………………
    Danau Toba memang sangat Baik dan Bagus Sekaliiiiiiiiii
    Tapi yang Sanagat heran Pemeintah Setempat masih krg
    Perawatan dimana tempo Dulu Masih saya lihat disana
    Pohon Tulisan BUKIT BARISAN ITU KEMANA ? ASA DENGGAN GOAR NI TANO BATAK ON DIUSAHAHON PELESTARIANNA MANAMBA NILAI EKONOMI DAN KULITAS
    HORAS HORAS HORAS

  161. sai untabo do nian hita marhata batak di tikki on ala huida nga lam mago hata batak i. molo ni ida hlk jawa jumpang dht halak jawa marhata jawa do nasida i.hape molo lao iba tu pasar senen so inama muba ni halak hita i nang pe tu halak batak sai tong mar bahasa indonesia. dang na mandok bah. indonesia dang porlu alai unang ma nian maila ht ala hlk batak ate..

  162. terimakasih atas blognya. kerinduan saya akan bona pasogit sedikit terobati. tolong donk ambil foto2 ddaerah pangururan ama sekolah2 nya khususnya sma st. mikhael. thank’s. horas tano batak..////?

  163. Selamat malam Bapak,
    Aku minta ijin untuk ambil salah satu foto danau tobanya boleh? aku mau pasang di blog aku.
    Aku akan pasang jika sudah anda ijinkan.
    Terima kasih.
    Salam Hormat.

    ***
    @ Djefi
    Silahkan, selama menautkan blog ini sebagai sumbernya

  164. Tao Toba…… Uli ni rupa mi, nga tartutup selendang na birong. Na uju i i, so i nama ha balga on ni goar mu. Sahat tu luat na dao, sampe par mata na bottar sai malungun roha na naeng ro mangida ho. Saonnari, dang di par roha hon be ho ateh….MALUNGUN ROHA MNGINGOT HO DI NA UJU I … Godang ni halak Batak naung sukses di pangarantoan, tong dang boi mangangkat ho ateh….Anggiat ma tartukutuk roha na sida saluhut. Segala sesuatu nya akan indah, bila tiba waktunya…..Amin

  165. HORASSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! MARDOHOT DOHOT …. kpd kluarga di tanah batak,,inilah aku salah satu putra batak yang ada di medan… terima kasih atas tampilan dari desa kita,, tapanuli… dnau toba…….

    horasssssssss …. bah!!!!!!!!!!!!!!!

  166. Saya bangga dengan adanya situs tentang danau toba, tetapi aku prihatin dengan keadaan danau kebanggaan kita ini sekarang, sekarang mari kita cari solusi apa yang dapat kita lakukan agar pelestarian lingkungan yang dulu mendukung keindahan danau dapat berkembang kembali, horas!

  167. hm…tak ada alasan bagiku …g berkunjung ke DT(danau toba) jika pulang kampung. tujuan k2 setalh rumah oppungku. aku sll rindu air nya yang dingin banget..kata orang kayak di LN.hm…makin g sabaran nunggu januari bah…..oh blh gak aku ambil fotonyo..aku mau buat dekstop latopku…..pasti buat tmn2ku jd pengen ke TOBA.
    oh…bisakah di muat ttg TOBA yg lain…panorama2 yg ada di SUMUT…usul aja amng ..akn lebih sempurna web ini jika ti tambah objek wisata yang lain…….hehehehe….gpp kan usul.
    Danau Toba….aku sll rindu airmu menyentuh mukaku….dingin sampai ketulang sum2…( pakai gobar aja kali ya…klo dingin ama bulusan)

  168. boras dihadang-hadanganganima
    boras nanidudani anak boru
    sai horas ma hita sude nangpe somarsijalangan.
    salam kenal ma tu sude ate akka pecinta danau toba.
    h…….o…..r……..a…..s

  169. horas ma dihita sasude.
    mauliate ma di hamu ai nungnga di patudu hamu haulian ni tao toba tu akka natorop.
    hami nadi pangarantaoan masihol do tontong marnida hutattai lumobi ma tao toba i, molo boi nian patudu hamu ma muse foto-foto akka kehidupan ni natorop nadi huta alana masihol do hami marnida songon dia nadihuta ujui.
    tabe tu sude nadihuta sian hami nadi pontianak- kalimantan barat

  170. roppak tabangun ma tapanuli utara asa lam tu majunu, anggiat ma pemda sumut boi lam mamajuhon sumut mauliate

  171. cukup banggalah dengan adanya situs ini,paling tidak sedikt tahu akan adt itu sebenarnya.so keep spirit.tks_salam untuk semua Halak Kita di pelosok negri ini..

  172. saya bangga dan takjub akan keindahan danau toba …saya berdoa pada Tuhan ..supaya saya dipersiapkan untuk dapat mengambil bagian dalam melestarikannya di kemudian hari…

  173. Sarni bangga banget, karena terlahir jd org batak apalagi, apalagi adatnya yg teru dilestarikan sampai sekarang dan mungkin akan selama lamanya. Pokoknya comentku utk danau Toba dan seluruh bagianya semoga mnjd yg terbaik dari daerah manapun yg ada di indonesia ini. amin

  174. Horas Tano Batak…..!
    Tak akan pernah bisa dipungkiri lagi kalau Danau toba memang sangat luar biasa indah…

    mari kita jaga terus kelestarian akan keindahan danau toba kita ini, jangan pernah kita biarkan pihak manapun yang ingin merusak keindahannya.

    yang saya sayangkan adalah menurut pandangan saya pegunungan yang mengelilingi seluruh penjuru danau toba sepertinya agak berkurang kehijauannya. air nya kayaknya makin surut… apa penyebab semua ini ?
    kiranya kita semua mencari tahu jawaban dari masalah ini dan memecahkannya bersama-sama…

  175. kl mmng semua pedgauli dngn danau toba yg skrng…cegah mereka yg berusaha untk merusak keindahan danau toba, krn skrng bnyk yg berusaha untk menebang pohon-pohon yg ada disekitar danau toba,membuang air limbah sembarangan kedanau toba,sehingga danau toba tidak seperti dulu lg…walau bagaimanapun danau toba adalah sejarah bagi kt orang-orang batak

  176. thanks atas blog-nya mudah-mudahan keindahan danau toba tetap abadi tidak dirusak oleh kepentingan oleh orang-orang parhepeng i, kebanggaan halak hita, biarkan hijau daun diatas bukit-bukit menjadi saksi keasrian alamnya, jernihnya air danau toba menjadi saksi keindahan toba-nya dan enaknya ikan dari danau toba saksi kekayaan toba-nya……… horas dari anak rantau di Samarinda-Kaltim

  177. katanya…, ini KATANYA ya! tao toba itu adalah danau yang sangat indah, melegenda hingga ke seluruh sudut DESA NAWALU (Seantero dunia), namun saking terkenalnya tao toba kita itu, adalah satu atau beberapa orang yang tertarik membikin usaha disana yaitu “IKAN KALENG” yang akhirnya kini memberikan masalah bagai keinahan danau toba yag kita banggakan itu.
    kalau dipikir-pikir, perusahaan ikan kaleng milik luar itu, sudah membantu sedikit banyaknya perekonomian masyarakat disekitarnya, namun dari sudut pandang yang berbeda, Ikan kaleng ini menjadi masalah bagi keindahan danau toba serta mencemari air di tao toba.
    inilah Dilema yang muncul di danau toba, hingga kini maslah ini tidak ada habisnya.
    … dan saya pun tidak tahu harus dipihak mana…, marilah bersatu membuat jalan keluar yang tidak merugikan pihak manapun, jangan hanya teriak aja, jangan hanya omong aja!
    pikirkan, diskusikan, kerjakan!

  178. horas…mauliatema disudena ala adong perhatian ta tu bona pasogit .ta pikirima carana asa boi maju.mauliate fernando napitupulu alumni smk yayasan soposurung 2007 balige.teknisi csm telkomsel timika papua satelit avstar.

  179. Horas . . . danau toba . aku suka banget lihat pemandangan danau toba . sudah 4x ke sana , gag pernah muak2 . pokok nya danau toba, is the best deh !

  180. Ba…, gabe sombu sihol mamereng poto-poto ni danau toba on…, hian itikki tinggal di Rura Sihotang dope dang pola hiparruahon haulion ni tao toba on…alai nung mangaratto au…ba soi nama uli na tao toba on..jala sai tong masihol iba naeng mulak…. mauliate ma di akka pamaretta namamparruahon tao toba on…alana molo dang diparruahon hita sude do ra na rugi..dang robe annon akka turis… songonima jo…sukses buat bp/ibu yg sudah dipercayakan pemerintah untuk mempromosikan danau toba ini…

  181. Toras Tano batak……….
    aq sAnGat berSyukUr dIlahIrKaN mEnjAdI SuKu bAtAk dAn tIaP TaUn TrUs kE DaNaO ToBa. MeSkIpUn jAuH DaRi kAlImAnTaN kE Toba aQ tETap hArUs ke ToBa DaN mElIaT kEInDaHaN dAnaU nYa………..
    HORAS…….HORAS…………HORAS………….

  182. aai dang tardok ahu sakkababa hata molo ngahuida foto2 ni tao on. sai hurippu ma naung manatap au disipinsur molo ngahuida foto ni tao on. holan hata ma naboi humatop mulakn dari pada badan.
    di hamu dongan TUBU, dongan sahuta rap ma hamu padengganton, jala manjaga haaulion ni tao na di habalga hon bangso batak i. sahat ma tabe nami tu bupati humbang hasundutan.

  183. Maol do maju anggo danau toba nauli i ,khususna kota parapat ,alana dang boi dos roha ni bangsotta dohot rim tahitta lao paturehon hutai . alana hurang kepedulian mangida akka namasa.khususna masyarakat parapat -tigaraja dan sekitarnya namerestui ijin pendirian ni tempat ibadah di areal wisata yang cukup dibanggakan ima tempat ni penyelenggaraan pesta danau toba /open stage . sangat tidak layak dan tidak sedap dipandang oleh mata .mhn untuk menjadi perhatian. kalau memang bisa sesuka hati atau suka -suka dibuat aja tempat ibadah untuk penganut yang lain. horas …. sahat ma ..a””

  184. horas.
    kepada bangso batak.saya sebagai orang batak sangat prihatin kepada kelastarian danau toba.karna danau toba yang sekarang kurang di rawat oleh pemerintah.akibatnya banyak ecenggondok yang tumbuh di sekitar danau toba .dan tercemarnya air danau toba akibat limbah.

    saya dan berbagai golongan masyarakat .untuk pemerintah agar pemerintah daerah agar memperhatikan kelestarian danau toba.agar wisatawan domestik dan mancanegara lebihbanyak datang untuk berkunjung ke danau toba.
    SEIAN DAN TERIMAKASIH

  185. aku bangga jadi orang batak
    aku bangga jadi seorang Kristen
    tapi kenapa yah tano batakku sulit berkembang?

  186. DANAU TOBA
    Julius Sitanggang

    Di negeriku Indonesia ada satu danau yang permai
    yang terluas di dunia
    kebanggaan seluruh bangsa

    Reff :
    Oh Danau Toba … Danau Toba
    Danau indah dan permai
    Danau Toba … Danau Toba
    Tiada banding di dunia

    Di tengahnya ada pulau
    pulau subuh Pulau Samosir
    Aku bangga, ku bahagia
    karena kulahir di sana

    Kembali ke reff.

    Pulau subur, danau indah
    kau tak akan kulupa
    dalam lagu, dalam kalbu
    kau yang slalu kurindu … kurindu … kurindu !

  187. saya pikir danau toba adalah danau terindah,memiliki panorama yg sngt menakjubkan yg tdk dimiliki oleh danau2 lain.di smpg itu masyarakatnya yg rmh2 trhdp turis,serta kebudayaannya yg sngt menarik dngn tariannya yg terkenal yaitu tari tor-tor.HORAS TAO TOBA……………………………………….

  188. HORAS !!!
    Marsipature Huta Nabe !!!
    BATAK (BAnyak TAmpilan yang Kreatif )
    ahahaaaaaaa…danau toba memang asyikkkkk tenan ito !!!

    Mungkin klo nggak ada Danau Toba,, orang batak nggak kan punya danau seluas itu ya…
    xxxxxxxxiiiiiiiiiiii…………._; )
    salam kenal buat kalian semua ya..

    HORASSSSSS !!!!!

    GBU All…………………….._; >

  189. Molo ni ida tao toba saonari, sipata gabe malungun roha,, alana nga sega be haulion na, nga godang kramba na gabe mambaen aek na tio i gabe bou amis ikan, alai memang dang sude sudut na sega, sai adong dope na so di sentuh manusia contoh na molo markapal tu huta siampang,, tarida do nauli disi, maccai ias tutu dohot akka bona ni pinus i…
    tu halak batak na di di sekitar tao toba,, “marilah kita jaga keindahan dan kebersihan tao toba” asa boi mulak tu na salpu boi meningkattkan tourist mancanegara dan devisa negara… “BANGGA KAN, ITO, AMANG INANG…” MAULIATE MA DI SUDE MASYARAKAT BATAK YANG TURUT MELESTARIKAN BUDAYA KITA,,, HORAS HORAS HORAS….!!!!!!!!

  190. Horas tano batak ……… Danau toba emang terkenal di asia bahkan ke manca negara, untuk itu mari kita lindungi dan kita jaga kelestariannya, saya sangat prihatin dengan keadaan yang sekarang ini,diantaranya ‘peternakan ikan dsnya………………………… Untuk itu Bapak/Ibu pemerintah setempat tolong di beri solusinya …. BRAVO Danau Toba

  191. pemandangan yang luar biasa hebatnya, moga dpat dijaga dan diplihara oleh semua pihak baik penduduk setempat, pendatang, pengunjung, dan khususnya kepada pemerintah setempat, mksh

  192. Aku langsung teringat kampung halamanku, lihat pemandangannya, mau pingin langsung mandi ke danau toba. Horas 3 X

  193. Horas di hita haganupan, Terimakasih atas semua gambarnya, semoga Batak maju dan lebih jaya, Lahir sih di Majenang Jawa tengah, Umursih baru 9 tahun, tetapi kangen juga neh mo pulkam, masalahnye, mbah putri tesih ning Siantar lan Kisaran

    Horas

  194. ayo semua warga tanah batak jangan engkau tidur ditanah perantaun sana ayo majukan tanah batak dengan keindahan wisatanya. horas………………….!

  195. trimakasih ya buat orang yang memasukan foto2 danau tobanya,di tambah lebih banyak lagi boleh g??aku bersuyukurr jadi orang batak krna mempunyai pulau yang sangat indah yaitu pulau samosir….hehehehehehehheeeeeeeeeeeeeeeeee horas bahhhhh jadi kangen nie pulkam…..

  196. it’s very wonderful lake.rasanya pengen ke sana lg.apalagi dengan budaya masyarakatnya.amazing bgt.

  197. danau toba aikon orang batak, danau yang ta pernah kering, dalamnya danau blm ada yang ahli yg bisa membuktikanya secara akuratnya, implikasinya membuktikan kalo orang batak itu bersatu dan kuat sekalipun dirantau negri orang tao toba ttp dihati orang batak …horas……

  198. saya mau tanya, kepada teman2 danau toba terletek di propinsi apa??????????????????????????? TOLONG DI JAWAB

  199. Danau toba merupakan salah satu panorama terindah sumut.
    jujur saja, saya tidak pernah bosan berkunjung kesana.
    tapi, saya sedikit sedih, karena kelestarian alamnya kurang terawat.
    saya berharap pemda setempat memperhatikan hal itu.

  200. bangga rasanya jd org samosir krna bnyak daerah wisata yg baru saya ketahui dr situs ini yg blm prnh saya jalani pdhl saya org samosir makasih utk smuanya……..

  201. Saya bangga akan keindahan Danau Toba dan pulau samosir..
    namun dari itu semua saya sedikit merasa perihatin kurangnya turis mengunjungi Pulau Indah dan pusat penelitian para pakar ilmu geologi yang mengatakan Abu dari letusan gunung berapi beribu tahun lalu ini sampai ke kutub antartika bahkan sebagian besar Dunia ini…
    saya sangat bersyukur dari Danau toba tepatnya pulau samosir saya bekerja dan dapat bekerja di Bali sampai saat ini.
    kita berharap semoga Danau Toba semakin dikenal Dunia dan orang-orang Batak khususnya, supaya lebih menghargai dan menjaga kelestarian Danau Toba.Terutama Pemerintah Untuk Memberikan sarana dan prasarana yang standart untuk menarik para wisatawan Asing bila perlu buat Bandara di tengah Pulau samosir.

    Mejuah-juah/Horas….

  202. toba nauli,,,,
    kok para tourist semakin lama kok smakin berkurang ya,,,
    knapa hanya tourist dari balata n tanah jawa saja yg datang trus ,,,
    hehehehehe

  203. molo ni ida haulionni tao TOBA on malungun roha sai naeng mulak tusi ..TAO TOBA smoga tetap terjaga kelestariannya .horas tano batak

  204. Horas ma partigatiga horas nang parhauma
    Horas angka nadi pangarantoan horas dohot na tinggal di huta
    Horas ma sude hita halak batak
    Laos songoni nang angka pejabat sai olo ma martoebat
    Aaahhh…….DANAUTOBA…..terkenahlahh ituu.. bah?
    anggota dewan yth lagi sibuk pasang siasat…..
    Ha..ha..he..ee.a.t.z…ai partobalake do have……!?!

    Dear’s Amang //tanobatak.wp
    ^*^ Bravoo…and Mauliate godang ma.gbu!

  205. Yayaya……….sungguh mengagumkan pesona keindahan Danau Toba,wajiblah kita kunjungi,gak perlu jauh-jauh ke Bali,horas DANAU TOBA

  206. Horas ma di akka na marburju ni roha na olo mangalean rohana na tu paubah akka pangalaho ni jolma sian na paingot hon tu bona pasogit na…

    Danau toba tung maccai uli maho,,,,,,,
    sai sippan diroha ni sude halak batak…

  207. “horas tano batak,,,,,dang lupa au tuho,sai tong do ingothon hu ho,,,,”
    danau toba semoga menjadi objek wisata terkenal,dan tetap berkembang,jangan pernah melupakan dan meninggalkan harta nenek moyang kita,,,,,
    horas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  208. DANAU TOBA, panoramamu seindah dan secantik orang2 yang tinggal di sekitarmu…
    Maju dan jayalah terus DANAU TOBA ku,,,,,mari kita bangun DANAU TOBA supaya menjadi lebih indah dan menawan

  209. aku cinta samosir ku ,,, tempat q di lahirkan bunda,,,, walau ckrank q mrantau di kota orang,,, tapi q tetap rindu akan mu,,, akan danau mu,,, ksejukan mu ,,,, dan panoramamu ,,,,,, dan suatu hari nanti aku akan datang ke sana kembali bercerita dengan mu ,,,,,

  210. horas…………..horas…………horas…………..bangso batak nadibona nadibona pasogit dang di tano parserahan.horas………3x !!!!

  211. saya rasa danau toba itu indah ,layak banyak org ingin berkunjung,yang tidak indah prilaku pedagang pemandu dan orang sekitar yang tidak siap menyambut tamu yang dianggap raja atau pendulangan uang untuk daerah itu sendiri selalu berfikir keuntungan pribadi atau sesaat yang membuat efek jera setiap pengunjung ,sy coba contohkan di jogja dan bali org disana ramah,boleh kita membuat harga mahal tapi pengunjung nyaman atau soupenir yang di tawar tidak alasan untuk marah2,tidak melihat muka bikin harga dan sangat mendukung kebersihan lingkungan ,seperti dibali orng sekitar pantai bertanggung jawab kebersihan bersama tanfa saling menunggu,makanan khas kita tidak takut masalah harga ,mhn juga pemda mempunyai kebijakan berkesinambungan untuk tercapainya turis lokal dan int’ yang memadati danau toba,salam sukses

  212. senamg bnget karena ada web ini, tapi membuat aku jdi kngen pulang kampungggg

    tobaaaaaa, tunggu aku yaaa🙂

  213. huta ki TANO BATAK I,,,,,,,,
    bangso ki BANGSO BATAK I,,,,,,,
    BONANDOLOK NAULI HATUBUAN KI,,,,,
    HORAS MA DIHITA,,,,,,,,

  214. Saya mau tanya donk Alamat lengkap dan No.telp / Hp yang bisa dihubungi utk Hotel Agape daerah Tomok donk..
    Soalnya ad aperlu,,mkasi ya sblmnya….
    Tlg email q ya…

  215. DANAU TOBA, RIWAYATMU NANTI

    Kini dikau sudah tak indah lagi.
    Siapa yang bermain di belakangmu?
    Mencoreng keindahan wajahmu
    dengan coretan-coretan nafsu
    yang membuatmu layu
    tak lagi bermutu.

    Airmu tak sebening dulu lagi
    keruh dan tak menarik lagi.
    Tepimu pun sudah tak ada pantai
    Buruk!!!

    Danau Toba
    Riwayatmu nanti.

  216. Sigulempong

    Indah bila di pandang dari jauh , bila dekat ampun DJ (baca dijei)
    Danau Toba nasib mu malang, oleh zaman Y2K (milenium)
    Memang tanah batak dibikin hancur cara sistematis ? (entah lah)

    Miris hatiku meliatnya bah….!(tak terkatakan).
    itulah nasib danau toba

    Salam dari tanah sileban.

    W.Manurung (bks jw brt)

  217. Mari kita lakukan BANYAK HAL untuk KEMAJUAN MASYARAKAT SEKITAR DANAU TOBA BAHKAN BISA UNTUK SEBAGIAN PULAU SUMATERA ( seperti PLTA SIGURA-GURA, INALUM ). Masih banyak PLTA lain yang BISA dibangun Dari Dan di DANAU TOBA dan BANYAK HAL LAIN yang bisa kita lakukan. Untuk itu, kami menghimbau/Mengajak MASYARAKAT SEKITAR DANAU TOBA dan MASYARAKAT YANG BERASAL DARI SUMUT bergandengan tangan MEMBANGUN. Misalnya dengan MEMBENTUK ” YAYASAN PEDULI MASYARAKAT SEKITAR DANAU TOBA & SUMUT “. Kami Mau menjadi PENDUKUNG UTAMA. Kami ANGGOTA & PENGURUS PERHASI ( PESEKUTUAN HAMBA TUHAN ASAL SUMATERA UTARA INDONESIA ) Akan mengadakan ” PENGGALANGAN DANA ” pada bulan MARET/ ARIL 2013. Kami sangat berharap saudara2 masyarakat SEKITAR DANAU TOBA & MASYARAKAT ASAL SUMUT Mau MENDUKUNG PROGRAM ini. Bisa hub kami PDT. AMIR ARITONANG SIMAREMARE Hp. 08128558 902/ 082111 611988. Terimakasih. TYM kita semua

  218. Berbuatlah apa yg baik, apa yg hendak diperbuat di Danau Toba sekitarnya, sumbangan uang, pikiran ,tenaga. Sebab Niat aja sudah susah dicari dijaman sekarang. Mari kita menaban pohon di pinggir danau, Mari kita menggali Situs Sejarah, mari kita menjaga kebersihan/keamanan dll. Untuk Danau Toba yg Indah. Horaaaaaaassss,jala gaaaabe, ma hita halak Batak.

  219. danau toba gak akan pernah hilang pesona nya
    sampai kaan pun
    danau toba akan tetap menjadi kebanggaan kita semua

    hhhhooooooorrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaassssssssssssssssssss

  220. Danau Toba yg indah,menakjubkan x gunung yg tinggi menjulang mengelilingi danau.airnya yg tenang jernih,adatnya yg unik…..aku kepingin lg main ke danau toba saat liburan pulang ke kampung di Tapanuli selatan,danau toba tiada duanya…..

  221. amang,inang,aha do tahe bahasa indonesiani “SANGGAR” ,adong do tahe on di pulau jawa on alana naeng adong keperluanna nungga loja au mangalului alai dang dapot dope,mauliate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s